Wednesday, May 1, 2013

Teknologi Hijau itu Seger Di Bumi Irit Di Kantong

 Fikiran saya mulai terusik dan langsung melayang saat membaca, mendegar dan melihat berita terkait kelangkaan BBM di berbagai media massa. Saya membayangkan jika saja Bumi bisa ngomong, ia pasti akan menangis tersedu-sedu dan meminta pada para manusia yang menghuni dirinya itu untuk lebih peduli pada ‘kesehatannya’. Kelangkaan BBM ini sudah menunjukkan pada kita bahwa jumlah cadangan minyak bumi semakin berkurang dan pemanasan semakin meningkat. 



Salah satu sumber polusi karbondioksida di muka bumi berasal dari mesin kendaraan bermotor. Apalagi, sekarang kendaraan seperti mobil sudah bukan lagi barang mewah bagi sebagian orang melainkan sudah menjadi sebuah kebutuhan. Keadaan semakin diperparah oleh adanya fakta bahwa permintaan kendaraan bermotor setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan populasi manusia yang juga tumbuh sangat pesat. Sayangnya, semua peningkataan ini tidak diimbangi dengan usaha untuk mengurangi dampak.


“Trus apa dong yang harus kita lakukan?”
Pertama kita sebagai masyarakat harus mempertahankan Sumber Daya Alam. Sehingga Semua orang bahkan anak cucu kita kelak mendapat hak menikmati udara bersih dan saluran air, serta kurangnya polusi pada tanaman pangan.Semua itu bisa terwujud dengan mobil ramah lingkungan yang tidak menggunakan sebanyak bensin, Kita harus sadar akan pesatnya pertumbuhan aktivitas kendaraan saat ini, sehingga mobilitas yang hemat bahan bakar, bebas emisi adalah jawaban utama atas tuntutan pergerakan ramah lingkungan.

Sebagai yang memiliki kekuasaan mengatur kehidupan sosial dan ekonomi, Pemerintah mengeluarkan regulasi insentif mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) :

Dan perusahaan pembuat mobil terkemuka dunia turut kompak untuk membuat mobil-mobil yang efisien dalam mengonsumsi bahan bakar minyak dan sekaligus ramah dengan alam, khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dialah mobil berteknologi hijau

Mobil teknologi hijau itu seperti apa?”
Jelas saja jika berbicara terkait lingkungan hidup jelas sudah, Mobil yang bisa dinilai hijau adalah mobil yang memiliki beberapa kriteria berikut ini:


1.    Efisien bahan bakar
Bagian terbesar dari karbon  dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil dalam bensin.  padahal Minyak merupakan sumber daya terbatas, yang nanti lama kelaman jika dipake terus pada akhirnya akan habis dan menjadi tidak tersedia. Sebuah mobil yang memiliki teknologi efisiensi bahan bakar tentu akan mengurangi angka penggunan bahan bakar.
2.    Minim emisi karbon
menggunakan mobil yang minim emisi karon berarti mengurangi emisi beracun dan itu artinya udara bersih dan lingkungan yang sehat
3.    Rendah polutan
Saya memang tidak begitu paham mengenai mobil tapi saya berusaha mencari tau mobil hijau yang rendah polutan itu seperti apa?? ternyata, Mesin bensin itu terdiri dari kombinasi gas seperti hidrokarbon, karbon monoksida, dan nitrogen oksida. Nah Gas-gas ini hadir dalam campuran mesin pembakaran dengan udara untuk menghasilkan listrik guna menjalankan mobil. Beberapa campuran yang digunakan untuk produksi listrik dan sisanya dikeluarkan dari mesin pembakaran. Gas-gas yang dikeluarkan inilah yang menyebabkan Polusi mobil.Tingkat  polusi yang lebih tinggi menghabiskannya lapisan ozon dan menyebabkan membahayakan seluruh ekosistem. untuk itu Hal ini perlu dikontrol dengan menciptakan mobil yang rendah polutan.

Sekarang pertanyaannya mobil yang memilki kriteria berteknologi hijau itu mobil apa?? apakah mobil yang selama ini kita pake? atau mobil yang harganya selangit? Okelah yuk kita cari tau via mbah google.
Berdasarkan penelusuran melalui google ditemukan banyak sekali informasi dan berita yang
menunjukkan mobil keluaran Daihatsulah yang palig siap mengusung mobil berteknologi hijau yang kompak mendukung program pemerinta lCGC



 
Mengapa daihatsu menjadi produsen mobil paling siap dengan teknologi hijau?? karena daihatsu memiliki tiga jurus dalam pembuatan mobil teknologi hijaunya

Jurus pertama adalah pengembangan tekonologi ‘Eco-Idle’ . Jika biasanya ketika berhenti di kemancetan atau berheti saat lampu merah, kedaraan kita tetap menyala mesinnya dengan teknologi ‘Eco-Idle’  mesin mobil akan mati dengan dirinya sendiri jika kecepatan kendaraan di bawah 7 km/jam.  ‘Eco-Idle’  mampu mengatur hidup  dan mati mesin secara otomatis . tentunya semua itu  guna mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Tidak hanya itu Pada tahap ini dengan sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan meminimalkan gas CO2. Fitur ini terpasang pada Daihatsu Mira e:S dengan konsumsi BBM bisa tembus 1 liter untuk 30 kilometer. WOW kan?? Teknologi eco Indle inilah yang mewujudkan kriteria teknologi hijau yang efisien dalam bahan bakar.

 


Jurus kedua, ada pada mesin 2-silinder turbocharger. Mesin mempunyai komponen-komponen, compact dan sumber daya alam lebih sedikit, sehingga  bobot lebih enteng. Dengan komponen-komponen lebih sedikit otomatis mengurangi friksi mesin sehingga proses kinerja mesin menjadi lebih sempurna. So tak perlu takut boros lagi saat akan menempuh perjalanan jauh.


Jurus ke tiga disebut Precious Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Menggunakan mobil berteknologi hijau dari daihatsu tak usah khawatir akan CO2 yang dikeluarkan karena material-material pada kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah dan yang terpenting emisi gas buang CO2 nol !!! hijau bangeett kaannn...
 
Ketiga jurus teknologi hijau daihatsu berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru Semua tahapan atau langkah ini merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan yang kompak, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau

Jika kita amati Semua tahapan atau langkah ini teknologi hijau yang diciptakan daihatsu merupakan wujud komitmennya untuk menghadirkan kendaraan yang kompak, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau.


Trus Mobil apa yang sudah memiliki 3 tahapan diatas??

Salah satu mobil yang pengembangannya sudah sampai tahap tiga adalah Daihatsu Cube. Lucu ya bentuknya, Cube adalah minibus berbentuk kotak yang dibawa langsung dari Jepang. Meski masih protitype, mobil ini sudah dipamerkan di ajang IIMS 20-30 September lhoo. menggemaskan ya bentuknya.


Mobil-Mobil Hijau Daihatsu

DAYHATSU SIRION
Mobil hijau lainnya besutan dayhatsu adalah Daihatsu Sirion, kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar ini terbukti dengan dinobatkannya mobil hijau ini sebagai kendaraan bermotor dengan emisi gas buang terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Penghargaan  diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. Balthasar Kambuaya kepada Direktur Manufakturing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Pongky Prabowo.

Kok bisa ya mobil ini dinobatkan sebagai kendaraan bermotor dengan emisi gas buang terbaik? Jelas, Karena Daihatsu Sirion mobil hijau yang konsumsi bahan bakar teririt, dengan perolehan 14,54 km per liter.


Dayhatsu AYLA
Jika Daihatsu sudah siap dengan program pemerintah terkait Low Cost Green Car/LCGC tentu sudah ada mobil hijau yang diciptakannya. Mobil nya kaya apa siihhh yuk kita intip. Yup setelah mencari kemana-mana sayapun menemukn mobil dengan teknologi hijau  besutan Daihatsu. Perkenalkan namanya Daihatsu AYLA mobil hijau ramah lingkungan (low cost green car), mobil cantik ini rencananya akan diluncurkan pada tahun ini dengan Target penjualan Daihatsu tahun 2013 mencapai 165 ribu.


Mobil hijau Ayla ini mengusung mesin 3 silinder 1.000 cc 1KR-DE yang mampu menghasilkan tenaga hingga 65 Ps pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 8,7 kgm pada 3.600 rpm.
Mobil ini memiliki fitur canggih yang sangat mengagumkan yaitu 

fitur canggih Eco-Driving: Dengan mengaktifkan teknologi Eco-Driving, pola pengendara akan lebih baik untuk efisiensi bahan bakar. 

Multi Information Display (MID): Sedangkan MID merupakan fitr canggih yang dapat memberikan informasi jarak rata-rata dan juga dapat mengetahui seberapa efisien penggunaan BBM.

WOW.... !!! kira-kira berapa yaa hargannya?? Daihatsu memang telah siap menyambut terbitnya regulasi pemerintah soal LCGC Jadi tak heran jika mobil hijau AYLA akan dilepas dengan rentan harga Rp70-100 juta. So tak ada lagi alasan mobil yang ramah lingkungan itu mahal.

Sambil menunggu terbitnya regulasi pemerintah soal LCGC, ya meskipun aturan masih mengambang tak ada salahnya jika kita terus menjaga kelestarian lingkungan dengan bijak membeli kendaraan seperti mobil dan bijak dalam penggunaannya.

Dengan menggunakan mobil yang ramah lingkungan kita bisa turut menjaga kelestarian Bumi tercinta, dan dengan membeli mobil ramah lingkungan kita bisa mengemat keuangan karena Harga Mobil teknologi hijau milik daihatsu yang murah dan berkurangnya anggaran BBM pasti akan menghemat keuangan kita.


Jadi jika ditanya pendapat saya tentang “apa itu teknologi hijau” ??? Singkat saja, Teknologi Hijau itu Seger di bumi irit di kantong. Dan semua itu ada pada mobil hijau besutan Daihatsu. Karena Daihatsu berusaha untuk terus mengembangkan teknologi-teknologi hijau yang ramah lingkungan. Dalam rangka menjaga sumber-sumber daya langka Daihatsu.


Semoga tulisan ini bermanfaat, bisa menambah pengetahuan tentang pentingnya teknologi hijau bagi bumi tercinta, serta bisa menjadi referensi sahabat blogger semua yang ingin membeli mobil tapi tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan yang paling penting ngirit di kantong. 



Referensi:
http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau
http://oto.detik.com/
http://www.otosia.com/
http://otomotif.news.viva.co.id/
http://Okezone.com/



39 comments:

  1. ikut lomba ya? semoga menang saya masih nulis nieh, hehhehe

    ReplyDelete
  2. @Megi Tristisan
    Iyaah...Ayo semangaat segera selesaikan :D

    ReplyDelete
  3. kerren gan ulasannya, sangat mudah di phami. please kunjungan baliknya. trims

    http://achriyadi.blogdetik.com/2013/04/19/teknologi-hijau-persembahan-daihatsu-untuk-bumi-yang-lebih-baik-lagi/

    ReplyDelete
  4. Daihatsu memang selalu memberikan yang terbaik..jangan lupa kunjung balik..

    ReplyDelete
  5. artikelnya bagus mbak...
    keep write for indonesia..
    salam blogger..
    salam kompetisi (sama2 ikut lomba) haha

    ReplyDelete
  6. keren nih hahaha, sama dong kayak gue suka Daihatsu Sirion Hijau juga :))

    http://www.kevinanggara.com/2013/04/teknologihijau-ala-daihatsu-indonesia.html?spref=fb

    ReplyDelete
  7. Mantap Euy..hahaha
    mampir juga : http://rajartikel.blogspot.com/2013/04/tekhnologi-hijau-yang-unggul_30.html

    ReplyDelete
  8. good luck :)
    http://aku-iki.blogspot.com/2013/04/hidup-dengan-teknologi-hijau.html

    ReplyDelete
  9. nice artikel gan,,salam kompetisi :)
    mampir ya ke ardirahman.blogdetik.com

    ReplyDelete
  10. Kunjungan balik, penjelasannya keren terus jelas. Salam kompetisi :)
    http://yusranrasyid.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-daihatsu-inovasi-untuk.html

    ReplyDelete
  11. Menarik sekali ;) nice

    Lanjut terus ;) Sukses ... "Salam kompetisi"

    ReplyDelete
  12. Sudut pandang yg menarik.. Kunjungi juga http://abi-ghifari.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-mobil-daihatsu-inovasi.html
    terima kasih :D

    ReplyDelete
  13. Ulasannya keren dan fresh...mbak, Goodluck ya ^_^ salam hijau dan selamat berkompetisi :)

    http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html

    ReplyDelete
  14. pembahasannya lengkap banget ih._. goodluck ya ;) salam kompetisi!

    ReplyDelete
  15. menarik banget ulasannya
    goodluck yaa

    #salam kompetisi

    ReplyDelete
  16. ikut lomba juga ya gan? Slamat berkompetisi secara sehat :D
    semoga postingan kita ini tidak semata-mata hanya memenuhi perlombaan saja, namun juga dapat menjadi bentuk kepedulian kita terhadap kondisi bumi ini serta batu loncatan untuk menjadikan bumi dimasa yang akan datang tempat yang nyaman untuk di tinggali. oleh kita, anak serta cucu kita kelak. Ayo kita dukung Daihatsu, dengan Teknologi Hijau, buat Bumi Kembali Berkicau ^_^

    ditunggu kunjugan baliknya ya ;) :
    http://akachopa.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-jadikan-bumi-kembali.html

    ReplyDelete
  17. mari kita dukung gerakan teknologi hijau

    ReplyDelete
  18. Mantap pembahasannya mba komprehensif dan tertata rapi hehe jadi malu sama blog saya yg berantakan
    Semoga menang ya mba & keep writing...

    ReplyDelete
  19. #salam kompetisi.. blognya menarik.. visit balik ya miqbltwkkl.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  20. blogwalking gan...nice artikel tekonologi hijau top markotop :) selamat berkompetisi

    ReplyDelete
  21. Waah... keren banget nih postingannya... mengispirasi juga... jangan lupa ya visit, komen dan minta jempolnya di http://azisar.blogdetik.com/2013/05/03/generasi-teknologi-hijau-masa-depan/

    ReplyDelete
  22. salam kompetesi hijau daihatsu..

    mampir sini juga ya
    http://23djohand.blogspot.com/2013/04/technology-hijau-dari-daihatsu-untuk.html#more

    ReplyDelete
  23. weh ,, panjang betul artikelnya ..
    hehe good luck yah ..

    ReplyDelete
  24. Go green with Daihatsu! Mantap :D
    Saya masih ingat blog ini pernah menang kontes mandiri, hehe. Sukses. Ditunggu kunjungan baliknya.

    Bumi dan Kita Sama-Sama Butuh Teknologi Hijau Daihatsu

    ReplyDelete
  25. Menarik nih blog nya... dilengkapi dngn gambar-gambar dan isinya keren juga :D

    visit also: http://allarewritings.blogspot.com/2013/05/apa-dan-mengapa-teknologi-hijau.html

    ReplyDelete
  26. wow ulasannya komplit banget, detail lagi. kayaknya menang nih :D

    mampir ya di tulisanku http://windiland.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-penerapan-mobil-ramah.html

    ReplyDelete
  27. teknologi hijau masa depan sangat bagus

    ReplyDelete
  28. bantu like tulisan saya yg judulnya : Hidup dengan teknologi hijau ya :)
    http://microsite.detik.com/minisite/daihatsublog/listblog

    ReplyDelete
  29. Keren postingannya... sukses ya
    http://topmomy.blogspot.com/2013/04/berkendara-nyaman-dan-seimbang-untuk.html

    ReplyDelete
  30. Selamat ya telah masuk ke tahap Polling. :D
    Ane udah Like Postingan blog punya agan :)
    ditunggu like baliknya ya ;)
    Langsung aja Klik : Teknologi Hijau, jadikan Bumi kembali Berkicau
    Terima Kasih, Salam Kompetisi, dan Semoga Menang ^_^
    Amien...

    [Ayo Kita Dukung Teknologi Hijau Daihatsu demi Kehidupan yang lebih baik di Masa Depan]

    ReplyDelete
  31. ikut lomba juga ya gan? Sukses ya..., postingannya bagus, komplit & keren
    salam kenal, mampir ya di tulisanku http://cindagadakara.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-cita-rasa-daihatsu.html

    ReplyDelete
  32. Selamat mba sudah masuk tahap final saya sudah like artikel mba di tahap polling yang tadinya 2 jadi 3 like, mohon like balik ke artikel saya Teknologi Hijau Daihatsu Harapan Masa Depan Bumi Kita. terima kasih.

    ReplyDelete
  33. keren artikelnya..

    mampir juga ke blog saya ya..
    http://talking-2.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-dari-daihatsu-solusi.html

    salam kenal.. makasi

    ReplyDelete
  34. Wah artikel nya mantab mbak. semoga menang yuaa ^_^

    ReplyDelete
  35. Teman teman semuaaaaaaaaaa terimakasih sudah mampir :-)
    okee aku akan balik berkunjung :-)
    Goodluck buat teman teman semuaaaa

    ReplyDelete
  36. nice post icha :)
    ayo kita dukung go green bersama ^^

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang