Sunday, July 24, 2016

Ternyata Begini Cara Diet Yang Benar dan Komprehensif bersama LightHOUSE


Aku yang dulu dan sekarang berbeda jauh. Dulu mau foto gaya apapun pakai baju apapun pede aja. Tapi kalau sekarang selalu berfikir untuk pake baju yang warnanya bisa kelabuhin bentuk tubuh yang montok ini. Begitu pula saat foto selalu bergaya foto apapun asal bisa keliatan kurus kwkwkwkw.
Jujur saja, aku makan biasa saja lho, gak banyak-banyak amat. Bahkan hanya sehari dua kali seringnya. Tapi kenapaaaaaaaaaaaaaaaa kian hari makin nambah aja berat badan.  Dan setelah sekian lama memendam pertanyaan ini, akhirnya ku temukan jawabannya ketika menghadiri dan meliput acara Healthy Talkshow Liputan 6 bersama lightHOUSE Indonesia.

Hiaaaaaaaaaaaaaaaaa!! Benar.

Dr. Grace Yulio Kasih Tau Kenapa Berat Badan Mudah Naik
Yups! di acara Healthy Talkshow Liputan 6 bersama lightHOUSE Indonesia, dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt. Founder LightHOUSE Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014 dan telah menangani lebih dari 26.000 pasien dengan masalah masalah kelebihan lemak dan nafsu makan tak terkontrol, beliau kasih lihat kita bahwa kenapa berat badan mudah naik dan sulit turun.





Gaya Hidup
Gaya hidup orang masa kini semakin dipermudah. Seperti, yang biasanya jalan kaki keliling tanah abang, jalan kaki keliling mall buat belanja sekarang bisa diam saja di rumah pegang hape belanja online lalu belanjaan sampe rumah. Biasanya harus jalan ke ATM buat transfer uang kini bisa langsung melalui internet banking. Mudah sekali bukan. 

Banyak trend yang membuat kita lebih sedikit bergerak. Dari sisi efiensi kerja memang sangat bisa kita rasakan manfaatnya. Namun jika tidak bisa menyeimbangkan maka yang terjadi adalah berat badan semain bertambah karena kurang bergerak.

Banyak Makanan Gratis
Saat ada makanan gratis entah dalam acara pernikahan atau acara makan bersama dan lain sebagainya, kadang membuat kita aji mumpung. Mumpung gratis makan aja sesukanya. Mumpung gratis di icipin aja semuanya. 

Belum lagi kalau lagi kumpul bareng. Gak seru banget kumpul ama temen kalau gak sambil nyemil atau makan. Pasti deh camilannya ya yang begitu deh enak-enak menggiurkan dan asyik di makan bareng. Seperti martabak manis yang selalu laris manis, Empek-empek yang seger banget dan yang paling gak boleh ketinggalan biasanya adalah gorengan!

Dan tanpa kita sadari berapakah kalori yang ada dalam makanan-makanan tersebut??


Dr. Grace juga nunjukin ke kita bahwa 4 sendok makan minyak goreng itu nilainya sama dengan semangkuk nasi putih. Buset! padahal kalau kita menggoreng tempe-tahu dan lain-lain mana mungkin dan mana bisa hanya dengan 4 sendok saja?? Sedangkan dalam sehari entah berapa gorengan kita lahap. Sama! aku juga baru tau hahahaha ngeri yah.

Tidak hanya itu saja. Banyak makanan-makan kecil yang ternyata kalorinya besar. Seperti Mie Instan.Ternyata satu mie instan itu kalorinya nilainya sama dengan 8x potong daging panggang. Ada juga makanan yang banyak di sukai seperti ayam goreng tepung satu potong sayap ayam goreng tepung nilainya sama dengan 10x potong daging panggang.
Padahal rata-rata orang hanya membutuhkan 1500-1800 kalori setiap hari. Tapi lihat camilan makanan diatas rata-rata jika di total lebih dari itu. Kelebihan kalori ini akan disimpan menjadi lemak dan menimbulkan banyak masalah di tubuh, terutama penyakit jantung dan pembuluh darah
Trus... Solusinya Bagaimana?
Nah, Dr. Grace memperkenalkan solusi yang sangat tidak biasa hasil pengamatan dan penelitian beliau bertahun-tahun atas masalah yang banyak dialami masyarakat dimana mereka diet mati-matian tapi akhirnya balik lagi. Diet harus benar-benar di sesuaikan kebutuhan tubuh. Diet juga harus tepat karena tubuh lebih suka nabung karbo dari pada megeluarkan.

LightHouse membantu siapa saja yang ingin mendapat tubuh ideal. Dengan pengawasan ahli gizi, psikiater, dan psikolog. Lengkap! Dengan program-program penurunan berat badan di LightHouse yang sangat modern dan lengkan serta aman maka siapa saja akan merasa nyaman. Beberapa program di LightHouse diantara lain adalah

Program LightWEIGHT
Program penurunan berat badan yang ini ada 12x pertemuan selama 12 minggu. Program ini di rancang khusus oleg dr. Grace yang menerapkan comprehensive treatment dengan panduan dari psikolog, ahli gizi, dokter dan spesialistgizi, spesialis olahraga dan psikiater.

Program inovatif ini dilengkapi dengan eating behaviour therapy dengan teknologi terbaru seperti edugames dan simulasi virtual untuk  peningkatan kontrol diri. Banyak program Ultimate terbaru termasuk Diet dengan DNA.

Adapula Paket lightWEIGHT Ultimate ada dua, yaitu MESO Ultimate yang terdiri dari 16 kali terapi (6x Meso, 2x Injex, 4x Meta Booster, 4x Lymphatic Drainage) dan META Ultimate yang menyediakan 18 kali terapi (10x Injex, 4x Meta Booster, 4x Lymphatic Drainage).

Ada pula paket lightWEIGHT Booster yang juga terdiri dari dua pilihan: MESO Booster dengan 13 kali terapi yaitu 7x  Meso, 2x Injex, 2x Meta Booster, dan 2x Lymphatic Drainage, dan paket META Booster dengan 13 terapi juga tapi dengan komposisi berbeda, yaitu 9x Injex, 2x Meta Booster, dan 2x Lymphatic Drainage.

Aduh...... apaan itu gak paham, fungsinya buat apa aja sih.... Selow gaes, sini aku jelasin. Jadi......

Tes DNA
Di kesempatan acara kemarin dr. Grace juga sempat paparkan tentang Layanan tes DNA ini gaes, fungsinya untuk mengecek adakah mutasi gen dalam tubuh seseorang yang membuatnya cepat gemuk atau sulit langsing. Jadi di teliti dulu tubuh seseorang itu butuhnya diet yang seperti apa? Tes ini dapat mengecek diet yang cocok apakah yang rendah karbo, rendah lemak atau rendah kalori.


Dari tes DNA ini kita juga bisa tau apakah hespons tubuh terhadap makanan tergolong normal atau susah kenyang. Gak hanya itu dengan tes DNA kita bisa tau, sistem penyimpanan lemak tubuh termasuk normal atau lebih gampang menimbun lemak. Dan yang paling penting kita bisa tau penyerapan lemak tubuh terhitung normal atau lebih gampang menyerap lemak, serta dari tes DNA kita bisa tau bagaimana tendensi kenaikan berat badan, apakah normal atau lebih gampang naik berat.

Meta Booster
Meta Booster itu fungsinya dapat mempercepat pembakarankaran makanan menjadi energi. Nah bentuknya Meta Booster itu adalah suntikan dengan Vitamin B12 dan ATP. Bila kedua zat ini disuntikkan langsung atau lewat injex bisa sangat-sangat nyeri. Maka lightHOUSE menggunakan pain hacker untuk mengacaukan sinyal syaraf sehingga syaraf itu jadi bingung akhirnya tidak merasakan nyeri.

Injex dan mesoterapi merupakan terapi penunjang yang telah lama digunakan dan menjadi andalan di klinik lightHOUSE Indonesia. Terapi penunjang terbaru , Meta Booster, dapat membuat terapi injex dan mesoterapi lebih efektif membakar lemak.

Lympathic Drainage
Salah satu cara menjaga kelancaran pembuluh limfatik adalah dengan terapi Lympathic Drainage. Terapi ini berfungsi membebaskan aliran lemak dalam pembuluh limfatik sehingga lemak bisa ditrasfer dan proses pembakarannya jadi lebih cepat. Karena ternyata pembuluh limfatik memiliki peran penting dalam proses metabolisme lemak. Pembuluh limfatik yang tersumbat membuat lemak tersumbat, tidak bisa mengalir ke atas untuk kemudian dibakar.


Program LightMEAL
Karena LightHOUSE merupakan klinik yang bergerak dalam peurunan berat badan yang menggunakan metode yang menyeluruh dan inovatif, maka tak heran jika LightHOUSE juga memiliki Program LightMEAL.


LightMEAL merupakan rangkaian makanan dan minuman dengan kalori terkontrol dan praktis. 

Dalam acara Healthy Talkshow Liputan 6 bersama lightHOUSE Indonesia beberapa waktu lalu dr. Grace juga menjelaskan bahwa kelebihan kalori harus disiasati denga pilih makanan yg volume besar tapi kalori kecil. Karena harus seimbang antara calories dan physical acivity jangan sampai kalori lebih tapi sedikit aktivity agar lemak tidak berlebih.



Nah di LightHOUSE ini program LightMEAL menyedikan beraga, variasi menu makanan dengan kalori terkontrol an diawasi ahli gizi. Mulai dari susu, camilan, makanan pelengkap seperti sambal dan bumbu jadi. Ada pula produk andalan aneka makanan beku.

Di LightHouse sangat komplit selain berbagai program penurunan badan yang selalu di dampingi ahlinya, kita juga diajarin bagaimana berhadapan dengan situasi makanan banyak, bagaimana memilih makanan di luar dan memilih makanan rendah kalori di supermarket.





Corporate Program


Tadaaaa.....!!! ini dia yang paling seru. Mungkin kita butuh metal yang super tebal ya saat menjalankan diet tapi tetep pengen kumpul sama teman saat makan siang atau pas lagi kumpul-kumpul. Nah, LightHOUSE punya program diet untuk bareng-bareng temen sekantor. Kebayang kan bagaimana serunya kalau diet bareng teman sekantor? 



Program corporate LightHOUSE ini sangat membantu perusahaan dalam mengurangi tingkat kelebihan berat badan pegawainya sehingga bisa lebih produktif dalam bekerja.

Program LightKIDS, LightTEEN dan LightMOM LightKIDS
Oya masih ingat beberapa waktu yang lalu kita dihebohkan dengan berita Arya, bocah obesitas asal Karawang, Jawa Barat. Arya Permana (10) yang memiliki berat badan yang menghebohkan karena mencapai 190 Kg. Berat badan ini mengganggu geraknya hingga arya kesulitan bergerak, bahkan tidak bisa bersekolah.


Menurut dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt dalam pressrilisnya menyebutkan bahwa penyebab obesitas pada arya ada dua hal yaitu: lifestyle dan genetik. Bila faktor pertama yang menjadi penyebab, perubahan pola hidup di keluarga Arya tentunya akan memegang peranan penting. 



Sedangkan anak tidak bisa untuk diajak berdiet. Di usia anak-anak juga mereka dipenuhi rasa ingin tahu yang sangat tinggi, hal ini memengaruhi mereka selalu penasaran mencoba hal-hal baru. Disinilah peran orang tua sangat diperlukan. 

Di Klinik LightHOUSE menyediakan program untuk mengedukasi orang tua tentang bagaimana cara mengajarkan anak agar dapat membedakan lapar perut dan mata. Ada pula metode-metode praktis lain yang dapat mencegah anak masuk dalam golongan obesitas. Pastikan anak-anak mendapatkan edukasi yang tepat demi mencegah kasus seperti Arya nanti.  
 



LightKIDS merupakan program yang ditujukan untuk anak-anak yang berumur 7-12 tahun dengan patokan berat dan tinggi badan pada zona merah grafik tumbuh kembang anak. Masalah yang dialami anak-anak pada umumnya berbeda dari dewasa. Program ini disesuaikan dengan kemampuan anak untuk menyerap pesan, sehingga perubahan perilaku menjadi lebih efektif.


Light Teen merupakan program yang ditujukan untuk anak-anak yang berusia 13-16 tahun dengan patokan BMI 27,5 atau dari grafik tumbuh kembang pada zona merah. Umumnya masa remaja adalah masa dimana citra diri menjadi problem sensitif. Selain perubahan pola pikir dan tingkah laku, remaja juga dibimbing untuk lebih percaya diri dan menghargai tubuhnya.

Proram LightTEEN dan LightKIDS ini didesain khusus untuk anak dan remaja oleh Dr.Grace Judio-Kahl, MSc, MH,CHt yang telah berpengalaman menangani banyak kasus obesitas. Program ini mengajarkan anak Anda untuk melakukan pola hidup sehat, mengenal makanan, bergerak lebih aktif dan mengenal tubuhnya sendiri. 

Selain itu, orangtua dan pengasuh akan mendaparkan edukasi tentang penanganan anak di rumah.Didukung oleh dokter, ahli gizi, guru dan trainer fisik yang berpengalaman, program ini sangat menyenangkan untuk anak Anda, sehingga sangat efektif untuk membuat anak Anda terhindar dari kegemukan. 

Jadwal program dapat disesuaikan dengan kesibukan anak-anak, dari Selasa sampai Sabtu. Kelas terbatas untuk tiap angkatan, maksimal 10 anak. Jadi lebih efektif.


LightMom


Biasanya nih mama mama muda yang sedang hamil selalu menghawatirkan berat badannya. LightHOUSE punya solusinya. Karena memang kesehatan berawal dari keluarga ya dan Ibu atau MOM adalah sosok paling penting.

Nah LightMom merupakan program yang di rancang khusus untuk ibu hamil (dari usia kandungan 1-7 bulan) & menyusui (1-9 bulan). Selain sebagai program untuk menurunkan Berat Badan , penanganan melibatkan perawatan menyeluruh , mulai dari makan dan perencanaannya, olah fisik dan pola hidup. 

Dengan mengikuti program ini hamil lebih nikmat nyaman anak dan mama sehat.



Belajar Self Kontrol bersama psychologist dr. Tara de Thouars, B.A, M.Psi
Setelah kita tau solusinya menurunkan berat badan dengan berbagai pilihan prom dari LightHOUSE kita juga perlu belajar kontrol diri. 

Untuk apa?? Yups karena kontrol diri merupakan faktor penentu sukses tidaknya berdiet. Orang sudah tahu bagaimana cara menurunkan berat badan, tapi kontrol diri yang lemah membuat sullit untuk menerapkannya sehingga dibutuhkan mentoring. Maka diperlukan bimbingan psikolog dalam program penurunan berat badan.  

Apa yang diajarkan dr. Tara sangat menempel di hati dan pikiran aku. Yups karena kontrol diri sebnarnya mudah, hanya saja terkadang kita tidak mendengarkan suara tubuh kita sesungguhnya. Bagaimana cara kontrol diri ala dr. Tara

Pertama: Dengarkan "suara" tubuh. Seringkali kita saat di sebuah acara di hidangkan berbagai mnu makanan, padahal dari rumah sudah sarapan. Karena tidak mendengarkan suara tubuh maka di embat saja tu semua hidangan.

Caranya, fokuskan pada perut saat ada godaan makanan. dr. Tara sejenak mengajak kita bagaimana mendengarkan suara tubuh kita dengan memejamkan mata. Rasakan mata kita, pipi kita, bibir kita, turun ke tenggorokan. Turun ke dada rasakan detak jantung kita. Lalu turun ke perut. Rasakan apakah kita benar-benar lapar dan butuh makan??? Jika tidak, maka tidak perlu makan.


Kedua: Breathing-relaxation. dr. Tara juga mengajarkan kita tentang Breating-relaxation

Breathing control adalah suatu teknik bernafas dengan menggunakan paru sisi bawah dan menghindari atau meminimalkan penggunaan otot-otot bantu nafas sehingga diperoleh suatu kondisi yang santai.




dr.Tara memberi instruksi kita agar mencari posisi santai dan nyaman, boleh duduk2. lakukanlah tarik napas-buang napas selama 2-3 menit.. Kita bernafas biasa dan santai. dr.Tara memberi intruksi kepada kita secara halus dan bersuara rendah.

Hasilnya kerasa banget.

Ketiga: Hindari reaction : dr.Tara juga mengajarkan pada kita apakah kita sudah perlu makan? Singkatnya, janganlah jadi orang yang reaktif. 

Keempat: Alihkan pikiran. Kalo kita termasuk orang yang tidak bisa menolak, alihkan atau hindarkan saja. Misalkan nih lagi di suatu acara atau tempat ditawarin berbagai menu makanan yang banyak kalori jika ada pilihan buah ata yang paling rendah kalorinya pilih yang itu saja. Karena kalau nolak kan gak enak ya.




Mengenal Bahaya Gaya Hidup Sedentari bersama dr. Sophia Hage, SpKO 


 

dr. Sophia Hage, SpKO  Dokter spesialis gizi di klinik lightHOUSE juga pada acara Healty talkshow ini berbagi dengan kita tentang gaya hidup Sedentari.


Apa itu Sedentary?? Sedentary merupakan gaya hidup dimana seseorang kurang dalam aktivitas fisik. Ya bahasa gampangnya kurang gerak. Sekilas gaya hidup ini emang nyaman dan enak, namun tahukah kita kalau gaya hidup sedentari bisa memicu berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan bahkan mungkin bisa menyebabkan kematian.




Nah,olah raga saja tidak cukup jika keseharian kita bergaya hidup sedentari. Caranya bagaimana? dr. Sopia memberikan tipsnya bergaya hidup aktif.

Pertama: Kurangi waktu inaktif, seperti duduk dpn layar tiduran sambil nonton tv, tiduran sambil nyemil.

Kedua: Biasakan berjalan kaki. Ke kantor, makan siang jalan kaki.
Ketiga: Kurangi frekuensi sedentari dengan bangkit 5 menit setelah 1-2 jam duduk

Lalu apa saja dampak perilaku Sedentary? Dampaknya adalah munculnya penyakit seperti Obesitas, diabetes, Penyakit Kardiovaskuler, Sindroma Metabolik dan lain lain.


Setelah mengikuti Healthy Talkshow bersama LighHOUSE Indonesia bersama dr. Grare, dr. Tara dan dr. Sopia akupun sadar apa yang membuat aku semakin cubby ini. Yak! dulu saat SMP-SMA-Kuliah (sampai semester 4) aku selalu berangkat dan pulang serta kemanapun jalan kaki. Meskipun makan 3 kali sehari tapi apa yang aku makan semuanya baik dan seimbang. Kegiatan aku juga sangat padat sehingga waktu untuk duduk menonton tv sambil ngemil, atau duduk ngobrol sambil ngemil sangat sedikit. Sehingga apa yang aku makan dan tenaga yang aku keluarkan seimbang.
 
Tapi semenjak memasuki semester akhir kuliah hingga kini, gaya hidup berubah. Mulai dari siaran yang lebih banyak duduk 3-5 jam setiap hari ditambah aktivitas menulis di depan laptop dan makanan-makanan cepat saji yang sering aku makan.

Setelah tau bagaimana cara diet yang benar dan kompreherensif yuk gak sah ragu untuk pergi ke LightHOUSE Indonesia. Di Indonesia sendiri LightHOUSE sudah punya banyak cabang diantaranya adalah


Okelah kesimpulannya, benar dari pada habis-habiskan uang buat beli obat diet, bayar ini itu yang gak jelas. Lebih baik ke LightHouse Indonesia saja. Program diet disesuaikan kebutuhan tubuh masing-masing seseorang. Mulai dari makan, kebiasaan, sikap , psikologi kita dan olahraga semua didampingi oleh para pakar dan dokter ahlinya. 

Senang sekali mendapatkan wawasan dan jawaban atas semua masalah yang banyak kita alami. Sebelum berpisah kita foto bareng dulu 



Terimakasih LightHOUSE Indonesia, terimakasih liputan6 semoga dengan ini akan banyak orang yang lebih memperhatikan keshatan bukan sekedar menurunkan berat badan tapi juga kesehatan badan dan jiwa kita. amin.







18 comments:

  1. Duh. Semenjak jd blogger goodie bag daku sering banget makan gratisan dan kdg gak terkontrol banyaknya. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu diaaaa...... mari yoks kita tobat di LightHOUSE Indonesia hehehhe

      Delete
  2. Saat hamil aku makan terus, Mba, terus sampai masa asi. Sekarang dah lepas masa asi eh tetep aja makan terus. Ampun dah. Emang harus mampir ke lighthouse kali yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb kalau di LightHOUSE enaknya semua di dampingi dan diawasu sama ahlinya makan juga ttp enak meskipun rendah kalori 😃

      Delete
  3. Wahh keren ya. lighthouse ada program untuk anak2 dan remaja juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mb oline krn skrg kan juga banyak anak dan remaja yg punya gangguan berat badan, contoh nyatanya kasus arya itu mb.... dan lightHOUSE juga turut memperhatikan juga tuh

      Delete
  4. nah itu *nengokperutsendiri
    oow sedentary yah namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whwhwhhw sama aku juga sedentari banget pacaran mulu ama laptop hehehhe

      Delete
  5. Kembalikan mbak Icha seperti dulu :p

    Baru tahu lighthouse hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahhaha iyaaaa ayoook anter akoh ke lightHOUSE... asik tauuuuu 😂

      Delete
  6. Foto paling atas, beda banget ya mbak :)
    Yuk semangat diet sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhee iya beda banget ya pak hehhee mareeeee semangkaaaaaaa ke lightHOUSE

      Delete
  7. Kujadi penasaran dengan program ini. Kepengen bisa langsing soalnya. Hihi...coba ah cek ke webnya, kali aja cocok deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk hayukkkk..... pasti cocok karena penurunan berat badan di lightHOUSE disesuaikan dg kebutuhan tubuh pasien kok jd dont worry.... ntr di cek dulu cocoknya gimana baru deh ambil tindakan 😃

      Delete
  8. nice sharing, makasih infonya yaaa

    ReplyDelete
  9. nice sharing, makasih infonya yaaa

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang