Wednesday, June 17, 2015

Memaksimalkan Kekuatan Teknologi dan Keindahan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Merasa sebagai ‘manusia’ yang berada di golongan sosial menengah ke bawah alias kere, sebelum membeli smartphone saya selalu melakukan 'riset' untuk mengetahui yang benar-benar saya inginkan dan butuhkan, sehingga perangkat tersebut benar-benar berguna nantinya. Namun tak jarang banyak orang yang membeli smartphone kelas premium hanya untuk ‘prestise’ tanpa tau bagaimana memaksimalkan teknologi tersebut.

Samsung meluncurkan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge tentu bukan untuk sekedar ‘prastise’ namun agar hidup lebih mudah. Dengan kehadiran berbagai fitur baru dan teknologi canggih pun diharapkan akan lebih banyak manfaat yang digunakan.



Di salah satu mall di Jakarta, saya sudah tak sabar ingin mencoba kekuatan teknologi  dan menyentuh kemolekan serta kecantikan Samsung Galaxi S6 dan S6 Edge. Hingga kurang lebih 3 jam an (gak kerasa banget) saya mengoprek dua bersaudara Samsung Galaxi S6 dan S6 Edge ini, saya pun akhirnya menemukan banyak fakta dan alasan mengapa mahar yang harus dibayar untuk memiliki smartphone premium ini cukup tinggi yaitu kisaran seharga motor. Fakta itu adalah..



Karena faktanya banyak kekuatan teknologi hebat yang bisa kita manfaatkan secara maksimal dibalik keindahan desain
Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge”



Di bantu mas-mas ganteng SPG berkaos hitam dengan tulisan (Ask Me About S6) saya mendapatkan banyak informasi serta bisa menjajal sendiri kehebatan Samsung Galaxy S6 an S6 Edge. Untuk itu, saya ingin share fakta-fakta kekuatan teknologi apa saja yang bisa kita manfaatkan dari Samsung Galaxi S6 dan S6 Edge di balik desainnya yang sangat indah dan menggoda ini.




Kekuatan Teknologi Untuk Design Tangguh dan Mempesona

Ternyata di balik keindahan desainnya yang premium tipis dan elegan, Samsung Galaxi S6 dan S6 Edge dibuat dari bahan logam berpadu dengan kaca panel Corning Gorilla Glass 4 yang membalut semua bodi Galaxy S6. Logam yang dipakai adalah jenis logam anti karat dan bersifat ringan yaitu Almunium 6013.


Almunium 6013 adalah jenis aluminium yang biasa di pakai pada pesawat, mobil, kapal pesiar, dan sepeda gunung. Bisa dibayangkan? Untuk sebuah smartphone bingkainya saja dari bahan yang sangat kuat dan kokoh yang biasa di gunakan untuk peawat.  Meskipun mengusung material sekokoh pesawat, bobotnya cukup ringan hanya 138 gram. Manfaatnya sangat terasa di genggaman, lebih ringan nyaman dibawa dan tidak ribet.


Menurut Andre Rompis, VP IT and Mobile Business Samsung Electronics, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge adalah smartphone terindah sepanjang sejarah Samsung. Wow!

Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge  keduanya sebenarnya sama, tapi S6 Edge membawa desain yang lebih segar dibanding S6 versi standar dengan layar lengkung di kedua sisinya. Hal ini semakin menambah keindahan desain dan kesan premium Samsung galaxy S6 Edge.

Tapi tahukah kita fakta di balik pembuatan layar lengkung Samsung Galaxy S6?  
Ternyata tak semudah yang kita bayangkan. Layar lengkung pada Galaxy S6 Edge dibuat dengan teknologi 3D Thermoforming, cara kerja teknologi ini adalah dengan menyisipkan kaca di antara dua cetakan.





Kemudian kaca dipanaskan hingga mencapai suhu 800 derajat celcius. Pada suhu ini kaca akan menjadi lentur, lembek dan mudah di bentuk. Pembentukannya dengan cara di tekan sehingga menghasilkan bentuk yang simetris. Pada proses pembentukan, kaca terbentuk dalam tiga arah sekaligus sehingga menghasilkan kaca melengkung.
 

Maksimalkan Kekuatan Teknologi People Edge di Layar Lengkung

Apakah layar keindahan desain lengkung pada Samsung Galaxy 6 edge ini hanya untuk ‘prastise’ atau hiasan saja? Tentu tidak. Banyak manfaat yang bisa kita maksimalkan di balik keindahan layar lengkung Samsung Galaxy S6

Fitur People Edge
Dalam kehidupan sehari-hari tentu ada orang-orang yang lebih banyak, lebih sering kita hubungi. Nah dengan fitur People Edge ini kita dapat mengakses 5 kontak pilihan yang diinginkan. Misalkan istri, suami, anak, orang tua, rekan kerja atau klien. Caranya cukup dengan melakukan swipe dari tepian layar lengkung. Fungsinya tentu saja mempermudah untuk menelepon atau mengirim SMS saat memakai ponsel dengan satu tangan atau dalam keadaan darurat agar lebih cepat. Ini sangat bermanfaat dalam hal efisiensi waktu.


Fitur Edge Lighting.
Kadang kala saat sibuk, smartphone ada di meja dan tiba-tiba ada pesan masuk atau panggilan, kita kira panggilan itu penting tapi setelah kita raih smartphonenya ternyata hanya dari operator atau panggilan tak penting, kecewanya tu disiniiiiiiiiiii. Nah supaya gak kecewa lagi, fitur edge lighting sangat bermanfaat guna mengatur warna untuk setiap contact pada People Edge. Jadi dengan masing-masing warna yang sudah diatur, maka kita bisa tau siapa gerangan pesan masuk itu, kalau dari suami langsung saja raih huahhahaaa…



Saat S6 Edge diletakkan dengan layar menghadap ke bawah, maka bagian lengkung tersebut akan menyala  dengan warna yang sudah diatur untuk contact pada People Edge. Jika kita sedang sibuk dan tidak ingin mengangkat telpon kita juga bisa meletakkan jari di bagian sensor detak jantung untuk menolak panggilan.

Edge Screen
Manfaat layar lengkung Samsung Galaxy S6 tidak sampai di situ saja. Layar lengkung ini juga memiliki fungsi untuk memunculkan jam dan juga menampilkan berbagai informasi tanpa harus menyalakan layar secara penuh. Informasi yang bisa ditampilkan meliputi chat WhatsApp, SMS, missed call, dan topic yang sedang trending di twitter. 


So, kita bisa melakukan banyak hal di atas meja dan tetap tau notifikasi apa saja yang masuk melalui layar lengkung Samsung Galaxy S6 edge.

Kekuatan Teknologi Untuk Performance Lebih Cepat, Lebih Hemat

Dalam satu waktu terkadang banyak sekali yang ingin kita akses dengan cepat. Seperti note, email, facebook, twitter, instagram, path, dan lain sebagainya. Tanpa otak yang pintar mustahil membuka semua itu dalam waktu bersamaan. Untuk itu Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge membenamkan otak prosesor 64 bit Exynos 7420, Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 GHz - Cortex-A57, GPU Mali-T760 dan RAM sebesar 3 GB. So, tak akan ada lag di smartphone premium ini.


Hal tersebut bisa kita maksimalkan untuk memperlancar aktifitas-aktifitas yang menggunakan aplikasi-aplikasi berat seperti editing video atau bahkan game dengan grafis tingkat tinggi seperti Need For Speed Most Wanted, Grand Theft Auto, dan Nova 3. Tidak ada lagi jeda atau loading saat membuka file atau aplikasi. Semuanya lancar sekali karena Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge didukung oleh prosesor tercepat.

Tak Cuma itu, salah satu yang membuat Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge bebas lag adalah ketiadaan memorinya. Banyak orang merasa aneh, meragukan dan menanyakan hal ini. Samsung memberikan jawabannya atas permasalahan selama ini  biasanya memori eksternal ini menjadi penyebab smartphone ngehang dengan meniadakan memori dan membagi jenis memori internel sebanyak tiga jenis. 32 GB , 64 GB  dan  128 GB.

Kekuatan Teknologi Kamera

Siapa sih yang gak suka punya smartphone dengan dukungan kamera yang bisa menghasilkan hasil foto yang bagus tentu sang pemilik smartphone semakin senang dan percaya diri saat selfie ataupun memoto apapun.  Ada kekuatan teknologi yang bisa kita manfaatkan pada Samsung galaxy S6 dan S6 edge untuk membuat rasa percaya diri kita meningkat. Saat mencoba kamera Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge sungguh menakjubkan. Rasanya ini adalah kamera ponselterbaik yang pernah saya rasakan.

Galaxy S6 memiliki kamera belakang 16 MP dengan lensa f1.9 yang mampu menghasilkan exposure cahaya terbatas yang lebih baik. Jadi meskipun pencahayaan minim, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini mampu menghasilkan foto lebih baik.

Kamera belakang ini memiliki resolusi mencapai 3456 x 4608 pixels dan memiliki fitur optical image stabilization (OIS), autofocus, dan juga LED Flash. Ada pula fitur fast launching camera yang akan membantu kita lebih cepat dan tidak ada lagi cerita ketinggalan moment.  Fitur fast launching camera hanya membutuhkan waktu 0,7 detik untuk mengaktifkan kameranya.


 
Ini adalah foto menggunakan Samsung galaxy S6, meski saya melambai-lambaikan tangan, hasil fotonya tidak gerak dan bisa autofocus. Foto berikutnya adalah aksi saya selfie tanpa menekan tombol kamera tapi cukup dengan menutup sensor kamera di bagian belakang. Canggih kan?

Kamera depan S6 bersaudara ini juga sangat mantap, 5 MP yang juga telah dibekali fitur Auto HDR, OIS, dan dual video call. Dari kamera depan ini pengguna juga dapat merekam video berkualitas 1080p. Wow!


Kekuatan Teknologi For Display Warna Lebih Tajam, Gambar Lebih Jernih
Dijamin deh setelah merasakan Samsung galaxy S6 dan S6 Edge, lalu berpindah pada smartphone lain bakal berasa jauhhhhh berbeda *rasanya yang lain jadi jelek*. Yup karena Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge menggunakan layar Super AMOLED berukuran 5.1 Inci dan Resolusi tinggi yaitu 2k atau 2.560 x 1.440 piksel.

Bahkan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge memiliki kerapatan ppi paling tinggi saat ini yaitu 577 ppi. Disinilah letak keunggulan Samsung Galaxy S6 dan S6 edge, karena tingkat ukuran layar smartphone pada umumnya di dunia kini hanya sampai 400 an dan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge  mampu melewati batas itu.

Kita bisa memaksimalkan teknologi Super AMOLED yang ada di Galaxy S6 dan S6 Edge. Jika permasalah biasanya adalah baterai lebih cepat habis saat merekam video atau menangkap gambar dengan ketajaman tinggi, dengan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge memungkinkan kita merekam atau memutar video serta menangkap objek gambar dengan tingkat ketajaman yang tinggi tetapi hemat energi.

Kekuatan Teknologi Supercharging

Fast Charging
Galaxy S6 mempunyai kapasitas baterai 2.550mAh, sedangkan Galaxy S6 Edge 2.600 mAh. Nampaknya ini adalah setitik keluhan karena baterai dianggap berkapasitas kecil untuk sebuah smartphone premium dengan fungsi yang begitu banyak. Namun tak usah khawatir, dari kekurangan ini Samsung Galaxy S6  dan S6 Edge justru memberikan solusi istimewa.

Solusi itu adalah fitur canggih Fast Charging. Dimana kita hanya butuh 10 menit untuk mengecas dan bisa digunakan hingga 4 jam. Baterai cepat terisi dan kita bisa langsung melanjutkan aktifitas lagi.


Wireless Charging
Buat pengguna smartphone yang biasanya merasa rempong dengan panjangnya kabel charger, bingung cari colokan, kini dengan teknologi canggih wireless charging Samsung galaxy s6 edge kita tak perlu lagi merasakan itu. Kita bisa mengecas dengan cyantiiiiikkkk cyantiiiiikkk *alasyahrini*. Caranya cukup menaruh gadget tersebut di atas wirelees charger, maka otomatis akan mengecash tanpa perlu menancapkan kabel apapun.

Sayangnya ini di luar paket pembelian Samsung Galaxy S6 edge, Wireless charging ini harus beli sendiri seharga sekitar 750-800 ribu rupiah. Yah memang kalau mau cyantiiiik cyantiikk harus modal yah. Tapi dijamin wirelees charging Samsung Galaxy S6 dan S6 edge ini adalah teknologi WPC (Wireless Power Consortium) dan PMA (Power Matters Alliance), yang merupakan dua standar teknologi wireless charging universal yang sedang berkembang. Maka dijamin tidak akan kebingungan dengan dua standar yang berbeda itu.


Kekuatan Teknologi Enhanced Security

Sudah tidak jamannya lagi menggunakan PIN angka, password untuk keamanan smartphone pada Samsung Galaxy S6 dan S6 edge. Karena mereka hadir dengan keamanan solusi yang tangguh KNOX dan pemindai sidik jari.


Cukup dengan mengaktifkan fitur finger print mendaftarkan sidik jari kita sehingga hasilnya hanya sang pemilik smartphone ah yang bisa membukanya. Cara membukanya sentuhkan jari pada tombol home dan tunggu sekitar 2 detik. Tadaaa... terbukalah tabir. Gak perlu pin apalagi swipe layar dengan kode.

Kekuatan Teknologi Samsung Pay


Tak sedikit orang yang lebih memilih ketinggalan dompetnya dari pada ketinggalan smartphonennya. Haduh, nampaknya memang smartphone telah menjadi belahan jiwa bagi seseorang. Melihat fenomena ini maka samsung juga memberikan satu fasilitas pembayaran menggunakan Samsung yaitu Samsung Pay. Supaya apa yang ada di dompet ada juga di dalam smartphone. Yupss uang elektronik sebagai alat pembayaran.





Teknologi Samsung Pay ini menggunakan tiga teknologi yaitu Near Field Communication, Magnetic Secure Transmission dan bar-code untuk mobile payment. Layanan ini sangat aman karena setiap transaksinya dienskripsi. Tak akan ada informasi kartu kredit yang tersimpan baik pada perangkat Samsung maupun terminal pembayaran milik merchant


Cara penggunaannya pun mudah. Cukup verifikasi diri dengan sensor sidik jari di tombol home Galaxy S6 atau S6 Edge lanjutkan dengan melakukan pembayaran. Beres deh. Namun sayangnya fitur pembayaran Samsung pay ini entah sudah bisa dipakai di Indonesia atau belum saya belum mendapatkan informasi jelasnya. Akan tetapi gerakan nasional non tunai GNNT yang sedang di gaungkan di Indonesia seharusnya bisa mempercepat penggunaan Samsung pay ini. Karena dengan Samsung pay seseorang tak perlu bawa uang tunai.
 
So, Smartphone secanggih ini sayang sekali jika di beli hanya untuk sekedar 'prastise'. Rasa-rasanya saya juga kurang setuju jika smartphone premium ini di identikan untuk kalangan sosialita saja. Karena pada faktanya, mereka yang benar-benar mengerti kecanggihan teknologi akan rela menabung untuk bisa memiliki smartphone yang tak hanya canggih tapi juga cantik.

Berapakah mahar yang harus kita bayar untuk bisa memiliki si cantik nan pintar itu?? dari berbagai sumber kisaran harganya adalah sebagai berikut:

Samsung Galaxy S6 32 GB kisaran 9,9 juta
Samsung Galaxy S6 64 GB kisaran harga 11,4 Juta
Samsung Galaxy S6 128 GB kisaran harga 13 juta

Samsung Galaxy S6 Edge 32 GB kisaran harga 12 Juta
Samsung Galaxy S6 Edge 64 GB kisaran harga 13,6 Juta
Samsung Galaxy S6 Edge 128 GB kisaran harga 15 Juta

Wowwwww!!!! ada harga ada rupa, percayalah bisa jadi ini adalah smartphone yang bisa kita gunakan selamanya. Pasalnya banyak teknologi masa depan yang di hadirkan samsung di masa kini pada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. Dari pada setiap tahun harus mengeluarkan uang 2 juta 3 juta untuk membeli smartphone baru, lebih baik sekalian beli yang awet, canggih, cantik dan tetap gak ketinggalan jaman kedepannya. Sesuai slogan samsung galaxy S6 dan S6 edge "Next Is Now"

Semoga tulisan di blog ini akan membuat kita lebih selektif dalam membeli smartphone.



























Referensi:
http://www.samsung.com/
http://telsetnews.com/101796/rumitnya-proses-produksi-galaxy-s6-edge-video/
Globalsamsungtomorrow.com


2 comments:

  1. Jadi mupeng sama samsung ini deh....

    ReplyDelete
  2. wah bener banget ya, ada harga ada rupa, tapi kepengen banget punya :)

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang