Sunday, March 5, 2017

Ibu-Ibu Balaraja Menyulap Sampah Menjadi Barang Bernilai Finansial



Jika selama ini kalau mendadak perlu sesuatu, yang cepat dan terdekat pilihannya adalah pergi ke Alfamart. Tapi taukah kamu kalau Alfamart ini punya pelatihan kewirausahaan? yang berlangsung rutin dua bulan sekali disetiap cabang yang memiliki toko Alfamart.

Nah, 5 Maret 2017 kemarin aku jalan-jalan ke desa Tegallame Balaraja Tangerang, eh ada kegiatan seru banget yang ternyata diadakan oleh Alfamart. Tepatnya di Rumah Sekolah Jendela Pelangi.  

Bentar, aku pengen cerita dulu perjalanan menuju Kp Tegallame, Desa Tobat, Kec. Balaraja, Kab. Tangerang. 

Jadi begitu keluar tol balaraja barat, kita ketemuan dulu sama teman di balaraja plaza. Eh namanya memang plaza yah tapi jangan terbayang plaza mall yang gede itu. Bukan, ini hanya kaya semacam ruko ruko gitu.

Aku ketemuan sama teman yang juga bertugas bareng yang aku perkirakan tau lokasi TKP yaitu Rumah sekolah pelangi. Jalanlah kita menggunakan motor ke kampung tegallame. Kami pikir Rumah sekolah pelangi adalah sesuatu yang dikenal banyak orang. Tapi beberapa kali tanya warga sekitar failed!

Lalu jalanlah lagi kami tanpa putus asa bertanya dan mencari lokasi. Nah disepanjang jalan sungai, aku melihat masih banyak ibu-ibu yang mencuci baju di sungai itu meskipun airnya kuning dan kotor.

Hemmm..... Daerah ini harus dilirik untuk diperbaiki meski tidak mudah aku yakin pasti bisa. Dan aku baru tau memang sepertinya tidak salah Alfamart masuk ke daerah ini untuk memberikan pelatihan pemberdayaan masyarakat Balaraja ini.  



Pagi pagi ibu-ibu dan anak-anak sudah berkumpul di sana.

Acara anak anak diisi dengan senam, game dan lain lain. Sedangkan ibu-ibunya mengikuti pelatihan keterampilan mengubah sampah menjadi bernilai ekonomis. Dipandu sama fasilitator mbak Syifa Fauziah, ibu ibu semangat berlomba lomba membuat kreasi gantungan dari botol bekas. Yeay! Karena hasil terbaik bakal ada hadiahnya loh.

Pertama ibu ibu ini dibagi berkelompok untuk membuat satu keterampilan gantungan dari barang bekas seperti gantungan bekas dan gelas air mineral bekas. 


Lalu dalam satu kelompok membagi tugas, ada yang memotong gelas bekas air mineral, ada yang bertugas melilit gantungan bekas dengan pita agar terlihat rapi lagi. Dan ada pula yang tugasnya mengelem. Semua kerja sama.

Tujuannya apa sih Alfamart ngadain acara kayak gini an di desa Tegallame Balaraja? Tentu saja untuk memberdayakan ibu ibu dan warga sekitar agar mandiri secara finansial.

Nah, ini adalah kali pertama Alfamart membuat agenda semacam ini di kawasan Banten Tangerang. Rencananya yang di Tegallame Balaraja ini akan semakin dimatangkan agar ibu-ibu disini benar-benar memiliki skill mengubah sampah menjadi bernilai.


Dan rencananya Alfamart juga akan mengadakan di daerah lain di kawasan Banten Tangerang, agar semakin banyak masyarakat yang memiliki kemampuan keterampilan bernilai finansial.

Kepedulian Alfamart pada UKM 
Oya, Alfamart juga merupakan perusahaan yang cukup peduli dengan UKM loh. Bahkan gak cuma pada UKM yang udah punya omzet tapi juga peduli sama warga yang punya niat menjadi UKM pemula.

Nah, rencananya nih.. Alfamart secara berkala akan kasih pelatihan managemen ritel modern kepada para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member kartu Ponta. 

Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka bisa mendapatkan harga khusus jika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli bisa langsung order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan.

9 comments:

  1. Wah kreatif banget. Ini di tempat aku banyak dijadiin juga tempat gantung jilbab

    ReplyDelete
  2. Ternyata sampah bisa bernilai ekonomis dan bermanfaat ya, lumayan bisa mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah botol plastik.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya...cek harga dulu di priceza.co.id sebelum belanja. Habis bikin daftar belanjaan sesuai budget, baru deh beli beli :)

    Seru yaaa... Ibu2 antusian banget untuk 'belajar'dan 'berkarya'

    ReplyDelete
  4. Acara yang memberdayakan. Harus jadi role model untuk perusahaan lain agar selalu mendukung pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan2 keterampilan seperti ini.

    ReplyDelete
  5. Alfamart keren..zemoga kegiatan semacam ini langgeng dilakukan..karena bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  6. Pemberdayaan masyarakat memang tak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah ya, semua pihak memang semestinya mengupayakannya, termasuk pihak swasta

    ReplyDelete
  7. Masya Allah ni ibu-ibu pada kece-kece banget yak.. ya mustinya begitu ya ibu-ibu daripada bengong nggak ada kerjaan dirumah

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang