Sunday, July 12, 2015

Pengalaman Pertama Hangout Siaran Live di Kompasiana TV



Ini adalah cerita pengalaman pertamaku diajak hangout menggunakan google hangout dan bergabung di siaran langsung kompasiana TV.


 
***
11 Juli adalah hari yang cukup melelahkan sekaligus menyenangkan buat ku. Pagi-pagi aku harus meluncur ke Pulogadung untuk mendatangi undangan penerimaan hadiah nulis cerita #mudikspesial dari Federal oil ye aku terpilih jadi pemenang utama. Yang ternyata acaranya juga sekaligus pemberangkatan mudik gratis federal oil. Gila lu ndro bikin nangis teronta-ronta ngempet pengen mudik.

Ah, yasudahlah....
Setelah acara selesai aku langsung meluncur ke Palmerah Barat menembus kemancetan, eh di tengah perjalanan bensin habis. Mati dah mana kawasan industri jauh dari pom. Akhirnya setelah tanya-tanya jalanlah aku menuntun sepeda motor untuk isi bensin hingga menemukan pom bensin.

Alhamdulillah motornya udah buka puasa tinggal ndoro nya yang menahan haus dan dahaga di bawah terik matahari. Perjalanan mencari kitab suci ke palmerah barat aku lanjutkan.


Baru sepuluh menit jalan, di depan ada rame-rame apaan tuh? Oh no! Polisi! Ada pemeriksaan. Kaboooooooorrrrr! Langsung deh Aku balik arah, sadar diri stnk belum sempat perpanjangan.


Haduh....
Cobaannya lumayan hari ini....

Mencari-cari tembusan akhirnya sampai juga dijalan utama, lanjut perjalanan menuju Palmerah barat. Sesampai disana kantor kok rada sepi? Oya lupa! Ini kan hari sabtu. Yasudah langsung capcus ambil kartu visitor dan naik le lantai 6.

Bertemulah aku dengan Mas Hari yang mempersilahkan masuk ke sebuah ruangan yang sudah tersedia laptop sebagai alat hangout. Tapi kesabaran memang harus jadi santapan aku. Masih sepak bola dan aku harus nunggu sepak bola selesai dulu.

 



Sambil menunggu, mas hari meminta alamat gmailku. Kira-kira buat apaaaa ya? #gr# wkwkwkw kan mau hangout pakai google. Trus aku buka deh gmail aku. Mas hari sudah mengirimkan link hangotnya. 



Jreng terbukalah tabir hangotnya hahaha ada Mas Ardiansyah Yunas, Mas Muksalmina dan wajah aku. Kita cek cek suara. Mengisi lengkapi nama dan pekerjaan, supaya nanti pas wajah kita nonggol di bawah nya gt ada nama kita dan profesi kita.

Hahahhaa aku sempat bingung mau nulis profesiku apa? Wong aku ini pengacara (pengangguran banyak acara) hemmm . Eh yasudah aku tulis Blogger aja, karena aktifitas aku memang lebih banyak ngeblog. Trus gantian mas Ardiansyah yang bingung, trus akhirny dia isi profesinya kompasianer. Yes sip semua udah mantap.

Tak lama kemudian ada kode bahwa acara akan segera di mulai.Sang presenter pun muncul dan memperkenalka narasumber . Bincang kali ini tentang Olimpiade Disabilitas atau spesial olimpiade. Dimana para atlet olimpiade adalah anak-anak berkebutuhan khusus.


Ada Mas Slamet sebagi ketua kontingen, ada Ayu atlet olimpiade renang dan Fajar. Disinilah kita mulai berbincang-bincang soal Olimpiade Disabilitas.


Hahha abaikan tayangan behind the scene yang gak penting tadi ya. Yang jelas sebagai seorang blogger kompasianer wawasan kita sangat di uji. Apalagi saat siaran hangout kaya gini. Paling-paling kita cuma dikasih tema umum. Presenter tanpa aba-aba kadang langsung nembak siapa anggota hangout yang dipilih untuk mengajukan pertanyaan. Tapi pas aku kemarin kebetulan tanpa di todong teman-teman peserta hangout sudah pada angkat tangan penasaran ingin segera mengajukan pertanyaan.

Tips paling mudah yang bisa aku bagikan dari pengalaman pertamaku ini adalah. Kapanpun selalu perbaharui informasi, baca-baca berita dan pedulilah pada sekitar. Karena itu biasanya tema-tema yang akan diangkat. Kemudian rileks saja saat siaran, ikutin saja acaranya, dengerin bincang-bincangnya dengan baik, pasti nanti juga bakal muncul banyak pertanyaan yang bia kita ajukan pada narasumber.

Terakhir dan paling penting. Hari geneeeee… jangan gaptek ya… bisa dong buka gmail, bisa dong gunakan semua fasilitas google account baik google hangout, email dan lain sebagainya.
Oke deh itu saja cerita pengalaman pertama aku ikutan siaran kompasiana TV.

5 comments:

  1. wah selamat ya . Dan pengalaman serunya, apsti menyenankan dan tak terlupakan

    ReplyDelete
  2. Wah seru mak.asyik kyknya.aku malah gaptek google hangout hihi...

    ReplyDelete
  3. ih keren bgt ..saya gaptek juga nih

    ReplyDelete
  4. Keren mbak Farichatul,
    Kapan-kapan ikutan lagi ya, kalo temen-temennya ada yang mau ikutan juga boleh :)

    ReplyDelete
  5. keren... kapan-kapan giliran saya nih...

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang