Saturday, October 15, 2011

Membuat Film dengan Windows Live Movie Maker


Dimuat di harian Kedaulatan Rakyat (KR) oleh: Farichatul JannahTanggal 4 Juli 2011 Kolom DIOGITAL klik disini untuk dapat membaca versi online
SIAPA bilang untuk membuat film harus menjadi seorang sutradara, atau berkecimpung terlebih dahulu di dunia perfilman? Kini siapapun bisa membuat film sendiri. Kita tentu sering mengabadikan foto dan video moment spesial. Kumpulan foto dan video tersebut bisa kita jadikan sebuah film atau video yang mempunyai jalan cerita bak film-film layar lebar.

Banyak sekali aplikasi editing video, namun terkadang hanya orang-orang di bidangnya yang mampu mengoperasikannya. Tapi kini tak perlu khawatir lagi, sebuah aplikasi editing video terbaru terobosan dari windows live yaitu windows live movie maker 2011 memberikan kemudahan dalam editing video bagi siapapun.

 

Windows live movie maker 2011 ini merupakan software editing video buatan Microsoft yang termasuk bagian dari Windows Live Essentials 2011. Fungsi utama program ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun teks singkat yang berhubungan dengan film yang sedang dibuat dan sangat berguna sekali untuk mengolah file-file multimedia menjadi video sesuai dengan kreativitas kita.

Untuk bisa menggunakan software windows live movie maker ini, terlebih dahulu menginstal windows live photo gallery sebagai pondasinya, baru kemudian instal windows live movie maker dan bisa digunakan. Sebelum memulai mengedit video sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu format apa saja yang dapat diterima windows live movie maker, meski secara umum mendukung hampir semua format video, movie, media, MP3 dan lain-lain.

Penggunaan windows live movie maker ini sangatlah mudah dan sederhana, hasilnya bisa sangat dibanggakan. Untuk memulai mengedit video kita bisa langsung buka windows movie maker kemudian tambahkan klip video atau foto dengan memilih tombol Add videos and photos pada tab home, atau dengan menyeret dan menjatuhkan klip ke storyboard. Pada windows live movie maker ini juga telah dilengkapi animasi, visual efek dan transisinya pun bermacam-macam, kita bisa mengedit video sesuai dengan kreativitas kita. Semua fasilitas untuk mengedit video ada pada menu video tools.

Jika ingin menambahkan teks pun kita bisa menuliskannya pada menu texs tools, maka kita bisa mengatur transparansi teksnya, memilih font huruf, warna dan ukurannya, semua tentang pengaturan teks ada pada menu text tools. Agar video ini lebih bernyawa dan memiliki cerita, kita bisa mengkombinasikannya dengan suara baik dengan backsoud lagu ataupun rekaman suara seseorang sebagai narasi. Untuk menambahkan suara pada tab home langsung saja add music yang diinginkan.
Setelah video atau foto selesai melalui proses produksi, kita langsung bisa menyimpannya. Caranya pun sangat mudah, klik save movie maka film yang kita buat telah jadi. Puas dengan hasil editing ? jangan simpan sendirian bagikan film atau video editing pada teman-teman atau keluarga kita melalui facebook, youtube, SkyDrive, flickr. Karena inilah kelebihan dari windows live movie maker menyisipkan tool yang ampuh yaitu menu share video langsung ke dalam Internet.
(Farichatul Jannah, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran UIN Yogyakarta)

5 comments:

  1. Dear Mas Faric, gimana cara nya memasukan Narasi pada Windows Live Movie Maker , saya udah klick Add music tapi gak ada menu merekam suara ?? yang ada dia hanya mencari File mana yang akan di masukan sebagai begroun musik, tapi gak ada fasilitas merekam nya ..? mohon jawaban nya ya mas...? Thanks b4 Email: gunawan.septiarso@gmail.com atau gunawan.septiarso@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. waduh salah maksud saya mba Faric..., maaf ya salah...

    ReplyDelete
  3. bos, untuk windows 7 kok WMM nya kgak ada ya ?mohon pencerahannya ..thx

    ReplyDelete
  4. kak,akku udah masukin videonya tapi kok gak keluar ya gambarnya di layar yang sebelah kiri?

    ReplyDelete
  5. Setelah project sudah jadi, saya save di komputer...namun selalu gagal karena memori tidak mencukupi...padahal masih ada space 130GB di hardisk saya...

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang