Saturday, October 11, 2014

Aku Ingin Menjadi Perempuan Melek Finansial Bersama Sun Life, Kamu?

Menjadi perempuan yang biasa bekerja dan mendapat penghasilan sendiri, kemudian tiba-tiba harus resign demi menemani Ibu yang baru saja di tinggal Bapak meninggal dunia, secara finansial sungguh rasanya sangat tidak enak. Itu yang aku rasakan saat ini, harus berjuang lebih memutar otak agar bisa mendapat penghasilan tambahan meski hanya dari dalam rumah. Perasaan lebih campur aduk lagi ketika aku tak bisa memberikan bantuan sepeserpun untuk perawatan Ibu yang kini semua di tanggung oleh saudara-saudara aku. Apakah lantas aku berpangku tangan?? Tentu tidak.


Ditambah bulan September lalu tiba-tiba sang kekasih datang bersama orang tuanya memberikan sebuah cincin. Dia mengajak aku untuk menikah. Rasa senang dan bingung campur aduk dalam hati. Senang karena akhirnya kita sampai di tahap ini, semoga Tuhan menjadikan kita berjodoh ke depannya amin. Tapi bingung karena banyak pikiran yang berseliweran di otak.




Pikiran, setelah menikah nanti bagaimana dengan Ibu, jika aku ikut suami. Sungguh jika Ibu berkenan aku ingin mengajak Ibu tinggal bersama. Namun tentu tak bisa dipungkiri biaya kehidupan yang akan kami tanggung harus lebih, sedangkan calon suami saat ini bekerja sebagai instruktur IT di sebuah universitas yang gaji pokoknya diberikan per semester. Bisa bayangkan??

Aku percaya pada Tuhan, bahwa Tuhan sudah menyiapkan rejeki bagi setiap hamba Nya. Tapi bukankah kita yang harus menjemputnya?? Tuhan juga tak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada dalam diri mereka. Itu artinya kita sebagai manusia harus berusaha.

Dibalik kesuksesan seorang pria, terdapat wanita hebat di belakangnya. Sering kita mendengar ungkapan itu. Tapi kini kaum perempuan nampaknya sudah mampu berdiri sejajar dengan para pria  sukses khususnya bidang ekonomi. Hasil riset Lembaga Wealth-X, bekerja sama dengan Bank UBS AG asal Swiss, turut menunjukkan orang kaya Indonesia di tahun 2013 bertambah 10,2 persen dibanding tahun 2012. Dari keseluruhan 865 orang yang masuk daftar, 80-nya adalah perempuan dari  berbagai latar belakang.

Semakin banyak membaca semakin membuat aku semangat, bahwa perempuan itu bisa menyiapkan kesejahteraan dengan kemapanan finansial. “Kenapa pusing sekali sih, biarkan suami saja yang mengatur” . Di sebuah situs berita bisnis di informasikan bahwa 70 persen dari kebutuhan pokok keluarga ditentukan oleh perempuan, 84 persen perempuan memegang dan mengelola uang untuk keluarganya. Namun ternyata hanya 30 persen perempuan yang mengetahui cara untuk mengelola keuangan keluarga.


There for, aku ingin menjadi perempuan melek finansial dengan membantu suami mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial, agar bisa menatap sinar matahari di pagi hari dengan senyuman. So, what  I have to do ?? Aku pun mulai merancang dan mencari tau bagaimana cara agar sebuah keluarga itu bisa mencapai kemapanan secara finansial.

Hingga aku menemukan sebuah produk finansial terpercaya yang sudah ada di Indonesia Sejak tahun 1995. PT Sun Life Financial Indonesia memiliki beragam produk proteksi dan manajemen kekayaan , mulai dari asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan dan perencanaan hari tua. Lengkap sekali untuk semua aspek kehidupan keluarga.

Hello…… Kekayaan? Bukankah saat ini aku pengangguran? Kekayaan dari mana? Uang hasil dari menulis di kolom-kolom koran? Hanya dengan menulis bisa jadi kaya? Banyak pertanyaan meragukan memang yang muncul dari otak, tapi aku meyakinkan diri, bahwa itu hanya godaan setan yang terkutuk. Aku kembali fokus pada niat awal perencanaan kesejahteraan finansial. 

                                                            credit
 

Namanya “Life's brighter under the sun”, jasa konsultasi perencanaan keuangan, serta solusi masalah finansial yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah seperti aku. Ada beragam produk finansial yang bisa membantu memenuhi kebutuhan aku dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Aku Ingin Ada Proteksi Untuk Keluarga
Tak bisa dipungkiri kita sebagai perempuan menyukai yang pasti-pasti dan ketenangan, kenyamanan dalam hal finansial. Tapi saat punya uang lebih tentu kita ingin menikmati hasil jerih payah kita, entah dengan berbelanja, ke salon, mendekor rumah dan lain-lain . Apakah mungkin dua hal itu bisa aku rasakan? Uang lebih saja selalu dinikmati untuk kesenangan bahkan dihabiskan, tapi ingin punya ketenangan dan kepastian finansial tanpa menabung tanpa berinvestasi? Apa mungkin?

Don’t worry, Perencanaan perlindungan dari PT Sun Life Financial Indonesia menawarkan  solusinya cermat berinvestasi yang digabungkan dengan perlindungan asuransi jiwa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jadi aku bisa menentukan sendiri jumlah yang akan digunakan untuk produk perlindungan dan produk investasi sesuai dengan kemampuan. 


                                                Credit

Ada Sun Medicash
Mungkin sakitnya Bapak dulu bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi aku mengenai betapa pentingnya asuransi. Bapak sempat dirawat berbulan-bulan. Biaya yang diperlukan lumayan banyak dan kontinyu. Akhirnya, karena tidak memiliki asuransi, aset saudara-saudara aku cukup terkuras dan bahkan ada yang menjual kendaraan pribadi untuk biaya rumah sakit, operasi dan pengobatan. Kita tidak pernah tahu sakit itu datang kapan, bisa besok, bisa bulan depan,  lebih baik ada proteksi. Sun Medicash mampu membantu.

Program asuransi yang akan memberikan sejumlah santunan dana tunai saat nasabahnya menjalani rawat inap di Rumah Sakit, baik disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan. Seperti, rawat Inap. ICU (Perawatan Intensif), kematian dan manfaat akhir kontrak. Informasi selengkapnya dan brosurnya langsung saja klik disini

Ada Sun Golden Life
Ini adalah program asuransi khusus untuk yang membutuhkan proteksi jangka pendek. Katakanlah aku membutuhkan proteksi jangka pendek, makan nanti dana yang tersedia dari program ini dapat dimanfaatkan oleh keluarga aku untuk membantu memenuhi kebutuhan keuangan keluarga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan terhadap diri aku. Tapi amit-amit ya, semoga Tuhan selalu melindungi aku dan keluarga.

Beberapa manfaat yang bisa aku dapatkan dari Sun Golden Life adalah bebas memilih cara pembayaran premi, bisa bulanan, triwulan, semesteran dan tahunan. Jika terjadi sesuatu seperti kecelakaan maka gratis asuransi kecelakaan sebesar Rp50Juta.  Apabila dan meninggal maka santunan meninggal sebesar 100%. (sekali lagi amit-amit ya, ini hanya bentuk perlindungan, proteksi bukan pengharapan)

Ada Term Life
Ini dia program asuransi jiwa yang sangat cocok buat aku. Aku yang sebentar lagi akan berkeluarga. Tentu aku ingin yang memberikan keluarga keamanan, saat ini, dan di masa depan. Aku bisa luasaan memilih masa pembayaran premi, mulai dari 5, 10, 15, atau 20 tahun. Bebas juga menentukan pilihan cara pembayaran Premi yaitu bulanan, 3 bulanan, semesteran dan tahunan.


Aku Ingin Punya Simpanan dan investasi
Hasil survei Charles Schwab Corporation Foundation di San Francisco, ketakutan perempuan melakukan investasi, dua kali lebih besar dari pria. Aku tak ingin menjadi satu diantaranya, Maka sebagai perempuan, calon istri dan calon ibu juga nantinya, untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, masa depan yang cerah memerlukan perencanaan yang cermat.

Disini PT Sun Life Financial Indonesia juga memberikan berbagai program tabungan dan investasi bagi setiap tahapan kehidupan. Apalagi, setiap perencanaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi aku. Ada apa saja?? Ada Sun FortuneLink, Brilliance® Fortune. Brilliance® Sejahtera, Brilliance® One Protection Plus. Untuk melihat seperti apa saja penawarannya bisa lihat disini. Namun yang paling menarik dan sepertinya aku butuhkan adalah Sun FortuneLink

Sun FortuneLink
Untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti biaya rumah tangga, pendidikan anak, pembayaran cicilan rumah, warisan, dan kebutuhan lainnya, kita bisa menggunakan Sun FortuneLink untuk membantu mewujudkan. Dengan cara yang berpotensi tumbuh optimal dalam jangka panjang dengan mendapatkan akses ke berbagai instrumen keuangan melalui berbagai pilihan dana investasi yang dikelola manajer investasi professional. Dan yang paling penting kita dan keluarga terlindungi seiring dengan pertumbuhan uang kita.


                                                                        Credit

Banyak keunggulan yang bisa kita dapat dari Sun Fortune Link. Seperti Premi terjangkau mulai dari Rp300.000 per bulan, Perlindungan asuransi sampai usia 88 tahun. Dan masih banyak lagi yang lainnya bisa lihat disini.


Riders, Karena Aku Ingin Proteksi Lebih Mendalam
Aku dan keluarga butuh proteksi yang lebih mendalam. PT Sun Life Financial Indonesia menyediakan rider yang bersifat sebagai pelengkap atau pendukung asuransi dasar untuk meningkatkan perlindungan dan manfaat asuransi. Beberapa produk diantaranya adalah:

Sun Medical Executive, merupakan perlindungan kesehatan sejak dini hingga mencapai usia 88 tahun. Waiver of premium - Critical Illness Rider (WP - CIR) dengan WP-CIR ini, Aku akan dibebaskan dari kewajiban untuk membayar Premi apabila didiagnosa oleh dokter menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam polis sebelum mencapai usia 65. (Naudzubillah ya, semoga sehat selalu).

Ada pula Waiver of premium - Total Disability Benefit Rider (WP - TDB), Waiver of premium - Death (WP - Death) merupakan asuransi tambahan, (Riders) ini memberikan manfaat pembebasan pembayaran Premi jika Pemilik Polis meninggal dunia dalam Masa Pembayaran Premi. Berikutnya ada Critical Condition Rider (CCR), Accidental Death & Dismemberment Benefit (ADDB), Accidental Death Benefit (ADB). Selengkapnya bisa klik disini.


Bancassurance, Aku Ingin Ada Proteksi investasi, Perencanaan Keuangan, dan Menabung

Bancassurance memberikan jawaban karena dia adalah bentuk kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi di mana perusahaan asuransi menggunakan saluran penjualan bank untuk menjual produk-produk asuransinya. Produk asuransi yang ditawarkan adalah produk perlindungan sekaligus investasi untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang nasabah seperti proteksi, investasi, perencanaan keuangan, dan menabung.


Aku Ingin Masa Depan Lebih Baik dan Penuh Berkah
Sebagai seorang Muslimah seperti aku, menjalani bisnis berbasis syariah nampaknya lebih menenangkan dan berkah. Nah, Sun Life Indonesia juga memiliki bisnis syariah yang memiliki nilai dan konsep syariah untuk membantu kita sebagai nasabah dalam memenuhi kebutuhan akan produk asuransi syariah. Bagaimana caranya ? Ada beberapa produk yang ditawarkan.

                                            Credit
Brilliance Hasanah Sejahtera
Brilliance Hasanah Sejahtera merupakan produk asuransi jiwa dan investasi dengan pembayaran berkala untuk membantu aku mencapai kebutuhan keuangan di masa depan seperti biaya pendidikan, modal usaha, ibadah, pernikahan anak, dana hari tua dan lainnya yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Hem, pas banget yah buat aku yang mau menikah. Salah satu keunggulan nya adalah perlindungan asuransi hingga usia 88 tahun

Brilliance Hasanah Protection Plus
Ada lagi produk Brilliance Hasanah Protection Plus merupakan produk asuransi unit linked kontribusi tunggal yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa dan investasi yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

                                                                     credit
Wow! Ternyata cukup banyak yang bisa aku lakukan sebagai perempuan lakukan agar lebih melek finansial. Agar keuangan keluarga kita terlindungi, bebas dari hutang dan tidak bingung saat sesuatu yang mendadak terjadi. Banyaknya prestasi dan penghargaan yang di raih Sun Life Finansial membuat tak ada yang perlu di ragukan.

Ayo ladies … Kelola seberapa pun besarnya finansial yang kamu miliki. Mari jadi perempuan yang melek finansial, karena ternyata sudah banyak sekali perempuan sukses berawal dari kesediaannya untuk melek finansial.

                                                                            
Bahkan, kini kemampuan seorang perempuan mengelola keuangan dalam menjalankan bisnis disebut menjadi kekuatan perekonomian bangsa. Lantas bagaimana caranya agar kita sebagai perempuan bisa memulainya? Aku punya tips untuk para perempuan.


                                                     Credit


Pertama yang bisa kita lakukan adalah melunasi hutang (jika ada). Dengan mulai menyisihkan uang dari pendapatan untuk membayar hutang. Punya hutang itu sama saja bekerja untuk hari kemarin, gali lubang tutup lobang. Sebaiknya Alokasikan maksimum 30 persen dari gaji atau pendapatan dalam sebulan untuk membayar cicilan atau hutang.

Kedua Menabung. Yakinkan diri sendiri bahwa berapapun nilai penghasilan, sangat bisa disisihkan untuk menabung. Kadang kita banyak alasan untuk malas menabung, yang banyak kebutuhan, pendapatan sedikit dan lain-lain. Nah untuk bisa menabung, batasi konsumsi, Mulai tegas kepada diri sendiri, dengan membuat prioritas kebutuhan yang jauh lebih penting.

Ketiga siapkan dana darurat karena akan selalu ada kebutuhan tak terduga, salah satunya seperti sakit keras sehingga harus dirawat. Agar kita terhindar dari hutang, menjual aset, harta dan barang-barang hanya untuk melunasi biaya rumah sakit.

Ke empat, beli asuransi. Setelah kebutuhan rutin bulanan, membayar hutang, menabung, dan persiapan dana darurat terpenuhi maka ada baiknya jika sisa penghasilan digunakan untuk membeli asuransi. Sebaiknya utamakan memiliki asuransi jiwa untuk tulang punggung keluarga. Karena jika terjadi sesuatu kepada kepala keluarga, kehidupan keluarga masih bisa berjalan dan di nafkahi dari asuransi untuk waktu tertentu.

Terakhir Investasi cukup penting bila semua sudah terpenuhi dengan menyisihkan uang untuk investasi bisa diambil dari sumber pendapatan lain. Seperti THR, bonus, warisan, atau pendapatan lain di luar penghasilan utama. Bentuk investasi banyak jenisnya, risikonya bervariasi, begitu pula dengan nilai investasinya di kemudian hari. Sebaiknya kenali lebih cermat produk investasi sebelum memilihnya.

Nah bersama Sunlife Finansial kita sebagai perempuan bisa mencapai kesejahteraan kemapanan finansial dengan berbagai produk asuransi dan investasi yang aman dan terpercaya dengan menyesuaikan kebutuhan. Karena uang hanya permainan angka, dan perkara besar atau kecilnya tergantung dari kesiapan kita untuk mengelolanya. Aku Ingin menjadi perempuan melek finansial bersama Sunlife, bagaimana dengan kamu ??





                  Tulisan ini diikutsertakan dalam 
           Kompetisi Menulis Blog, Sun Anugerah Caraka 2014

 

Referensi:
http://www.sunlife.co.id/indonesia?vgnLocale=in_ID
http://bisnis.news.viva.co.id

9 comments:

  1. Komplit ya proteksinya. Sukses ya, Icha :)

    ReplyDelete
  2. Ciee..udah dilamar ni mak icha...jangan lupa undangannya lhoo...beneran nih serius, pgn dateng biar bs main ke rumah mak icha:)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mbak.. Wah, lengkap banget infonyaa!
    Selamat juga ya mbak udah dilamar.. Semoga lancar jayaa! :)

    ReplyDelete
  4. wahhh..infonya panjanggggggggggggg hehe
    good luck ya GA nya :)

    nb: selamat untuk lamarannya :)

    ReplyDelete
  5. mak Icha gooluck deh tulisannya keren abis...aku jadi bingung mau nulis apaan nih

    ReplyDelete
  6. prempuan memang haru smelek finansial ya, biar gak bingung jik aterjadi apa2 dengan suami

    ReplyDelete
  7. Ibuku bilang, jadi istri itu berapapun yang suami kasih, harus cukup. Makanya perempuan wajib melek finansial hehehee

    ReplyDelete
  8. Mak Icha...semoga sukses jd juara yaa...:)

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang