Monday, August 17, 2015

Asyiknya Bikin Web dengan Mozilla Webmaker

Mendengar aplikasi bernama Mozilla Webmaker yang ada di bayangan saya adalah cara baru yang lebih simple bisa membuat website melalui ponsel dan masih banyak bayangan dalam otak saya tentang Mozilla Webmaker.
 
Akhirnya saya putuskan untuk mengiyakan datang ke acara Mozilla WEBMAKER di Digital Valley Menara Multimedia Jakarta 15 Agustus lalu. Disini kami disambut hangat oleh teman-teman Mozilla Indonesia. 

Menikmati berbagai aneka kopi dan jajanan sambil ngobrol serta narsis-narsis sebelum acara dimulai.
Ruangan semakin dipenuhi para peserta yang terdiri dari berbagai group blogger, mahasiswa dan ada pula pegawai yang ingin tau apa itu Mozilla WebMaker.


Acarapun dimula.
Kita peserta diminta untuk memperkenalkan diri nama, asal dari mana dan apa yang biasanya di share ke sosial medianya. Foto, video, tulisan? Tentang kuliner, travel, beauty, dan lain-lain. Dan kami diminta untuk membuat kelompok. Dalam kelompok ini kita akan belajar mengaplikasikan Mozilla Webmaker.


Pertama kita mendownload dulu aplikasi Mozilla Webmaker ini di Playstore. Sementara ini baru ada di Android, untuk iOS belum tersedia tapi kedepannya akan tersedia. Ada yang cepet banget bisa download dan langsung pasang. Ada juga yang gak bisa-bisa. Ini karena terbatasnya koneksi internet.

Setelah semua download, kita daftar akun dulu di Mozilla Webmaker. Dengan mengisi nama akun alamat email dan password. Baru deh coba-coba aplikasi Mozilla Webmaker. Tapi sebelum lebih jauh, sang pembawa acara Mozilla Webmaker memberi instruksi kita untuk menyiapkan satu projek tentang peringatan 17 Agustusan. Boleh apa saja yang penting tentang perayaan 17 Agustus.

Masing-masing kelompok pun menuangkan ide-idenya dan menyusun konsepnya terlebih dahulu di sebuah kertas besar. Lalu masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan konsep projeknya. Ada yang akan membuat projek Mozilla Webmaker tentang tips memenangkan lomba makan kerupuk, tips memenangkan lomba panjat pinang, adapula yang membuat konsep 17 an jaman dulu vs sekarang ada pula yang membuat ttg ueforia 17 Agustusan.

Lucu-lucu, unik dan seru konsep semua peserta. Setelah semua mempresentasikan konsepnya, kitapun diberi waktu lagi 30 menit untuk mengaplikasikan projek tersebut pada Mozilla Webmaker.

Nih yang pada penasaran Mozila Webmaker. Pertama kalau mau punya aplikasi ini jangan lupa download dulu di Playstore, Mozilla Webmaker. Kemudian isi data diri lengkap dan mulai! klik "Make" lalu klik “ Buat Proyek “ 



Disini kita buat satu halaman yang bisa ngelink (menghubungkan) dengan slide/ halaman lain Mozilla Webmaker. Bisa memasukkan teks, memilih font teks, memilih warna teks, bisa memasukkan gambar. Bisa atur gambar dan teks mau di tata seperti apa mudah.


Bulatan Aa itu untuk memasukkan tulisan. Bulatan berisi kamera itu untuk memasukkan foto dan yang terakhir unuk memasukkan tautan (masih di dalam webmaker sendiri.


Untuk memasukkan teks setelah kita klik lambang Aa tadi, maka akan muncul seperti diastas. Untuk mengedit teks langsung aja klik tombol pena. Maka tampilan akan seperti dibawah ini.
Untuk mengedit teks masih sangat terbatas. Font yang tersedia masih terbatas tiga jenis. Tapi untuk warna teks kita masih bisa lebih leluasa memilihnya. Untuk memasukkan gambar sama caranya dengan teks. Cukup tekan tombol bergambar kamera lalu edit dan masukkan gambar. Gambar juga bisa diatur letak serta sizenya.

Maka jadilah satu projek Euforia kemerdekaan RI berisi tentang lomba-lomba paling seru di acara 17 Agustus. Satu projek ini terdiri dari satu halaman dengan 4 buah tautan ke slide lain. Dan masing-masing slide punya tautan lagi. Namun disini saya juga menambahkan tombol 'back' dan 'home' yang saya buat untuk mempermdah kembali ke halaman semula.




Kalau dipikir-pikir hampir seperti Microsoft powerpoint, Cuma ini beda, aplikasinya mobile, online dan outputnya beda. Dengan Mozilla Webmaker kita bisa share karya kita melalui apa saja. Facebook, twitter, gmail, dan lain-lain. Cara sharenyapun beda tinggal klik menu kiri atas lalu pilih share melaui media apa yang di inginkan.


Setelah semua selsai, masing-masing kelompok maju untuk mempresentasikan hasil proyeknya yang sudah jadi.

Sayapun kebagian jatah maju untuk mempresentasikan karya kelompok saya. hehehhe meski tak sebagus milik teman-teman lain, kelompok saya bangga lah. Karena di kelompok kami tidak sekedar membuat projek, namun kami masing-masing meendalami bagaimana cara kerja dan fungsi dari Mozilla Webmaker. Seru sekali.

Nah dari sekian kelompok akan dipilih yang terbaik untuk mendapatkan hadiah. Daaaaaaaaaaaaaaaaaaan juaranya adalahhhh jeng-jeng-jeng!


Beri tepuk tangan yang meriah untuk kelompok pemenang... prok! prok! prok! prok!

Overall, acara ini sangat meriah dan menarik. Hanya saja kurang seru karena tidak ada lomba live tweet ataupun lomba membuat projek atau lomba blog yang bisa di ikuti puluhan blogger yang hadir ini dengan hadiah yang menarik. Misal hadiah gadget, uang tunai atau voucher belanja. Wah kalau ada di jamin bakal lebih seru dari ini.

Well demikian cerita saya tentang acara Mozilla Webmaker dan bagaimana aplikasi ini bekerja. 


Semoga bermanfaat :D

6 comments:

  1. wah aplikasi keren nih.... terutama buat blogger....

    ReplyDelete
  2. Kayaknya seru nih..coba ah..kebetulan pake android

    ReplyDelete
  3. @Cahyanto
    Iya lumayab buat referen

    @Mb Arin
    Seru kok mb... tp sabar kalau utak atik pasti bakal nemu gimana caranya bikin web maker yg hasilnya cantik

    ReplyDelete
  4. Thanks infonya. Bermanfaat banget :D

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang