Saturday, April 1, 2017

Gini Loh Solusi Cari Mobil Bekas Berkualitas

Seorang teman bercerita tentang kecewaannya dan traumanya membeli mobil bekas. Katanya, pertama membeli tampilannya oke, dipakai juga enak. Tapi, begitu memasuki bulan pertama barulah terasa dan terungkap semua kebobrokan mobil yang dibelinya itu. Sejak itu, ia tak mau lagi beli mobil bekas.

Cerita seperti itu mungkin banyak dialami oleh para pembeli mobil bekas. Sebenarnya, ada solusi jitu mendapatkan mobil bekas yang bagus dan berkualitas. Karena tak selamanya yang menjual mobil bekas adalah kondisinya menurun ataupun yang beli bekas tak selamanya orang yang gak kuat beli mobil baru.

Nah, Jumat 31 maret 2017 aku sempat mampir ke The Hook Cafe buat meeting sama teman-teman melepas kangen. Dan kebetulan sedang ada talkshow dan perbincangan seru tentang mobil yang diadakan oleh mobil123 situs Portal Otomotif No 1 di Indonesia. 


Wah pas banget! Biasanya cuma baca-baca di situsnya, ini bisa langsung ikut ndengerin obrolan menarik soal "Mobil Bekas Solusi Kebutuhan Anda" aje gile, pas banget topiknya.

Okelah, aku lihat ada narasumber dari mobil 88. Mobil 88 ini merupakan member of Astra dan dia merukapan dealer mobil bekas terpercaya dengan kualitas produk dan layanan berstandar Astra. Ada juga Pak Halomoan dari mobil 88 dan Pak Hendrik Widjaja, Representatif  Hyundai. 


Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operational Officer dari  Mobil 88

Kenapa Mobil Bekas?
Mungkin banyak orang tak ingin mobil bekas, tapi faktanya masih banyak juga orang yang lebih memilih mobil bekas ketimbang membeli mobil baru. Beberapa alasan kuat seseorang membeli mobil bekas adalah sebagai berikut.


Pertama, Harga Lebih Murah
Jelas, bila dibandingkan dengan mobil baru harga mobil bekas lebih murah. 

Kedua, Kendaraan bisa langsung dipakai
Yup, membeli mobil bekas keuntungan yang bisa kita dapat adalah mobil bisa langsung dipakai. Tidak seperti kalau kita membeli mobil baru gak bisa langsung keluar. Harus nunggu beberapa hari, bahkan minggu dan bulan. Harus nunggu nomor, STNK dan lain-lain.

Bahkan, tak semua orang yang membeli mobil bekas adalah orang yang tak mampu membeli mobil baru, salah satu alasannya ya ini, dia ingin mobil yang bisa segera dipakai.

Ketiga,  adalah tingkat depresiasi lebih rendah.


Resiko Mobil Bekas
Ada keuntungan tentu ada beberapa resiko yang dapat terjadi saat membeli mobil bekas. Diantaranya adalah Mobil disita, mungkin kita tidak tau bagaimana masa lalu mobil tersebut digunakan. Dan ternyata misalnya pernah menabrak atau kecelakaan sehingga mobil bisa saja dista.

Resiko berikutnya adalah kerugian material dan ancaman keselamatan. Yups, kadang kita tak tau juga mobil tersebut benar-benar mobil yang baik-baik atau hasil curian yang kemudian dijual.


Resiko lainnya tidak bisa BBN atau balik nama sampai ancaman pidana 6 tahun.


 

Tips Hati-Hati Beli Mobil Bekas
Ketika ditanya bagaimana cara agar mendapatkan mobil bekas berkualitas bagus? Secara detail mungkin ini sulit dijelaskan, karena sangat teknis dan harus berdasarkan pengalaman. Tapi yang jelas cara tepat membeli mobil bekas adalah beli mobil bekas di tempat yang terlah terjamin kualitasnya seperti di mobil 88.


Kenapa beli Mobil bekas di Mobil88?
Di Mobil88 ini jelas terpercaya, karena dia menggunakan kualitas produk dan layanan berstandar Astra.

Mobil 88 punya yang namanya pelatihan sebulan untuk pegaiwainya secara detail. Pelatihan tersebut adalah untuk melihat dan memastikan pengecekan STNK mobil yang akan dijual. Melihat mobil baik secara luar maupul dalaman mesinnya.

Yes! mobil 88 sampai segitunya untuk menerima mobil yang akan dijual. Karena mobil88 bisnis untuk selamanya, tidak hanya untuk sehari dua hari. Maka tak heran mobil88 sangat mengutamakan pelanggannya.


Pada mobil88 sebelum menjual mobil ada proses pengecekan menyeluruh. Juga punya ratusan  cek point untuk memastikan mobil yang diterima cuztomer bagus. 

Mobil88 juga memastikan bahwa mobil yang mereka beli punya track record buku servis dan akan dicek buku ini valid atau gak. 


Kalau biasanya di penjual mobil biasa nakal mereka akal-akalan. Mobil yang rusak diperbaiki dibuat asal nyala, eh akhire rusak sebulan.



Di mobil88 tidak menjual mobil yang pernah tabrakan dan kebanjiran, itu udah komitmen mereka. 



Dan yang jelas after sales mobil88  akan jelaskan mobil yang mau ditawarkan pada pelanggan.


Yes! Tips paling aman kalau mau beli mobil bekas belilah ditempat terpercaya. Atau paling gak kita tau pemakaian mobil yang mau kita beli ini sebelumnya bagaimana? Misalkan itu mobil yang akan kita beli adalah milik suadara atau teman. 

Jangan lupa Cek ke SAMSAT mobil dalam keadaan blokir apa enggak. Tapi sayangnya proses di SAMSAT itu gak secepat itu. Bisa jadi, saat kita beli mobil sedang masalah tapi belum terblokir, eh pas udah kita pakai malah dalam keadaan blokir. Tapi beda kalau kita beli di mobil88 semua itu sudah dipastikan dan dicek oleh tim mobil88. Jadi kita gak usah khawatir dan capek-capek.

Lihat pula tulangnya masih utuh masih bagus. Itu mungkin salah satu cara yang mungkin paling kasat mata bisa kita gunakan. Cara lain yang mungkin bisa digunakan adalah indikasi ini. Melihat dalamnya, biasanya orang yang rapi bersih pemakaiannya rapi. Indikasi aja sih... 

Lalu beli mobil bekas rate 5 tahun kalau sekarang beli ya minimal beli mobil keluaran 2011 atau 2012.

Hyundai Autosafe 
Dalam acara ini kita juga dapat pengetahuan lain tau tentang produk mobil yang dimiliki Hyundai. 


Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia

Pak Hedrik dari Hyundai juga menjelaskan jika akan membeli mobil bekas di Hyundai tidak akan dibatasi oleh kilometer, justru Hyundai yang lewat dari lima tahun akan diberikan garansi. 

Di hyundai 3th tanpa batasan km ada juga 5 tahun tapi ada batasan km. Beli Hyunday dalam masa waranti ibu dapat melakukan claim.

Hyundai memiliki misi Hyundai Autosafe. Yaitu meningkatkan resale value used car Hyundai. Memberikan alternatif yang baik untuk konsumen. Di Hyundai autosafe akan memberikan garansi 3-5 tahun untuk setiap pembelian.

Hyundai juga kasih jaminan berupa sertifikat buy back guarante yang diberikan pada konsumen sejak 2005. So, sudah sangat terpercaya bukan.

Itu dia dia gaes... begitu solusinya kalau cari mobil bekas. Jangan asal murah asal terlihat bagus, belilah di tempat terpercaya. Semoga bermanfaat.
 

14 comments:

  1. Wah, aplikasi mobil 123 ini memang jadi aplikasi favorit keluarga besarku mbak pas lagi cari mobil bekas. Mudah dan cepat sih :)

    ReplyDelete
  2. Autosafe Hyundai tempat aman membeli mobil bekas Hyundai tentunya, konsumen tidak 'dipermainkan' oknum

    ReplyDelete
  3. Jadi, kapan kita mau beli mobilnya neng? 😀

    ReplyDelete
  4. Suami istri pada saling nanya, call mobil123.com nya dong . Mau astra pilih mobil88 mau hyundai pilih Autosafe

    ReplyDelete
  5. Jadi beli mobil bekas, tetap aman dari resiko yang tak perlu, kudu pilih dealer yang tepat ya adik Icha

    ReplyDelete
  6. Wah sekarang saya tau, cari mobil bekas ya di mobil 123 saja, iya kan?

    ReplyDelete
  7. Program Autosafe Hyundai bermanfaat banget ya

    ReplyDelete
  8. seneng banget aku kemarin ikut acara ini mba icha, jadi makin tahu seluk beluk mobil bekas jadinya :)

    ReplyDelete
  9. Jadinya ke mobil88 dan autosafe aja ya Mbak.

    ReplyDelete
  10. jangan lupa nabung yang banyak yah, buat ajak jalan dedek bayi mobilnya

    ReplyDelete
  11. Mobil88 tidak mau pelanggannya kecewa, semoga salesnya gak ada yg nakal

    ReplyDelete
  12. sudah dapat tips, trus kapan ya beli mobilnya? he he

    ReplyDelete
  13. Aku kasih rekomendasi ke papiku ah, kayaknya beliau mau beli mobil bekas deh buat sewain ke Grab

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang