Friday, June 10, 2016

Ssstt! Datin Aidijuma Buka Rahasia Sukses Bisnis Hijab di MuFFest 2016

Begitu memasuki area Muslim Fashion Festival (MuFFest) 2016 yang ada di Plaza Selatan Istora Senayan dari tanggal 25-29 Mei, mataku tak bisa lepas menikmati setiap karya-karya para muslim-muslimah yang dipamerkan. Bukan hanya soal pengen membeli dan memborong, tapi yang terpikir adalah bagaimana caranya, bagaimana caranya dan bagaimana caranya mereka bisa berkarya dan melahirkan karya-karya sehebat itu.

Karena jujur saja semua yang ada di MuFFest itu cakep, cantik, bagus, berkelas dan elegan. Tidak hanya itu, bahan-bahan fashion yang dipamerkan juga berkualitas. Bagus, adem dan nyaman dipake. Berbeda jauh dengan yang ada di pusat fashion Tanah Abang.

Memang disana banyak pilihan dan model dengan berbagai harga, tapi tak semua terbuat dari bahan yang nyaman. Di MuFFest, sambil merem ambil satu baju aja (artinya meskipun asal) dapetnya tetep bagus.

Aaaa… masih berfikir bagaimana, bagaimana, dan bagaimana.

Untunglah di MuFFest 2016 tidak hanya pameran dagang, peragaan busana, lokakarya, kompetisi, ajang temu komunitas, trend installation dan Kuliner Halal dari Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPMI) tapi juga berbagai seminar dan talkshow yang menghadirkan para pakar di bidang fashion.


Yups! Pas hari ke-empat aku mendapatkan kesempatan mengikuti talkshow bersama Datin Norjuma binti Habib Mohamed (Founder CEO Bawal Aidijuma) Malaysia's #1 Bawal Scarf. Adapula tiga orang pegiat fashion muslim dan Franka Soeria Co-founder of Alahijab.com satu-satunya platform media sosial global yang didedikasikan untuk modest fashion.

Wow! Kesempatan berharga sekali karena bisa mendengarkan dan bertemu langsung orang-orang sukses termasuk Datin Aidijuma Malaysia's #1 Bawal Scarf ini. Plus diajarin pula tutorial-tutorial Aidijuma Scarf.

Niat Untuk Sesuatu yang Berharga
Apa yang diceritakan Datin, di awal-awal mendirikan Aidijuma, bahwa Datin sempat pesimis saat orang sekitarnya bilang kalau cuma jualan Scarf tidak bisa membuat dirinya kaya. Hmm aku pernah rasain itu omongan orang. Saat dulu kuliah aku kulakan kerudung lalu menjualnya pada teman-teman. Karena mungkin untung dari jualannya sedikit. Maklum dijual ke teman-teman sendiri.


Sejak saat itu, aku mulai jarang ambil dagangan kerudung lagi. Mungkin karena aku terlalu mendengarkan kata orang. Berbeda dengan Datin Aidijuma yang berdiri dari tahun 2012 ini terus ia jalankan dan tidak patah semangat. Karena menurut Datin, sesuatu yang dipakai di kepala itu seharusnya menjadi sesuatu yang paling berharga.

Yups, Scarf menjadi penutup kepala, menjadi penutup aurat untuk kaum muslimah. Sesuatu yang mulia, jadi mengapa diragukan lagi? Selain berbisnis ini juga termasuk dakwah, loh. Semakin banyak scraf yang dijual, semakin banyak yang memakai, maka semakin banyak pahala yang didapatkan. Maka dari itu, niat untuk sesuatu yang berharga inilah kunci dari kekuatannya.

Go Sosial Media Go Internasional
Di saat dunia sudah serba digital ini, bagi Datin sosial media memiliki peran yang sangat penting. Untuk memperkenalkan produk Bawal Scraf Aidijuma ke kancah dunia yang lebih luas. Karena sekarang setiap orang sudah menggunakan smartphone.

Aidijuma memiliki akun Twitter di @BawalAidijuma, akun Instagram di @Aidijuma dan website di www.aidijuma.com. Sosial media juga berfungsi untuk membranding usaha Bawal Scarf Aidijuma. Dan setelah memiliki akun sosial media, jangan lepas begitu saja tapi juga harus rajin update. Itu kunci promosi yang dilakukan Datin untuk Aidijuma.

Foto Produk
Datin juga kasih tips supaya semakin banyak yang tertarik dan membeli Bawal Scraf Aidijuma. Yaitu dengan membuat foto produk semenarik mungkin. Seperti pepatah, “dari mata turun ke hati” eaa :). Dengan foto produk yang bagus, orang yang melihat bisa tertarik lalu membeli.

Menurut Franka Soeria yang juga seorang International Relations and deputy of PR of Indonesian Fashion Chamber (gerakan fashion terbesar di Asia) juga mengatakan langkah yang diambil Datin sangatlah tepat dengan memanfaatkan sosial media dan foto menarik akan membawanya lebih dikenal di kancah internasional.
 
Maka tak heran di Instagram Aidijuma banyak sekali foto produknya, konsumen bisa melihat-lihat sepuasnya lalu memutuskan untuk membelinya. Maka tak heran, berkat memaksimalkan sosial media dan membuat foto produk yang menarik, Aidijuma store sudah tersebar di beberapa negara seperti Singapore, Brunei, Malaysia, Turki dan kabarnya akan merambah ke Indonesia. Waaah jadi gak sabaran.
 

Berjualan Bisnis Harus Benar
Datin juga memiliki prinsip yang kuat. Karena niat mulianya menjual sesuatu yang menutup aurat dan letaknya di kepala, tempat tertinggi dan mulia manusia. Datin pun memegang prinsip berjualan harus jujur dan benar.

Foto-foto menarik yang dibuat Aidijuma, bukanlah hanya menarik di foto lalu kenyataannya jelek, tidak.

Bawal Scraf Aidijuma, benar-benar terbuat dari bahan berkualitas. Tidak lepek dan memiliki ciri khas motif print berkualitas tinggi. Bahkan Datin sampai rela berburu mesin print yang bagus ke negara Turki demi kualitas cetakan yang bagus pada Bawal Scarf-nya.

Aidijuma Banyak Gaya Dalam Satu Scarf dan Pas di Segala Suasana
Satu lagi ciri khas Bawal Scraf Aidijuma adalah multifungsi. Jadi, Datin selalu berusaha menciptakan dalam satu buah scarf terdapat dua motif cetakan bolak-balik. Sehingga pengguna bisa memakainya tanpa takut terbalik dari berbagai sisi, berbagai gaya dan di berbagai suasana.

Desain motif dan hasil cetakan yang tidak mudah luntur. Warna-warna yang dikeluarkan oleh Datin juga biasanya warna-warna aman sehingga apapun busana yang kita kenakan pastilah sesuai.

Datin Norjuma berusaha juga membuat desain dari ukuran sedang sampai dengan ukuran besar, tentunya dengan desain yang khas. Beberapa ukuran Scarf Datin Norjuma yakni tudung bidang 50, 60, dan bidang 45.

Dengan warna yang aman dan motif scraf yang tidak lepek, membuat Bawal Scarf Aidijuma ini cocok dikenakan untuk siapapun. Baik yang berwajah tirus maupun cubby. Asik aku girang banget. Secara wajahku cubby tak tertolong.

Oh ya, di talkshow ini juga ada yang bertanya, Apakah Aidijuma juga menciptakan instan scraf? Lalu Datin menjawab, “insya Allah coming soon”. Asiiik..

Yeay! Dapat Bawal Scarf Aidijuma!

Tidak hanya sharing bagaimana rahasia kesuksesan bisnis Scarf, Datin juga memberikan tutorial hijab. Wah ini pasti pada seneng liatnya. Dan di akhir acara, Datin memberikan godie bag kepada seluruh pengunjung yang hadir, ada tiga buah Scarf Aidijuma yang dibagikan cuma-cuma. Hore!

Begitu sampai rumah, aku langsung membuktikan kemultifungsian Bawal Scarf Aidijuma. Tada! Ini Vlog tutorial menggunakan Bawal Scraf Aidijuma ala-ala aku. Keep watching, yah…



Well Finally, kalau kita ingin sukses menjalankan bisnis apapun harus kuatkan terlebih dahulu niatnya, fokus, jujur dan bisnis itu haruslah benar. Agar produk kita lebih mendunia, gunakan se-maksimal mungkin sosial media dengan foto yang menarik.

Tidak cukup hanya sampai di situ, agar apa yang kita lakukan berkah, ada baiknya apa yang kita produksi bisa bermanfaat semaksimal mungkin. Seperti Bawal Scraf yang tidak hanya fashionable tapi juga multi fungsi. Satu Scraf bisa digunakan dengan berbagai motif gaya dan suasana.

Semoga, rahasia yang diberikan oleh Datin kepada kita yang datang jauh-jauh datang dari Malaysia, dapat memberikan manfaat buat kamu dan aku. Semoga juga tutorial bagaimana menggunakan Bawal Scraf yang sudah aku buktikan multimotif ini bisa menginspirasi gaya Ramadhan dan Lebaran kamu. Akhirnya saya Farichatul Jannah, salam blogger.

31 comments:

  1. niat dan fokus ya mbak kuncinya. aku juga beberapa kali buat usaha tapi belum berhasil karena kurang fokus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb kadang cobaan terbesar adalah gak fokus... Okelah setelah ini mari kita foku :D

      Delete
  2. Mba Datin ini selain cantik, juga mau ya berbagi ilmu bisnis. Beruntung sekali bisa hadir di acara ini.

    Mba Icha jadi terlihat beda loh, cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah beruntung banget.. Semoga kita ketularan baiknya cantiknya dan ilmunya ya ceu hehehhe...

      Hahhaha itu karena pake bawal scraf aja jd beda hehehe

      Delete
  3. Asyik tuh video tuturial hijabnya. Mantab! ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheehe jd maluuuuu ala ala saya sendiri :D free style hehehe

      Delete
  4. Eh..ada bideo tutorialnya. Lenglap share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa meski gak sempurna, sapa tau ada yg terinspirasi make bawal scraf ala ala saya gt hehehe

      Delete
  5. Andaikan..andaikan bisa seperti Datin yg tetap teguh menjalankan bisnis dan ga patah semangat. Inspiratif ya mba sesi sharing lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semoga kita bs seteguh Datin dalam menjalankan bisnis . amiiiiinnn :)

      Delete
  6. asyik ya bisa ketemu langsung dan mendapatkan ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. He emmm oya kabarnya Datin mo datang ke Indonesia lagi loh :D

      Delete
  7. Replies
    1. Yupsss bettul betulll betulll (ala ipin upin)

      Delete
  8. Replies
    1. Haiyaaaakkk betulll yang unyu kayal aku jd lebih unyu wk wk wk kwkkwkwk :D

      Delete
  9. Mbak icha keren banget itu videonya hasil pakai jilbabnya juga syantiiikkk aku sukaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mb tuty... keluarkan gaya mu eaaaaa....

      Delete
  10. Cantik bangt jilbab barunya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih hadiah dari Datin Norjuma dari Malaysia hehehe

      Delete
  11. Wah, inspiratif banget kata-katanya dari Mbak Datin dan bermanfaaat tutorial hijabnya mbak Cha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupsssss..... seneng banget bs ketemu Datin :D

      Delete
  12. Muantappp mbak video turorialnya kaya sepak bola banget banyak sekali free stylenya keren mbak bisa saya kasih tahu deh ke tetangga saya supaya lebih rapih lagi dalam memasang kerudugnnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kaya sepakbola... heheh makasi kang... iya saya juga suka kasih tau orang yang jilbabnya acak acakan supaya dirapiin hehehe semoga bermanfaat

      Delete
  13. untuk berwirausaha tantangannya banyak, ya. Salah satunya harus kuat dengar omongan orang.

    Scarfnya lucu, deh :)

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang