Saturday, October 15, 2011

Google TV, Televisi dan Internet dalam Satu Layar

Dimuat di harian Kedaulatan Rakyat (KR) oleh: Farichatul JannahTanggal 29 November 2010 Kolom DIOGITAL klik disini untuk dapat membaca versi online


MASING-masing orang memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya dan menghabiskan waktunya. Banyak sekali orang menghabiskan waktunya di depan layar televisi untuk menonton acara kesukaannya. Tak sedikit pula yang berselancar di internet ber jam-jam untuk mencari berbagai ilmu yang diinginkan. Dan kini setiap orang telah bisa mengakses dunia maya dalam genggamannya setiap detik hanya dengan sebuah ponsel. Bagaimana jika semua itu bisa dilakukan hanya dalam layar? Google TV merupakan jawabannya. Terobosan baru dari Google TV ini merupakan dunia baru yang berisi TV dan berbagai aplikasi TV.



Google TV merupakan siaran televisi yang digabungkan dengan acara TV realtime dengan internet, yang artinya dengan Google TV ini kita bisa menyaksikan acara televisi yang disiarkan secara langsung, kita pun bisa mengakses berbagai konten dari situs video ataupun video online. Karena set top box telah dilengkapi prosesor atom sehingga dapat dihubungkan ke pesawat TV. Apakah hanya itu yang bisa kita lakukan dengan Google TV? Tentu tidak. Kecanggihan teknologi ini telah dilengkapi fasilitas web browser dari Google yaitu Google chrome, sehingga kita bisa mengakses apapun, dan yang paling penting kita tetap bisa eksis update status facebook dan twitter melalui Google TV. Tidak hanya itu, untuk memperkaya pengetahuan, kita bisa mengakses wikipedia, akses Google map dan banyak hal yang selayaknya kita lakukan dengan menggunakan komputer bisa kita lakukan dengan Google TV. Bahkan untuk pecinta game juga bisa menikmati game Farmville sepuasnya.
Lantas bagaimana caranya supaya kita bisa menikmati kecanggihan menonton TV yang berbeda ini? Untuk dapat menyaksikan Google TV ini kita harus menggunakan perangkat khusus yang dihubungkan ke Google box, karena dengan begitu kita akan bisa mengakses web dan mengunduh berbagai aplikasi. Peranti untuk bisa menyaksikan Google TV ini sudah tersedia. Sony telah menyediakan internet HDTV pertama di New York dengan berbagai ukuran, yaitu 24 inci, 32 inci dan 40 inci. Untuk TV LED 1080 telah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan di antaranya port USB, empat input HDMI dan dilengkapi pula kapabilitas WiFi. Alat elektronik untuk mengoperasikan Google TV telah disediakan dengan sebuah remote control dengan keyboard qwertynya. Sehingga penikmat Google TV bisa melakukan pengetikan kata kunci untuk browsing dengan keyboard tersebut.
Seperti yang telah kita ketahui, dengan Google TV kita bisa melakukan browsing dan berbagai aktivitas yang dapat kita lakukan dengan menggunakan komputer kini bisa kita lakukan di Google TV. Bagi pengguna ponsel android bisa menggunakan ponsel nya untuk memilih menu, melakukan pause atau play, fast forward sampai voice search atau pencarian menggunakan suara. Artinya ponsel android bisa dimanfaatkan sebagai remote control. Demi mewujudkan kesuksesan ini semua, Google tidak sendirian. Google bekerja sama dengan NBA, Amazon, Netflix NBC Universal USA Today dan The Newyork Times. NBA memungkinkan kita berganti- ganti antara TV dan web dengan cepat. Bahkan, kita dapat melihat skor pertandingan secara live sambil menonton tayangan pertandingan yang sedang berlangsung. Dengan Amazon penonton dapat mengakses 75 ribu film dan program TV secara berbayar. Kita bisa menikmati layanan video streaming melalui Netflix.
Begitulah gambaran kecanggihan teknologi Google TV yang tak boleh kita lewatkan. Efisiensi waktu dan manfaat sebanyak-banyaknya bisa kita dapatkan dengan Google TV ini. Dengan adanya Google TV ini memungkinkan orang-orang yang tegang dengan pekerjaannya yang dikerjakan secara online bisa sedikit rileks sejenak dengan menyaksikan acara televisi yang dengan cepat bisa dinikmati tanpa harus beranjak dari tempat. Para orangtua pun kemudian tak perlu khawatir mencari layanan televisi yang aman untuk anaknya.
Farichatul Jannah, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran UIN Yogyakart

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang