Friday, June 17, 2016

Ini Sebabnya Aku Pengen Jadi Bos Dengan Internet Ultra Cepat



Sumpah sebenarnya aku lelah ditanya kerja dimana? Di kasih saran suruh ngelamar jadi kasir di minimarket atau di iming-iming “itu lho Siti Markonah dah kerja di pabrik A gajinya sekian ratus ribu and bla blab bla bla..” Omaigaaaaadd Keluarga pribadiku saja no comment sama sekali bahkan mendukung apapun kegiatan dan kerjaanku sekarang. Meski tak berlabel dan tak tertulis di KTP aku selalu menghasilkan uang. Wuaaaaaa ngeri yak hehehhee *emosi jiwa booo…..

Yes! Selama ini kerjaanku berkaitan dengan dunia tulis menulis dan dunia maya atau dunia digital. Aku tau betul bagaimana dunia digital membuka peluang sangat besar. Terbukti banyak perusahaan baru yang melayani apapun by online go online dan perusahaan lawas mulai mengekor karena tak ingin tersaingi dan ketinggalan zaman.

Startup, online shop dan berbagai layanan jasa go online. Kenapa semua go online? Yaiyalah, jelas banget karena pengguna internet aktif di Indonesia sangat besar.  Menurut lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Indonesia menduduki peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang

Digital Enterpreneurship is My Way
Melihat peluang dan masa depan populasi netter yang semakin banyak dan terus bertambah rasanya aku ingin merintis bisnis di duna online. Well… dulu kalau kuliah, bahkan sampai sekarang aku sudah mulai bisnis kecil-kecilan. Jualan baju kerudung dan celana meskipun tak banyak.

Dulu awal mulanya jualan karena ada beberapa teman yang punya bodi montoklah kaya aku (bhuakwkkwwk awas jangan bilang gendut yaaak! Hahaha ) setiap kali liat baju yang aku pake selalu tanya belinya dimana? Bagus enak banget kayanya di pakai. Hemmmm emang sih gak banyak toko atau online shop yang punya koleksi fashion khusus big size gitu. Aku aja kalau nyari baju lama muter-muter. Karena nyarinya gak cuma asal muat tapi juga yang sopan dan fashionable.

So, aku penget banget bisa punya bisnis online shop gitu yang menyediakan fashion khusus untuk orang-orang montok kaya aku, baik pria ataupun wanita. Yang gak cuman asal muat tapi juga berkualitas dan fashionable Aihhh.. hehehe yups yang punya wajah cubby gak perlu ubyek dan muter kemana-mana buat nyari yang cocok buat dirinya. Karena cantik ganteng dan fashionable adalah hak semua orang.

How Digital Platform Can Help My Business

Oke, karena bisnis aku merambah dunia digital harus ada trik dan tips khusus untuk lebih sukses dan berhasil. Untunglah 28 Mei lalu aku berkesempatan mengikuti diskusi blogger persembahan MyRepublic, yang mengangkat tema "Digital Business Your Way." Di kesempatan kali ini aku mendapatkan tips dari para ahli untuk membantu memanfaatkan kekuatan social media dan mengoptimalkan blog, untuk mendukung usaha di era digital.


Menghadirkan Rosiana Halim  Managing Director Bobobobo.com. Adapula SEO specialist Tokopedia  Frans Fernando serta Helma Kusuma Country Manager Freelancer.com

Rahasia Membangun Online Shop dari Rosiana Halim MD Bobobobo.com
Beruntung sekali aku tau ilmu berharga tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun online shop. Misi Misi Bobobobo yang ingin mendeliver produk-produk bermanfaat untuk konsumennya sangat cocok berbagi tips pada peserta acara My Republic Sapa Blogger ini.
Rosiana dari bobobbobo berbagi tips yang harus benar-benar diperhatikan ketika akan membuat suatu bisnis online shop.

Permata; Kenali pasarmu. Jadi membuat bisnis atau usahakan adalah menjual sesuatu yang menarik atau market needs. Yang dibutuhkan banyak orang. Nah cocok banget kan rencana bisnis aku yang ingin membuat online shop khusus untuk orang-orang dengan tubuh lebih cubby.

Karena aku melihat peluang. Yak peluang, faktanya Dalam riset IHME, merujuk Riset Kesehatan Dasar 2007 dan 2010, Indonesia masuk 10 besar negara dengan orang gemuk terbanyak. Menurut Riskesdas 2013, prevalensi orang gemuk lebih besar.

Belum lagi dari anak-anak. Jumlah anak-anak di Jakarta saja yang mengalami kegemukan kurang lebih 19,6% itu berarti sekitar hampir seperlima anak orang Jakarta mengalami kelebihan berat badan alias kegemukan. Jumlah banyaknya orang yang diperkirakan mengalami obesitas atau kegemukan adalah sekitar 6,7 juta orang.

So, kurang dibutuhkan apa lagi coba online shop macam yang aku rencanakan.


Kedua; Liat sisi merchant. Nah cerita dari Rosiana ini, bobobobo.com ini adalah online shop yang menjual barang-barang luxury. Karena dia melihat peluang banyak merchant luxury yang awalnya nggak jual online dan bobobobo melihat sebuah oppurtinity itu. Maka di ajaklah untuk menjual produknya di bobobobo.com.

Untuk memperkuat brand bobobobo.com mereka menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris itu bisa menaikkan level sebuah brand menjadi lebih premium. Barangnya luxury tempatnya premium. Yang beli prastisenya naik, yang menjual barangnya di bobobobo.com juga merasa puas dan senang.

Ingat untuk selalu memberikan sesuatu yang unik bagi merchant dan customer.

Yups, cocok ye berarti dengan rencana bisnis aku yang ingin memberikan customer kemudahan dalam mencari fashion bigsize. Okelah aku bakal ajak tawaran penjual atau merchant lain yang punya produk bigsize yang berkualitas dan fashionable untuk bergabung denganku. Aku hanya ingin menjual produk-produk berkualitas. Karena faktanya di luar toko-toko biasa banyak memang yang menjual tapi kadang kainnya tidak adem atau nyaman bagi yang bertubuh lebih.

Ketiga:  Kecenderungan belanja konsumen. Nah Rosiana juga berbagi bahwa melihat kecenderungan konsumen sangatlah penting. Seperti mereka kebanyakan suka yang bagaimana kalau lagi belanja online.

Bobobobo membuat website yang unik dan terbaik dan invest di photoshoot. Bahkan Bobobobo menghire web designer terbaik agar konsumen yang klik dan belanja di bobobobo itu nyaman dan betah melihat-lihat produknya.

Bobobobo juga membuat pilihan harga yang beragam mulai dari yang mahal sampai yang murah tapi tetap dgn image luxury supa konsumen punya pilihan harga. Mulai dari baju yang harganya 200rb sampai jutaan semua tersedia di Bobobobo.

Nah itu dia yang paling aku catet dan gak boleh terlewatkan untuk membangun bisnis online shop. Dan kunci terpenting yang dikatakan Rosiana adalah Relationship mesti dijaga. Netwotking itu perlu dan sangat berharga.

The Power of Content oleh pakar SEO Frans Fernando dari Tokopedia.com
Pembicara berikut adalah Pakarnya SEO. Frans Fernando yang share pengalamannya. Frans SEO Secialist how optimized your blog. Wihh ini dia nih ilmu baru yang aku dapatkan. Selama ini aku kira traffic DA PA itu segalanya. Tapi ternyata tidak. Semua kembalinya tetap ke content.

Nah, lalu bagaimana memaksimalkan dan memanfaatkan blog ya senjata utama bukan traffic melainkan content. Karena potensi market blogger adalah advertorial jadi cara terbaik memanfaatkan blog kita adalah dengan membuat konten yg baik.

Jadi blogger bisa menjadi propose decision (keputusan membeli) dari reviewnya. Blogger bisa mendapatkan partnership dengan share content dan link. Ketika share artikel yang belum diketahui banyak orang akan mendatangkan traffic ke blog. Itulah makna traffic bukan dibuat, melainkan lahir alami dari content berkualitas. Untuk menulis yang bagus diperlukan wawasan yang luas. Bisa membaca apa yang sedang hits di dunia melalui Channel News Asia.

Karena Purchase decision , keputusan orang akan membeli adalah ketika dia sudah membaca sebuah content yang murni jujur dan bagus. Untuk itu blogger memiliki nilai influensi yang luar biasa. Yang terpenting keputusan untuk membeli dipegang oleh blogger dengan cara review yang elegan dan natural.

Potensi market lainnya adalah niche, semakin mengerucut topik blog semakin bagus. Maka lagi-lagi penting membangun image atau networking yang baik dengan brand.

Cara Grab Market salah satu cara mendapatkan market yang banyak adalah dengan mengirim email kepada brand perlu dilakukan. Adapula dengan cara budgeting dan membuat page campaign kita bisa mendapatkan lebih. Memang benar dengan internet kita bisa menciptakan peluang untuk diri sendiri dan orang lain.



Apapun itu berkegiatan digital, internet ultra cepat adalah senjata utama. Menjadi blogger posting blog sosial media untuk menyebarkan linknya menggunakan internet. Semakin kencang internetnya semakin cepat pula pekerjaan selesai.

Begitupula untuk sebuah onine shop ataupun statup, internet adalah jalan utama. Maka supaya semua lancar cepat dan tepat.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memilih koneksi internet  ultra cepat yang bagus tanpa lelet dan merdeka dari loading. MyRepublik memberikan solusinya Ultra-Fast Fiber Broadband. Internet dengan kecepatan upto 300 Mbps kini bisa kita nikmati di rumah melalui jaringan fiber optik MyRepublic.

Banyak pilihan harga yang ditawarkan dan yang jelas semua itu bagus buat bisnis pilihan paket dan harganya bisa intip sendiri di sini

Dunia Digital Memberi Ribuan Pekerjaan Bagi Orang untuk Merubah Hidup
Kini eranya sudah berubah, dulu segala sesuatu dilakukan manual secara fisik dan tentu kini lebih mudah dengan internet. Dulu orang kerja harus memakai lamaran satu satu masuk ke satu kantor ke kantor lain, harus ngelamar satu satu. Bahkan lowongan pekejaan di empel di dinding-dinding.

Kini semua telah berubah, siapapun bisa bekerja dan mencari pekerjaan dengan internet di frelancer.com. http://freelancer.com  ada berkat concern dari para foundernya. Freelancer lahir utk kemanusiaan, meningkatkan taraf hidup perekonomian dan mengubah hidup 1 miliar orang di dunia.

Helma Kusuma Country Manager Freelancer.com di acara My Republic sapa blogger dan dua narasumber lainnya sangat memberikan banyak ilmu kepada saya. Mba Helda juga kasih tau, bahwa apapun itu tak ada yang instan. Begitu pula saat mencari peluang pekerjaan di freelancer.com. Jangan menolak yang kecil-kecil karena itu bisa menjadi portofolio kita untuk menjadi besar.

That’s right! Aku catet.


Bagaimana Hadiah Akan Digunakan Untuk Membantu Bisnis
Well banyak ilmu berharga dari para pakar. Saatnya mengamalkan apa yang sudah mereka ajarkan . Kalau aku memenangkn lomba blog dan mendapatkan hadiah uang tunai hal inilah yang akan aku lakukan.


Kini, setelah mengerti ilmu "Digital Bussiness Your Way" yang di sampaikan di acara My Republic Sapa Blogger beberapa hari lalu, bagaimana?? Mau jadi pegawai saja, atau buruh saja atau mau jadi bos?

Aku jadi teringat kata-kata Bob Sadino
Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, Anda Tetap Seorang Pegawai... Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bos nya

Semoga bermanfaat.



22 comments:

  1. Mau juga jadi pengusaha sukses,siapa tahu ada jalan ya. Insya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah selalu ada jalan untuk siapapun yg berusaha 😃

      Delete
  2. Agar menjadi negara maju, Indonesia masih butuh banyak wirausaha, kata alm Bob Sadino :)

    ReplyDelete
  3. Lebih baik menjadi bos atas diri sendiri. Bisa membuka peluang juga untuk orang lain. Nice Article !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya taraf kebahagian teetunggi seseorang adalah ketika ia bisa merasakan nikmat indah dan bahagianya berbagi 😃

      Delete
  4. Artikelnya bagus mak. Tipsnya bisa dicoba. Sebagai wanita bersize kaki besar, kudukung banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups makasih mak 😃 amin semoga bisa terwujud yaaak

      Delete
  5. sekarang marketnya banyak di online ya, Mak. Selain tidak perlu modal besar, resikonya juga tergolong minim.

    TFS, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu betul.. dunia digital membuka peluang bagi siapa saja yg mau berusaha 😃

      Delete
  6. Waaah internet sekarang semakin mulai banyak pilihan ya untuk digunakan pa saja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mak ayuk manfaatkan internet utk hal hal yg bermanfaat 😃

      Delete
  7. Saya juga maunya jadi bos, mbak. Gak diatur sama orang lain, dan syukur-syukur bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn semoga keinginan kita terwujud yaah mbak 😃

      Delete
  8. tips pertama setuju banget.. dah berapa kali berbisnis, ternyata yang memang laris itu bikin ide bisnis yang unik dan menarik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb ria karena persaingan sangat ketat eaaa kaya apa aja hehheeh jd kita harus unik

      Delete
  9. enaknya emmang jd bos meski skalanya tidak besar..
    btw ulasannya kap lengkap euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa awalnya kecil ntr lama lama kan jd besar hehhehe amiin ayuk jd bos

      Delete
  10. Aamiin.. Aku doain semoga menang ya mbaa :):)
    Setuju bgt ih. Ayo jadi digital entrepreneur :)
    Aku udah daftar freelancer mba. Tapi masih bingung gimana cara cari jobnya..
    Makasih sudah share yaa :)

    ReplyDelete
  11. Peluang sekali bekerja lewat internet, mau juga saya.

    ReplyDelete
  12. pengennya sih jadi bos sendiri, di bisnis sendiri, yang memang kita sukai, jadi ngerjain bisnisnya pake hati :)

    ReplyDelete
  13. Kalau aku, aku jualan layangan, soalnya aku kan anak alay (bukan lebay ya ?) alay itu anak layangan (tapi nggak suka nongkrong di pinggir jalan) pokonya alaayyyy banget...hehehehehe...

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang