Wednesday, December 11, 2013

BlackBerry Rilis BBM via PC

Perhelatan tahunan pengembang aplikasi atau BlackBerry Jam yang sudah diselenggarakan oleh BlackBerry mencuri perhatian peserta atau pengembang aplikasi yang hadir pada saat itu. Acara serupa rutin diselenggarakan setiap tahun oleh BlackBerry. Bertujuan untuk mengumpulkan para pengembang aplikasi dan tentu untuk mengisi kekosongan aplikasi yang ada di App Word BlackBerry. Acara tersebut sudah terselenggara pada hari Kamis, (26/09/2013) yang di gelar di Hong Kong.
                Sempat tersiar kabar berita di beberapa media bahwa BlackBerry akan memperkenalkan layanan andalan mereka, yakni BBM untuk PC. Namun ternyata semua itu hanyalah sebuah konsep semata.
                Saat pembukaan BlackBerry Jam, Alec Saunders selaku Vice President Developer Relations and Ecosystem membuka acara dengan memperagakan aplikasi BBM yang dapat berjalan di notebook. Saat itu, antar muka atau tampilan layar di panggung atas yang nampak membulat menunjukkan bahwa sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7.

 
                Sempat disambut dengan sikap pesimistis, pasalnya jangankan aplikasi yang nantinya dapat berjalan di PC. Aplikasi BBM saja untuk Android dan iOS tertunda sampai beberapa kali. Hingga sampai artikel ini ditulis, belum ada tanggal resmi kapan BBM untuk Android dan iOS akan dirilis.
                Tersiarnya berita bahwa BlackBerry akan meluncurkan BBM untuk PC, membuat perwakilan BlackBerry saat itu meluruskan pemberitaan online yang beredar oleh Chris Smith, VP Handheld Application Platforms BlackBerry. Chris mengatakan, apa yang sudah diperagakan oleh Alec Saunders, merupakan sebuah konsep yang mewakili kemampuan sistem operasi BlackBerry 10. Bukan aplikasi atau app terpisah yang nantinya dapat digunakan di PC.
Sebab, beberapa pewarta media online turut diundang dan hadir, sehingga pemberitaan langsung cepat tersiar bahwa BlackBerry akan merilis BBM untuk PC. Pemberitaan itu kemudian diteruskan oleh media di negara lainnya.
Pertanyaan yang kemudian banyak dilontarkan adalah, apakah benar BBM bisa diakses via PC? Hal senada dipertegas oleh Chris Smith bahwa bisa BBM diakses via PC. Konsep ini awalnya hanya ditunjukkan untuk pengembang atau developer agar semakin mudah mengeksplorasi dalam membuat aplikasi di PC. Tidak terbatas layar kecil di smartphone BlackBerry. Tidak menutup kemungkinan ke depannya nanti bisa digunakan oleh semua pengguna BlackBerry.
Meskipun begitu, ternyata tidak semua perangkat BlackBerry bisa menampilkan BBM di PC. Ada beberapa syarat atau system requirement yang harus dipenuhi. BBM via PC bisa dilakukan jika disambungkan ke notebook secara langsung menggunakan kabel USB atau via Wi-Fi. Selanjutnya, hanya BlackBerry OS 10 saja yang bisa melakukan BBM di PC. Satu lagi jangan lupa, harus terinstal aplikasi Windows Bridge Apps. Selain itu, BBM yang dimaksudkan bukan aplikasi mandiri desktop atau aplikasi terpisah, hanya mirroring dari apa yang ditampilkan dalam perangkat BlackBerry ke PC.
Nantinya, pengguna tidak hanya bisa BBM-an via PC layaknya BBM-an di perangkat BlackBerry, tetapi juga bisa berkirim konten yang ada di PC ke BBM, seperti teks, foto, suara ataupun video. Dengan kemampuan BBM-an via PC, dimaksudkan pengguna sibuk yang tidak dapat beralih dari layar PC-nya dapat langsung berkirim pesan BBM via PC tanpa harus repot atau beralih ke perangkat BlackBerry.

2 comments:

  1. Kita tunggu aja, mudah-mudahan BBM akan dirilis untuk PC.

    ReplyDelete
  2. BBM bisa lewat pc, lewat bluestacks.. :)
    saya sdh mencoba dan berhasil ternyata.. :)

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang