Saturday, March 21, 2015

Susah Buang Air Besar Tanda Tak Kerasankah?


Sudah hampir 2 bulan aku tinggal di rumah ini, namun aku belum juga merasa nyaman. Aku mulai mencari satu persatu penyebabnya, begitu kompleks hingga abu abu hasilnya.

Aku tak tau persis apa penyebabnya, yang jelas setiap hari aku ingin menenggelamkan diri dengan kesibukan di luar. Selalu ingin mengajak suami jalan-jalan. Selalu ingin main ke rumah saudara. Dan yang paling parah aku rela mengeluarkan banyak uang diluar yang penting aku tidak dirumah.

Tidak ada masalah yang menggangguku sehingga aku tidak begitu nyaman dirumah, mungkin dirikulah masalah sebenarnya. Ya diriku masalahnya.

Biasanya setiap pagi hari aku selalu rutin buang air besar, sudah menjadi kebiasaan dan lancar. Namun sejak tinggal disini aku semakin menyadari kalau aku jarang bahkan selama 2 bulan ini mungkin baru 2-3 kali,

Setiap di rumah ini, pagi hari yang dulunya biasa buang air besar disini aku tak pernah merasa ingin buang air. Tapi anehnya saat siang atau sore hari aku jalan jalan ke mall atau lagi disuatu acara atau lagi dirumah saudara, tiba tiba langsung ingin buang air besar.

Setelah aku browsing browsing ternyata



" Faktor psikologis dapat mempengaruhi kinerja sistem darah secara keseluruhan. Contohnya pada orang yang sedang dilanda stres, saraf-saraf pencernaannya dapat terganggu, menyebabkan gerak peristaltik usus tidak bekerja dengan normal. Hal ini akan mengakibatkan susah buang air besar. Sembelit akibat stres tidak perlu ditangani dengan bantuan obat, cukup dengan menghindari stres."

Trus tak kerasan disuatu tempat juga bisa jadi penyebab susah buang air besar

" Berdasarkan salah satu mitos, indikator orang yang betah atau kerasan tinggal di suatu tempat ialah buang air besar lancar di beberapa hari pertamanya. Jika susah buang air besar, itu tandanya dia tidak merasa nyaman atau kerasan di lingkungan barunya. Walaupun hanya mitos, kecenderungan ini ternyata sering terbukti benar karena berhubungan stres. Perasaan yang tidak nyaman di suatu lingkungan baru, mendorong seseorang untuk mengalami stres yang dapat memicu"

Setelah membaca dua kalimat tersebut mungkin aku sedang stress. Oyaa??
Entahlaaaah :)





Referensi:http://www.artikelkesehatan99.com/5-penyebab-susah-buang-air-besar/

5 comments:

  1. Masih butuh penyesuaian ya mbaa? Iya aku pernah denger kalo kita di suatu tempat yang baru bisa langsung BAB itu tandanya kita kerasan dan nyaman di tempat itu

    ReplyDelete
  2. 2 bulan msh adaptasi mungkin mba hehe... keliaannya mmg fKtor psikologis ya hehe... jd agak percaya sama mitos orang tua zaman dulu jdnya yg mmg terkadang ada benarnya jg, cuman ortu dl raxa susah ngaxih alasan yg logis ...^_^

    ReplyDelete
  3. Baru denger mitos soal poop ini :D

    ReplyDelete
  4. Sedikit percaya.. faktor stress karena suasana nya ga sesuai sama hati... bisa bikin males BAB. Hehehehe

    ReplyDelete
  5. Wahh dugaanku benar mbk, aku udah 6 hari belum BAB sejak di lingkungan baru di Karawang datang hari jumat sampai sekarang blm BAB, pernah sekali malem malem pergi ke Mall KCP blm sempet nyampe rumah di jalan udah mau kebelet BAB aja.. aduhh

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang