Tuesday, July 18, 2017

Resep So Good Ayam Geprek Khas Yogyakarta

Yogyakarta selalu menyisakan rindu.  Terutama kulinernya. Kuliner jogja enggak cuma gudeg lho shay. Ada kuliner yang jos gandos bikin gobyos di Yogyakarta terutama dikalangan mahasiswa.  

Namanya Ayam Geprek. 

Dikalangan mahasiswa Yogyakarta Ayam Geprek ini adalah makanan favorit. Terutama mahasiswa yang sering main di kawasan Papringan Condongcatur. Makanan ramah di kantong tapi nikmatnya bikin keringetan. Semua mahasiswa di Jogja mau anak pejabat sampai anak jalanan pasti pernah makan Ayam Geprek. 


Ayam yang di goreng krispi lalu digeprek dengan sambel bawang. Apalagi jumlah cabenya bebas pilih. Dari satu biji cabe sampe satu kilo cabe kalau kuat juga boleh hahhaha.. 


Memang, daya tarik Ayam geprek ini memang pada ayam goreng krispinya dan level kepedasannya yang suka suka. Ah puas banget deh huh hah!  Hohoho baru mbayangin aja aku udah ngiler dan keringetan.  


Karena kini aku sudah tinggal di Bintaro Tangerang udah gak di Yogyakarta lagi, aku kangen donk ama kuliner favorit aku ituh.  Yaudah berhubung di Kulkas selalu tersedia ayam potong so good.  Malam ini juga bikin ahhhhhhh... 


Mau tahu resepnya? Yuk cobain bareng bareng. 





Bahan bahan. 
So Good Ayam Potong
3 siung bawang putih
Kunyit
Ketumbar secukupnya
Garam
( Ini untuk bumbu ungkep ayam.  Gak diungkep juga bisa sih tapi aku lebih suka diungkep dulu lebih gurih)

Telor
Tepung bumbu siap saji. 

Cabe rawit sesuai selera
Tomat
1 siung bawang putih
Garam


Cara Membuat
Haluskan bumbu ungkep seperti bawang ketumbar kunyit dan garam.  Lalu masukkan So Good Ayam potong kedalam panci sambil dilumuri bumbu ungkep tambahin air.  Rebus sampai tersisa air sedikit. Dan angkat. 

Lalu kocok telur.  Masukkan ayam dalam telur sampai rata lalu guling-gukingkan pada tepung bumbu siap saji sambil sedikit cubit-cubit biar krispi. 

Kemudia goreng dengan minyak yang banyak.  Kalau sudah kuning ke emasan angkat. 

Buat sambel bawangnya. 

Goreng cabe dan tomat sebentar agar layu.  Lalu angkat dan uleg dengan bawang dan tambahkan sedikit garam jangan alus alus uleg kasar aja.  Lalu ambil ayam taruh di cobek dan geprek geprek ayam dengan sambal bawang hingga setengah hancur.

Angkat sajikan bersama lalapan timun kemangi dan kol.  


Hemm..... Yammmiiii..... 


Kamu punya kuliner Kenangan apa? Buat aja sekarang dan bagikan resepmu. Siapa tau resepmu bisa memenangkan satu yang hadiahnya (((((KAMERA MIRROORLESS))))))) boooo. Mau, mau mau???

Yuk, ikutan Lomba Kreasi Masak  SO GOOD ini. Caranya dan detailnya bisa buka link ini https://bloggerperempuan.co.id/sogood/
 

Kamu bisa dapatkan So Good Ayam Potong dan So Good Siap Masak di Indomaret, dan supermarket modern terdekat di tempatmu. Kalau aku beli di Indomaret nih.
Semoga bermanfaat 

2 comments:

  1. Mantaaaap, Aku baru cara bikin ayam geprek seperti ini haha.

    ReplyDelete
  2. Waaahhh ayam geprek...aku suka aku sukaaa...ikutin ah cara bikinnya. Tomatnya ditambahin lagi mengubah rasa pedasnya ga yach?

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang