Thursday, June 5, 2014

Suara.com Lantang Mengungkap Fakta



Pertama kali membuka situs berita suara.com mata saya langsung tertuju pada logo suara.com. Saya pun mencoba menangkap makna yang tersembunyi di dalamnya. Merah, warna yang menarik perhatian dan lambang keberanian, sedangkan tulisan berwarna putih di dalamnya memberikan makna aura kebebasan, keterbukaan dan kesucian.


 

Mungkinkah suara.com ingin menunjukkan identitas dirinya sebagai situs berita online yang meskipun terbilang “baru” tapi tetap berani, tegas dan bebas? Dari pada saya menduga-duga, lebih baik langsung saja membaca berita-berita yang disajikan suara.com


LET’S REVIEW SUARA.COM

Suara.com Bukan Media Kacung. Saat membaca-baca berita pada kanal news entah mengapa pikiran saya langsung melayang kepada beberapa isu yang ada di masyarakat terkait beberapa media yang katanya “dikendalikan” oleh pemiliknya. Saya pun sempat membaca sebuah status seorang teman yang begitu geram pada sebuah media yang harusnya bersifat netral, malah begitu menjenuhkan, karena begitu terlihat memihak pada salah satu caleg atau capres.




Nah, pada suara.com, saya tidak merasakan keberpihakan suara.com pada kubu tertentu. Suara.com bener-benar berimbang dalam memberikan informasi. Apalagi suara.com merupakan situs berita online terbaru, ini wajib di ketahui semua orang dan sangat cocok menjadi rujukan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan berita yang sesungguhnya. Tidak dibuat-buat dan tidak memihak. 



Nih bukti suara.com yang sangat berimbang dalam memberitakan sesuatu. Suara.com selalu menghadirkan berita dari dua sisi secara berimbang dan tidak hanya memberitakan kubu tertentu. Suara.com adalah obat bagi masyarakat yang sudah jenuh pada media-media yang menjadi kacung penguasa.

Tidak hanya news, pada suara.com juga banyak kanal-kanal yang akan melengkapi kebutuhan informasi para pembaca. Ada 9 kanal berita beserta lininya yang sangat lengkap dan tidak kalah dengan situs-situs berita online yang sudah lama ada di dunia maya, bahkan lebih beragam dan fresh. 



Suara.com Cara Baru Betah Baca Fakta-Fakta Terbaru
. Sebagai seorang perempuan tak hanya kanal news saja yang saya baca, tapi juga kanal lifestyle menjadi kanal berita yang wajib saya baca. Karena pada kanal ini saya bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu baru terkait dengan lifestyle, saya bisa menemukan fakta-fakta baru terkait dengan kesehatan, makanan, gaya hidup, seks dan semua dunia yang sangat melekat dengan perempuan.


Tak seperti saat saya membaca pada situs berita lain, membaca kanal lifestyle pada suara.com membuat saya ingin klik berita-berita selanjutnya. Tau kenapa??? Karena ternyata saya merasa nyaman. Pada situs berita suara.com teks terlihat kontras terhadap warna latar belakang. Warna teks gelap di latar belakang cahaya yang kontras, hal ini sangat memudahkan saya sebagai pengunjung untuk membaca.

Suara.com juga menunjukkan ke profesionalannya dengan memilih font huruf yang mudah dan enak dibaca. Karena jika suara.com tidak memilih font yang mudah dan enak dibaca bisa saja Jika pengunjung website ada yang belum install font tertentu pada komputernya, browser akan menampilkan font default. Hal ini bisa membuat website terlihat buruk sehingga pembaca akan lari. Tapi, tidak dengan suara.com saya sangat betah membaca berita-beritanya.

Suara.com Berita Online yang Wasss Wussshhhhh. Siapa sih yang suka menunggu lama? Tak seorangpun. Begitu juga saat saya membaca berita online yang kadang dibaca sekali duduk. Pada suara.com saya menemukan situs berita yang cukup was wusshh alias koneksi websitenya tidak berat. Terutama saat mengakses kanal Multimedia yang berisi oto-foto dan video.



Nah,Jumlah data (termasuk teks, gambar dan video) dalam suara.com terbaca 284,7 kb ini adalah rata-rata setiap harinya, pada hasil tes diatas bisa langsung dilihat kecepatannya 11,81/s itu artinya tidak sampai satu detik untuk membuka suara.com. Cukup cepat bukan? Untuk akses suara.com sejauh ini tidak ada masalah dan lancar jaya.

Suara.com Mengajak Warga Lantang Bersuara dan Beropini di YourSay. Tak hanya memberikan berita-berita terupdate, suara.com juga mengajak masyarakat luas bisa berperan aktif dalam berbagi informasi baik dalam bentuk gambar ataupun tulisan ke yoursay@suara.com. Your Say yang merupakan media warga ini, untuk setiap tulisan berita, opini, dan konten yang dikirim ke Your Say, akan menjadi tanggung jawab penulis. 



Wah, membaca-baca berbagai informasi yang ada di suara.com benar-benar mendapatkan nuansa baru dan nuansa segar dalam mencari berbagai informasi lengkap, aktual dan berimbang. Bahkan selama beberapa kurun satu bulan ini saya juga mengamati semakin hari, semakin banyak iklan yang menghiasi situs berita suara.com itu salah satu bukti bahwa suara.com merupakan situs berita online yang berkualitas. Jika tak berkualitas tak mungkin dong ada iklan yang mau nempel ke situ.


TAGLINE SUARA.COM

Karena masih terbilang baru, suara.com memerlukan sebuah tagline atau slogan yang mampu merangkum atau mengekspresikan tujuan dan semangat suara.com supaya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mencari informasi yang dibutuhkan, mulai dari pollitik, bisnis, lifestyle hingga entertainment.

Nah, setelah membaca dan mereview berita-berita yang ada di suara.com, saya melihat secara tersirat dan saya yakin bahwa suara.com meskipun terbilang baru, ia ingin menunjukkan diri sebagai media yang berani, tegas dan bebas.

Maka muncullah sebuah tagline dari kepala saya untuk situs berita online terbaru  suara.com yaitu suara.com Lantang Mengungkap Fakta



Lantang Kata lantang ini saya terinspirasi dari kata suara, yang menjadi nama situs berita online terbaru ini suara.com. Lantang juga memiliki makna jelas bebas tidak ada yang menghalangi.

Mengungkap memiliki arti menunjukkan, membuktikan, menyingkapkan tentang sesuatu yg tadinya masih menjadi rahasia atau tidak banyak diketahui orang menjadi sesuatu yang di ketahui. Mengungkap juga berarti  mengemukakan, menyatakan, memaparkan, menerangkan dengan jelas.


Fakta adalah hal, keadaan, peristiwa yang merupakan kenyataan. Sesuatu yg benar-benar ada atau sesuatu yang benar-benar terjadi

Maka dengan adanya tagline Lantang Mengungkap Fakta, diharapkan suara.com tetap konsisten menjadi media informasi yang berani, tegas dan bebas. Dalam hal pemberitaannya tidak dikuasai oleh pemilik modal ataupun kubu politik tertentu. Karena fungsi media yaitu edukasi, informasi, hiburan dan pengaruh.

Lantang, dengan jelas memberikan informasi-informasi pada masyarakat dan tidak terhalang oleh siapapun. Mengungkap, menjelaskan, menginformasikan semua berita dengan jelas. Fakta, bukan berita-berita hoax yang disajikan melainkan berita, informasi yang benar-benar ada dan terjadi.



KRITIK DAN SARAN UNTUK SUARA. COM

Untuk bisa memberikan kritik kepada suara.com, saya harus mencari-cari dulu apa yang kurang dari suara.com Tapi nampaknya saya belum menemukannya. 

Namun sempat terlintas di pikiran saya sebuah saran untuk kanal News pada suara.com. Saran tersebut adalah; bagaimana jika suara.com juga memberikan semacam Tajuk Rencana, yang merupakan pandangan redaksi terhadap sebuah deretan peristiwa aktual yang sudah dikabarkan oleh suara.com 

Dalam tajuk rencana redaksi bisa mengungkapkan, menegaskan pentingnya masalah deretan peristiwa yang sudah terjadi dan dikabarkan oleh suara.com, redaksi juga bisa memberikan kritik dan saran atas permasalahan serta harapan akan peran serta pembaca. Contoh tentang maraknya kampanye hitam jelang pilpres atau kenaikan harga sembago jelang buan puasa dan lain-lain.

Saran untuk kanal Bola yang cukup lengkap dan banyak peminatnya ini, entah mengapa sebuah saran yang terlintas di otak saya adalah; bagaimana jika suara.com juga menyediakan channel khusus agar para pecinta bola bisa menyaksikan pertandingan sepak bola secara Live. Sehingga hal ini memungkinkan bagi siapapun pecinta bola yang sedang mobile tetap bisa menyaksikan siaran bola melalui streaming dari suara.com

Tidak hanya itu, saya juga punya saran untuk suara.com masih tentang kanal bola. Bagaimana jika di kanal bola suara.com ini juga menampilkan foto-foto eksklusif para pemain bola. Soalnya nih sekarang banyak juga cewek yang suka bola dan mengidolakan pemain-pemain bola rela mengumpulkan berbagai aksi tentangan pemain bola idamannya. 

              
Well, itu dia sekilas review tentang suara.com sebuah situs berita online baru yang berani, tegas dan bebas, tak ada yang mengendalikan kemana arah pemberitaan. suara.com Lantang Mengungkap Fakta. Patut menjadi alternatif baru rujukan kebutuhan kita akan informasi.





24 comments:

  1. hmm....baru sekarang tahu suara.com
    salam kenal dari jogja utara...

    ReplyDelete
  2. hehehe salam kenal juga mba..

    ReplyDelete
  3. Baru tahu suara dot com, tapi kalau di lapangan sih pernah ketemu sama-sama dari media online. :D

    Salam

    ReplyDelete
  4. yang terpenting netral aja mbak nggak kayak tv sekarng ini jadi kurang sreg karena berpihak ke salah satu partai atau capres ,salam kenal

    ReplyDelete
  5. @Indra Kusuma
    hehehe iya mas baru itu.. aku juga baru tau kok.... wah mantab nih dari media online :D sukses yaaak

    @Ali Imron
    iya mas jelehi banget kalau ketemu sama media yang berpihak sama salah satu capres tu, fungsi medianya ilang hehhehe :D

    ReplyDelete
  6. Pas banget reviewnya mbak...semangat ya...dan gut lak...kelihatannya masuk nih...

    ReplyDelete
  7. @mb Yuni
    hehe makasih mbak.. amiinnn :))

    ReplyDelete
  8. blum pernah buka suara.com
    main2 ah ksana :)

    ReplyDelete
  9. @Nathalia
    Silahkan mbak, siapa tau ada informasi bermanfaat :))

    ReplyDelete
  10. ah, mak ini jauh lebih keren kok dari pada review ku... semoga sukses ya mak :D

    ReplyDelete
  11. Salam kenal dari jogja, suara cowok nih, bkn cewek..,, *hiks

    Http://mask-id.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Nice review, Semoga menjadi salah satu pemenang lombanya...
    salam kenal...

    ReplyDelete
  13. Senang kalau media online udah gak pada nyebarin berita rancu atau salah ya, mba.

    Btw, kmrn saya gak kekejar event ini, Mba. Wkwkkw
    Kalo ada lomba, japri aja deh. :D

    ReplyDelete
  14. mantab nih review nya..
    good luck mbak

    ReplyDelete
  15. Oo ini ya suaradotcom.. :D
    sukses buat lombanya ya mbak.. :D

    ReplyDelete
  16. hehehhehee sorry gaissss baru sempat balik blog lagi..

    @Aida
    hemm masih lengkapan punyamu :D

    @Adi
    hehehe maap mas habis postingannya kaya ibu-ibu hehehe pisss

    @Syarwan
    makasih.. amiinn

    @Idah
    iya say mepet yah.. aku juga taunya ndadak kok :D

    @Reza
    Tengkyuu :D

    @Mew
    hooh ni situs brita baru suara.com :D

    ReplyDelete
  17. SEjatinya media yg menyebarkan informasi memang tidak berpihak pd kubu mana pun ya mba :)

    ReplyDelete
  18. iya mbak memang seharusnya begitu... tapi terkadang fakta berkata lain #cieh kaya apa aja hehhehe :D

    ReplyDelete
  19. Seneng ya kalau baca berita yang berimbang. Nggak puyeng bacanya ^^

    ReplyDelete
  20. Semoga menang lomba blognya kak. Pengen ikutan, tapi lagi banyak kerjaan *Soksibuk*

    ReplyDelete
  21. @Ika
    Iya mbak gak jeleh kalo baca berita enak tuu :D

    @Wahyu
    Makasih ya... cieh rapopo semoga kesibukanmu membawa berkah amin :D

    ReplyDelete
  22. Beneran, baru tahu juga. loh ini kontes blog juga. semoga beruntung kak.
    Aku ke suara.com dulu ya :D

    ReplyDelete
  23. memang seharusnya begitu ya bu,,_
    berimbang dan tidak memihak kesalah satu kandidat,,_

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang