Sunday, September 4, 2016

Serunya Ngerumpiin Masa Depan Anak Dengan JS Prestasi


Entah mengapa aku paling senang kalau hangout bareng emak-emak blogger yang super duper rempong tapi seksi abez. Gimana gak seksi coba, dandan cantik ngumpul bawa anak sambil ngemong dan melakukan banyak hal bersama. Sukkak banget, karena bakal bisa makan sambil ngerumpi abis-abisan, curhat-curhat bareng and feel free to it. Kapan lagi cobaa.....

Seperti 27 Agustus 2016 lalu di Hongkong Cafe Jakarta, di Cafe yang hommy banget, kita emak-emak blogger kumpul lagi, ngerumpi lagi. Begitu masuk, naik tangga ke lantai dua langsung disambut cantik oleh Mak Icoel dengan ciuman mesranya. Habis itu histeris deh ketemu emak-emak yang lain. Capcus... makan siang habis itu ngerumpi langsung. Eits... Tapi jangan salah lho ya, rumpian emak-emak blogger ini bukan soal tetangga yang rese, atau menceritakan kejelekan orang lain. 

Topik rumpian emak-emak blogger kali ini tentang Persiapan Pendidikan Anak Menghadapi Persaingan Global. Secara ya, sekarang aja banyak yang mengeluhkan nyari kerja susah, biaya sekolah anak mahal minta ampun. So, kita jangan sampai salah melangkah menyiapkan masa depan anak.


Seperti curhatan Mak Pon Mira Sahid, yang sempat galau ngikutin kemauan anaknya. Niat hati ingin mendukung sepenuhnya minat bakat anak. Tapi ternyata sang anak kali ini suka ballet minta les ballet, diikutin. Setelah itu berubah minta les yang lain dan ganti lagi lagi dan lagi. 

Nah, loh! Kalau biayanya murah gak masalah, lha ini biayanya mahal sudah menguras keringat ternyata gak serius, hemmmm dibilang rugi sih enggak, tapi rasanya sayang banget. Terus.... gimana dong.

Curhat dengan Psikolog Elizabeth T. Santosa
Untungnya hadir bersama kita seorang Psikolog yang cantik Elizabeth T. Santosa. Wuaaaaa... kesempatan banget buat curcol. Sip! kita tanyalah gimana dong ini melihat mengarahkan anak supaya tau apa sebenarnya yang disukai apa cita-citanya sehingga bisa diseriusin sejak dini. 
Psikolog Elizabet T. Sansosa kasih tau, bagaimana cara mendukung cita-cita anak. Ternyata bukan dengan menuruti semua keinginannya. Tapi ada tiga cara yang bisa orang tua lakukan untuk mendukung cita-cita anak.

Pertama: Mengidentifikasi atau Cari Tau Potensi Anak
Duh, emak-emak banget deh ya curhatan kali ini”, kata Elisabets dan beliau sangat senang bisa mendengarkan rumpian curatan emak-emak ini. Yups gimana dong caranya tau, apa sih sebenarnya yang disukai dan minat anak sebenarnya?

Jadi, anak yang suka saja itu tidak bisa. Karena kalau hanya suka, nanti kalau sudah gak suka atau ada yang baru dia akan tinggalkan. Seperti apa yang tadi di curhatin Mak Mira. Anaknya suka balet eh beberapa bulan kemudian ganti suka musik ganti lagi. 

So, harus bagaimana??

Cari bakatnya apa. Kalau sudah ketemu bakatnya apa, di asah terus. Suka saja tanpa bakat akan lebih susah. Tapi kalau sudah ada bakat dan diasah maka akan lebih mudah dan ringan. 

Kenal Agnes Monica kan?? Kenapa dia terus bersinar dan tak pernah redup? Karena dia fokus pada bakatnya. Dari kecil dia menyanyi terus berlatih, remaja menyanyi hingga meraih berbagai penghargaan nasional maupun internasional, sampai kini karyanya terus muncul. 

Beda dengan penyanyi yang sekali muncul lalu tenggelam lagi. Karena mereka hanya suka sekali ikut trend lalu lelah menyanyi ganti profesi lain. 

So, kita emak-emak harus tau apa bakat dan kecerdasan anak kita. Nah kecerdasan anak itu ada delapan macam dan punya bakat yang manakah anak kita?

Kecerdasan Linguistik
Ciri-cirinya biasanya anak pinter ngomong, suka mendengarkan, pintar berdiskusi. Rata-rata yang punya kecerdasan ini adalah penulis, wartawan, penyiar presenter, guru, dan pengacara.

Nah, kalau anak punya ciri kecerdasan linguistik ini, kita emak-emak, bapaknya orang tuanya bisa melatih anak dengan mengajaknya sering membaca, menulis, memperkaya kosa kata, mendengarkan lalu bercerita kembali. 

Tapi faktanya ya, kita emak-emak yang gak tau gak paham, suka ngerasa gemes gitu ya kalau anak suka tanya itu gak berujung hehehe padahal itu salah satu ciri kecerdasannya loh mak. Mulai sekarang yuk mari kenali apakah anak kita punya bakat ini?? 

Kecerdasan Logis Matematis
Nah ini biasanya anaknya pinter matematika dan paham pola. Pinter ngitung, bikin laporan keuangan, menyusun anggaran. Kerjanya biasanya jadi ilmuwan, ahli matematika, fisika, psikolog, dan akuntan.


Dari kecil kita bisa cari tau apakah anak kita pintar menghitung, atau suka sekali menganalisis, menyelesaikan masalahnya sendiri meski rumit. Biasanya kan ada tuh anak-anak umur satu tahun baru bisa jalan yang suka kekeh pengen nyopot bajunya sendiri, Lucu ya tapi kenali itu salah satu tanda.

Ada juga anak yang kaya detektf conan sukanya main mainan yang memerlukan problem solving. Gak papa terus aja diasah kemampuan-kemampuannya itu.

Anak-anak dengan kecerdasan seperti ini bisa dilatih dengan cara memberinya permainan yang memancing dia untuk menghitung, menganalisis sesuatu, serta permainan yang memancingnya untuk menyelesaikan sebuah masalah. 

Kecerdasan Spasial

Pinter merasakan dan membayangkan 3 Dimensi secara akurat. Suka gambar, motret, bikin film, atau ilustrasi apapun. Biasanya kerjaannya adalah seniman, arsitek, sutradara dan fotografer.

Anak-anak dengan kecerdasan spasial ini bisa dilatih dengan permainan lego, Play-dough, atau permainan-permainan yang memerlukan imaginasi. Anak-anak biasanya suka bermain akting-aktingan. Entah mereka sedang berada di sebuah situasi seperti di rumah sakit, ada yang berperan dokter, pasien dan pasti salah satu dari mereka ada yang memimpin alur ceritanya nanti jadi begini harus begini.

Jangan sepelekan siapa tau anak ini nanti gedenya jadi sutradara atau seniman. Terus latih bakat anak-anak dengan permainan-permainan yang mendukung.

Kecerdasan Musikal
Pinter bikin lagu, irama, suka nyanyi, suka musik. Biasanya ini adalah orang-orang yang profesinya kemudian jadi komposer penyanyi pencipta lagu pemain musik.

So, coba mak, dari sekarang kenali, apakah anak suka dan begitu cepat saat belajar menyanyi atau menerima pelajaran musik. Atau bahkan dia pintar menyanti, bermain musik dan mendengarkan suara-suara.

Nah, kalau iya, terus latih anak dengan mengajaknya bernyanyi, mendengarkan dan mengenalkan berbagai jenis musik. Biasanya anak yang suka menyanyi dia tak perlu lama menghafal, mendengar berapa kali sudah hafal. 

Kecerdasan Kinestetik
Pinter punya kemampuan motorik gerak yang bagus. Dia suka lari, banyak polahnya gak bisa diam. Anak yang punya kemampuan mengekpresikan ide dengan gerak tubuhnya. Biasanya anak-anak seperti itu yang punya kecerdasan kinestetik.

Anak-anak dengan kecerdasan ini biasanya jadi olahragawan, penari, koreografer, aktor dokter bedah.

Nah, bagaimana melatih supaya anak yag memiliki kecengderungan kecerdasan kinestetik atau jasmani ini bisa dikembangkan. Emak, bunda Ayah dan para orang tua bisa melatihnya dengan olahraga, atau bahkan mengikutkan group olahraga. Group body languange seperti dance dan theater.


Kecerdasan Interpersonal 
Biasanya anak dengan kecerdasan interpersenonal punya rasa empati yang tinggi. Dia  bisa memersepsi dan bisa membedakan dan membaca suasana hati. Gaul pengertian dan bisa memimpin.

Profesi yang biasanya dimiliki anak berkecerdasan interpersonal adalah  konselor, politikus, pemimpin, negosiator dan motivator.

Lalu cara untk melatih bakat kecerdasan interpersonal ini bagaimana? ajak anak untu bergaul dengan sebuah kelompok anak-anak. Biasanya dia langsung mudah gaul bahkan jadi pemimpin groupnya.  Melatih kecerdasan interpersonalnya juga bisa mengajaknya ke sebuah panti asuran atau pengungsian agar anak bisa melatih rasa empatinya lebih dalam lagi.

Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan ini adalah kecerdasan memahami diri dan bertindak sesuai pemahamannya sendiri. Biasanya suka kerja sendiri, melakukan hal sendiri, meneliti sendiri. Pekerjaan yang biasanya menggunakan kecerdasan Intrapersonal ini seperti psikolog, penasihat perkawinan, guru bimbingan dan konseling.



Nah bagaimana orang tua yang memiliki anak dengan ciri kecerdasan intrapersonal ini melatih? Bisa dengan cara mengajaknya refleksi diri, membuat jurnal atau diary lah kalau masih anak-anak, melatih mengenal siapa dirinya. Bisa juga dengan melatih konsentrasi dan fokusnya.


Keceerdasan Natural
Ada anak yang gak suka ke Mall, tapi kalau diajak ke taman, kebun, pantai, air terjun atau alam terbuka gembiranya tiada tara. Jangan heran. Anak-anak dengan kesukaannya di alam terbuka, suka flora dan fauna. Sangat menyangi tumbuhan dan hewan, dia adalah anak yang memiliki kecerdasan natural.

Anak dengan kecerdasan natural ini biasanya cepat sekali bisa mengkategorikan spesies flora maupun fauna disekitarnya. Biasanya gedenya nanti kalau dilatih didalamin terus bisa jadi ahli biologi, aktivis lingkungan hidup, dokter hewan, florist, dan holtikulturis.

Lalu cara melatihnya gimana nih buat para orang ua yang mendampingi? Bisa mengenalkan anak engan lingkungan flora fauna, ada apa saja di dunia flora dan fauna. 


Well, Maks...

Sekarang kita udah pada tau ya, kalau semua anak itu pinter. Pinter dengan kecerdasannya masing-masing. Nah tugas sebagai orangtua adalah memfasilitasi anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan kelebihan yang dimilikinya.

Wah, tantangan berikutnya setelah tau apa bakat anak kan kita sebagai orang tua harus mendukung dan memfasilitasi, dan di era globalisasi ini tentu bukan hal yang mudah.

Biaya pendidikan terutama Sarjana mahal banget. Belum biaya kegiatan pendukung seperti les dan lain-lain. 

Wah makin seru banget nih rumpian kita. Dan semua emak pada semangat, banyak yang pengen curhat di acara kali ini. Noh liat aja tangannya pada ngacung banyak.


Ya, meskipun pemerintah sudah memberikan pendidikan gratis untuk SD-SMA Negeri akan tetapi sebagian orang tua di Indonesia lebih memilih banting tulang dan anaknya sekolah di Swasta. Fakta. Karena (maaf) biasanya sistem pendidikan di Swasta lebih detail lebih perhatian dan lebih bagus. 

Bahkan, ada sebuah sekolah SD IT yang dulu dekat dengan tempat aku kuliah. Masa iya SPP SD itu lebih mahal dari pada biaya semester aku. Lalu setelah aku lihat memang sistem pendidikannya sangat bangus.

Apalagi di era persaingan bebas keahlian sangat dibutuhkan. So emak-emak benar sekali rumpian kita kali ini. Kita harus tau apa bakat anak kita, kita harus melatihnya dan mendukungnya agar berhasil.

Sekarang ngomongin biaya pendidikan yah. Huh hah! hihihi

Untung saja, diantara emak-emak sholihah ini ada satu lelaki yang membawa pencerahan bagi emak-emak yang galau bagaimana menyiapkan biaya pendidikan anak agar bakatnya bisa terlatih dan sukses mewujudkan impiannya.

Begini Cara Siapin Biaya Pendidikan Anak
Yup. Bpk. T. Guntur Priyonggodo kepala abang Jiwasraya kasih tau kita sesuatu yang membuat kita berfikir. Mari kita lihat dulu video ini




Dari video diatas kita bisa lihat perjuangan seorang ayah yang rela melakukan apapun agar putrinya bahagia dan bisa bersekolah. Pendidikan sangatlah penting.

Tentu kita tidak ingin putra atau putri kita terhalang pendidikannya hanya karena uang. Padahal ia memiliki kecerdasan yang sangat hebat.

Jiwasraya, yang setelah aku cek, di Wikipedia ternyata adalah Perusahaan asuransi jiwa yang pertama kali ada di Indonesia (Hindia Belanda waktu itu) didirikan dengan Akte Notaris William Hendry Herklots Nomor 185. 

Jiwasraya memiliki satu produk yang merupakan solusi bagi para orang tua, ayah bunda dan emak-emak yang ingin tenang biaya pendidikan anak terjamin. Namanya JS Prestasi.

Intinya JS Prestasi ini adalah Poduk yang sangat fleksibel yang dapat membantu para Orang Tua dalam perencanaan finansial untuk kelanjutan jenjang pendidikan putera-puterinya, sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan keinginannya.

Kenapa JS Prestasi Penting?
Mari kita lihat Pak Guntur tak banyak bicara, ia coba memberikan fakta yang lagi membuat kita berfikir. Kita lihat saja perkiraan biaya kuliah sekarang. Anggap saja SD-SMA nya gratis yah. Ini baru baru kuliah doank...




Itu salah satu gambaran biaya kuliah di Indonesia, itu saja tahun 2015, bagaimana kalau tahun-tahun kemudian. Dan untuk menghadapi persaingan global  kita harus memiliki pendidikan lebih. Karena pendidikan lebih tinggi berpeluang lebih besar untuk berkompetisi di dunia lapangan kerja atau wirausaha.

Nah dengan JS Prestasi kita bisa rencanakan keuangan Beasiswa yang Fleksibel. Bisa dengan setoran 300 perbulan atau 300 ribu per 3 bulan. Atau jika kita punya lebih, kita bisa bayar lebih agar, ibaratnya tabungan untuk sekolah juga lebih besar.

Dengan JS Prestasi Mudah memilih manfaat sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Karena Manfaat dana jenjang pendidikan dapat diambil 6 bulan sebelum ulang tahun polis sehingga dimungkinkan dapat digunakan pada saat dibutuhkan. Tak hanya itu, dapat mengatasi penurunan Nilai Uang, karena manfaaat menaik 5% setiap tahun secara majemuk. 


Oya JS Prestasi ini adalah asuransi pendidikan yang murni dengan double cover asuransi jiwa. 

Tapi, naudzubillah ya, tak seorangpun di dunia ini ingin mengalami kecelakaan, cact atau meninggal dengan cepat. Tapi dengan JS Prestasi jika hal kemungkinan buruk itu terjadi maka manfaat JS Prestasi tetap dan tidak hilang. 

Pengembalian premi standard jika anak yang dibeasiswakan meninggal dunia. Santunan 100% Uang Asuransi yang menaik 5%setiap tahun majemuk, jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi santunan 200%. 

Uang Asuransi yang menaik 5% setiap tahun majemuk, jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi akibat kecelakaan dan dibebaskan dari kewajiban premi lanjutan ika tertanggung mengalami cacat tetap total. 

Pak Guntur juga memberikan ilustrasinya. 



Oya pada ngerumpiin masa depan anak dengan JS Prestasi bersama pak Guntur ini semakin seru loh, banyak yang nanya pula. Ada yang nanya kapan sebaiknya memulai JS Prestasi untuk anak. Apakah saat baru mulai hamil mengandung anak pertama bisa ikut JS Prestasi? Tentu saja lebih baik lebih cepat lebih awal mempersiapkan pendidikan anak. 

Setelah tau apa bakat anak tentu kita ingin mendukungnya, sekedar mendukung tanpa ada dana yang memadai jaman sekarang serasa mustahil. Salah satu caranya ya dengan JJS Prestasi ini.

Masih Ragu Pilih JS Prestasi?
Kadang orang masih merasa ragu untuk membeli asuransi pendidikan karena apa yang dilihat adalah saat ini. Bukan masa depan. Jika melihat masa depan pasti apapun akan dilakukan deh. 

Toh Asuransi ini juga cukup menjangkau semua lapisan masyarakat yang ingin mempersiapkan pendidikan anak-anaknya di masa depan. Premi yang ditawarkan juga beragam dan terbilang cukup terjangkau. Premi yang diberikan mulai dari Rp300.000 per bulan, ataupun Rp350.000 per triwulan.

Bahkan di Yogya yang notabene kota pendidikan JS Asuransi ini adalah asuransi yang paling diminati.


Di Yogya orang tua sudah mulai sadar mempersiapkan pendidikan anak-anaknya. Apalagi di kota besar seperti Jakarta harusnya lebih siap donk ya.

Tak perlu takut ribet ngurusnya atau klaim, karena JS Prestasi ini didukung 17 Kantor Wilayah dan 71 Kantor Cabang yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Trus Jiwasraya juga bisa dipastikan memberikan pelayanan kemudahan proses klaim. JS Prestasi punya variasi cara pembayaran premi yang online di seluruh Indonesia, so lebih mudah kan ya. Begitu juga JS Prestasi memberikan kemudahan pemegang polis dalam mengurus administrasi apabila terjadi pindah alamat rumah ataupun kantor. 

Oke. Sebagai orang yang punya kecerdasan matematis logis yang sangat rendah hahahha aku masih belum puas pengen tau lebih lanjut tentang JS Prestasi. Lalu aku mencoba mencari informasi lebih lanjut tentang JS Prestasi. Lalu aku dapat contoh seperti ini. Baru deh paham garis keras hehehe.


 
Wuahhhh... Acara ngerumpiin masa depan dengan JS Prestasi benar-benar menginspirasi yah. Semoga lebih banyak orang tua yang bisa mengenali bakat anak, mendukungnya dan memfasilitasi dengan tepat. 


Aihhh.... gak sekedar ngerumpi, acara kumpulan emak-emak blogger ini bertabur hadiah loh, ada kuis ada live tweet dan ada pemilihan pertanyaan paling cetar hehhee. Hadiahnya pocer belanja pulak mak!. Sumpah bikin para emak bahagia kan. hehehe. 

Tapi, yang bikin aku bahagia adalah pengetahuan luar biasa yang aku dapatkan. Tentang bagaimana mengenali bakat anak dan bagaimana menyiapkan besiswa bagi anak untuk menghadapi persaingan global dengan JS Prestasi.

Mari Mak, kita ikuti saran pak Guntur seorang Ayah yang sudah pengalaman mengantarkan pendidikan anak sekaligus praktisi yang bekerja di dunia JS Prestasi ini .
“Rencanakan yang Terbaik Dengan yang Terbaik Untuk yang Terbaik, Buah Hati Anda”
Terimakasih emak-emak blogger yang sudah ngajak ngumpul dan ngerumpi inspiratif ini. Terimakasih JS Prestasi sudah membantu menyiapkan masa depan anak-anak Indonesia.


Semoga bermanfaat


49 comments:

  1. Wah tulisannya lengkaaappp. Perencanaaan buat buah hati emang penting. Mnurtuku itu bukti cinta kita juga ke anak ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mb kalau kata orang buat anak jangan coba coba hahahha πŸ˜€*loh

      Delete
  2. Asuransi pendidikan emang penting sih, karena biaya sekolah jaman sekarang itu muahalll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget banget mahalnya...selain iktiar dg usaha dan doa kita org tua jg harus cerdas menyiapkan. Salahsatunya dg JS Prestasi ini

      Delete
  3. Replies
    1. Hahahha ya gini deh hasil kalau emak emak kumpul h3ehheheh

      Delete
  4. Emak-emak kalau udah ngrupiin biaya pendidikan paling-paling deh yaaa. Sakit perut aja kalau udah pada cerita biaya sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya dah kalau di omongin doang emang bikin cekot cekot... Mari serahkan biaya sekolah dg JS Prestasi aja πŸ˜€

      Delete
  5. Kuliah ternyata mahal banget ya Mbak, bagaimana dengan aku yang hanya punya niat, sementara biaya minim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa jangan putus asa...., Aku dulu juga cuma niat alhamdulillah kuliah selesai.... Meskiharus pontang panting

      Delete
  6. Mak gambarnya baguuusss. Hihih. Emang seru banget ya acara talkshow kemarin. Salam kenal ya Maaaaak, kemarin kita ketemu disana tapi kayanya nggak sempet ketemu langsung yaaa. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan ya seru banget acara kemarin... Soalnya topiknya emak-emak banget πŸ˜€

      Delete
  7. Woh ya Allah ternyata anakku ini punya kecerdasan linguistik, pantesan dia banyak nanya dan ceriwis banget, bapaknya ngira malah dia bakalan jd diplomat :D hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo diasah terus ceriwisnya mak biar gedenya suksesπŸ˜€πŸ˜

      Delete
  8. Wah gak cuma emak emak nih.... Bapak bapak juga harus tau ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahahhaha iya iya betul :D kan bapak bapak yang nnyariin duitnya yah hehehhe

      Delete
  9. wah lengkap sekali, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  10. Tulisannya keceh, inpografis keren hihi
    Kok aku jadi inget agmon pas smp itu klo ga salah waktu pegang piala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tuh gak bisaaaaaa info grafis hehehhe

      H3 em yaaa agnes keren

      Delete
  11. pengennya anak ku nanti kayak agnes, berbakat dari kecil

    ReplyDelete
  12. Videonya bikin berkaca-kaca, emang masa depan anak harus dipersiapkan sedini mungkin biar semuanya lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengharukan yah hikzzzz......

      Iya kita sbg ortu memang harus merencanakan yg terbaik untuk anak apalagi jaman skrg

      Delete
  13. Wah seru ya kalau sudah bahas tentang masa depan anak inspirasinya pas banget sama AgnesMonica saya ngikutin dia juga. Saya juga kadang santai tentang ini mentang-mentang anak masih kecil. Thanks ya sharingnya serasa diingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama.....
      Iya betulkan ya agnes bakat dr kecil nyanyi. Dan terus menyanyi sampai dewasa sampai go internasional... Itu baru satu contoh dan msh banyak lagi πŸ˜€

      Delete
  14. wah, mbak dirimu jago gambar yahhhhh, keren amat sihhhh, bs bikin ilustrasi sendiri, hehe..kita blm sempet sapa2 yah, smg next time bs kopdaran lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha enggak jago mbakk.... Kui mekso menggali bakat yg expired hahahahha

      Iya ihhh kalau ketemu lagi sapa yahhhh 😍

      Delete
  15. mba Ichaaa, lengkap banget nihhh, apalagi yang soal kecerdasan anak. Jadi makin peduli juga soal asuransi pendidikan anak. makasih ya infonyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih mba zata... Iya mb apalagi soal kecerdasan anak supaya para bunda gak marah marah lagi sama anak anak hehheh karena siapa tau itu adalah salah satu kecerdasan anak kita heheh...

      Dan biaya pendidikan anak memang harus kita persiapkan sejak sedini mungkin 😊

      Delete
  16. Berarti bukan tidak mungkin, jika seorang anak dimaksimalkan potensinya, bisa menonjol di beberapa kecerdasan ya Mba. Noted banget nih untuk lebih mengeksplor hobi dan kesenangan anak2ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.... Mengasahnya dari kecil akan lebih mudah kalau dah gede nanto ababil eaaaaa hehehhehe πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  17. Mak Icha tulisannya lengkaappppppppp, makasih sharingnya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama sama semoga kita semua yg dtg di acara kmrn bisa menyebarkan infomasi inspiratif ini 😊

      Delete
  18. videonya bikin usap2 mata pas nonton di hk cafe

    semangaaat mak :)

    ReplyDelete
  19. tulisannya bermanpaat banget mak aku jadi belajar tentang macem2 kecerdasan ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba.... Aku awalnya juga taunya cuma kecerdasan apa gitu... Eh ternyata banyak dan masing masing anak semua pintar dg kecerdasannya masing masing yaaaah

      Delete
  20. Tulisannya lengkap dan komplit banget... wajib dibaca ya buat yang mau mulai merencanakan biaya pendidikan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe seneng bgt bisa dtg kmrn jd informasinya aku share di sini supaya yg gak datang dan para orang tua pada umumnya tau apa yg harus di rencanakan utk putra putrinya

      Delete
  21. Biaya pendidikan emang mahal banget dah sekarang.. dulu jaman saya kuliah duit masuknya cuman sejuta... weleh weleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh skrg mahal bingit kaya duit tinggal metik apa ya hehehheeh ya mb πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  22. Bikin baper tuh video yuotubenya. Sebegitunya perjuangan orang tua untuk bahagiain anaknya,apalagi buat pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ya mba.... Hukz aku jd inget bapakku πŸ˜₯

      Delete
  23. Judulnya kusukaaaa, hihihi. Jadi enak baca tulisan di bawahnya. Rumpi penting dan bermanfaat ya mak. Eye opening. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhehe kan iya kemarin kita emak emak persisnya ngerumpi kan bedanya ngerumpiin masa depan anak hehjeje krn hampir semua bicara n curhat eaaa

      Amin intiny sangat bermanfaat mak kmrn itu khususnya buatku. Dpt ilmu baru 😊

      Delete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang