Tuesday, March 22, 2016

Bikin Video Asik di Era Smartphone 4G Bersama Kelas Blogger

Sosial Video Is The New Konten Marketing”
Sebuah judul sharing presentasi dari Mas Seno Pramuadji pada Kelas Blogger 6 Minggu (20/03) lalu sungguh menohok bagi saya. Bagaimana tidak di era Smartphone dan jaringan 4G super kencang yang mulai bertebaran ini, membuat VLOG makin membuming. Lomba-lomba video mulai bermunculan. Bahkan kini perusahaan, vendor dan agency yang sering memberikan job pada blogger mulai merambah ke Video. Tidak hanya tulisan blog saja.

Yups.. saya sendiri merasakan itu. Ini adalah salah satu review Smartphone yang tidak lagi hanya melalui tulisan yaitu melalui video yang pernah saya dan rekan saya Dede Ariyanto buat.




Mengapa Video???
Sebuah penelitian fantastis yang dilakukan oleh sosialbakers meneliti perbandingan,  Who is the real video champion Facebook vs Youtube?? Dan hasilnya adalah  penyebaran video menarik yang masih banyak peminatnya nomor satu adalah Facebook, kemudian YouTube. Yups itulah sosial media paling berpengaruh. Dan kini mulai merambah ke Instagram dengan videogram max 17 menit. 

Alasannya karena kini pengguna Smartphone pada usia 15-24 mereka lebih banyak mencari sesuatu, seperti Smartphone yang ingin dibelinya, tutorial dan lain-lain adalah melalui Video. 

So buat kita para blogger, kalau mau bikin video untuk job, untuk video marketing bagaimana?? Mas Seno berbagi secuil rahasianya tentang video content marketing di era generasi 4G ini. Tapi, tonton dulu video yang satu ini.




First of all, membuat video content marketing tidak hanya butuh satu hari atau bahkan sejam atau dua jam. Ini butuh waktu yang lumayan dan biaya yang lumayan. 

Catatan penting yang saya ringkas dari mas Seno adalah bahwa Video Marketing harus dibuat sehalus mungkin atau istilah kita softselling. Bisa berangkat dari pengalaman pribadi, nah kalau bagian ini para blogger pasti sudah paham yah. Seperti video Donna Visca yang suka ngegame dan pasti butuh koneksi internet cepat.


Siapakah yang lebih banyak berbicara tentang koneksi internet, IT, game?? perempuan atau laki-laki?? Laki-laki kan? Nah, berarti pas banget kalau bintang dalam video ini Donna Viska. Cantik dan bening, lelaki mana yang gak akan menonton video ini?? hehehe bahkan perempuanpun audiensnya juga akan merasa nyaman. 


Catatan terakhir dari Mas Seno, Video Content Marketing sebaiknya tidak lebih dari 3 menit. Well setuju banget!


Untuk itulah, Kelas Blogger 6 berkumpul di Nutrifood Inspiring Center Menteng Square belajar bersama seseruan bersama tentang komposisi foto dan membuat video.


Akhir pekan ini (20/3)  terasa begitu cepat. Tau-tau sudah sore saja. Yups! Karena hari ini begitu membahagiakan bisa seru-seruan bersama Kelas Blogger di Nutrifood Inspiring Center Menteng Square. Mulai dari mengulik teknik komposisi fotografi yang ciamik dari Kang Dudi Iskandar, mengenal bagaimana membuat Video Commersial untuk brand yang di sampaikan langsung oleh mas Seno Pramuadji dari Smartfren, dan ada juga sesi praktek rame-rame bikin Video bersama mas Dede, sampai praktek Voice overnya yang kebetulan dengan saya.

Tidak memiliki kamera profesional sekelas DSLR ternyata tak menghalangi kita untuk berhenti belajar memotret yang bagus. Jaman yang semakin canggih, hanya dengan smartphone kita bisa juga hasilkan foto yang tak kalah menarik dari kamera DSLR.

Yang sangat menancap di pikiran saya adalah apa yang dikatakan Kang Dudi bahwa, foto yang jelek itu foto yang disimpan di hardisk. Hemmm iya juga ya kalau dipikir-pikir. Hehehhee bisa juga nih kang dudi.

Kita belajar mengambil gambar dengan smartphone yang baik. Sepertinya sepele ya. Tapi ilmu ini sangatlah berarti. Karena ternyata agar foto kita bagus kita bisa menggunakan garis line kamera smartphone kita untuk menentukan fokus utama objek yang akan kita tunjukkan pada sebuah foto.

Hmmm mungkin terdengar cukup memalukan tapi inilah saya yang baru tau fungsi garis line di kamera smartphone hehehhee...

Kang dudi juga berbagi tentang lika liku perjalanan saat hunting foto feature dan ternyata hanya dengan sebuah foto yang mungkin diluar dugaan kita bisa jadi hal yang luar biasa. Seperti saat kang dudi mencari bahan foto feature di car free day. Awalnya kang dudi bingung mau moto apa?

Eh ada seekor kambing domba yang berjalan bebas di car free day ini. Setelah di ikuti ternyata kambing cute bernama miki ini adalah kambing kesayangan dan peliharaan pak soleh dari kecil yang tak pernah di ikat. Miki dan keluarga pak soleh sudah seperti satu anggota keluarga yang saling menyangi. Hingga tiba di hari idul adha dan miki di qurbankan. Anak-anak pak sholeh tak mampu menahan tangis. Dan kisah ini bisa kang dudi ceritakan melalui foto-fotonya.


Ilmu tentang fotografi sangatlah  penting dan menjadi dasar siapa saja yang ingin menekuni dunia visual. Termasuk membuat video. Jika sudah punya ilmu fotografi apalagi yang sudah ekspert seperti kang dudi, membuat video bukan lagi hal sulit. Paling tidak sudah punya basic.

Setelah kang dudi, mas Dede pun berbagi tentang pembuatan sebuah video. He said, apapun alat yang kita gunakan untuk pengambilan gambar, software  apapun yang digunakan untuk proses editing, itu hanyalah alat. Yang terpenting adalah bagaimana kita memaksimalkan semua alat itu untuk melahirkan video yang kreatif dan menarik serta mampu membuat mata siapapun yang menonton video kita tak beralih ke pandangan lain.

Saya juga berkesempatan sharing tentang pengisian suara dan penataan musik pada video. Bagaimanapun musik backsound sangat menentukan suasana video yang ingin di ceritakan. Ceria, bahagia, mendebarkan, santai atau sedih. Dalam pengisian suara narasi atau VO yang terpenting adalah berlatih. Agar tidak belibet, ngosngosan dan bisa berintonasi dengan baik.

Well, ini eranya Smartphone 4G. Kita bisa lakukan apapun dengan smartphone. Membidik objek menarik, membuat video content marketing, video liputan,video citizen jurnalism hanya dengan smartphone.

Smatphone saja tak cukup, untuk membuat video itu bisa dilihat banyak orang kita perlu menguploadnya ke sosial media seperti Facebook ataupun YouTube. Itu butuk koneksi internet cepat. Smartfren 4G bisa menjadi pilihan. 

And.... The last but not least
Acara kelas blogger6 yang bertema komposisi foto dan video ini ada lomba bikin video bloggingnya tentang kelas blogger. Huaaaaaa mupeng banget hadiahnya Smartphone 4G dari Smartfren loh yang bisa jadi senjata andalan kita buat bikin Vlog.



Selamat berkreasi teman-teman blogger. Terimakasi untuk akhir pekan yang indah.

8 comments:

  1. Waktunya kurang ya mbak, mestinya 2 hari. Hahahaha.. oh ya. Bikin video emang butuh sinyal yg wuz wuz. Oh ya mbak koreksi dikit boleh. Tulisan smartfren nya typo ada d nya. Bedewey thank's banget ilmunya...

    ReplyDelete
  2. mantafff
    saya masih penasaran yang jeng Icha isi VO utk mellownya Iwan Setiawan :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Jadi, kapan mba Icha ngajak nanyi pok ame-ame bareng2 lagi :D . Matur nuwun ya mba icha ilmunya :)

    ReplyDelete
  5. Mantap sharingnya mba,,
    kapan-kapan mampir kesini mba:
    http://www.ngelewa.com/2016/05/merekam-video-berkualitas-dengan.html

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang