Friday, November 28, 2014

Akhirnya Aku Menemukan Cara Berbisnis yang Asyik

Beberapa waktu lalu aku bingung sekali menghadapi waktuku yang berhamburan tanpa kegiatan dan penghasilan ini. Ya, aku sudah resign dari kantor demi menemani ibu dirumah. Dilematis aku antara mau kerja lagi dan berwirausaha sempat aku ceritakan di blog ini dan mendapatkan banyak masukan dari teman-teman.

Tapi, teteeeeeeppp aja aku bingung. Pasalnya aku benar-benar tak tau bagaimana cara dan mengawali berwirausaha. Banyak ketakutan-ketakutan dan lain sebagianya.

Membuka-buka majalah, membaca-baca adalah salah satu agendaku melewati masa sulitku dan mencari pengetahuan. Nah suatu hari aku menemukan profil seorang muslimah hebat sekali. 




Namanya Muri Handayani. Gilak!! Ternyata dia, perempuan muslimah pemilik bisnis pakaian dalam muslimah merk RaZha yang pemasarannya sudah mencapai luar negeri itu. Sampai Amerika, Australia, Philippines, Hongkong, Brunei, Australia, Singapore, Malaysia dan beberapa negara lain. Keren yah!

Keren lagi kesuksesan bisnisnya itu tak ia telan sendiri.Ia selalu melibatkan banyak wanita dalam setiap bisnisnya. Ia juga membuka peluang untuk mereka para perempuan menjadi reseller, saat ini sudah ada hampir 500 agen dan distributor RaZha yang tersebar di 10 negara.

Mbak Hani (sapaan akrabnya) ini juga berbagi ilmu bisnisnya dengan mendirikan 'Sekolah Bisnis Online' SBO.

Di sekolah Bisnis Online itu mbak Hani mengajarkan banyak hal bermanfaat diantaranya:

1. Service Excellent
2. Branding
3. Sistem Pembayaran
4. Tips dan Trik
5. Optimasi Sosmed: Facebook, Instagram, Twitter
6. Pemasaran (marketing)
7. Pengiriman
8. Foto cantik
9. Kemasan
10. Waspadai penipuan
11. Penentuan Harga Jual
12. Sistem Keagenan
13. Strategi Target Omset.


Belajar 2 kali seminggu, Senin dan Rabu. Pukul 20.00-22.00 WIB selama satu bulan. Gak perlu repot-repot pergi jauh cukup buka laptop dan bergabung di grup online khusus Facebook.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para Ibu Rumah tangga yang ingin berkecimpung di dunia Bisnis Online. Agar ibu rumah tangga tetap bisa berdayaguna, anak terurus, suami terurus, mandiri secara finansial sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru.

Asyiknya lagi setelah kita jadi alumni kita bisa mendapatkan peluang  menjual Tiket kelas SBO, kita akan mendapat keuntungan 50.000 per tiket yang dijual. ditambah lagi ada bonus 10 tiket gratis 1. Jadi kalau kita bisa menjual 10 tiket maka kita akan mendapat keuntungan 500rb ditambah tiket gratis senilai 300rb.

Tak sampai disitu mbak Hani berbagi ilmu bisnisnya. Ia juga membuat sebuah buku Action Plan. Action Plan bukan buku bacaan. Ini seperti buku agenda. Bedanya ini digunakan untuk perencanaan bisnis.Karena dalam bisnis wajib punya perencanaan, mau apa, mau kemana, sebesar apa bisnisnya dan apa yang harus dilakukan.


Buku ini dijual secara online dengan sistem reseller. Siapapun bisa ikut mendistribusikan bukunya. harga retail 120rb. harga reseller cuma 70rb. Maka tiap bukunya reseller mendapat keuntungan 50rb dan ada bonus UMROH GRATIS tanpa diundi. Jika mencapai target.

Seperti apa buku ini?



Nah seperti ini dia bukunya. Buku agenda action plan ini bisa kita dudukkan di meja, bisa kita lihat setiap saat setiap waktu tanpa repot membuka tutup atau menyimpan di rak buku.




Pada halaman pertama kita akan menemukan halaman Annual Activities. Disini kita bisa menuliskan apa saja rencana ataupun jadwal kita selama setahun. Dari Januari-Desember. Pas banget kan bentar lagi tahun baru saatnya memulai kehidupan baru.


Kemudian di halaman selanjutnya ada halaman Annual Achievement. Buku ini bisa kita gunakan untuk menjalankan bisnis, hoby, cita-cita ataupun rencana kita kedepan. Pada halaman ini kita bisa menuliskan dalam waktu satu tahun ini apa saja yang ingin kita capai??

Misalkan seorang mahasiswa demi meraih cita-cita dia bisa juga menggunakan buku ini dan mengisi kolom Annual achievmen ini. Misalkan. Semerster 2 IPK harus 3,80 kemudian bulan februari harus bisa juara olimpiade matematika dll.

Kalau buku ini dimanfaatkan untuk bisnis, pada annual achievement juga bisa dituliskan pencapaian setiap bulannya dari januari-februari dan seterusnya harus mencapai angka penjualan sampai berapa.


Pada halaman berikutnya kita akan menemui kolom-kolom seperti ini. Kolom yang diatasnya ini bertuliskan Januari, bisa kita manfaatkan untuk menuliskan bagaimana cara-cara kita mencapainya? Bisa kita lihat ada 4 kolom diatas. anggap saja kolom pertama untuk minggu pertama, kolom kedua untuk minggu ke dua dan seterusnya.

Pada kolom-kolom tersebut kita tuliskan bagaimana cara-cara yang bisa kita lalukan untuk mencapai target yang sudah kita tulis di depan. Baik di minggu pertama hingga minggu terakhir.


Pada kolom-kolom kecil ini kita bisa menuliskan lebih terperinci, rencana-rencana harian kita. Supaya tak ada yang terlewatkan.



Kemudian ada lagi berikutnya adalah halaman HAVE TO DO, disini kita bisa menuliskan rencana-rencana esok hari mau ngapain saja. Bisa kita lakukan sebelum tidur. Kalau sudah terlaksana bisa kita kasih tanda centang sebagai tanda.


Pada bulan-bulan berikutnya sama kita bisa mulai lagi menuliskan. Lihat di awal lagi pada bulan februari kita akan melakukan apa saja, lalu tuliskan cara-cara yang bisa kita lakukan agar semua bisa tercapai dan seterusnya.

Dengan buku agenda semacam ini kita bisa lebih terarah, memantau, dan lebih detil dalam melakukan banyak hal. Kelebihannya lagi apa yang akan kita lakukan tidak sekedar angan-angan, dengan buku ini kita sendiri yang menulis, maka kita akan terpacu agar lebih baik setiap bulannya.


Akhirnya aku menemukan caranya berbisnis yang asyik..




4 comments:

  1. Keren ulasanmu. Udah ikutan SBO nya sih ya..aku malah baru tahu agenda ini

    ReplyDelete
  2. Fenny ikutan SBO tapi khusus pas instagram doang, asyiiik bangeeet

    ReplyDelete
  3. Menarik cara belajar berbinisnya. Hmmm, jadi mikir kalo aku bisnis apa ya yg cocok?

    ReplyDelete
  4. Baru dari selltiket.com, untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran : PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom, pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang