Wednesday, September 16, 2015

Membumikan Polisi Lalu Lintas yang Interaktif dan Solutif


                                               Sumber Video Sini

Aku juga menaruh harapan besar pada polisi yang melayani masyarakat bukan pelayan penguasa. Dari pada setiap hari nyinyirin polisi yang nilang-nilang di jalanan lebih baik tuliskan harapan kita pada polisi lalu lintas untuk memecahkan kemacetan lalu lintas


Informatif

Macet! Ingatanku langsung melayang di pada radio Suara Surabaya (SS). Jika macet solusinya dengarkan radio SS. Karena dengan mendengarkan informasi lalu lintas antar pendengar SS, kita bisa menemukan jalan alternatif menghindari kemacetan. 


Lebih dari itu, radio SS untuk kesekian kalinya berhasil menggagalkan pencurian mobil. berkat informasi antar pendengar yang bisa saling on air. Semua itu terjadi karena sifat Radio itu cepat, secepat gelombang suara.


Dari SS kita bisa belajar bahwa, polisi lalu lintas Jakarta mungkin harus lebih mensosialisakin lagi, mendekatkan diri pada masyarakat sehingga mereka tau, jika terjadi kemacetan, error lalu lintas dan lain sebagainya, harus lapornya kemana?? Ini bukti masyarakat lebih percaya kecepatan Radio dari pada polisi. Karena (biasanya) laporan kehilangan harus diketik dulu (lama) bikin surat dulu (lama) pemeriksaan TKP dulu (lama).


Interaktif
Media online TMC Polda Metro Jaya seperti via twiiter intagram polisi sudah sangat aktif memberikan info-info bermanfaat. Masyarakat juga sudah cukup interaktif namun sayang banyaknya pertanyaan dari masyarakat jarang bahkan tidak di jawab di tanggapi TMC Polda Metro Jaya.



Jika saja admin  sosial media TMC Polda Metro Jaya lainnya bersedia menjawab pernyataan dan pertanyaan penting masyarakat maka masyarakat akan semakin dekat dengan polisi. 


Solutif

Polisi bisa melihat kondisi lalu lintas di seluruh penjuru kota Jakarta melalui CCTV. Sebaiknya hal itu bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi yang solutif pada masyarakat Jakarta melalui media apapun untuk sedikit mengurai pusat kemacetan. Seperti memberikan informasi jalur-jalur alternatif.


Dengan hubungan komunikasi yang baik diharapkan bisa sedikit mengurai kemacetan. Kalau hubungan polisi dan masyarakat sudah membumi, dekat, maka secara psikologis masyarakat akan memiliki rasa tanggungjawab bersama dan muncul rasa segan untuk melakukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas.



3 comments:

  1. Aku paling seneng liat polisi yang lagi live TMC di TV. Cantik-cantik dan ganteng-ganteng hahahaha. Konon ibuvpolisi yang cantik itu dapat alokasi khusus Untuk perawatan wajah. Cmiww. BTW kalo aja polisi di jalanan ittu pada bail dan ramah kayak di acara 86-nya NET tv, ya.

    ReplyDelete
  2. live report polisi untuk arus lalu lintas di Jakarta sepertinya udah bagus. Udah pasang cctv di mana-mana, ya (?)

    ReplyDelete
  3. @efi
    Wah enak dong perawatan gratis lagi hehehe iya mak andai semua polisi di jalan baik dan ramah kaya di tv... Tp ttp msh byk polisi harapan mb :)

    @uwien
    Ho ooh cm kdg masy aja yg kurang bs ngambil manfaat dr siaran itu utk dijadikan patokan caru jln alternatif atau transportasi alternatif

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang