Thursday, January 28, 2016

Acer Liquid Z320 Kado Terindah Untuk Si Kecil

Beberapa waktu yang lalu, keponakanku dan anak-anak rumah sekitar berkumpul di ruang tamu untuk bermain bersama. Tiba-tiba terdengar lagu "Sambalado" (versi editan kreatifnya) dengan suara anak-anak diiringi gelak tawa mereka. Aku pun penasaran. Setelah kulihat ternyata mereka sedang menonton YouTube Upin-Ipin yang sedang menyanyikan Sambalado di smartphone ayah salah satu teman keponakanku.

Beh.. kakakku yang melihat itu ngeri banget, rasanya lihat anak-anak buka YouTube tapi lagunya Sambalado. Ya, meskipun gambarnya Upin-Ipin tapi tetap saja ngeri. Takut mereka search lagi eh malah yang kebuka Sambalado versi hot-nya. Tak cukup sampai di situ, menjelang hari ulang tahunnya, anak kakakku tadi juga minta kado ultah berupa smartphone. Wuaaaaaaaaaaaaa!

Gimana sih rasanya? Jadi orang tua pengennya kasih hadiah kado yang anak pengen, kan? Tapi yang dipengeni smartphone yang (mungkin) bisa saja meracuni anaknya sendiri. Gelisah tiada tara kan akhirnya.

Menurutku, pada dasarnya anak-anak itu tidak tau fungsi smartphone sebenarnya. Ia hanya ingin berlaga seperti orang dewasa memegang smatrphone. Lalu yang menarik baginya game, ya, ngegame aja. Kalau bisa buka YouTube, ya, dia lihat apa saja yang ada di situ.

Kemudian aku teringat sebuah aplikasi anak cerdas yang pernah aku dengar dulu yang bisa dipasang di Android. Tapi aku lupa-lupa ingat. Akhirnya aku dan kakakku pergilah kesebuah Mall buat nyari smartphone yang ada aplikasi anak cerdasnya.

Wah! dasar jodoh, ya. Begitu kami tanya langsung ketemu solusinya. Ternyata ada sebuah smartphone yang kini jadi trend di kalangan orang tua untuk berikan smartphone kepada anaknya. Yaitu, Acer Liquid Z320. Bukan hanya dapat aplikasi anak cerdas tapi juga smartphone yang bisa full untuk anak-anak. Tanpa harus khawatir, cemas dan rasa takut.


SI KECIL MERASA MEMILIKI
Dengan Kids Center yang ada pada ACER Liquid Z320, anak bisa benar-benar merasakan memiliki smartphone dan orang tua tak perlu khawatir bolak balik cek apa yang sedang dibuka anaknya.


Begitu membuka smartphone Acer Liquid Z320, maka kita akan menemukan shortcut ACER yang berisi Acer port, abFile, abMusic, abPhoto, TutorialAcer, KidsCenter, dan Quick Guide.

Kalau mau kasih smartphone ke anak tinggal klik Kids Center Acer Liquid aja. Karena dengan membuka aplikasi Kids Center yang ada pada Acer Liquid Z320 maka bim salabim smartphone berubah menjadi smartphone khusus anak-anak cerdas. Kok, anak-anak cerdas? Iya.. karena di dalam aplikasi ini anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Ada apa saja di Kids Center Acer Liquid Z320? Yuk mari kita cari tau.


LEBIH BANYAK APLIKASI
Pada aplikasi Kids Center ini tersedia semacam Google Play-nya Kids Center, gitu. Ada Kids Store yang menyediakan lebih banyak aplikasi yang cocok untuk anak-anak. Kita bisa download berbagai macam permainan yang HANYA cocok untuk anak-anak. So, tak akan takut lagi jika anak-anak 'kelampau' pinternya bisa download-download aplikasi sendiri.


Ya kan benar, faktanya kini anak-anak banyak yang lebih canggih dan pinter dari orang tuanya. Apalagi keponakanku itu. Kalau pegang smartphone pengennya mainan game, nonton Frozen di YouTube, kalau sudah bosan lari ke Play Store dan cari aplikasi sendiri.

Ngeri kan, selama ini masih selalu didampingi kalau main smartphone. Misal mau download aplikasi atau game masak-memasakan atau game salon, ya papanya yang mengejakan anak itu tetep yang klik klik. Widiiiiiih.

Nah, kalau di Kids Center ini aplikasi-aplikasi yang muncul hanya yang cocok untuk anak-anak. Tidak hanya itu. Game-game yang disediakan pun adalah game yang mengandung edukasi. Seperti puzzle salah satunya.

Dengan bermain puzzle akan meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah atau problem solving. Anak juga dilatih mengenali ukuran, gambar dan bentuk yang berbeda. Sehingga dengan latihan seperti itu akan membuat anak berlatih keterampilan kognitif.

Dan yang terakhir yang paling penting dengan bermain puzzle anak akan berlatih sabar dalam menjalankan proses hingga menemukan “goal” yang diinginkan.

Dan masiiiih banyak lagi aplikasi atau game yang bisa di-download untuk anak-anak.


VIDEO CHANNEL KIDS CENTER
Nah, seperti yang sudah aku ceritakan tadi. Keponakanku suka sekali menonton film anak-anak seperti Frozen, Doraemon dan kisah-kisah Nabi. Bahkan setelah menonton kisah Qobil dan Habil di YouTube yang di-download papanya dia nonton lagi, nonton lagi, entah sampe puluhan ada kali, ya. Orang sampe instrumen musik dan dialognya saja hafal.

Ini bukti betapa kita harus selektif untuk mengisi otak anak-anak kita karena mereka sangat pintar dan cerdas. Maka mari kita untuk mengajarkan kasih tau yang baik-baik pada anak-anak.




Dengan video yang bisa diakses secara online melalui aplikasi Kids Center, anak-anak bisa melihat video-video kesukaannya.

Salah satu video yang disukai keponakanku adalah Doraemon. Kisah-kisah jalan cerita di dalam video ini juga pilihan-pilihan. Seperti Doraemon dengan judul Rumah Cinta Nobita, Taman Safari, Patuhi Orang Tua dan lain sebagainya.

Dengan memilih tayangan yang bermutu dan mengandung unsur pendidikan itu artinya anak bisa belajar tanpa ia sadari. Karena tak jarang anak meniru adegan atau apa yang ia lihat.

Nah, kalau yang mereka lihat ini adalah tayangan yang mengandung unsur positif, so anak kita juga bisa ikutan positif.


Pada Video di Aplikasi Kids Center ini, orang tua bisa mengatur sendiri kanal-kanal yang bisa di tonton oleh anaknya.

Wih! pokoknya cocok banget dah kalau kakakku jadikan ACER LIQUID Z320 ini untuk kado anaknya.



SITUS WEB ANAK-ANAK
Keponakanku ini anaknya suka ngarang cerita, nulis, nyanyi lagu-lagu barat meskipun gak tau artinya dan bercita-cita jadi putri Muslimah. Ha ha ha ini juga akibat tayangan TV neh… Lalu aku bilang ke dia kalau mau jadi putri Muslimah harus pinter ngaji, sholat, belajar, juara di kelas dan yang paling penting jago bahasa Inggris. Ha ha ha haa.... nakutin yak?

Tapi anehnya keponakanku justru malah semangat dia, kalau ngaji dan sekolah udah jago dia. Tinggal bahasa Inggris-nya saja yang harus lebih rajin lagi. Sejak itu dia rajiiin sekali belajar bahasa Inggris.

Nah, di aplikasi Kids Center ini ada shortcut ke situs-situs berita khusus anak-anak. Kata orang, sayangnya masih berbahasa Inggris. Wah kalau aku mah malah bagus dong pakai bahasa Inggris. Bisa jadi media untuk mengajari anak membaca cerita atau berita dengan bahasa Inggris.

Rata-rata bahasa yang digunakan cukup familiar kok, jadi menurutku sangat cocok untuk mengajarkan anak-anak belajar bahasa Inggris. Apalagi diiringi dengan gambar-gambar yang menarik.


KOTAK LUKIS
Wuaaaa.... ini dia yang paling disukai oleh anak. Anak-anak bisa mewarnai dan menggambar serta bereksplorasi dengan warna dan aneka gambar.

Pada kotak lukis ini, ada kertas kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menggambar ataupun menulis. Pilihan pensil warna, cat dan penghapus juga bermacam-macam. Ada pula halaman mewarnai. Dimana sudah tersedia berbagai macam gambar seperti beruang, burung kakak tua dan lain-lain. Anak-anak tinggal mewarnai saja.

Nah, asik kaaaaannnn....



KAMERA KHUSUS ANAK-ANAK




Kadang sebagai orang tua kita sudah hati-hati menghindarkan gambar-gambar yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Tapi kadang “kecolongan” juga karena gambar mungkin adalah kiriman yang otomatis masuk ke smartphone atau gambar spam.

Nah menghindari hal itu, Kamera pada aplikasi Kids Center ini sudah sangat mendukung. Anak-anak yang lucu dan pengen foto-foto bisa menggunakan kamera Kids Center dan hasil yang ada di album fotonya pun cuma foto-foto hasil dari jebretan kamera Kids Center. Jadi, orang tua gak perlu khawatir.








WALLPAPER ANAK-ANAK
Widih, benar-benar Kids Center Acer Liquid Z320 diciptakan untuk dunia anak. Bagaimana tidak? Bahkan sampe wallpaper smartphone khusus untuk anak-anak saja dibuat. Gambar-gambarnya juga bertema anak-anak.

Karena yang memakai anak-anak, maka gak usah heran kalau bahasanya kertas dinding (mungkin) biar mudah dipahami dalam bahasa Indonesia. Tadaaa...... gambar di atas adalah contoh penerapan wallpaper atau kertas dinding pada kids center ACER LIQUID Z320. Dengan wallpaper yang bertema anak-anak dan bisa pilih apapun yang disukai. Maka diharapkan anak tidak bosan dan nyaman dengan smartphone yang edukatif seperti ini.




KEAMANAN TERJAMIN
Enaknya, semua yang ada di dalam aplikasi Kids Center ini bisa dipantau dan diatur oleh orang tua. Terdapat parental control untuk memantau aktivitas internet anak, sekaligus mengatur keamanan anak yang memakai Acer Liquid z320 dari men-download konten dewasa atau membeli aplikasi baru tanpa seizin orang tua. Tentunya orang tua harus Sign-Up dulu dan membuat akun untuk bisa memantau keamanan anak di dunia Kids Center ini.


Oh ya, secara fisik tampilan dan user interface-nya untuk harga Rp.999.000 Cukup bagus. Layarnya yang berukuran 4.5-inch cukup lembut dan sentuhannya juga gak ngelag. Pas digenggaman orang tua dan nyaman untuk tangan anak-anak.

Kadang saat menunggu bus di halte, menunggu kereta, anak-anak suka tidak sabaran. Nah, meskipun di luar ruangan dan di bawah terik matahari Acer Liquid Z320 tetap terlihat jelas berkat layar In-Plane Switching (IPS) yang dibenamkan dalam Acer Liquid Z320.

Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat disini.

Sumber Gambar Disini


KAMERA UTAMA FOTO DAN VIDEO
Kalau di aplikasi Kids Center kan anak-anak bisa foto-foto juga dengan aplikasi kamera khusus Kids Center, jadi hasil yang dilihat ya hanya yang diambil menggunakan aplikasi kamera Kids Center. Nah, kalau mama papanya lagi pake Acer Liquid Z320 dan juga pengen foto? Ya tentu bisa.

Mau lihat hasil kamera dan videonya? hehehe tapi fokus ke kualitas gambarnya, ya.. jangan isinya.

Kamera Depan dan Kamera Belakang

Nah, itu dalam kondisi malam hari yang pake kerudung adalah hasil kamera depan dan yang kaos merah adalah hasil jepretan kamera belakang. Terus hasil videonya mana? ini diaaaa.


Video ini diambil menggunakan Acer Liquid Z320


Wow!

Aku sudah nyobain semua fitur Kids Center yang ada pada Acer Liquid Z320 apalagi juga ada aplikasi Anak Cerdas yang sangat membantu anak untuk belajar. Secara global pun smartphone ini asyik untuk digunakan siapapun.

Meski setiap orang tua menerapkan aturan masing-masing untuk penggunaan smartphone pada anak, ada yang boleh, bebas kapan aja yang penting anteng, ada pula yang sehari hanya dijatah 30 menit ada pula yang hanya pada weekend saja boleh main smartphone-nya.

Acer Liquid Z320 sangat membantu para orang tua untuk mengontrol anak-anaknya.

Dan...
Nampaknya, Acer Liquid Z320 bisa menjadi kado terindah untuk si kecil. Kalau sudah begini anak senang orang tua tenang.

27 comments:

  1. Wah komplit yaa mbak icha tulisannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh cuma pengen kasih tau aja betapa lengkapnya aplikasi Kids Center yang ada di Acer Liquid Z320 cocok buat anakbanakb:D

      Delete
  2. kereeen ada videonya juga. kameranya ternyata oke banget yaa buat video *niruin kalimat mba icha. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkkwkwk jangan dilihat orangnya ya lg kucel seharian halan halan... Liat kualitas videonya aja kwkwkkw

      Delete
  3. wuuuiiihhh keren mak, ulasannya lengkap bgd, kamera dan videonya oke banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sayang ya kamera dan videonya aslinya oke. Modelnya yang kurang oke kwkwkwkkw

      Delete
  4. wah asyik ya , jaman aku kecil mana ada aplikasi kayak gini wong smartphone belum ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahhh... Teknologinya makin canggih... Keren deh bpokoknya wajub cobain mb

      Delete
  5. Lagi bnyak di raving bngt hp satu ini jd penasaran hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah demi menyelamatkan generasi bangsa hehehe biar anak anak meskipun main hape tetep ada nilai edukatifnya :))

      Delete
  6. Keren banget blogpostnya, lengkap dan terperinci. Pokoknya keren deh. Semoga menang dalam lomba, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bunda.... Sharing is caring... Peduli dengan anak anak ya salah satu ini yang bisa kita lakukan :) dengan kids center

      Delete
  7. Mas Dede keliatan lebih gemuk ya *salah focus*

    ReplyDelete
  8. Wkwkwkwkwk habis makan Bakmi GeMuk soalnya hahahhaa

    ReplyDelete
  9. KEren banget yak aplikasinya Mbaaak. Mupeng abiiis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaakkkk harganya bersahabat kok cuma satu juta

      Delete
  10. Acer kosisten bgt yaa dengan fitur parental kidsnya

    ReplyDelete
  11. Iya Acer memang paling konsisten dengan produk dengan fitur ramah anak

    ReplyDelete
  12. hai hai.. salam kenal... suaramu empuk (eh emang mantan penyiar ya). bagus ya acer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai haiiiii haiiiiii jugaaaaaaa.... Hehehhehe iya acernya emang bagooosss aku dah nyobain top dah kalau buat anak anak apalagi harganya cm 1jt

      Delete
  13. Kerennn bangetttt,,jadi pengen punya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukkkkk punya yukkkkkk :) Harganya lumayan irit buat emak emak

      Delete
  14. Accer memang inovasi banget mba, jadi gx perlu khawatir bila anak-anak ingin meminjam smartphone kita. :)
    selain bisa memberi kesenangan juga menambah pengetahuan si anak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupssss betul... Skrg hape orang tua hape anak juga hehehehe

      Delete
  15. anak pasti senang ya mbak kalo dikasih permainan di hape ini, pasti juga emaknya tenang bukan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu takut anak buka yng enggk enggak.... Kalau dr kecil kita ksh taunya yg baik baik pasti gedenya dia tau mana yg baik dan tidak

      Delete
  16. warna background kids centernya oke ya,

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang