Friday, March 27, 2015

Membedah Keuntungan Teknologi Pintar Honda eSP

Beberapa waktu lalu di salah satu stasiun televisi di acara talkshow yang digawangi oleh Sule, Marcel Chandrawinata sebagai bintang tamu memperagakan sebuah iklan motor dengan teknologi yang sangat pintar. Motornya motor Honda, sekilas mata memandang tampilannya lebih kuat dan keren. *apalagi Marcel ganteng en gagah hihihi* 

Marcel bahkan memamerkan kecanggihan motornya saat di parkiran, ia tak bingung- bingung mencari motornya seperti yang biasa dialami banyak orang. Hanya dengan memejet sebuah tombol yang ada di tangannya kemudian motor miliknya berbunyi dan nyala lampu seinnya.

Tak hanya itu, bahkan saat di lampu merah setelah 3 detik motor yang dikendarai marcel tiba-tiba mati dan tak berapa lama saat lampu hijau menyala marcel langsung menarik tuas gasnya, motor langsung meluncur dengan gesitnya.

Menyaksikan kecanggihan motor honda yang dikendarai Marcel cukup membuat aku dan keluargaku yang sedang menonton acara talkshow kesayangan tersebut tercengang. Lalu muncul banyak pertanyaan di ruang tengah tempat kami berkumpul dan menonton tv.

Widih Honda sekarang tambah canggih aja yaa..pakai alat apa itu..? apa gak ngerusak mesin?” kata kakakku yang honda minded.

Edyaaan.. Motor kaya gitu harganya berapa yaa? ” tanya Pamanku yang setia dan rawat sekali dengan Honda Astreanya untuk mengajar hingga kini.

Kalau Beli di Yogyakarta udah ada barangnya belum ya di dealer ?” Gumam adikku yang sudah lama menabung dan ingin membeli motor Honda impiannya.

Emang selisihnya berapa sih kehematannya sama Honda biasa? Kalau selisihnya jauh lumayan itu buat PP kerja kan bayak macetnya” aih suamiku juga ikutan angkat bicara, bau-baunya pengen nih ngganti motor Honda Supra X nya yang sudah menemaninya selama 8 tahun.


Akhirnya, akupun turut penasaran. Ada apa dengan cinta Honda yang terbaru ini. Siapa tau aja kakak mau upgrage *ceile emang aplikasi upgrade?* motornya dengan Honda berteknologi pintar terbaru itu. Siapa tau pamanku juga mau hijrah dari Supra X nya itu ke Honda yang terbaru. Siapa tau juga suami mau beliin aku hihihi ngarep.com.


Well ! Setelah mondar-mandir kesana kemari ternyata aku dan keluarga ketinggalan info mbak bro, mas bro. Iya, Motor dengan teknologi pintar itu ternyata sudah diluncurkan dan di perkenalkan sejak 11 Desember 2014. Bahkan adikku juga kudet banget, masa’ Honda Vario eSP juga sudah di perkenalkan di DIY, Kedu dan Banyumas kagak tau juga. Hihihi jadi malluuuuu’.


Apa sih yang dimaksud Teknologi Pintar Honda? atau Honda Smart Technology?

Honda Smart Technology itu kombinasi teknologi pintar dan fitur-fitur canggih untuk kini dan masa depan. Mulai dari sebelum mengendara, saat mengendarai dengan seru, keren dan nyaman, hingga tiba sampai di tujuan dengan selamat.



Kombinasi teknologi pintar dan fitur canggih tersebut teridiri dari Enhanced Smart Power, Programmed Fuel Injection, Combi Brake System, Idling Stop System, Answer Back System dan LED  Headlight.

Nah, apa sih teknologi pintar eSP Honda itu ?
eSP itu singkatan dari “Enhanced Smart Power”. Intinya eSP ini adalah serangkaian mesin berteknologi canggih yang ada pada skuter matic generasi terbaru milik Honda. Pokoknya dengan teknologi pintar eSP ini bakal bikin mesin halus berkat gabungan generator dan starter yang bisa mengurangi gesekan sehingga mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System). Tentang fitur ISS saya akan bedah lagi di bab berikutnya hehe *emang buku? Ada bab-bab nya he he*.

Saking halusnya bahkan tanpa suara, kucing yang ada di atasnya pun gak kerasa hahaha canggih ya..

Keren kan? Oya, kita yang beli motor matic Honda keluaran tahun 2015 ini pasti sudah berteknologi pintar eSP. Soalnya PT AHM sendiri sudah komit bahwa di tahun 2015 seluruh matik Honda akan menggunakan teknologi eSP. Asyeeeeekkk… *tau dari mana?? Bacaaaaaa baca berita dong biar gak kudet lagi*.

Keuntungan yang bisa di dapatkan kalau keluarga kami punya motor matic yang sudah berteknologi pintar eSP dengan ACG Starternya ini adalah  selain mesin yang halus kakakku tak perlu lagi menganggu seisi rumah saat memanaskan mesin motor di pagi hari, iya dia selalu rajin memanaskan mesin saat pagi hari.

Pamanku yang terkadang pagi buta sudah harus mengeluarkan dan menyalakan motor berangkat mengajar karena sekolah tempat ia mengajar cukup jauh, juga tak perlu berisik dan mengganggu tetangga lagi jika memiliki Honda matic eSP dengan teknologi ACG Starternya yang halus itu. Apalagi tetangga punya anak bayi rumahnya dempet-dempet sekali. Cocok sekali buat yang hidup di perkotaan padat penduduk.

Programmed Fuel Injection

Tau gak? Sebuah data yang dikeluarkan WHO menyebutkan bahwa pada tahun 2012 sebanyak 7 juta jiwa di dunia mengalami kematian akibat udara yang tercemar, dan itu mencapai seperdelapan dari kematian di seluruh dunia. 



Dan gara-gara emisi gas buang yang buruk di Indonesia, 60.000 orang di Indonesia meninggal akibat emisi gas transportasi darat. Dimana daerah perkotaan menyumbang 90 persen pencemaran udara seperti CO, HC, NOx, PM, O3. Gila gak tuh?

Untungnya, Sejak tahun 2005 hingga saat ini, Astra Honda Motor udah jadi pelopor produk berteknologi injeksi ramah lingkungan. Berkat Programmed Fuel Injection pembakaran bisa optimal dan emisi gas buang lebih rendah, mesin juga bekerja dengan efisiensi lebih baik dengan emisi yang ramah lingkungan. 



Sebuah uji coba AHM Lab Programmed Fuel Injection pada All New BeAT eSP terbukti lebih ramah lingkungan dengan emisi gas lebih rendah.

Teknologi memang berkembang mengikuti zaman, sekarang zamannya kota yang padat kendaraan. Maka agar menekan emisi gas yang bisa membahayakan kesehatan di perlukan motor yang ramah lingkungan berteknologi Programmed Fuel Injection. Karena Programmed Fuel Injection mampu menekan emisi hingga 90 persen, sesuai dengan standar regulasi EURO 3, lebih irit penggunaan BBM sekitar 30 persen, pembakaran yang lebih efisien hingga 17 persen, akselerasi yang lebih responsif, motor lebih bertenaga, cocok dengan Premium di Indonesia, mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu udara.

So, perjalanan lebih nyaman tidak mengganggu pengendara lain dengan emisi buruk yang keluar dari motor kita. Andai semua pengendara motor menyadari hal ini maka di jalan akan terasa lebih nyaman karena semua pengendara sadar akan lingkungan.


Combi Brake System
Dulu waktu pertama kali bisa mengendarai motor matic pernah ada sebuah kejadian yang membuat aku cukup trauma. Saat mengendarai tiba-tiba di depan ada nenek-nenek lewat, otomatis aku rem dengan memejet rem kanan kiri atau depan belakang berharap motor yang ku kendarai segera berhenti dengan tepat.

Alih-alih berhenti, begitu kedua tuas rem ku pejet, motor malah ngepot alias tak seimbang dan akupun tersungkur menabrak pagar pohon milih orang. Ampun dah…



Nah, Untungnya kini ada teknologi pintar dari Honda yang tak akan lagi membuat kita jatuh saat mengerem. Combi Brake system yang akan membantu kita menyeimbangkan pengereman hanya dengan menarik tuas rem kiri maka rem depan dan belakang dapat berfungsi dengan tepat dan gak bakalan ngepot lagiiiii…. Hehee.. begitu ternyata….Tapi kapaan yaa daku punya? *kedip-kedip mata ke suami*

Idling Stop System (ISS)
Pernah gak sih mengeluh macetnya kota, lamanya durasi lampu merah dan itu membuat pemborosan pada bahan bakar yang kita gunakan. Tapi dengan teknologi pintar Honda hal itu bisa di minimalisir dengan Idling Stop System.


 
Idling Stop System adalah fitur premium milik Honda yang bisa matikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik. Biasanya hal ini terjadi saat macet, atau menunggu lampu hijau menyala. 

Apa mesin gak rusak kalau berhenti dikit-dikit trus mati?? Ini dia saatnya menjawab pertanyaan kakak ku yang mempertanyakan adegan Marcel berhenti di lampu merah dan mesin motornya otomatis mati. Ternyata saat idling stop system bekerja performa aki dan mesin tetap optimal. Bahkan lebih irit tanpa emisi gas buang.

Dan gak perlu starter lagi kalau mau jalan *tampang katrook hahhaa* cukup dengan menarik tuas gas maka motor kembali nyala dan wusssszzzzzz jalan terrroooossss… hehee.

Oya ada lho yang sudah punya Honda berteknologi pintar eSP tapi gak tau cara menggunakan Idling Stop Systemnya. Hehehe.. ternyata untuk bisa menggunakan ISS ini Berikut caranya adalah: Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop” Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100. Trus temperatur mesin harus melebihi 60 derajat celcius.

Nih kalau motornya masih baru, perlu diperhatikan nih kalau mau menggunakan ISS nya motor harus sudah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam.  Kemudian Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis. Ye ye yeeee keren kan?? Kalau teknologi pintar nya kaya gini, berani nih menaklukkan Jakarta dengan bersepeda motor .


Answer Back System
Ini dia teknologi pintar yang bikin aku ngetawain suami mulu, hikzz tu suami pasang muka manyun. Lha gimana coba orang pelupa kaya dia setiap kali ngemall atau pergi kemana selalu nyari-nyari kaya orang gila dimana letak motornya. Kalau punya motor matic Honda berteknologi pintar Answer Back System  ini, hal tu gak perlu terjadi berulang-ulang, khususnya bagi pelupa kaya sumiku hahhaa… 



Kok bisa ya bunyi gitu?? Iya, soalnya Answer Back System bekerja menggunakan sinyal radio melalui remote. Kalau remotenya ditekan (yang sudah terintegrasi dengan kunci) maka motor bakal kasih tanda berupa suara dan kedipan dari lampu sein depan - belakang jadi pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan.

Idih keren banget kan, suami gak bakal bingung dan stres lagi nih nyari motornya dimana. *lagi kedip-kedip glendotan minta Honda matic berteknologi pintar esp* hahaha


LED HEADLIGHT
 
Aku kira motor keren yang di pakai Marcel di iklan itu yang lampu depannya terang banget bakal bikin boros tapi ternyata tidak. Karena yang digunakan adalah Teknologi lampu LED yang justru sangat hemat dan hasil sorot lampunya lebih terang. Jadi kalau mengendarai motor di malam hari juga gak perlu takut.


Meski sorot lampunya lebih terang bukan berarti akan cepat rusak, tapi justru umurnya lebih panjang karena tingkat panasnya lampu lebih rendah. So efisien banget. Untung gulung-gulung kan pakai teknologi pintar Honda?

Untung gulung-gulung deh yang sudah menggunakan ataupun akan menggunakan motor matic honda berteknologi pintar eSP. Karena kini motor matic imejnya  gak seperti dulu lagi yang cocok untuk cewek saja. Kini seiring perkembangan zaman matic juga digunakan semua kalangan dan jenis kelamin. 

Untunglah orang-orang seperti kakakku yang suka traveling jauh pakai motor. Kalau pakai motor matic berteknologi pintar eSP tak perlu takut lagi tanjakan, turunan atau medan apapun cuaca bagaimanapun karena sudah dilengkapi dengan combi brake system dan lampu LED yang canggih.

Motor matic berteknologi pintar eSP juga akan sangat menguntungkan bagi orang-orang seperti suamiku yang bekerja di kota Jakarta yang pasti macet dan padat. Dengan Programmed Fuel Injection akan lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Apalagi pas berhenti di lampu merah yang durasinya lama fitur Idling Stop System sangat memberikan keuntungan pada pengendara motor. Terakhir yang paling penting dengan fitur premium Answer back system suami tak perlu bingung mencari posisi motor saat di parkiran.


Honda Smart Technologi pokoknya teknologi pintar yang mengerti banget kebutuhan kita.

Betewe dari tadi ngoprek-ngoprek tentang teknologi pintar Honda aja, trus motor Honda apa saja yang sudah berteknologi pintar eSP??? Cekidooottt ..



Sumpah keren-keren ya mooor matic Honda yang sdah berteknologi pintar eSP, apalagi teknologinya yang memberi kita banyak keuntungan dalam berkendara. Kini dengan motor matic Honda berteknologi pintar berkendara bakal jadi sangat menyenangkan.


Huhuhuuu... jadi gak sabar pengen segera kumpul keluarga dan nyeritain semua keuntungan teknologi pintar Honda eSP ini, soalnya keluargaku waktu nonton iklannya Marcel di acara talkshow kemarin kayanya pada penasaran.


Semoga upaya aku membedah keuntungan teknologi pintar honda eSP gak hanya bermanfaat buat keluargaku tapi juga teman-teman pembaca semua yang pengen beli motor matic berteknologi pintar eSP. 


Gak cuma itu, teman-teman yang tau keuntungan ataupun kecanggihan teknologi pintar honda jangan segan-segan tulis di blog kamu dan ikutan Lomba blog HST. Ayo tunggu apa lagi!











Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=08L_Scf_AdE

http://oto.detik.com/read/2015/02/12/155807/2831397/1208/honda-vario-150-esp-diperkenalkan-di-yogyakarta

http://www.welovehonda.com/esp/

http://www.hondacengkareng.com/memperkenalkan-teknologi-esp-pada-motor-honda/

http://finance.detik.com/read/2014/12/16/142238/2779008/4/gara-gara-macet-dan-polusi-warga-jakarta-rogoh-rp-385-triliun-tahun

http://oto.detik.com/read/2014/05/28/135057/2593972/648/akibat-emisi-gas-buang-60000-jiwa-di indonesia-melayang

http://www.merdeka.com/otomotif/9-keunggulan-teknologi-pgm-fi-honda.html

http://finance.detik.com/read/2014/05/31/133757/2596136/1034/macet-jakarta-bikin-konsumsi-bbm-boros-ini-penjelasannya






9 comments:

  1. wah bagus banget tulisannya.,.. good luck ya mak.. mlipir aku hihi

    ReplyDelete
  2. kalau saya lebih seneng itu yang bisa kedip sama bunyi pas kita tekan remote nya .. saya kan pelupa kalau nyari motor di parkiran gede di kampus yang motornya banyak banget .. hahaha

    ReplyDelete
  3. @ mak susan sama bagusnya hehehhehe bravooooo :))

    @ makasih mbak sri

    @ Putri sama dong kaya suamiku hehehe

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  5. Ibuku juga pake Vario yang itu... emang gede banget sih, tapi beneran irit ^^

    ReplyDelete
  6. Kalo adikku masih pake Honda Beat...

    ReplyDelete
  7. trimakasih gan informasinya bagus bgt :D :D

    sekedar shering ajja sama agan" bagi yang lagi susah ngurus" surat" penting sprti sim,stnk,bpkb,dll ane nemu tempatnya tinggal milih dibawah nih gan
    biro jasa stnk
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang