Wednesday, September 8, 2010

Mata Uang Dari Facebook

Berbicara mengenai inovasi dan berbagai fitur baru yang dikeluarkan Facebook seolah tak kan pernah berhenti. Larisnya situs jejaring sosial ini menjadikan Facebook tidak sekedar media berkomunikasi dan berbagi informasi saja akan tetapi Facebook telah menjadi toko online bagi para pedagang di dunia maya dengan hasil yang nyata. Nampaknya Facebook memang menjadi media promosi paling efektif yang sangat digemari saat ini. Maka tak heran jika Facebook akan mengeluarkan mata uang virtual yaitu fitur layanan dengan nama ‘Facebook Credits’.
Mungkin sudah menjadi pemandangan biasa di Facebook jika teman Facebooker memanfaatkan wall Facebook untuk memajang produk dan usahanya. Hal ini juga bisa terjadi pada diri kita, karena melalui Facebook kita bisa beriklan secara gratis. Jika biasanya transaksi jual beli secara online ini dengan cara mengirimkan jumlah uang senilai harga barang yang akan dibeli ke rekening yang telah ditentukan, lalu barang sampai ditangan pembeli. Masa depan Facebook akan mempunyai mata uang sendiri khusus transaksi yang terjadi melalui Facebook ataupun situs lain yang terhubung dengan Facebook melalui Facebook Connect.



Situs jejaring sosial terpopuler ini bekerjasama dengan perusahaan asal Malaysia MOL yang bergerak dibidang pembayaran elektronik akan menjual alat pembayaran bernama Facebook Credits kepada pengguna Facebook yang bisa didapat dengan membeli di lima negara Asia Tenggara, India, Australia, dan Selandia Baru. Facebook Credits adalah mata uang virtual yang dapat digunakan oleh konsumen untuk membeli hadiah atau barang-barang virtual di banyak layanan game atau aplikasi yang terintegrasi di Facebook. Dengan begitu Facebook akan menjadi planet tersendiri yang terdapat kehidupan disana, dimana ada transaksi jual-beli, bisnis, promosi, informasi dan komunikasi.
Diciptakannya alat pembayaran Facebook ini bukan tanpa alasan, tujuan mata uang Facebook ini agar semakin mudah bagi Facebooker untuk membeli layanan ketika mereka menggunakan permainan dan berbagai layanan di Facebook. Facebooker juga akan bertransaksi dalam membeli produk-produk nyata layaknya toko online. Mungkin kita sudah ingin mencobanya, namun harus sedikit bersabar karena fitur layanan dengan nama Facebook Credits ini saat ini sedang diujicoba dan akan mulai dipublish September mendatang.
Nantinya untuk bisa memiliki mata uang Facebook ini sangatlah mudah. Karena keberadaanya memang ditujukan untuk mempermudah transaksi. Caranya yang pertama adalah Facebooker membuat akun di Facebook connect, setelah itu membeli Facebook Credits dengan kartu kredit apapun. Maka dengan begitu otomatis kita sudah bisa melakukan transaksi melalui Facebook, bahkan tidak hanya dengan Facebook saja akan tetapi transaksi juga akan bisa dilakukan ke situs-situs lain yang tentunya terkoneksi dengan Facebook.
Jangan khawatir jika tidak bisa mendapatkan Facebook Credits ini, karena Facebook Credits nantinya akan dijual di 500.000 outlet MOL yang ada di toko 7-Eleven dan kafe internet di seluruh wilayah Asia-Pasifik sehingga Facebook Credits akan mudah ditemukan. Dengan mudahnya membeli Facebook credits ini maka diperkirakan Facebook akan menjadi sangat ramai sekali dan semakin laris. Apalagi ditambah akun kredit tersebut nantinya bisa diisi ulang dengan kartu kredit apa pun. Dari setiap transaksi jual beli, semua merchant yang menjual barangnya melalui Facebook akan dikenai komisi sebesar 30%.
Dengan adanya uang virtual ini secara otomatis akan terbuka lebar kesempatan bagi para produsen produk untuk menawarkan transaksi pembelian melalui Facebook dan situs lain yang terhubung dengan Facebook melalui Facebook Connect. Maka diharapkan kesempatan inipun menjadi peluang baru bagi masyarakat indonesia agar menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya sebagai peluang usaha baru, dan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, bukan menjadi peluang untuk melakukan penipuan di dunia maya. Maka kini waktunya untuk mengumpulkan banyak teman di Facebook dan memperluas pasar.
Farichatul Jannah

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang