Tuesday, June 18, 2013

RAHASIA SAYA ADALAH KLIK LIPUTAN6.COM



Siang itu setelah rapat bubar, seorang penyiar radio senior uring-uringan sendiri, merasa tidak setuju, kecewa dan tidak suka dengan hasil rapat bersama manager program.

“Gaji gak naik, tugas makin banyak. Apa-apaan tema cari sendiri, berita cari sendiri, info cari sendiri, insert bikin sendiri, kita mau jadi radio apa?? Dikit dikit berita, dikit dikit info, bisa kabur tu pendengar

Sebenarnya saya pribadi tak keberatan melaksanakan itu semua toh sekarang eranya citizen jurnalisms dimana saatnya mengajak masyarakat untuk menginformasikan kejadian penting disekitarnya. Untung ada internet, dengan mbah google semua bisa menjadi mudah. Tapi sebagai penyiar yang belum lama bekerja, saya dengarkan saja apa yang dikeluhkan sang penyiar senior itu. Sttt saya tau kenapa dia begitu marah dengan hasil rapat tadi, karena sang penyiar senior ku itu tak bisa menggunakan internet dengan maksimal alias masih ‘gaptek’ amit-amit dah browsing saja tak bisa, apalagi harus update info menggunakan twitter. Dia hanya bisa mengetik status dan klik ‘bagikan’ alias hanya bisa update status di facebook. Heran ya gaptek kok jadi penyiar radio?? Hussttt diam ya itu urusan perusahaan aku gak tau hehehe




Jujur saja profesi sebagai penyiar radio menuntut saya untuk lebih tau mengenai perkembangan berita terkini yang terjadi di Indonesia, apa lagi saya mendapatkan jadwal siaran pagi dimana harus memberikan informasi ringan namun aktual baik info lokal Yogyakarta ataupun nasional di pagi hari saat semua orang memulai beraktifitas. Biasanya selain memberikan informasi berita terkini saya pun kadang mengangkat isu-isu nasional dan meminta pendengar untuk angkat bicara atau berinteraksi bagaimana pendapat mereka tentang isu tersebut. 

Salah satu isu yang saya pernah angkat ke udara adalah mengenai BLT/BLSM.  Untuk mampu membawakan satu tema yang siap untuk saya lempar ke pendengar sayapun harus memiliki referensi yang kuat, minimal saya tau apa yang akan saya share ke pendengar.
Pekerjaan sebagai penyiar itu berpacu dengan waktu saya harus bisa membagi waktu antara menyiapkan lagu, iklan, mencari info yang harus disampaikan, membacakan adlip, mengangkat telpon dari pendengar, pokoknya harus multitasking lah penyiar saat ini itu. Maka tak ada waktu lama bagi saya dalam browsing. Biasanya saya googling dengan kata kunci yang sedang “in” dibicarakan. Lalu saya klik yang ada di urutan pertama.

Bisnis liputan6.com muncul di urutan pertama, tak butuh waktu lama, dengan sekali klik saya sudah mendapatkan informasi lengkap dalam satu tulisan berita terkini di bisnis liputan6.com, berita yang lengkap membuat saya langsung faham dan mudah dalam menjalankan tugas siaran, serta membantu saya mudah dalam memancing pendengar untuk berkomentar. Luar biasa, wal hasil banyak sekali respon pendengar, tidak hanya melalui telpon dan sms, komentar pro kontra pendengarpun juga banyak melalui facebook.

  

Mengapa KlikLiputan6.com bukan yang lain??
Oya, saya belum sempat bercerita mengapa saya klik liputan6.com untuk mendapatkan berita- berita terbaru yang saya butuhkan?? 

Kecepatan Akses
Memutuskan untuk menjadikan berita terkini liputan6.com sebagai referensi berita utama yang saya akses, tidaklah tiba-tiba. Tuntutan kebutuhan  akan informasi, sayapun mengakses banyak sekali portal berita online, tapi profesi saya berpacu dengan waktu menuntut saya harus memilih portal berita yang cepat untuk segera saya ketahui berita terkininya, mudah ditemukan dan mudah diakses. Untuk mengetahui berita hari ini saya selalu akses via internet baik melalui PC ataupun smartphone.
 
Dan seiring berjalannya waktu akhirnya saya menemukan berita terkini liputan6.com lah situs paling cepat di akses. Saya tidak ingin pembaca blog ini menilai saya subyektif dan mengatakan bahwa saya

 "wah mentang mentang ikutan lomba, trus bilang liputan6.com paling cepet"

Tidak, saya akan mengajak anda membuktikan sendiri, ayuukk mari kita coba, Buka situs berita terkini liputan6.com dan situs berita lainnya sesuka anda?? Mana yang lebih cepat?? Untuk hasil data yang akurat silahkan bisa cek kecepatannya via iwebstool.com dengan memasukkan alamat berita online lalu klik chek,, dan bandingkan dg situs lain?? 


Apa yang terjadi??? Okelah silahkan menikmati akses berita tajam aktual terpercaya di liputan6.com :-)

Keindahan Desain
Ketika seseorang berkunjung ke sebuah website, apapun tujuannya , tak bisa dipungkiri hal pertama yang selalu tanpa sadar pengunjung website perhatikan adalah desainnya. Ketika desainnya bagus pengunjung akan melanjutkan apa yang ia cari, kalo semrawut  tak heran pengunjung akan segera menutup tab nya. Bagus disini yang dimaksud tidak sekedar tampilannya yang rapi dan indah tapi juga membuat pengunjung nyaman serta mudah dalam menemukan sesuatu yang ia cari. Tamplate yang digunakan ringan sehingga website bisa cepat dibuka dan tidak memerlukan waktu yang lama itulah sebenarnya desain website yang bagus.

Mari  klik berita terkini Liputan6.com lihat website dengan latar belakang warna putih mengajak pengunjung untuk segera fokus pada apa yang dicari. 



Kita juga langsung disuguhkan menu-menu diatas untuk langsung dapat menemukan apa yang kita cari. Tidak hanya itu, yang ingin tau berita terkini liputan6.com juga bisa langsung klik pada link berita terkini. Adapun berita-berita populer bisa kita dapatkan dengan mudah juga disampingnya, serta berita yang sedang banyak diperbincangkan soal BBM bisa kita temukan disini.


Dengan klik berita terkini liputan6.com saya bisa langsung menemukan berita-berita terkini, dan itu sangat menambah wawasan saya untuk bisa bekerja sebagai penyiar secara cepat. Ya lucu kan kalau seorang penyiar tak tau apa terkini. Untuk itu tak jarang dikesempatan apapun saya sempatkan klik berita terkini liputan6.com melalui smarthphone yang saya miliki, dengan desain yang indah sayapun betah berlama-lama membaca berbagai informasi didalamnya.

Kelengkapan
Health: Tidak hanya soal berita sosial politik dan budaya yang saya baca ketika menyambangi liputan6.com, tapi juga klik menu Health untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan. Selain sebagai penambah wawasan seputar kesehatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, menu health yang juga memberikan info-info soal seks, ibu dan anak, diet dan keluarga itu sangat membantu saya dalam hal pekerjaan saya menemukan ide-ide tema untuk membuat naskah insert kesehatan bukan untuk dijiblak tapi sebagai sumber ide. Gak mungkin saya jiblak karena yang saya tulis bukanlah untuk mata, tapi saya menulis untuk telinga. Dan ada satu lagi yang paling saya suka di kolom Health adalah tentang DIET, hehehe.. maklum lagi memperdalam ilmu untuk siap diet :-) 

Tekno: Sebagai pecinta gadget dan maniak teknologi terbaru, klik tekno di liputan6.com tak boleh terlewatkan, WAJIB hukumnya bagi say, karena disana saya bisa mengupdate info-info terbzaru soal gadget dan teknologi terbaru lainnya sebagai sumber informasi dan juga inspirasi. Gara-gara saking maniaknya dengan teknologi nih sayapun juga menulis tentang kecanggihan-kecanggihan teknologi lalu saya kirim ke media koran kolom kiriman dari pembaca dan tidak sekedar senang dengan teknologinya, sayapun lebih senang lagi karena dari tulisan kiriman itu saya mendapatkan fee yang lumayan. Sangat bermanfaat!

Bola: Ada satu hal yang tidak pernah saya ketahui adalah tentang bola dan dunia olahraga. Heran sekali saya bola satu yang ngerebutin banyak sekali tidak hanya orang Indonesia tapi juga antar negara. Gila! . ya itulah komentar orang yang tidak mengerti dunia olah raga seperti saya. Tapi kelengkapan informasi di liputan6.com mengajak saya lebih mengerti tentang prestasi-prestasi, berita terkini tentang olahraga baik  sepak bola ataupun MotoGP. Meskipun saya tidak maniak bola ataupun MotoGP tapi dengan klik bola di liputan6.com paling gak saya tidak malu-maluin lah kalau diajak ngobrol tentang olahraga.

Showbiz: Rasa-rasanya tidak lengkap ya dunia ini jika tanpa hiburan? Baik itu hiburan musik, film Indonesia manca semua bisa kita temukan juga di liputan6.com dengan klik kolom showbiz. Yang paling membuat saya betah adalah info-info K-POP.Yup deman korea memang telah menyebar di Indonesia dan saya pun terjangkit virusnya, yah karena kepo banget dengan artis-artis dalam film korea yang sudah banyak saya tonton, sayapun bisa dengan senang hati melenggang di info K-POP Showbiz liputan6.com. 

Citizen Jurnalism: Pada kolom Citizen jurnalism ada peluang warga bisa aktif melakukan kegiatan jurnalism mengumpulkan, mengolah, dan menyebarluaskan informasi. Sayangnya kebiasaan kita masih bicara dari mulut ke mulut atau melalui media sosial yang mungkin hanya teman teman kita saja yang bisa tau. Seperti gambar di bawah ini perbincangan temen-temen di WhatsApps tentang Gempa di Tasikmalaya yang getarannya sampai Yogyakarta.

 










Nah, dari pada cuma ngerumpi di group sosial media yang hanya diketahui oleh sekelumit oang dari milyaran manusia di dunia ini mending kita nulis saja di citizen jurnalism nya liputan6.com. lebih bermanfaat dan bisa dibaca oleh seluruh dunia.

Dari apa yang kita lakukan haruslah bermanfaat, dan dari tulisan-tulisan yang ada di citizen jurnalis liputan6.com sayapun bisa mendapatkan informasi-informasi khas Yogyakarta yang mungkin tidak bisa saya dapatkan di portal berita lainnya.



Lengkap sekali bukan dari informasi paling serius ampe paling menyenangkan ada disini semua.

Kemenarikan
Pernah gak sih anda menyesal karena telah melewatkan satu informasi penting atau info menarik yang ditayangkan oleh liputan6  ?? Nah, saya dulu pernah mengalami. Menunggu-nunggu berita tentang merapi, eh kok malah saya ketiduran. Tapi saya tetap bisa melihat tayang tersebut via liputan6.com di menu Videokita bisa menyaksikan liputan6.com secara delay. Yuk mau apa saja ada videonya disini.


Semua tayangan liputan 6 di televisi juga bisa kita saksikan melalui videonya. Baik itu liputan 6 Pagi, siang, petang dan malam semua bisa kita tonton disini kalau kita tidak sempat melihat tayangan livenya. Seperti saya saat ingin melihat berita hari ini yang tayang diliputan6 pagi tapi tak sempat menyalakan TV sayapun klik video-video yang ada di liputan6.com

Tak hanya liputan6 saja tapi tayang POTRET menembus batas SIGI Investigasi dan Champions 2012-2013 juga bsa kita akses kapanpun dimanapun hanya dengan klik liputan6.com pada browser yang ada di laptop, gadget ataupun smartphone anda. 


Eits..eits..eits tidak hanya itu yang menarik buat kita yang pengen nonton tayangan sctv secara live bisa juga lhooo akses streamingnya. Ada SCTV, Indosiar dan ochannel tinggal dipilih saja. Saya jadi teringat waktu tv yang ada di kamar kos rusak, saking pengennya nonton FTV saya pun akhirnya buka laptop dan nonton via streaming. Gilaaaa keren bangeet.

Satu lagi, wah perasaan dari tadi satu lagi melulu yaa…
Serius rugi sekali ketika kita melewatkan deal.liputan6.com, kolom ini cocok banget yang suka shopping online, pesen pesen online. Muali dari makanan, pakaian, wisata dan banyk lagi bisa kita dapatkan di deal.liputan6.com.

Itulah alasan saya memilih klik berita terkini liputan6.com sebagai referensi utama sumber informasi yang saya butuhkan. Kecepatan Akses, Keindahan Desain, Kelengkapan dan kemenarikan dari berita terkini liputan6.com tak pernah habis. Maka tak heran Majalah Komputeraktif menempatkan situs berita terkini liputan6.com di peringkat ketiga sebagai situs terbaik untuk kategori media dan berita di tahun 2002. Liputan6.com dianggap memenuhi kriteria penilaian dari sisi keindahan desain halaman web, kesinambungan, kelengkapan, kemenarikan, keterbaruan isi, kecepatan akses, dan kemudahan untuk ditemukan melalui search engine.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering menggunakan jasa internet sehari-hari menjadkan Indonesia sebagai pengguna internet tertinggi di dunia. tercatat sekitar 63 juta orang atau
22,23 % dari peduduk indo sbg pengguna internet di tahun 2012.

Prinsip saya 
“Jika ingin menulis yang baik maka membacalah, Jika ingin berbicara yang baik maka mendengarlah ” 
Itulah mengapa saat saya ingin menjadi penyiar radio yang baik saya harus banyak membaca informasi, saya juga belajar bagaimana menyampaikan informasi yang baik, dan semua itu saya pelajari hanya dengan klik liputan6.com.

Di kesempatan rapat penyiar berikutnya sang program director memberikan evaluasi tentang siaran selama satu bulan berjalan. Dan saya pun kaget ketika PD meminta saya agar mau sharing kepada teman-teman penyiar yang lain cara mengupdate informasi, cara menggalang pendengar agar mau berinteraksi dan lain lain. Gubrak! Sayapun tak malu mengatakan rahasia nya agar tau banyak informasi adalah selalu membaca, dan bacaan saya adalah liputan6.com



Kritik dan Saran
Wah rasa-rasanya sangat tidak pantas website liputan6.com yang sudah luar biasa ini di kritisi oleh seseorang seperti saya yang bukanlah siapa-siapa. Namun sebagai penikmat luputan6.com saya mempunyai beberapa ide yang mungkin bisa menjadi saran bagi website liputan6.com.

Saya membayangkan pada website liputan6.com ada kolom agenda kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Semarang, Makasar, utamanya agenda sosial, budaya dan pendidikan.

Itulah mungkin satu contoh yang bisa saya bayangkan. Manfaat dari kolom Agenda Kotamu ini menjadikan liputan6.com sebagai pusat referensi masyarakat seluruh Indonesia akan kebutuhan informasi agenda kota. Karena, terkadang saat ada seseorang ada berada di kota tertentu ia akan mencari agenda apa yang menarik, katakanlah para wisatawan yang sedang berkunjung. Karena ini adalah pengalaman para teman-teman, dimana saat mereka berlibur ke Yogyakarta mereka lebih memilih pergi ke acara-acara khas kota dari pada istirahat. Apalagi ini menjelang libur sekolah so pasti akan bermanfaat sekali informasinya.   

Semoga pengalaman rahasia saya klik liputan6.com ini bermanfaat. Terimakasih :-)

11 comments:

  1. wuiiih makin semanget aja nulisnya karena sempat menang lomba blog mandiri. portal berita yang menarik. ganbateee... pasti bisa menang lagi. ditunggu kunjungan dan komentar baliknya di blog sy.

    ReplyDelete
  2. Wihhh! Reviewnya keren! Detail dan yang saya suka adalah, penulis cerdas menulis dengan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi. Suka suka (Y) :D

    Salah satu kandidat kuat nih untuk jadi juara :D hihi xD Mudah2an kita menang ya. AMin..

    Secara keseluruhan bagus namun kalau boleh kasih saran kayaknya lebih baik kata "KEMENARIKAN". Agak gimana gitu.. Mungkin bisa diganti dengan "YANG MENARIK DARI LIPUTAN6.COM" kyknya lebih baik. :) Good job yah!

    ReplyDelete
  3. menarik mba ulasannya krn berdasarkan testimoni ya,pengalaman. Tapi kayaknya pengalaman kita beda tuh hehhehe, aku kerap menunggu beberapa lama utk mengakses berita di sini, krn mungkin beratnya foto2 yg terpajang di web kali ya...atau mungkin internetku hehehe...semoga sukses mba.

    ReplyDelete
  4. Kunjungan balik =)
    Keren kak postingannya berdasarkan pengalaman pribadi :)

    ReplyDelete
  5. ini kerennnnn, lengkap padat akurat... pastilah menang ini mah... do'akan saya juga ya.. heheheee punya saya masih biasa banget yang penting udah usaha *sorry curcol*

    ReplyDelete
  6. keren, mbak! komplet komprehensif kupasannya.
    sukses ya :)

    ReplyDelete
  7. Review-nya lengkap banget mbak. Moga menang ya?

    ReplyDelete
  8. Mbak, itu yang betul iwebtool.com deh

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang