Wednesday, May 25, 2016

Ini Rahasia #SafetyDriving Yang Jarang Orang Lakukan




Angka kematian di Indonesia yang disebabkan oleh kecelakan di jalan raya sangat tinggi. sekitar 1,3 juta orang meninggal di dunia setiap tahun akibat kecelakaan lalulintas Kesadaran aman berkendara seringkali diabaikan dengan berbagai alasan. Nah, mobil123.com sebagai salah satu portal otomotif no 1 Indonesia mempertemukan antara pembeli dan penjual terbesar dan terpercaya tak perlah lelah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya #SafetyDriving.

Seperti hari ini 25/05 Mobil123.com mengadakan sebuah Talkshow #SafaetyDriving yang bertema “Faktor-faktor yang Harus diperhatikan Saat Berkendara”. Menghadirkan Jusri Pulubulu Chief Instructor of Jakarta Devensive Driving Consulting. Acara ini sebagai upaya memberikan beberapa tips kepada para pengemudi mobil di Indonesia agar jalan raya menjadi lebih selamat, aman dan tertib, di mana akhirnya mampu mengurangi angka kecelakaan.

Fokus dan Mengerti
Wah ini, kadang memang kita saat berkendara kurang fokus. Banyak sekali faktor kurang fokus, seperti gelisah mendengar smartpone berbunyi sampai mendadak rem saat ada panggilan telpon. Bisa juga tidak fokus pandangan pada jalan sehingga tidak memperhatikan kondisi jalan.

Selain fokus, kita juga harus mengerti. Mengerti apa??? Mengerti bahwa di jalan raya ini bukan hanya ada kita. Tapi ada buanyak orang yang bisa saja suatu saat ada di depan belakang atau samping kita. 

Mengerti juga diartikan sikap antisipatif. Artinya semua indera kita harus peka. Saat mata kita melihat di depan ada anak-anak kurangi kecepatan. Mendengar klakson dari belakang minggir. 

Kadang selain kurang fokus kita juga idak peduli dan mengerti sekitar. Untuk itu mulai sekarang kalau mengemudi fokus, jangan di sambi WA an sehingga menimbulkan rasa pensaran dan gelisah hahha. Mengemudi juga harus ngerti apa yang harus dilakukan.

Utamakan Selamat
Ini yang seringkali diabaikan. Semua perlengkapan berkendara di desain dan di ciptakan demi keselamatan pengendara. Lah malah kok gak di pakai sebaik mungkin. Contohnya, pake sabuk pengaman hanya pada saat melintasi perempatan atau saat melintasi polisi. 

Kadang kita juga suka melebihi marka jalan demi ngebut demi cepat sampai. Padahal itu berbahaya. Keluarga menunggu di rumah, kalau terjadi apa apa gimana?? Amit-amit ya…

Utamakan selamat dengan memastikan semua kondisi kendaraan depan belakang samping, spion, rem dan lain-lain semua dalam kondisi baik dan layak pakai.

Menanamkan Tertib Lalu Lintas Sebagai Budaya
Dalam acara ini juga di buka sesi tanya jawab dan dialog. Kemudi an ada yang menceritakan bahwa kondisi lalu lintas di kota Balikpapan sangatlah rapi nyaman dan aman. Karena apa?? Masyarakat kota Balikpapan sudah mengakarkan bahwa tertib lalu lintas adalah budaya mereka.

Sehingga jalan itu tidak nyaman dan serasa tidak ada ancaman apapun. Karena semua orang tertib dan peduli. Tertib lalulintas sudah mengakar menjadi Budaya mereka.

Jika mereka bagian kecil dari Indonesia bisa, mengapa kita Indonesia Jakarta tidak bisa? Ini kemudian yang menjadi PR kita bersama bagaimana menanamkan tertib lalu lintas dari lini terkecil. Diri kita, keluarga kita, teman kita, perusahaan kita, kota kita, negara kita.


Dalam acara talkshow Mobil123,com ini tak hanya bertabur pengetahuan tentang Safety Driving, tapi kita semua juga bisa menikmati kebersamaan yang hangat, menyantap makan siang bersama ditemani band yang menyanyikan lagu-lagu enak dan ditutup dengan kuis serta pembagian doorprize. 

Memiliki kendaraan pribadi tidak ada salahnya. Yang salah adalah kita tidak peduli yang lain jika mengemudi. Semoga dengan mengerti #SafetyDriving bisa membuat kita lebih nyaman dan aman berkendara sehingga angka kecelakaan bisa dihindari.




3 comments:

  1. Arogansi di jalanan harus dihentikan, dan dimulai dari diri sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betup sekali pak agung.... Juga bukan kita yg mulai siapa lagi

      Delete
  2. masa depan kita ada di jalan raya ya mbak cha safety driving ^^

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang