Thursday, October 28, 2010

Menuju Haji Mabrur dengan M-Hajj

Dimuat di harian Kedaulatan Rakyat (KR) oleh: Farichatul JannahTanggal 25 Oktober 2010 Kolom DIOGITAL klik disini untuk dapat membaca versi online


TEKNOLOGI selalu berusaha membantu kemudahan manusia dalam setiap aktivitas mulai dari kebutuhan komunikasi, informasi, kesehatan dan bisnis sampai kebutuhan ibadah. Menjelang bulan haji, ribuan jamaah dari Indonesia menyiapkan segala kebutuhan haji, mulai dari berbagai persiapan lahiriah, seperti kesiapan fisik, dana, perlengkapan sehari-hari selama ibadah haji, persediaan akomodasi dan konsumsi, sampai persiapan batiniah seperti kesiapan untuk menjalankan ibadah di Baitullah dengan mempelajari tuntunan dan rukun serta syarat-syarat ibadah haji. Dalam hal inipun sebuah alat teknologi M-Hajj dirancang khusus untuk keperluan persiapan haji dan umroh.Bagi sebagian masyarakat yang susah untuk mempelajari dan menghafal doa-doa saat menjalani ibadah haji, alat ini akan membantu para jamaah. Membantu memahami dan menghayati doa sejak persiapan, manasik maupun saat pelaksanaan ibadah haji/umroh dan juga memiliki kelebihan suara dan kualitas lebih bagus. Pasalnya dalam panduan doa haji dan umroh elektronik M-Hajj ini telah disediakan 25 doa untuk dipanjatkan dalam menjalani rangkaian ibadah di tanah suci itu. Mulai doa naik kendaraan, doa setelah ihram, tawaf, sai, wukuf hingga doa setelah selesai melakukan tawaf wada dalam bentuk MP3.





Dalam M-Hajj juga dilengkapi terjemahan ke Bahasa Indonesia dalam bentuk suara, sehingga saat menghafal doa kita juga dapat menghayati dan memahami isi doa tersebut, sehingga ibadah haji menjadi lebih khusyuk. Alat ini tidak merepotkan untuk dibawa ke mana saja, karena M-Hajj dikemas dalam bentuk micro audio dilengkapi earphone. Hanya sayangnya alat ini tidak dilengkapi dengan layar.Lantas bagaimana jika kita akan mengoperasikan alat tersebut? Sangat mudah sekali. Alat ini disediakan tombol pilihan doa yang ditandai dengan gambar yang mudah dipahami. Penggunaannya sangat praktis cukup menekan tombol atau gambar sesuai pilihan. Masing-masing gambar berbeda, sehingga pengguna tidak bingung memilih mana doa yang seharusnya dibaca. Misalnya, saja gambar Kakbah adalah tombol untuk memutar doa tawaf. Untuk sai, bergambar dua bukit yang terhubung dan masih banyak lagi yang lain.



Layaknya perangkat teknologi audio, M-Hajj juga mempunyai tombol volume untuk mengatur besar kecil volume dan tombol on off untuk menyalakan dan mematikan. M-Hajj menggunakan baterai Lithium dan jika habis tinggal mengisi ulang dengan cara menghubungkan charger dengan jack di sisi kiri. Alat ini seperti ponsel, pengisian baterainya tidak terlalu lama cukup 3-4 jam.Karena haji merupakan rukun Islam yang apabila seseorang telah mampu harus melaksanakan,maka tak heran jika masih ada orang belum bisa menghafal doa-doa secara sempurna disebabkan latar belakang pekerjaannya yang sibuk dan lain sebagainya, sehingga M-Hajj ini bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu agar ibadah haji lebih tenang dan khusyuk.Namun, jangan sampai alat ini menjadikan kita manja. Hal yang harus kita garis bawahi adalah, M-Hajj sifatnya hanya membantu para calon jamaah haji menghafal dan melancarkan doa-doa dalam menjalankan rangkaian ibadah haji, sehingga ibadah haji dan umroh yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. q - g(Farichatul Jannah, Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam UIN Yogyakarta)

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang