Wednesday, December 11, 2013

Cara Mudah Download Video di YouTube

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern tidak terkecuali masyarakat yang tinggal pedesaan. Tiada hari tanpa mengakses internet. Baik melalui perangkat komputer atau ponsel cerdas yang biasanya disebut dengan istilah smartphone. Singkatnya internet sudah bisa dirasakan oleh siapa saja dimanapun dan kapanpun.
                Banyak layanan internet yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Mulai dari sekedar browsing, mendownload, mengakses sosial media seperti Facebook dan Twitter, bahkan menonton atau mengunduh video yang ada di YouTube.
                YouTube merupakan media streaming video berbasis online yang dibangun oleh perusahaan raksasa teknologi Google. Beragam jenis video bisa ditemukan di sana. Belajar langsung menggunakan video jauh lebih efektif dan menyenangkan ketimbang harus membaca cara-cara yang ditulis di halaman situs. Seperti misalnya tutorial menggunakan kerudung yang modis, Islami dan syar’i.

                Namun adakalanya ingin menyimpan dan menonton video tersebut di lain hari. Caranya tidak lain adalah harus mengunduh video tersebut. Banyak cara yang ditawarkan agar bisa mengunduh video yang ada di layanan YouTube. Namun sayangnya cara-cara tersebut tergolong rumit dan sulit dilakukan terlebih untuk pengguna internet awal. Mulai dari harus memasang aplikasi tertentu di komputer hingga harus selalu memperbarui memperbarui terus plugin java misalnya.
                Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi cara yang biasa digunakan. Simpel, mudah, gampang tanpa butuh atau menggunakan aplikasi komputer. Caranya adalah terlebih dahulu buka video  YouTube yang ingin diunduh terlebih dahulu. Kemudian pada masing-masing video memiliki alamat atau URL di atasnya, copy semua alamat tersebut.
                Langkah selanjutnya, silakan buka situs http://en.savefrom.net/. Di dalam situs tersebut terdapat form seperti pencarian yang ada di mesin pencari Google dengan button berwarna kuning bertuliskan download. Klik kanan dan lakukan paste alamat video YouTube yang sudah dicopy dan kemudian tekan button download.
Tunggu sejenak, situs akan melakukan konversi video YouTube. Jika sudah akan banyak pilihan jenis video yang sudah dikonversi oleh situs tersebut dimulai dari yang terendah dengan tipe file video 3GP, WEBM, MP4, FLV bahkan AVI dengan kualitas HD. Kualitas masing-masing video tergantung dari masing-masing video yang diunggah oleh pengguna akun di YouTube. Jadi bervariasi, dengan demikian bisa memilih sesuai dengan kecepatan atau kuota internet yang digunakan saat download.
Agar lebih cepat dalam mengunduh video melalui situs http://en.savefrom.net/ disarankan juga gunakan aplikasi Internet Download Manager (IDM). Waktu-waktu atau jam sibuk juga mempengaruhi trafik kecepatan download di internet. Waktu yang pas untuk download adalah pagi antara jam 6 hingga jam 9, biasanya cepat digunakan untuk download. Atau malam jam 11 hingga pagi itu waktu yang cepat juga untuk download. Karena di jam seperti itu banyak orang yang tidak menggunakan akses internet. Sehingga asumsinya semakin sedikit orang yang mengakses internet di suatu area atau wilayah maka semakin cepat koneksi internet yang diterima. Namun, kecepatan internet juga tergantung paket data dan jasa pelayanan penyedia internet.

*) Farichatul Jannah, Penyiar Radio di Rakosa FM Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang