Friday, February 19, 2016

Di Komunitas Ini Kamu Bisa Hebat dan Sukses, Mau??


Hidup orang itu bukan dia sendiri yang mengubah, tapi diubah oleh orang-orang yang berada di sekitarnya. Kalau mau jadi bajingan, ya kumpulnya sama bajingan. Kalau mau jadi pinter, ya kumpulnya sama orang-orang pinter. Bahkan yang mungkin terdengar kurang enak, kalau mau jadi orang kaya ya kumpulnya sama orang kaya.

Acara Kopi Darat Kekinian dengan Berkomunitas yang diselenggarakan oleh Citizen6 Liputan6.com di BREWERKZ Senayan City, Jumat 5 Februari lalu berlangsung sangat meriah. Menghadirkan Iwan Setiawan seorang penulis 9 Summers 10 Autumns, seorang anak yang gigih hingga bisa bekerja di "The Big Apple", New York dan meraih semua impiannya termasuk salah satu impian besarnya (yang mungkin bagi orang lain remeh) yaitu memiliki kamar sendiri.

Dalam acara itu Iwan datang bukan hanya jadi seorang bintang tamu yang memeriahkan acara. Tapi juga menjadi korek yang menyalakan api semangat para tamu undangan  seperti para penulis, blogger, netizen, pembaca setia citizen6 dan liputan6.com. Baik yang tua maupun muda. Meski gaya bicaranya yang kocak dan jujur apa adanya, Iwan mampu mentranfer semangat perjuangannya.

Iwan ingin menunjukkan pada dunia, terutama anak-anak yang merasa memiliki keterbatasan ekonomi untuk mengejar cita-cita mereka, bahwa apapun batas yang menghalangi kalau kita memiliki tekad yang kuat pasti bisa!! Iwan, ingin lebih banyak iwan iwan yang lain yang mampu dan berani menembus batas kemampuan mereka. Iwan membuktikan bahwa, bahkan seorang anak seorang tukang angkot di Malang, bisa menjadi hebat dan sukses.

Rasa takut itu pasti ada, rasa minder pasti ada dan itulah yang harus kita atasi, dengan bagaimana??? Dengan berkomunitas.

Berkomunitas
Iwan bercerita, dahulu semasa SMA dirinya adalah pribadi yang sangat minder. Mungkin karena latar belakang dirinya yang miskin sehingga tidak percaya diri. Lalu apa yang membukanan matanya dan kemudian ia bisa percaya diri seutuhnya? Iwan mengikuti komunitas teater.

Dari situ, iwan mengatakan "di komunitas teater ini mengubah hidup saya FOREVER!"

Mengapa komunitas akan mengubah hidup kita? Karena dengan berkomunitas akan membuka pikiran untuk mendapatkan ide , menumbuhkan mimpi-mimpi, memompa semangat, menajamkan masa depan kita. Dengan berkomunitas kita akan menemukan cinta yang mungkin tak ada ditempat lain.

Dengan berkomunitas kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki semangat besar sehingga kita juga tertular semangatnya. Dari komunitas kita bisa lebih mengerti banyak informasi dan juga mendapatkan banyak sehingga pikiran kita pun lebih tajam.

Memilih Komunitas Keren
Di dunia ini banyak sekali komunitas. Nah kita mau pilih yang mana, yang kira-kira bisa mengantarkan kita pada kesuksesan. Keren itu, bukan lagi bisa nongkrong bareng di mall, ha ha ha hi hi. Keren bukan lagi bukan lagi bisa beli ini itu, punya gadget keren, baju dengan model terkini dan harga termahal.

Tapi, keren sekarang adalah anak muda yang tajam menulis. Anak muda yang berkumpul berkomunitas untuk melahirkan karya. Keren adalah anak-anak muda yang mampu menggerakkan sesuatu. Anak muda yang mampu menggemparkan bangsa.


So, bagaimana memilih komunitas keren yang mampu menghebatkan kita?? pilih komunitas yang memiliki power, memiliki kekuatan. Kekuatan untuk mendorong kita melahirkan karya, yang mampu memotivasi kita untuk menggerakkan sesuatu yang positif sehingga mampu menggemparkan bangsa. Dan salah satu komunitas yang empowering di dunia ini adalah komunitas citizen6 liputan6.com

Komunitas Citizen6 Liputan6.com
Siapa yang tak tau liputan6.com? Portal berita online yang selalu dibaca oleh jutaan orang di Indonesia setiap hari, setiap jam setiap menit bahkan setiap detik. Sebagai salah satu portal berita online ternama, liputan6 sangat mengapreasiasi seluruh pembacanya. Dan salah satu bentuk apresiasi ini liputan6.com menyediakan kanal citizen6 agar para pembaca atau siapapun di belahan dunia manapun bisa berbagi cerita, informasi dan apa saja yang menarik dan bermanfaat.

Dengan begitu, kini siapapun bisa menjadi jurnalis, memberikan informasi dan mempengaruhi. Liputan6.com memiliki power dan posisi yang luar biasa. bayangkan jika kita mengirim tulisan dan di terbitkan di kanal citizen6 liputan6.com, berapa juta orang saja yang akan membaca tulisan kita? So tak bisa diragukan lagi.

Cara berkontribusi di Komunitas Citizen6 Liputan6
Kini apapun yang kita lihat dan dirasa adalah sesuatu yang menarik, penting dan aktual, kita bisa kumpulkan informasi itu, kita analisa dan sampaikan berita itu ke citizen6 liputan6.com. Kiriman bisa berupa tulisan, gambar ataupun video.

How to write for citizen6 liputan6.com
Bagaimana membuat kiriman tulisan untuk citizen6 liputan6.com? caranya gampang sekali tulis apa yang akan kita informasikan dengan prinsip 5W1H. What? Apa? Who? Siapa? Where? Di mana? When? Kapan? Why? Kenapa?How? Bagaimana?. Dengan prinsip 5W1H diharapkan tulisan kita bisa dipahami dan enak dibaca sehingga bisa memberikan manfaat, empowering dan menginspirasi bagi siapapun yang membaca.


Maka tak heran jika mas Iwan Triono, vice Editor in Chief Liputan6.com pada ada Kopdar Citizen6 lalu berpesan agar kita belajar menulis yang baik belajar mengambil gambar, merekam video agar bisa menginformasikan ke seluruh dunia.

Nah, kalau mau ngirim video bagaimana caranya. Sama saja, rekam video sisipkan informasi pelengkap dengan prinsip 5W1H. Lalu jangan lupa upload ke www.vidio.com, platform video yang mengangkat dan mempopulerkan user Indonesia sebagai content creator.

Kalau informasi yang ingin di kirimkan sudah siap, langsung saja bisa kirimkan berita atau informasi menarik berupa tulisan, gambar ataupun video bisa ke email citizen6@liputan6.com. Lalu liputan6.com akan menerbitkan di citizen6 liputan6.com dan seluruh dunia bisa membacanya dan melihat kirman kita.

Saya sebagai Video Bloger pun mulai tertarik untuk mempublish karya-karya video saya di video.com dan mengirimkannya ke citizen6 liputan6.com. Dan inilah Salah satu video yang saya buat bersama rekan saya Dede Ariyanto,  video kopdar komunitas kekinian bersama citizen6 liputan6.com


Video By: 
Farichatul Jannah sebagai Penulis Naskah dan Narator. 
Dede Ariyato sebagai Cameramen dan Editor

Melalui video itu saya dan rekan saya Dede Ariyanto ingin sharing ke para pembaca setia liputan6.com yang tidak sempat mengikuti acara ini. Saya ingin mereka yang tidak hadir juga turut merasakan acara ini. Acara yang menurut saya sayang inspiratif dan menggugah semangat kita.

Acara kopi darat komunitas citizen6 liputan6 ini tidak akan sampai disini saja. Akan ada kopdar rutin berikutnya sebagi pengerat hubungan liputan6.com dan pembaca setia yang telah seperti keluarga ini. Dari komunitas ini diharapkan kita bisa saling berbagi dan menginspirasi untuk bisa saling memberikan manfaat.

Saya sendiri berharap kopi darat berikutnya bisa mengajarkan kita bagaimana menulis, mengambil gambar dan video yang bagus. Sehingga kita sebagai pewarta warga juga bisa memberikan informasi yang bagus bak portal berita profesional liputan6.com. Meski tampaknya menyiapkan 5W1H sangat mudah, tapi pada perkembangan jaman itu saja tidak cukup, kita harus bisa membuat teknik penulisan, gambar ataupun video yang menarik dan bagus.

Yuk jadikan diri kita hebat dan sukses dengan bergabung di komunitas citizen6 liputan6.com

Terimakasih Citizen6 Liputan6.com


13 comments:

  1. Wah.. Sayang saya ketinggalan info acaranya...menarik sekali mba, sharing ilmu dari penulis lain untuk membakar semangat menulis yg sedang kendor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, disini gak cuma blogger tapi juga penulis yg lebih luas.... :D

      Delete
    2. Bulan depan mungkin ada lagi.. jangan sampe ketinggalan mas... pantengin liputan6 aja

      Delete
  2. Wah keren acaranya next time pengen ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbk... Nyesel gak ikot pokoknya... Semoga next event bs ketemu ya...

      Delete
  3. asyik ya, memang berkomunitas membuat kita banyak teman dan tambah ilmu

    ReplyDelete
  4. Ketika baca ini, saya ingat, dari dulu sukses menyesal tidak mengikuti organisasi waktu SMA, hahah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohooh... yaudah yuk tidak ada kata terlambat.. skrg ikut komunitas keren ini yuk

      Delete
  5. menarik, ni, mbak, bisa untuk wadah ide menulis reportase; jadi blog-nya juga ga campur-campur lagi isinya.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, aku cukup aktif di beberapa komunitas. emang kerasa sih manfaatnya mbak. Selain nambah temen, ilmu juga nambah :DDDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah yaaa.... manfaatnya pasti kerasa banget :D iya selain temen ilmu banyak yg kita dapat dengan berkomunitas :D

      Delete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang