Wednesday, September 8, 2010

Baru, Mozilla Firefox 4 Beta 1 Patut Dicoba

Saat akan menjelajah dunia maya browser apakah yang di pilih? Mozilla Firefox? jika benar, kini saatnya para pengguna browser sang rubah api ini harus bersenang hati. Pasalnya Mozilla Firefox yang cukup banyak digunakan pengguna internet telah meluncurkan Mozilla Firefox 4 Beta 1 dengan tampilan baru yang simpel dan fitur-fitur baru yang sangat memukau. Mozilla mengklaim Firefox 4 Beta 1 yang berjalan dengan web plat form gecko 2,0 ini jauh lebih baik dari pada Firefox 3,6. Baik dari segi kecepatan maupun performanya.

Tampilan baru yang diusung Firefox 4 Beta 1 ini sangatlah simpel, banyak orang menilai jika tampilan baru Firefox 4 beta 1 ini mirip dengan Google Chrome. Karena sang rubah api kini tampil dengan tab di atas seperti Google Chrome. Meskipun tak bisa dibantah bahwa diantara browser-browser yang ada sekarang, untuk ukuran simpel Google Chrome memang lebih unggul dari pada yang lain. Namun untuk tampilan tombolnya Firefox 4 beta 1 mirip dengan opera 10,6. Jadi Firefox 4 beta 1 ini terasa lebih lega.





Untuk tampilan menu mungkin membuat pengguna sedikit kebingungan, karena pengguna tidak akan menemukan lagi barisan menu yang biasanya terdapat diatas, karena Firefox 4 beta 1 ini telah menggantinya dengan satu menu berwarna yang jika di klik dibawahnya akan muncul menu seperti news windows, option, history dan lain sebagainya. Firefox juga memiliki perlindungan jika terjadi error pada saat browsing. Apabila terjadi maka hanya akan menampilkan plug in dan tidak akan merusak seluruh browser. Maka pengguna tak perlu takut jika terjadi error. Tidak hanya itu Firefox 4 beta 1 ini juga dilengkapai HTML 5 dan tambahan webGL untuk menerjemahkan 3D dalam browser.

Berbagai kemudahanpun ada pada Firefox 4 beta 1 ini, seperti kolom bookmark yang baru terletak di sisi kanan kolom search. Fungsi dari menu bookmark ini adalah memberikan kemudahan kepada para pengguna yang ingin melakukan bookmark hanya dengan sekali klik saja. Hebat bukan?. Hal baru yang tak ketinggalan pada Firefox 4 beta 1 ini adalah Add on baru yang terintegrasi dengan browser. Saat pengguna mengklik add on, tampilan langsung diarahkan ke tab browser baru. Namun rupanya hal ini pun banyak yang mengganggap jika Mozilla mencontek Google Chrome. Akan tetapi Mozilla menampilkan add on manager ini masih ada kemungkinan berubah sebelum versi final Firefox 4 tiba.

Jika berbicara mengenai kecepatan dan performa Mozilla Firefox ini tentunya lebih ringan dari pada Firefox 3,6. Jika dianalisa kecepatan rendering java script Firefox 4 beta1 hanya mencapai nilai 97/100 ketika diuji dengan acid3 lebih baik dari pada versi 3,6 yaitu 94/100. Adapun berdasarkan tes benchmark oleh techiebuzz, Google Chrome 6.0 4531 masih memiliki performa paling cepat dengan nilai 4737. Yang selanjutnya adalah opera 10,60 dengan nilai 3959. Baru kemudian Firefox 4 beta 1dengan nilai 4737. Adapun browser internet explorer atau sering kita sebut IE 8.0 hanya dapat nilai 2684.

Begitula perbandingan kecepatan dan performa Firefox 4 beta 1 ini dengan browser lain, yang tentunya Firefox 4 beta 1 ini selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi penggunanya dari segi tampilan, fitur, pengamanan sampai kecepatan dan performa. Begitu banyak pilihan yang ditawarkan dalam dunia browsing., lalu tinggal kita memilih mana yang cocok untuk kita gunakan sesuai kebutuhan. Dan tentunya diharapkan Firefox 4 beta 1 ini dapat memenuhi kebutuhan browsing pengguna. Maka Mozilla Firefox 4 beta 1 ini patut dicoba. Dan kita tunggu versi finalnya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang