Wednesday, December 30, 2015

Sejuta Harapan Dibalik Bulan Dana PMI

Tak akan pernah terlupakan oleh aku kejadian gempa tahun 2006 di Yogyakarta. Saat itu adalah pagi pertama aku berada di kota pelajar . Pesiapan diri untuk memasuki bangku kuliah. Tapi, betapa naasnya, saat kakakku pergi mencari nasi gudeg buat sarapan, semua seisi kamar bergoyang, berjatuhan dan porak poranda. Semua keluar dari kos-kos an. Aku tak tau harus memanggil siapa, yang ada hanya menyebut Asma Nya.

Entah kakakku selamat atau tidak aku tidak tau. Aku tak bisa menghubunginya karena tahun 2006 aku baru saja lulus dari Madrasah Aliyah dan pesantren jadi belum memiliki ponsel. Berjam-jam aku menunggu kakakku tak kunjung datang. Aku hanya bisa menangis dan menahan takut sambil melihat ke penjuru mata memandang. 

Kemudian aku liat di ujung lapangan dekat kos-kosan kakakku ada Mobil PMI datang dan langsung sibuk membangun tenda disana. Membatu korban bencana. Memberikan obat pada korban yang luka-luka. Dan kemudian aku berinisiatif meminta tolong pada kakak-kakak relawan PMI untuk menemukan kakakku. Tapi belum sampai dicari kakakku menemukanku di tenda PMI ini. Ya tuhan betapa bahagianya aku.

Karena bangunan kos-kosan kakakku sebagian hancur dan tak bisa ditempati akhirnya kami tinggal di tenda pengungsian yang dibuat oleh PMI untuk sementara waktu. Di masa-masa ini adalah masa paling pahit yang aku rasakan. Entah mengapa ponsel kakakku tak bisa menghubungi orang tua dirumah. Juga tak ada toko yang buka (yaiyalah) tak ada penjual makanan. 

Untung ada PMI yang membuat dapur umum dan para relawan memasakkan kami para korban agar tetap bisa makan dan tidak kelaparan. Tak lama kemudian mobil PMI lagi datang membawa kebutuhan sandang. Yang butuh selimut untuk tidur, baju ganti dan pakaian dalam dan juga pembalut. Ya tuhan betapa bersyukurnya aku disaat-saat seperti ini ada penolong seperti mereka.

Sepanjang hari kakak-kakak relawan PMI sibuk mencari, menemukan dan mendata dan mengobati korban bencana yang luka. Memasak dan memenuhi kebutuhan serta memperhatikan para korban gempa. Bahkan ada yang sibuk mengurusi jenazah para korban bencana ke rumah sakit ini dan itu. 

Dari sini aku baru tau kalau PMI itu bisa membantu banyak hal.


Slogan ajakan "Ayo peduli bantu sesama" bukanlah kata-kata pajangan. PMI lebih dari sekedar tentang membantu sesama dengan aksi donor darah. Banyak sekali yang dilakukan oleh PMI dalam membantu korban bencana. Dulu yang ku tau kalau nyari darah, butuh darah, atau mau donor darah ya PMI. Tapi sejak gempa 2006 itu aku tau banyak banyak banyak sekali yang dilakukan PMI untuk membantu korban bencana. 

Dapur Umum PMI
Di saat bencana, dapur umum PMI menjadi sangat penting. Pasalnya setelah keributan bencana tak satupun memikirkan membawa bekal apa, setelah bencana mereka harus tetap butuh makan. Maka Dapur Umum Lapangan PMI ini menyediakan atau menyiapkan makanan untuk didistribusikan kepada korban bencana dalam waktu cepat dan tepat.

ilustrasi from here


Dapur umum PMI bukan sekedar dapur yang menyediakan makanan 'asal ganjel perut'. Tapi dapur yang mampu menyediakan kebutuhan pangan bagi korban yang baik dan tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi korban bencana, bebas dari bahan-bahan yang merugikan.


Bayangkan berapa ribu korban yang membutuhkan makan. Berapa banyak beras, bahan pangan, makanan yang bisa dimasak cepat dan disajikan cepat? tak terhitung banyaknya. Lalu dari mana PMI bisa menyediakan segitu banyaknya logistik. Semua berkat dana dari Bulan Dana PMI


Pelayanan Kesehatan
PMI juga memberikan bantuan pelayanan kesehatan saat terjadi bencana. Baik untuk pertolongan pertama, obat-obatan, tindakan lanjut dan menyediakan ambulance. Tidak hanya saat terjadi bencana. Dalam segala waktu PMI pelayanan kesehatan selalu siaga dalam mengurangi angka kematian manusia.


Seperti saat arus mudik dan balik lebaran tahun 2015 lalu, dikutip dari liputan6.com Pos pelayanan kesehatan PMI ini melibatkan 5625 personil yang terdiri dari dokter, perawat, dan sukarelawan yang terampil dalam melakukan pertolongan pertama.Gak cuma itu tapi PMI juga membantu kasus kecelakaan darurat. Ada pula konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan di jalan raya dan menyedian 319 Ambulance.

PMI juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial kesehatan seperti cek kesehatan, pengobatan gratis dan lain sebagainya. Meski kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat itu bersifat cuma-cuma, tapi PMI tetap membutuhkan banyak sekali dana untuk menyediakan semua itu.

So dari mana dana itu? Maka dari itu peran Bulan Dana PMI sangatlah berarti

Pemulihan Hubungan
Luar biasa, sungguh besar peran PMI. Tak hanya bantuan logistik, medis dan kesehatan tapi PMI juga memberikan bantuan pemulihan hubungan. Misalkan membantu para korban untuk memulihkan hubugan dengan keluarga mereka yang hilang. Bermacam sarana pun digunakan seperti pertukaran Berita Palang Merah, penggunaan telepon satelit, penggunaan formulir “Saya Selamat dan “Saya Mencari” membantu anak-anak tanpa pendamping dan mempublikasi nama di media.

Yuk simak pengalaman-pengalaman mereka dalam pemulihan hubungan saat bencana Tsunami di Aceh.

taken from here

Aku sangat tau betapa berartinya peran dan bantuan PMI dalam hal pemulihan hubungan ini. Menemukan keluarga hilang mencari keluarga yang hilang dan semuanya informasi-informasi saat terjadi bencana.

Dukungan Psikososial
Saat terjadi bencana alam seperti gempa, tsunami, kebanjiran, kebakaran dan lain sebagainya, tak jarang seseorang mengalami trauma, shock dan sebagainya. PMI juga memili peran penting dalam hal ini. Yaitu mengatasi masalah psikologis yang muncul akibat dari situasi yang dihadapi korban.

Dukungan ini tidaklah serta merta, melainkan para relawan PMI mendapatkan pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan Dukungan Psikososial. Tujuannya untuk meningkatkan  kesejahteraan  psikososial individu maupun masyarakat agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana maupun kecelakaan.

Dukungan psikososial dari PMI ini sangatlah bermanfaat. Pasalnya pasca bencana biasanya konsidi psikologi seseorang hancur putus asa. Manfaat dari dukungan psikososial ini Membantu seseorang korban bencana untuk mengurangi beban emosinya, Mengembalikan fungsi sosial di dalam lingkungannya, meningkatkan kemampuan individu di dalam pemecahan masalah – masalah yang dihadapi pasca bencana.

Relawan
Para relawan PMI bukan sekedar manusia biasa. Mereka adalah malaikat-malaikat terlatih untuk keselamatan manusia. Para relawan ini selalu diberi keilmuan pelatihan agar memiliki keterampilan untuk membatu sesama. Salah satu diataranya tentang donor darah, kesehatan dan kebersihan, kesehatan remaja, serta ayo siaga bencana.

Semua relawan PMI lakukan untuk kemanusian. mereka para relawan PMI bukanlah pengangguran. Mereka pekerja yang hati nuraninya mulia. Kita sudah lakukan apa untuk aksi kemanusiaan???

Jika kita tidak bisa melakukan apa-apa setidaknya kita bisa memberikan secuil harapan bagi mereka yang membutuhkan melalui Bulan Dana PMI. Ayo Peduli bantu sesama dengan memberikan bantuan dana agar semua aktifitas kemanusian mulia yang PMI lakukan terus berjalan lancar. Bisa membantu siapapun yang membutuhkan dimanapun kapanpun.

Ayo peduli bantu sesama dengan mengirimkan donasi untuk Bulan Dana PMI bisa melalui rekening dibawah ini 

1. Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

2. Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

3. Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.


Setidaknya Menjadi seorang donatur di Bulan Dana PMI dapat mengubah cara pandang kita dalam melihat dunia. Orang-orang yang secara sukarela menyumbangkan sebagian hasil keringatnya untuk memberikan kontribusi nyata pada kemanusiaan. Mereka akan menemukan bahwa mereka tidak hanya ingin menjadi orang yang sibuk bekerja, tetapi mereka ingin ikut memberi andil pada perubahan dunia.

Masih buanyaaaaak sekali aktifitas kemanusiaan yang dilakukan PMI untuk Indonesia diberbagai penjuru siapapun dimanapun membutuhkan PMI selalu siap siaga. Untuk itu Ayo Peduli Bantu Sesama dengan memberikan bantuan dana di Bulan Dana PMI ini ke nomor rekening diatas.

Bantuan kita memberikan sejuta harapan kepada para korban bencana dan siapapun yang membutuhkan bantuan PMI.








Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog PMI PEDULI BANTU SESAMA


5 comments:

  1. Wah seru juga pengelamannya langsung bersentuhan dg kiprah PMI :-)

    Semoga sukses lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi org sepertiku yg pernah butuh nnatuan, PMI bagaikan malaikat.....

      Delete
  2. PMI emang rrruaaaarr biyasaaak

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. masih sedikit yang mengetahui perlunya PMI untuk lebih di kembangkan lagi.. ketika terjadi bencana dan kekurangan dana saja PMI baru seolah2 dibutuhkan... sementara saya juga masih kurang mendapat informasi untuk setidaknya membantu PMI dalam bidang lain.. mau bantu donor darah takut jarum.. gimana dong..

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang