Wednesday, September 8, 2010

Opera Mini 5.1 Hemat Memori

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini internet telah menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian orang. Karena orang bisa dengan sangat mudah mengakses berbagai berita dan informasi ter-update melalui internet yang telah banyak disematkan diberbagai jenis ponsel di dunia. Maka tak heran jika pengguna ponsel internet ini banyak mencari dan menggunakan browser ponsel yang memenuhi kebutuhan mereka.

Bagi para pengguna ponsel, smartphone dan PDA (personal digital assistants) opera mini merupakan browser ponsel populer yang paling banyak digunakan, penggunanya tercatat lebih dari 61.000.000 pengguna di seluruh dunia. Memang belum lama opera merilis opera mini 5, namun banyak pengguna mengeluh jika browser terlalu berat diakses dan terbatas pada memori. Tapi kini para pengguna ponsel dengan memori terbatas bahkan ponsel dengan ukuran layar kecil harus bersenang hati. Pasalnya Opera telah merilis Opera Mini 5.1 dengan hemat memori, akses cepat, mudah dan biaya lebih rendah.

 


Opera mini versi 5.1 tidak boros memori sehingga nyaman untuk berinternet. Browser terbaru dari opera ini didesain khusus agar mampu meminimalisir kinerja memori yang kurang maksimal, seperti pengguna Symbian 40 (S40) yang rata-rata memiliki keterbatasan memori. Bahkan Opera Mini juga mengoptimalkan tampilan antarmuka pada layar ponsel yang kecil, dua inci atau kurang. Selain hemat memori opera mini 5.1 juga hemat biaya, karena Opera Mini memiliki tingkat kompresi data hingga 90 persen sebelum mengirim konten ke telepon, sehingga loading halaman lebih cepat. Kompresi ini tentu mengurangi beban data, maka biaya bisa lebih rendah begitu juga ketika sedang roaming.

Selain dibuat cukup ringan agar tidak menghabiskan memori lebih banyak, opera mini 5.1 juga menyuguhkan beberapa pembaharuan, diantaranya dalam masalah tema (theme) versi 5.1 tampil lebih fresh, Opera Mini 5.1 meremajakan warna skin dari browser yang lebih beragam. tampilan skin ini sangat optimal untuk membuka halaman lebih banyak secara bersamaan. Hal ini akan membuat pengguna browser betah dan tidak bosan untuk mengakses internet melalui ponsel yang ada digenggamannya. Opera mini 5.1 kini juga (multiple pages) lebih cepat untuk menggulir halaman, dan secara keseluruhan meningkatkan performa browsing dengan stabil, termasuk page scrolling, reloading, dan loading. Maka tak heran jika banyak orang di dunia ini berselancar mengakses Web dengan ponselnya.

Opera mini versi 5.1 sangat direkomendasikan kepada para pengguna ponsel dengan memori terbatas seperti ponsel Sony Ericsson K550i dan Sony Ericsson W810i. Atau ponsel populer Nokia seperti 5130 XpressMusic, Nokia 6300 dan Nokia 2700. Opera mini 5.1 kali ini benar-benar ingin menunjukkan tujuan dari opera mini untuk membuat web tersedia bagi siapapun dimanapun tanpa batasan, tanpa melihat perangkat yang digunakan. Hal ini terbukti saat ini lebih dari 61 juta orang menggunakan opera mini dengan lebih dari 3.000 jenis perangkat.

Tidak diragukan lagi kehebatan memori opera mini 5.1 apalagi dengan tampilan baru yang semakin menyempurnakan opera mini 5.1 dari versi sebelumnya. Bagi pengguna opera mini bisa langsung membuktikan kehandalan opera mini 5.1 dengan mengunduh opera mini 5.1 di http://m.opera.com dari browser bawaan dari ponsel, maka secara otomatis opera akan memilih versi yang sangat optimal untuk ponsel tersebut. Semoga bermanfaat.
*) Farichatul Jannah
www.farichatuljannah.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang