Saturday, October 15, 2011

Berkah Ramadan dengan Winshalat dan Tajwid


Dimuat di harian Kedaulatan Rakyat (KR) oleh: Farichatul JannahTanggal 1 Agustus 2011 Kolom DIOGITAL klik disini untuk dapat membaca versi online

SALAT dan membaca Alquran merupakan ibadah yang selalu umat muslim lakukan. Namun jangan merasa malu jika sebenarnya kita atau anak-anak kita masih belum begitu hafal dengan bacaan dan gerakan dalam salat. Jangan merasa malu jika sebenarnya dalam membaca Alquran masih terbata-bata.

Di bulan Ramadan ini kesempatan untuk bisa menabung sebanyak-banyaknya amal ibadah dengan memperlancar bacaan salat dan belajar membaca Alquran dengan belajar menggunakan software winshalat dan tajwid.


Dengan winshalat kita bisa belajar secara mendalam bacaan-bacaan di setiap gerakan salat beserta gerakan-gerakannya yang benar. Software ini juga terdapat audionya sehingga bisa kita dengarkan bagaimana pelafalannya yang benar.
Caranya mudah sekali, aplikasi ini banyak tersedia di internet. download dahulu pada alamat http://www.4shared. com/file/Q3E4o48c/WinShalat.html instal lalu gunakan. Penggunaannya pun mudah, tinggal klik tuntunan salat yang ingin kita pelajari.
Amalan penuh pahala di bulan Ramadan berikutnya adalah membaca Alquran dan ilmu untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan benar disebut ilmu tajwid, tujuannya agar pelafalan dan pengucapan dalam membaca Alquran benar. Karena salah sedikit saja dalam pengucapan, akan mengubah arti dan makna dari bacaan tersebut.

Untuk bisa belajar dan mempelajari ilmu tajwid pun telah beredar aplikasi gratis (freeware) yang akan membantu siapa saja baik anak-anak maupun orang tua yang ingin belajar membaca Alquran. Agar bisa menggunakan aplikasi belajar tajwid ini terlebih dahulu harus men-download aplikasinya dengan alamat http://www.ziddu.com/download/2164207/TAJWID.rar.html. Setelah download selesai jangan lupa ekstrak, lalu instal aplikasi tersebut pada komputer atau laptop. Setelah instal selesai klik dua kali pada file tajwid.exe maka akan terbuka window 'Belajar Mudah Membaca Alquran'.

Di dalam aplikasi ini kita bisa belajar lengkap tentang tajwid mulai dari mengenal bentuk, makhraj, dan sifat huruf hijaiyah serta pelafalannya. Banyak juga penjelasan ilmu tajwid di antaranya idzhar, idghom, iqlab, ikhfa', qalqalah, waqaf, dan mad dilengkapi masing-masing jenis dan contoh-contohnya. Cara menggunakan aplikasi ini cukup dengan klik pada menu-menu yang di inginkan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah, aplikasi ini di buat dengan format flash yaitu macromedia flash player 7, menjadikan tampilannya sangat interaktif dan tidak membosankan. Tidak hanya itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara, sehingga sangat membantu dalam belajar tajwid, karena tajwid tidak bisa diperoleh hanya dengan belajar saja, namun juga harus melalui praktik dan menirukan orang yang baik bacaannya.
Maka dari itu, aplikasi ini dilengkapi suara pada contoh-contoh kalimatnya. Jika benar-benar ingin belajar salat dan membaca Alquran dengan tajwid yang benar memang sebaiknya belajar pada ahlinya, karena bagaimanapun juga belajar dengan seorang guru akan lebih baik hasilnya. Aplikasi ini jadikan sebagai pembantu atau pelengkap saja untuk belajar salat dan membaca Alquran.
(Farichatul Jannah, praktisi IT)

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang