Friday, October 23, 2015

Di Balik Kesegaran AQUA

Pernah membaca artikel-artikel yang mengatakan bahwa Indonesia sudah dibodohkan air mineral dan yang dituju adalah AQUA bla-bla-bla-bla. Well saya tidak bisa membantah tanpa ilmu dan pengetahuan yang cukup.

Tapi akhir pekan lalu saya mendapatkan undangan dari Idblognetwork untuk berkunjung ke pabrik AQUA di Cuanjur Jawa Barat. Yes!!! kesempatan saya untuk membuktikan apakah yang dikatakan i artikel-artikel itu benar??

Kami para blogger terpilih berangkat bersama mengunakan mobil ELF menuju Cianjur. Melawan, macet panas dan cukup memakan waktu. Tapi tanpa rasa menyerah akhirnya kamipun sampai di Pabrik AQUA Cianjur Jawa barat yaitu PT Investama.

Begitu mobil kami masuk sudah disambut oleh security yang ramah-ramah. Kita langsung memasuki sebuah ruangan setelah mengisi data-data kesehatan pengunjung. Jadi yang banyak lagi gak sehatnya seperti flu, batuk atau penyakit kulit serta lainnya dilarang masuk.


Acara langsung dimulai. Diawali dengan sambutan dari ketua security AQUA yang menjelaskan standar keamanan dan aturan untuk pengunjung. Dan yang paling penting dan nomor satu adalah keamanan diri. Dilanjutkan pihak dari AQua dan CSR Aqua.

Di kesempatan bincang-bincang ini kesempatan bertanya langsung tentang apa yang selama ini kita tidak tau.

Salah satunya adalah.
Selama ini kan kalau kita dengar atau baca air mineral gitu pasti iklanya "dari mata air gunung bla..bla..blaa..." Nah sebenarnya Aqua itu dari mana sih? apa dari gunung ngalir trus dimasukin botol atau air dari gunung terus di godokrebus??

Well kemudian pihak dari Aqua pun menjelaskan dengan terperinci.
Semua proses di PT. Tirta Investama Plant Cianjur selalu dijaga steril, kebersihan dan keamanannya.

Jadi air itu ada beberapa macam lapisannya.  Air permukaan seperti sungai danau rawa, Air tanah dangkal air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air tidak jauh dari permukaan tanah. Air tanah dalam air tanah yang terletak jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan kedap air.
Nah AQua ini, mengambil air bawah tanah dangkal. Air diambil kemudian disuling masuk kedalam pipa besar dan disaring dengan penyaring khusus yang memiliki ukuran filter 10 micron sehingga lumpur tidak bisa masuk. Kemudian air juga harus melalui proses ozonisasi untuk bisa mendapatkan air yang steril dan bebas dari bakteri dan sehat dikonsumsi.

Air yang telah melalui tahapan-tahapan tersebut lanjut pada proses pengemasan botol. Di PT Tirta Investama Cianjur ini hanya memproduksi Aqua kemasan 600ml dan 330ml. Botol Aquanya juga terbuat dari bahan khusus yang bersih aman dan steril. Jangan khawatir Aqua tidak sehat atau steril karena semua dilakukan dengan mesin yang sudah terprogram.

Aqua tidak akan mengeluarkan produk rusak ataupun label sobek. Jika dalam produksi ada salah satu botol yang penyok, tutup yang rusak atau label yang sobek, sistem akan otomatis menyingkirkannya dan Aqua membuangnya. Bahkan jika terjadi kerukan disalahsatu mesin, maka otomatis mesin lainnya akan berhenti. Canggihkan. Yang menakjubkan adalah Aqua di Cianjur mampu memproduksi 7000 kemasan dalam 1 jam.


Air yang telah berhasil diolah dan layak dikonsumsi selanjutnya masuk ke bagian pengemasan dengan botol ukuran 600ml dan 330ml. Botol aqua sendiri dibuat dengan bahan khusus yang aman dan steril dari bakteri. Setelah masuk kedalam botol dilakukan labelisasi dan pengepakan kedalam kardus. Semua proses dilakukan dengan mesin yang sudah diprogram.

Kemudian muncul pertanyaan lagi
Kalau air bawah tanah dangkal terus diambil kok gak habis-habis nanti kalau habis gimana??? apa tidak bahaya bagi lingkungan sekitar??

Yups...  agar keseimbangan tetap terjaga AQUA mengajak masyarakat sekitar menjaga lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan dengan memisahkan sampah organik dan non organik. Sehingga bisa didaur ulang baik menjadi barang bermanfaat ataupun jadi pupuk organik.


Untuk itu AQUA punya tim CSR yang sudah sukses membina kelompok tani organik di Cianjur. Namanya HIPOCI Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia. Jujur saja saya salut dengan Aqua yang cerdas. Sebab AQUA tidak banyak memberi bantuan dana tapi lebih kepada pendidikan pelatihan dan semangat kepada petani-petani oganik ini.


Sehingga mau tidak mau HIPOCI ini sangat mandiri, mulai membuat pupuk, menanam padi, panen hingga pemasarannya. Bahkan beras Cianjur yang sangat terkenal ini, beras organik yang dihasilkan HIPOCI sudah banyak menelurkan penghargaan-penghargaan. Meski tidak mudah HIPOCI selalu bertekad menghasilkan produk beras organik berkualitas.


Ini adalah salah satu produk unggulan HIPOCI beras organik merek My Rice, kemasan 5 kg harganya Rp.75.000,-. Detail tentang HIPOCI dan berbagai produknya bisa dilihat di http://hipoci.com

Well, terjawab sudah.

Tapi kemudian ada pertanyaan lagi yang paling penting tentang limbah. Sekecil apapun sebuah pabrik tak bisa dipungkiri meski berupa air pasti ada limbahnya. Trus limbah AQUA dikemanakan??

Nah, aqua sendiri mengakui pasti limbah ada. Tapi aqua berusaha meminimalisir limbah. Limbah hasil produksi aqua diolah lagi sebelum dibuang ke air permukaan. Hasilnya tidaklah seperti limbah-limbah yang pernah kita lihat, kental, keruh dan bau. Aqua melakuka proses netralisasi disebuah tempat khusus agar limbah yang terbuang tidak mencemari dan merusak lingkungan.

Sayapun akhinya menyadari mengapa harga Aqua lebih mahal dari pada produk air mineral yang lain. Karena Aqua di produksi secara detail higienis, diperhatikan setiap detailnya. Bahkan semua karyawan Aqua Canjur Plant wajib mengkonsumsi Aqua. Ini artinya aqua baik karena pegawai-pegawai yang tau prosesnya aja mau minum artinya baik-baik saja kan. Kalau ada yag tidak baik pasti pegawainya gak bakalan mau konsumsi.

Aqua sendiri selalu memperhatikan karyawan-karyawannya dengan mengadakan piknik bareng keluarga. dan keluarga pegawai di beri kesempatan untuk melihat kerja suami atau keluarganya di Aqua.

Hanya sayangnya dalam proses produksi di sepanjang perjalanan kami dilarang memotret. Jadi saya hanya punya gambar diluarnya saja.

Sekarang saya tau kenapa air mneral Aqu itu lebih segar dari pada air mineral lainnya.


 Oya Aqua juga bikin lomba lhoooo.... lombanya apa silahkan cek disini


1 comments:

  1. "safety first works safely" saya bangga menjadi anggota security di pt.tirta investama plant cianjur. by : asmul low level

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang