Friday, February 10, 2017

Nyobain Kamera Lenovo VibeShot di Kampung Wisata Sindangbarang Bogor



Oke gaes....
Video diatas yang sudah kamu lihat adalah keseruan acara #BackpakerDigital nya Arena LTE dalam rangka  nyobain gawai baru dari Lenovo, yaitu Lenovo VibeShot.

Dan aku diminta buat ikutan (ala-ala) backpakeran #BackpakerDigital gitu, buat jadi.... ya anggaplah host nya hahahhaa. Kenapa dinamakan #BackpakerDigital? Ya karena selama perjalanan kita tak lepas dari digital activity

Seperti share sosmed, live bingo, facebook, instagram dengan Lenovo VibeShot.Teman-teman juga menjajal bagaimana megambil foto dan video di segala kondisi. Misal di dalam KRL yang goyang dumai terus hahhaa. Sampai seberapa tahan baterainya selama perjalanan perlu dijajal.

Well gimana rasanya menggunakan Lenovo VibeShot?
OK, jujur saja karena dalam acara #BackpakerDigital ini, aku lebih banyak ngehostnya dari pada nyobain Lenovonya. Bhuahahhaa gak sesuai judulnya. Eits.. jangan tinggalin dulu, dengerin dulu. Meski aku gak pegang Lenovonya tapi teman-teman yang pergi sama aku banyak yang pegang dan langsung nyobain kok.

Aku sempet sih pegang bentar, dari segi bahannya antep, kuat dan modelnya gak kaya hape biasa. Dipegang enak banget. Trus aku juga sempat nyobain selfie sama penumpang KRL, hasilnya cakep akunya hahahhaa... 

Oya, tapi saat udah hampir setengah hari perjalanan seorang teman backpaker mengeluhkan, sayang baterainya tidak tahan lama. Ya eyalaaaah dari tadi live bingo mulu hemmm...

Apa yang Harus Dilakukan Saat Menjajal Kamera Foto dan Video Smartphone?
Sebagai couple Vlogger, aku dan suami, 90 persen dari channel Youtube kami di
https://www.youtube.com/dedeariyanto semua content dibuat menggunakan smartphone. Dari pengambilan gambar, editing sampai upload, 90 persen menggunakan smartphone.


Nah, seringnya kami menggunakan smartphone untuk segala aktifitas digital juga dokumentasi foto, video, sampai video-video bayaran yang kami buatpun menggunakan smartphone, membuat aku tau apa yang harus dijajal saat melihat smartphone baru.

Apalagi suami yang sudah bertahun-tahun menjadi kontributor kolom gadget dan tekno di koran Suara Merdeka. Dia tau betul bagaimana mereview kelemahan dan kelebihan sebuah smartphone sehingga bisa dikatakan bagus atau tidak.

Cara menjajal bagus tidaknya kamera smatphone untuk foto dan video ala aku adalah..

Pertama untuk fotonya
Berapa ukuran pixelnya. Semakin besar pixelnya semakin besar pula hasil gambarnya. Kalau aku langsung buat nyobain foto langsung aja. 

Mulai dari menjajal foto mikro (jarak cukup jauh) dan makro (jarak cukup dekat). Jajal juga memotret dalam kondisi dalam ruangan dan luar ruangan. Bagaimana hasilnya. Jangan lupa jajal juga hasil fotonya di zoom apakah pecah atau tidak. Jajal juga bagaimana hasil auto focusnya. Oya jajal juga memotret dalam keadaan gerak.

 Ini selfie pake Lenovo VibeShot berdiri di dalam KRL yang lagi jalan

Cobain foto obyek seperti daun, buah atau lainnya. Jangan selfie yah hahaha ntar gak keliatan bagus atau tidaknya, karena kalau selfie kan fanatik kwkwkwkw... takutnya aslinya jelek dibilang bagus soalnya ada foto wajah die hihihihi #justkidding.

Nah, Lenovo VibeShot ini punya kamera 16 MP yang udah ada lampu flash dengan inovasi terbaru, yang mereka sebut Tricolour Flash. Teknologi lampu flash baru itu secara otomatis akan menyesuaikan kondisi pencahayaan sehingga didapat warna alami pada hasil foto. 

Oya ada beberapa fasilitas pengaturan disematkan pada fitur kamera Lenovo VibeShot ini. Seperti pilihan komposisi gambar, mulai dari rasio 1:1 untuk menghasilkan foto ukuran bujur sangkar, hingga ke rasio 16:9 untuk foto wide. Mode HDR bisa diaktifkan untuk mempertajam hasil foto. Fix ya .. dengan fitur-fitur itu kita bisa maksimalkan untuk menghasilkan foto yang bagus.

Di dalam salah satu pilihan moda, ada moda panorama super. Ini gunanya bila kita ingin mengambil gambar landscape. Nah cucok banget kayak pas kemarin di kampung wisata sindangbarang kalau mau ambil foto indahnya alam hijau.

Kedua untuk videonya
Langsung praktek aja ya, apalagi kaya di daerah wisata kampung sindang barang kemarin, langsung aja cobain buat shoot suasana alam. 

 Tim ArenaLTE nyobain rekam video dengan Lenovo VibeShot

Cek ya, rasain coba ambil video tanpa timbal atau alat sejenisnya. Seberapa besar stabilizernya meredam gerakan. Trus, kalau aku sering nyobain smartphone buat video biasanya ada yang kameranya sibuk cari fokus, lama banget, atau bahkan ada gerakan dikit dia lari-lari nyari focus hehehe...

Coba juga merekam video di dalam ruangan dan luar ruangan. Luar ruangan dengan cahaya cukup seperti pagi dan sore, trus cobain juga video luar ruangan dengan cahaya terik seperti siang hari. Bagaimana hasilnya?

Lalu, oprek juga eh explor juga fasilitas apa saja yang ada dalam video. Adakah fitur time- lapse dan slow motionnya.

Itu dia gaes...
Jadi kalau kamu ingin memaksimalkan smartphone untuk foto dan video jangan lupa cek kualitasnya dengan beberapa cara remeh temeh kaya yang aku jabarin. Itu cuma secul sih... masih banyak yang lain. Tapi insyaAllah cara itu bisa membuktikan foto dan kamera smatphone itu bagus atau tidak.


4 comments:

  1. Wah kece nih Lenovo vibeshot. Hasil gambarnya juga oke banget ya maaaak

    ReplyDelete
  2. Nggak nyangka loh buat vlog bisa bagus hasilnya..ah jadi pengen

    ReplyDelete
  3. ah pengen coba bikin vlog..blm pernah nyoba ambil video n unggah di youtube..

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang