Friday, March 21, 2014

Menguak Bibit, Bobot, Bebet SHARP Takumi Factory


Mendengar kata “SHARP” pasti deh mulai  pada clingak-clinguk kanan-kiri, *eaaaaa… TV nya mereknya Sharp, AC nya, lemari Es nya juga, trus apanya lagi ya yang mereknya Sharp?? Ooo, mesin cucinya juga. Syukurlah kalau berbagai produk Sharp telah menemani kehidupan dan aktifitas kamu bertahun-tahun. 

Awalnya aku sempat  berfikir usil lho, kenapa sih banyak sekali yang menggunakan merek Sharp di dalam rumahnya?? Banyak yang mengaku, menggunakan Sharp kualitas barangnya bagus dan yang paling penting adalah AWET. Siapa sih yang gak suka barang awet? Selain gak ganti-ganti juga bisa menghemat biaya. Smart!!


Sempat browsing-browsing juga, ini beberapa pengakuan mereka yang menyatakan kalo Sharp memang kualitas terjamin dan sangat awet. Di sebuah forum tempat berkumpulnya orang Indonesia, aku menemukan berbagai pengakuan bahwa sharplah yang bagus, berkualitas.

Sumber: dari sini



Sebenarnya sharp produk mana sih kok bagus banget gitu dan banyak yang suka. Hayo ngaku, sering gak kita melihat sesuatu itu dari mana asalnya?? Kalau orang jawa ada falsafah yang namanya Bibit Bobot Bebet, biasanya falsafah ini diperhatikan betul saat akan memilih jodoh pasti  memperhatikan Bibit yang bermakna asal-usulnya, bobot artinya kualitasnya dan Bebet kesiapannya.

Bagiku barang-barang elektronik bagaikan jodoh, kalau kita bisa memilih yang berkualitas pasti juga akan tahan lama, tapi kalau gak jelas ya sudah lihat saja… hehehe 

Nah, kali ini aku ingin menelusuri bibit bobot bebet dari sebuah pabrik barunya di Karawang Sharp Takumi Factory yang melahirkan produk-produk berkualitas



BIBIT : Asal-usul Sharp Takumi Factory 
Sharp merupakan perusahaan multinasional dari Jepang *eh jadi teringat beberapa film motivasi dari jepang, salah satunya film tentang anak muda jepang yang hobinya ngegame tapi hasil uangnya dari game tersebut ia gunakan untuk berjuang mati-matian membuktikan pada ayahnya kalau dia mampu berwirausaha, berkali-kali gagal dan rugi ia terus berusaha hingga akhirnya ia mampu menciptakan brand baru snack makanan rumput laut yang sangat terkenal di dunia dan akhirnya pemuda itu juga mampu melunasi hutang-hutang ayahnya, wow semangat yang sangat luar biasa* eeeehhh malah ngelatur, kembali  ke Laaaaptop!!!


Yups, Sharp itu berasal dari Jepang, yang berdiri pada tahun 1912 sumber wikipedia *gilak udah lama banget yah, aku saja belum ada di dunia ini* dan taukah kamu siapa pendirinya?? Pendirinya adalah  seorang ahli yang sudah menemukan sebuah pensil bernama Sharp ever- Ready, makanya kemudian merek ini diberi nama SHARP. Perusahaan ini kemudian merancang desain dan memproduksi produk elektronik. Pusatnya ada di Abeno-ku Osaka Jepang. 


Hiaaaaa, jadi penasaran yah, pengen tau bagaimana sharp memproduksi barang-barangnya yang sangat berkualitas itu. Tak usah jauh-jauh pergi ke Jepang, kita tengok saja yuk pabrik sharp Indonesia yang diberi nama SHARP TAKUMI FACTORY.


*Jeng-jeng….!! Ini dia penampakan Sharp Takumi Factory, Pabrik Sharp Indonesia yang berada di Karawang Internasional Industry (KIC).  



 

Oya ini pabrik yang kedua lho, yang pertama ada di Pulogadung. Appaaaa??!! Bikin pabrik lagi??? Memangnya pabrik yang di Pulogadung itu enggak cukup ya? Coba perhatikan deh, Sekarang ini pertumbuhan penduduk Indonesia saja sangat pesat apalagi dibarengi dengan peningkatnya permintaan produk elektronik

Sudah banyak keluarga Indonesia memanfaatkan kulkas untuk menyimpan sayur-sayuran, buah-buahan minuman agar tetap fress, begitu pula urusan kucek mengucek, supaya lebih hemat waktu dan tenaga keluarga Indonesia mengandalkan mesin cuci. Nah, untuk meningkatkan kapasitas produksi produk lemari es dan mesin cuci, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) mendirikan pabrik baru seluas 31 hektar di Karawang International Industry City (KIC) itu yang disebut Sharp Takumi Factory.

O o o o… jadi begitu ceritanya…


Trus, pabrik kedua yang bernama Sharp Takumi Factory ini nantinya akan menghasilkan produk-produk yang ditunjukan untuk konsumen kelas bawah hingga menengah di Indonesia, tentunya produk ini nanti pasti akan sesuai kantong masyarakat Indonesia. Gak Cuma itu, produk-produk yang diproduksi di Sharp Takumi Factory yang ada di Karawang ini juga akan diekspor ke negara-negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika. Wow!! Produk yang berkualitas selalu banyak peminatnya.

BOBOT: Kualitas SDM
Beberapa waktu lalu para blogger Indonesia berkesempatan ‘ubyek-ubyek’ ke pabrik baru sharp yang ada di karawang, Sharp Takumi Factory. Semuanya seluk beluk sharp tunjukkan pada para blogger. So jadi tau deh kenapa sharp bisa awet dan bagus?? #ya jelas bagus lah kan sudah terkenal. Ada harga ada rupa donk# Ada yang menjawab demikian? Yak sah-sah saja sih tapi sebenarnya banyak hal yang lebih menarik dan bermanfaat kalau kita bisa tau sendiri .Mari bersama blogger kita kuak rahasia kualitas Produksi Sharp Takumi Factory


Budaya Takumi : jadi ini nih yang paling menarik dari Sharp Takumi Factory, budaya takumi yang sangat kuat dan mengakar pada setiap orang di jepang. Hei..!!!! dari tadi dengar kata Takumi melulu, apasih takumi itu? Takumi itu bahasa Jepang yang artinya 'ahli'. Maksudnya adalah orang yang telah terlatih dan mahir mengerjakan sesuatu hingga mendekati kesempurnaan. Dalam bekerja orang-orang jepang punya keinginan besar untuk menghasilkan karya terbaik, yang hanya dapat dikerjakan oleh manusia.

Kalau di Indonesia itu seperti kaya perajin batik, pemahat kayu, pengrajin keris trus pengrajin perak nah semua keindahan dan kualitas yang bagus di dapat dari tangan para ahli tersebut yang sudah mahir dan terlatih dalam mengerjakan karya itu, hasilnya? Kita sendiri sering terkagum-kagum.


Begitu juga di Pabrik Sharp Takumi Factory yang baru ini semua SDM atau karyawannya dibekali dengan prinsip Takumi. Mereka terus dilatih oleh para Takumi Sharp Corporation yang berdedikasi penuh melatih calon lokal sebagai kepanjangan tangan dari para takumi Sharp Corporation, gunanya untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tinggi. So jangan kuatir kalo produk sharp akan mengecewakan kita, karena semua produk sharp ditangani oleh tangan-tangan yang mahir dan terlatih.




Bagi Sharp, Karyawan adalah yang Utama: Enak kali ya jadi karyawan Sharp Takumi Factory, mereka dipenuhi fasilitas dan kebutuhannya yang menunjang pekerjaan mereka, gak cuma dituntut kerja aja tapi tidak disediakan fasilitas pendukung. Hi, karena tidak sedikit lho para pekerja yang ada di Indonesia ini bekerja tanpa fasilitas yang mumpuni wal hasil mereka kerja ogah-ogahan dan kualitasnya tak dapat diandalkan. #curhat ni ye#

Gila aja tu seluruh karyawan sharp takumi factory diajak untuk mendesain fasilitas pabrik sesuai dengan kebutuhan mereka, hiiiii senangnya dapat kehormatan seperti itu, berasa kaya diajak bikin rumah kali ya. Ini contoh yang bagus bagi para bos atau para perusahaan di Indonesia, agar karyawan punya rasa memiliki terhadap tempat kerjanya sehingga ia turut menjaga baik lingkungan ataupun kualitas produksi pabriknya.


-Masjid. Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, maka Sharp takumi Factory pun memberikan fasilitas dan keleluasaan bagi  kayawannya yang beragama Islam, jadi bisa kerja juga bisa ibadah saat waktunya tiba. 


-Klinik Kesehatan. Sharp takumi factory juga sangat memperhatikan kesehatan karyawannya sehingga disediakan pula Klinik kesehatan yang selalu terbuka untuk para karyawan Sharp Takumi  Factory.


-Kantin. O o o o Tempat kerja tanpa kantin itu bagaikan taman tak berbunga *hayaah pengibaratan yang gak pas* nah  kalau gak ada kantin, lagi istirahat pengen makan atau jajan? Gimana coba? Kalau harus keluar hmm memakan waktu yang lama. Makanya Sharp Takumi Factory menyediakan Kantin bagi kayawannya supaya mudah dan hemat. 


-Koperasi. Sharp takumi Factory juga memiliki koperasi bagi para karyawannya, sebagai fasilitas yang terjangkau untuk para karyawannya dalam memenuhi kebutuhannya.


-Showroom. Di tempat ini para karyawan akan memamerkan produk-produk dari tangan ahli mereka, sharp yang sangat antik dari design tertua hingga kulkas yang berlapis emas ada disini, mulai dari yang pertama sampai yang terbaru semua sejarah sharp bisa disaksikan dan dinikmati secara leluasa. Tentu hal ini aka memberikan rasa bangga pada para karyawan atas kerja keras mereka.


-Lapangan Sepak Bola. Wow asyiknyaaaaaaaa tempat kerja ada lapangan sepak bolanya. Pastinya lapangan sepak bola ini sangat bermanfaat bagi  para karyawan, selain untuk sarana olahraga, juga sebagai sarana mempererat rasa kekeluargaan antar karyawan di wilayah Sharp Takumi Factory, dan yang paling penting ini bisa jadi sarana reftresing para karyawan agar tidak jenuh dalam bekerja. Asyik banget kaaaaaannnn :-D 


Ayuukk melangkah lagi melanjutkan perjalanan ke pusat produksi lemari es sharp dan mesin cucinya.

BEBET: Kesiapan Memproduksi
Di dalam Sharp Takumi Factory terdapat dua pabrik yang memproduksi produk sharp yaitu mesin cuci dan lemari es. Pada masing-masing pabrik terdapat tempat yang cukup luas untuk memperoduksi serta para ahli yang siap melahirkan produk berkualitas tinggi.

Pabrik Mesin Cuci
Pernah bayangin gak bagaimana cara membuat lemari es?? Desainnya? pemutarnya? Atau apa yang kamu bayangkan tentang pembuatan mesin cuci? Aha! apakah kamu membayangkan semua elemen mesin cuci itu cetakan mesin? Hmmm tentu tidak.



Pada pabrik mesin cuci di Sharp Takumi Factory yang luasnya 11.627.888 M2, semua para karyawannya memiliki kemampuan dan keahlian yang akurat dan cepat dalam memproduksi lemari es. Seperti prinsip takumi yang selalu ditanamkan pada seluruh karyawan demi menghasilkan kualitas terbaik yang mendekati sempurna.


Nah supaya kualitas mesin cuci yang di produksi Sharp Takumi Factory terjamin, mereka memiiki divisi yang bernama Divisi Quality Control, dia memegang peranan yang amat penting untuk memastikan produk terbaik yang dihasikan di pabrik mesin cuci Sharp. Karena di pabrik sharp takumi factory ini memproduksi mesin cuci sebesar 1.680.000 pertahun atau sekitar 2,5 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung. Gilaaaakkkk!!!!



Maka terwujudlah produk berkualitas Mesin cuci sharp dolphinwave dua tabung yang punya keunggulan round shape. Sebuah fitur yang membuat proses pencucian menjadi lebih sempurna dengan perputaran air yg maksimal. Selain itu, bodi mesin cuci terbuat dari fiber sehingga tidak berkarat, tidak mudah penyok, dan mencegah sengatan listrik.

Hayo, bu ibu yang mesin cucinya karatan, yang udah penyok dan sering kesengat listrik, ayo beralih ke mesin cuci sharp Dholpinwave Dua tabung. Harganya murah kok





Pabrik lemari Es
 

Pada pabrik Sharp dikerawang ini, Shrap Takumi Factory selain memproduksi mesin cuci ia juga memproduksi Lemari es.. Euy, ternyata proses pembuatannya tak sedingin yang kita rasakan, hehehehe. Proses pembuatan lemari es cukup rumit jadi menuntut keahlian, ketelitian dan kecepatan kerja dari karyawan sharp takumi factory.

Jika pada produksi mesin cuci Sharp ada divisi quality controlnya, pada produksi lemari es ini juga ada divisi quality control dan langsung terintegrasi dengan proses produksi, sehingga memungkinkan tercapainya standar kualitas terbaik.










Karena pembuatan lemari es lebih rumit, maka semuanya menjadi lebih sempurna dengan adanya dukungan teknologi yang semakin canggih. Jadi jangan heran yaaa… kalau Sharp takumi factory mampu menciptakan lemari es berkualitas tinggi dengan kapasitas produksi lebih besar dari sebelumnya, yaitu sebesar 2.640.000 pertahun atau sekitar 2 kali kapasitas produksi di pabrik Pulogadung. Khusus wilayah pabrik lemari es di Sharp Takumi Factory ini luasnya mencapai seluas 27.616.300 M2



Ada yang penasaran nih, pabrik segede itu, menghasilkan produk yang luar biasa banyak, berapa ya karyawan yang ada disana?


Waow waow waow ternyata, sejak adanya sharp di Indonesia pada tahun 1970, Sharp sudah kasih kontribusi penting dalam mengembangkan industri elektronik nasional. Dengan pembangunan pabrik baru ini, Sharp Takumi Factory yang ada di kaarawang, Sharp sudah membuka lebar kesempatan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak sekaligus memberikan andil dalam peningkatan pengembangan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat. 


Oya!! Sharp Takumi Factory ini menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih  1200 – 1500 orang sampai tahun 2015. Wah lumayan juga ya, berkat sharp takumi factory mampu memberi lapangan pekerjaan di Indonesia. Hmmm semoga kedepannya, Sharp akan terus berkembang hingga mampu mendorong perkembangan industri komponen dalam negeri dan sumber daya manusia.


Green Factory

Sharp Takumi Factory dibangun dengan investasi sebesar Rp. 1,2 Trilyun pabrik ini dirancang menjadi Super Green Factory yang akan mengantongi sertifikat ISO 14000 dalam bidang Lingkungan dan ISO 9001 dalam bidang Quality. Waoww!!!!


Sharp takumi Factory juga memiliki tanggungjawab yang besar terhadap lingkungan sekitar karena sharp takumi factory merupakan bagian dari masyarakat, jadi  Sharp takumi factory memiliki visi menciptakan solusi yang memberi dampak positif terhadap lingkungan. 


Hal ini dibuktikan dengan  bisnis yang ramah lingkungan, sadar kesehatan, fokus pada produk hemet energi, mengembangkan produk penghasil energi serta secara aktif melaksanakan kegiatan pelestarian alam dan pendidikan lingkunganDemi  mewujudkan lingkungan hijau, bersih dan sehat untuk seluruh keluarga dan untuk Indonesia.



Jalan-jalan yuk ke Sharp Takumi Factory di Karawang

Hmm gak percaya dengan apa yang aku tulis diatas?? Buktiin sendiri aja gimana?  kayanya lebih asyik tu.. dengan langsung berkunjung ke Sharp Takumi Factory yang ada di karawang. 


Emang boleh?? Ya boleh dong. Caranya gampang kok tinggal kirimkan permohonan, ke sharp takumi factory Karawang dengan cara mengisi data pada form yang telah disediakan pada situsnya seperti ini nih.



Setelah mengisi data, jangan lupa untuk menyertakan surat permohonannya dalam bentuk attachement. Oya buat kamu atau teman-teman yang masih sekolah dan ingin berkunjung, surat permohonannya harus ada cap dan TTD  kepala sekolahnya lho…. 


Dan karena ini sifatnya kunjungan jadi tidak di perkenankan mengadakan korespondensi untuk segala bentuk permintaan atau penawaran promosi. Gimana asyik kan? Mudah sekali caranya.


Pengen tau nanti kalau berkunjung ke Sharp Takumi Factory diajak ngapain aja sih?? Asyik kok nanti kamu bakal di jelaskan bagaimana proses pembuatan Lemari Es, awal mula bahan baku yang berupa lempengan menjadi sebuah lemari es 2 pintu sampai target plan marketing  sekitar 1001 unit perhari itu adalah gabungan semua type lemari es dengan proses pembuatan per unit 3-4 menit saja. Penasaran kan ?? kok bisa secepat itu? hmm kan sudah ahlinyaaa hehehe

Kamu juga bakal tau bagaimana pembuatan mesin cucinya. Wah pokoknya lengkap deh. Tengok saja yuk beberapa galery poto ini saat para blogger berkunjung ke Sharp takumi Factory.











Seru banget kan...... Ayo, ajak semua berkunjung ke Sharp Takumi Factory rame-rame untuk menguak rahasia para ahli Sharp Takumi Factory dalam melahirkan produk-produk berkualitas. Jadi kita tau Bibit Bobot Bebet nya Sharp Takumi Factory.



Tulisan ini diikutsertakan dalam SHARP BLOGGING COMPETITION Dapatkan hadiah berupa 2 unit TV AQUOS serta 1 unit Air Purifier dan tersedia hadiah hiburan yang disediakan





Referensi:
http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sharp_Corporation





14 comments:

  1. keren mak, itu framenya bikin sendiri ya? (y)

    ReplyDelete
  2. Mak susan, pake aplikasi potoscape :-) hehee

    ReplyDelete
  3. Mak Lidya
    hehe iya ya mak, wah artis tenan... fotonya pasti banyak yg majang nih di competisi blog sharp ini :-)

    ReplyDelete
  4. Kereeeennn banget Mak postingannya...lengkap lg...blog-nya jg chantik...hihi..Sukses ya Mak u Competisi Sharp-nya...

    ReplyDelete
  5. @mak Irowati
    hehehe makasih mak, ayoo ikutan juga Sharp Blogging Competition,,,,
    ^_^

    ReplyDelete
  6. tanpa sadar memang beberapa perabot rumah memang merek sharp.. hehe..

    sukses ya mak untuk kontesnya.. :)

    ReplyDelete
  7. Thanks sob Infonya, mampir dimari juga yach...
    www.tubeave.com

    ReplyDelete
  8. Ulasannya lengkap mak Icha :) mudah2an sukses lombanya yaa..
    Saya jadi pengen bisa berkunjung ke Sharp factory..

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Bahasan yang komplit bu..
    mampir jg di mari bu http://goo.gl/ul2cuL

    ReplyDelete
  11. keren sist artikelnya moga sukses sist

    ReplyDelete
  12. Sharp memang oke ya, saya jg ikutan ngereview nih, salam kenal ya, dtunggu kunjungan baliknya :)

    http://dyasnw.blogspot.com/2014/05/takumi-factory-rumah-baru-para-ahli.html

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang