Tuesday, March 10, 2009

Pengalaman Ngelamar Jadi Penyiar


Ngelamar Jadi Announcer YUUkkk
Sob, gue punya beberapa pengalaman ngelamar jadi Announcer di radio komersil, selama ini udah tiga radio komersir yang gue lamar gak masuk satupun, tapi disetiap nya gue punya pengalaman yang seru banget dan banyak pelajaran yang bisa gue ambil.

Yang pertama kali gue ngelamar adalah di 89,5 radio nine. Pas gue dengerin radio katanya lamaran suruh ngirim ke PO BOX aja, tapi gue penasaran dan pengen datang langsung aja, gue carilah alamatnya di internet kuk gak da webnya yah.....usahaku tak sampai situ aja, gue tanya ama temen-temen penyiar, mereka ngasih gue nomor KPI-D yogya suruh tanya aja pasti tau. Gue telpon lah KPI D jogja tapi setelah gue tanya-tanya, katanya radio itu belum terdaftar, wah tapi kuk ni radio banter banget yah....tapi akhirnya gue tetep kirim aja lamarannya. Gue tunggu berminggu-minggu tak ada follow upnya. Ya udah deh berarti gue tak diterima. Padahal gue dah bikin VO dan CV bagus banget, menurut gue seeehhhh......


Kedua, gue ngelamar di Radio Anak Jogja, kali ini gue gak pengen gagal lagi gue bener-bener dengerin radio dan info-info yang disampaikan, gue bikin lamaran dan pelajari lebih mendalam tentang radio Anak Jogja, saat itu gue daftar berdua ama temen gue....sambil jalan-jalan ke taman pintar kita ngasihin lamaran deh. Selang beberapa hari gue ditelpon RAJ untuk tes dua hari kemudian, tapi kuk temen yang bareng-bareng ngajuin ma gue gak di telpon ya....artinya....ya loe tau sendiri. Tapi gue harus tetep maju. Gue ngikutin tesnya. Wuih..!!! keren bo...!!! apa coba, tesnya pertama suruh nulis angan-angan setelah jadi penyiar, dalam bahasa Indonesia trus di translate ke bhs inggris. Soal kedua nulis berita dalam bentuk siaran dan ngisi form pertanyaan dari RAJ. Habis itu te vocal....duh grogi banget gue pas tes vocal.. tesnya apa coba. Pertama baca berita bahasa inggris, kedua berita bahasa jawa bo...!! dan suruh baca adlip...semua tes sudah kulalui tinggal menunggu penggumuman hasil tes untuk maju ke seleksi berikutnya yaitu tes wawancara...... pada hari pengumuman gue ke warnetlah untuk melihat siapa-siapa aja yang lolos untuk ke seleksi wawancara. Gue liat satu persatu nama yang ada dalam label itu sambil berharap namaku tercantum, dan kecewalah yang gue dapat ternyata gue tidak lolos.

Nah yang ketiga ini gue, selangkah lebih maju. Gue ngelamar di Radio RAKOSA FM radio yang female banget...seperti biasa gue kasih lamaran, dipanggil untuk tes vocal...kali ini gue ya sedikit harap-harap cemas.. beberapa hari lagi pengumuman akan di tempel untuk hasil tes vocal, yang lolos maju ke seleksi wawancara. Tepat jam 12 siang itu pengumuman ditempel di RAKOSA, berangkatlah gue untuk melihat apakah namaku tercantum disana??? Satu persatu gue liat beberapa baris nama yang ada, ternyata nama gue tercantum....!!!! yes..!!! tau gak gue seneng.....banget....

Majulah ke seleksi selanjutnya yaitu wawancara, pada seleksi wawncara ini gue ditanya banyak hal mulai dari pengalaman gue siaran, acara-acara favorit RAKOSA FM dan ada juga yang mewawancarai gue pake bahasa inggris....pada waktu itu benar-benar merasa bisa menjelaskan dan menjawab pertayaan dengan yakin sekali, mungkin hanya satu pertayaan yang gue bener-bener gugup menjawabnya, apa coba?? saat gue ditanya” what your hobby?” modar gue....gue paling binggung kalo ditanya hoby, soale gue ga punya hoby yang bener-bener hoby, yang selalu gue geluti. Gue gak bias jawab, but gue cuma jawab “traveling go to market!!” kwak..kwak..kwak ketawa gak lo!!Tapi kalo hal yang paling gue suka adalah dunia radio, siaran githu. Memang seh gue gak punya hoby yang bener-bener hoby karena gue selalu coba hal hal baru dan menantang.

Setelah wawancara selesai, pewawancara bilang 2 hari lagi yang lolos akan di telpon langsung, tepat dua hari kedepan gue pasang volume HP gue paling keras, takut kalo di telpon gak denger, HP gue bawa kemana-mana sampe ke kamar mandi gue bawa. Tapi kok sampai malam tiba pun tak ada yang nelpon???? It’s mean.....gue gagal lagi!!!! Ya tak pa......setelah itu gue bener-bener merasa sangat kecewa...sampe satu minggu gue gak dengerin radio, mungkin itu karena rasa kecewa gue. Tapi untunglah ada teman dan orang –orang terdekat gue yang selalu memotivasi gue.....

1 comments:

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang