Sunday, June 5, 2016

Begini Seharusnya Memakamkan Keluarga yang Telah Berpulang ke Rahmatullah

Ada seorang anak gadis yang meninggal dunia. Lalu sang ayah menguburkannya seperti layaknya jenazah pada umumnya di pemakaman umum. Setelah itu sang Ayah setiap malam selama tiga hari selalu bermimpi di datangi anak gadisnya yang mengeluh, "ayah tolong ayah, aku tidak bisa tidur suara pabrik kapur berisik sekali sampai aku tak bisa tidur". Lalu sang ayah mengecek memastikan di pemakamannya tak ada pabrik apapun sepi sunyi senyap. kemudian usut diusut ternyata makam anak gadisnya bersebelahan dengan makan seorang algojo yang seumur hidupnya selalu berbuat maksiat.

Tidak Mencampur Makam Muslim dengan Non Muslim
Dalam Islam ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemakamam seorang muslim. Ada beberepa syariat yang harus kita lakukan sebagai seorang muslim. Salah satunya adalah tidak mencampur makam seorang muslim dengan non muslim. Kenapa?? jawabannya cerita diatas menunjukkannya.

Seperti yang dilakukan oleh kaum muslimin semenjak zaman rasulullah para khulafa’ ar rasyidun dan orang-orang setelahnya. Hal tersebut terus berlangsung dan menjadi ijma’ amali untuk memisah kuburan ummat islam dengan kuburan orang-orang musyrik.

Kenapa?? karena adzab bagi orang-orang musyrik tersebut akan dirasakan oleh seluruh penduduk kuburan tersebut. Padahal adzab kepada mereka tidak terputus. Jenazah umat muslim yang dicampur dengan musrikin akan tersiksa.Tersiksanya mayit tergantung dengan siksaan yang ditimpakan pada tetangganya berupa pedihnya adzab, bau yang busuk ataupun kegelapan liang lahat dan yang lainnya. Maka tak heran jika si almarhuman anak gadis itu sampai mendatangi ayahnya dalam mimpi mengeluh berisik tak bisa tidur tenang.

Harus Menghadap Kiblat


Ketaqwaan kita seorang muslim di buktikan dengan tiga hal yaitu Qaulan; melalui kata-kata yang keluar dari mulut kita. Maka kita harus bersyahadat, mengucapkan dua kalimat syahadat. Qulbi; hati kita. Ketaqwaan kita juga harus dibuktikan dengan hati kita yang selalu hanya menyakini hanya Allah satu-satunya tuhan kita. Yang ketiga Fikli ketaqwaan kita juga dibuktikan dengan perilaku dan gerakan kita. Maka saat kita sholat kita harus dengan tertib baik dan menghadap kiblat.

Itulah mengapa saat sholat hingga saat kita meninggalpun harus menghadap ke kiblat. Sebagai bukti ketaqwaan kita.

Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha, haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaati wanusukii wamah yaaya wama maatii lillaahi rabbil ‘alaamiina. Laasyariika lahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiina.

"Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim"

Sederhana Hanya Terdiri Gundukan dan Tidak dibangun Apapun
Kita sering melihat makam-makan dibangun dengan berbagai macam bentuk bangunan diatasnya dengan berbagai keramik dan cat beraneka ragam. Dalam islam hal ini tidaklah dianjurkan. Sebagaimana Rasulullah dan para sahabat rasulullah.



Ibnul Qayyim berkata dalam kitabnya Zaadul Ma’aad, “Dan makam beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam digunduki tanah seperti punuk yang berada di tanah lapang merah. Tidak ada bangunan dan tidak juga diplester. Demikian itu pula makam kedua sahabatnya (Abu Bakar dan Umar).”

Diriwayatkan dari Jabir, ia berkata: Rasulullah saw melarang memplester kubur, mendudukinya dan mendirikan bangunan di atasnya.” [HR. Muslim, no. 94/970

MakamTidaklah di duduki atau di Injak-injak
Di Jakarta bahkan ada fenomena, anak-anak atau gelandangan jalanan terpaksa tinggal di makam karena tak mampu membayar kontrakan. Padahal hal seperti ini tidaklah diperbolehkan. Jangankan tinggal diatasnya, duduk dan menginjakpun tidak boleh.

"Rasulullah saw. bersabda, 'Lebih baik salah seorang dari kamu duduk di atas bara api hingga membakar pakaiannya dan sekujur tubuhnya daripada duduk di atas kubur'," (HR Muslim (971).

Rasulullah aja sampe bilang begitu. Ini karena betapa manusia sangat di muliakan Allah bahkan sampe setelah meninggal dunia.

Kedalaman Makam 1,5 M

Kenapa?? Supaya yang meninggal atau jenazah terhindar atau terlindungi dari hewan yang hidup. Begitu juga yang hidup terhindar dari yang telah meninggal, dari bau dan lain. lain.

Boleh Meletakkan Nisan Penanda
Sebagai kebutuhan penanda agar kita tidak kehilangan jejak atau agar mudah ketika berziaran maka sebatas ada kebutuhanmenuliskan nama orang yang wafat di atas kuburan atau pada nisan sebagai penanda agar kuburannya dikenali, bukan dalam kategori bermegah-megahan diperbolehkan.

Ingat hanya sebagai penanda bukan dalam kategori bermegah-megahan loh.

Kuburan Mewah Haram Hukumnya
Kini nampaknya mucul trend kuburan mewah dengan berbagai fasilitas wah yang ditawarkan. Padahal hal ini haram hukumnya. MUI jelas menyatakan Jual beli dan bisnis lahan untuk kepentingan kuburan mewah yang terdapat unsur tabdzir dan israf hukumnya haram," jelas Fatwa MUI Nomor 9 tahun 2014

 
Lalu dengan kondisi kota besar seperti Jakarta ini bagaimana??

Rasullulaah memerintahkan umatnya agar menghormati saudara kita yang telah meninggal dan menjadi jenazah sama seperti kita memperlakukannya seperti saat hidup yaitu memperlakukan dengan perlakuan terbaik.

Pilihan Pemakaman Terbaik Sesuai Syariat
Untuk mendapatkan pemakaman yang baik dan layak, Al-Azhar Memorial Garden menjadi pilihan terbaik. Kenapa?? karena Al-Azhar menjadi pemakaman pertama yang sangat sesuai syariat Islam.



Saya sendiri telah mengunjungi pemakanan islam terbesar sesuai syariat islam ini dan tau persis bagaimana di dalamnya benar-benar tenang dan sesuai syariat. Beberapa alasan mengapa Al Azhar memorial garden menjadi rekomendasi kita untuk menyiapkan makam untuk keluarga.

Pertama; Al Azhar memiliki layanan di rumah duka mulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan, sampai dengan keberangkatan menuju Al Azhar Memorial Garden

Kedua; Layanan mobil jenazah, sampai dengan upacara pemakaman yang khidmat, sesuai dengan syariah menjadi layanan kami bagi kita yang memiliki lahan di Al-Azhar Memorial Garden

Ketiga; Prosesi pemakaman yang nyaman dan tertata rapih sehingga bagi para Pelayat, menimbulkan kesan keikhlasan

Keempat; Di Al Azhar Memorial garden ini semua sesuai syariat Islam dan bahkan kita para peziaran dibuat nyaman. Mulai jalan setapak yang bisa kita lalui sehingga tidak melangkahi kuburan lain, sampai space untuk kita berziaran dan berdoa pun dipikirkan. Lapang parkirnya juga luas. 

Kelima; Di al azhar memorial garden memiliki layanan yang eksrta. Perawatan kuburan seperti membersihkan kuburan stiap hari, memangkas rumput atau tumbuhan yang sudah tinggi sepanjang masa pemakaman akan dirawat. Ada pula keamanan yang bekerja 7x24 jam. wow!

Keenam; Di Alazhar memorial garden ini memili banyak sekali tipe kavling pemakaman.Mulai yang singgle sampai Royal zone. Info lengkapnya bisa lihat disini yah

Apa dan bagaimana Pemakaman Al-Azhar Memorial Garden itu bisa dilihat



Semoga kita bisa memberikan yang terbaik bbagi saudara family dan orang-orang terkasih diantara kita hingga akhir hayatnya sesuai syariat Islam. Amin

32 comments:

  1. Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Amin. Terima kasih infonya, mba. Tapi satu disisi di Jakarta, tanah buat kuburan makin sempit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn...

      Iya mb Rach di Jakarta mah pemakaman tu kadang ada yg ditumpuk-tumpuk apalagi kalau ahli warisnya jarang atau gak ngurus bisa bahaya...

      makanya al- azhar menciptakan pemakaman yang lebih aman dan sesuai syariat

      Delete
  2. Postingannya sangat bermanfaat. Kita lihat masih banyak makam yang tidak tertata dengan baik

    ReplyDelete
  3. Kalo di sekeliling kubur diberi batas semen setinggi 1 jengkal tangan dan dilapisi tekel tu gimana mbak? Ujuannya biar tanah ga longsor, dan jika longsor gampang nimbunin lagi krn tau batasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nisan kan awalnya juga gak boleh tapi karena alasan kebaikan agar lebih mudah dan sebagai tanda maka diperbolehkan.

      mungkin kalau hanya sebatas pembatas dan tidak bermegah megahan gak masalah

      Delete
  4. Lha yang dilakukan Al Azhar Memorial Garden ini termasuk membisniskan makam atau tidak Mbak? *serius tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut aku si gak bisnis...

      karena al azhar bikin makam ini untuk umat musim yang ingin pemakamamannya lebih syari...

      kalau di itung-itung ma sama ama makam umum malah enak di al azhar, hanya di awal al azhar keliatannya mahal.. padahal keuntungan mendapatkan perawatan makam dan jaminan untuk kita lebih aman...

      al azhar bahkan punya program untuk anak yatim dan duafa..

      Delete
  5. Horor ihhh...ngomongin kuburan *aattutt.

    ReplyDelete
  6. Semoga kelapangan dan kesesuaian kubur bagi kita semua yaa.. Amiin

    ReplyDelete
  7. Oh begitu alasan nya mengapa makam muslim dan non di pisah. Selama ini saya hanya menduga2..

    ReplyDelete
  8. nah gimana kalau makamnya padat dan gak beraturan. aku pernah mau nyekar teman, makamnya gak beraturan dan padat, makamnay di tengah2 dan mau gak mau menginjak batuan makam, itu gimana ya karena gak ada jalan lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia fenomena yang ada mb..

      makanya al azhar memorila garden ini semua di perhatikan ulai dari jalanan untuk pejalan kaki, untuk mobil motor, parkiran sampai space buat kita ziarah kubur

      Delete
  9. skrg bisa lebih memperhatikn bila ada pemakaman, sebelumnya hanya bisa melihat saja gak mengerti..nice sjare mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mb mira.. aku juga jadi gitu lbh memperhatikan

      Delete
  10. Semoga semua umat muslim yang sudah berpulang di tempatkan di tempat yang terbaik di sisiNya , Amiin..thanks for sharing mbak Icha :-)

    ReplyDelete
  11. suami istri yang sedang berdoa di foto itu khusyu banget :)
    salam sehat dan semangat ya Jeng aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha iya dong pak Agung.... heheh sehat selalu juga ya pak agung

      Delete
  12. sering byk yg tdk tahu bahwa jgn bermewah2, jgn meninggikan bangunan, dan seringkali malah duduk di atas kubur.
    Semoga artikel ini banyak memberikan ilmu kpd yg blm mengetahuinya.

    ReplyDelete
  13. Semoga semakin banyak orang yang mengerti bagaimana cara memakamkan yang baik, dan mengetahui bagaimana memperlakukan makam orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups amin... karena bahkan sampai mati manusia tetaplah makhluk yang dimuliakan Allah

      Delete
  14. Aku pernah baca di daerah mana gitu mba di Jawa ada lahan sumbangan yang dijadikan pemakaman umum, rapih, bersih, dan terawat dengan baik dan diperuntukkan untuk semua orang, kalau ngga salah kalau ada yang tidak mampu itu nanti ada subsidi silangnya, jadi ngga ada bedanya.

    Seneng ya kalau banyak pemakaman serupa. Semoga pemerintah sadar akan aturan yang berlaku dan ngga tumpuk2 satu liang dengan banyak orang huuhuhhuh.

    ReplyDelete
  15. Kalo kuburan laki2 boleh ditumpuk/dicampur sama kuburan perempuan ga sih? Apalagi kalo keluarga gitu?

    ReplyDelete
  16. tempatnya tertata rapi bangeeeet. btw ini punya al azhar juga kah mbak ?

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang