Thursday, August 24, 2017

Kenikmatan Secangkir Kopi Fine Robusta Berasal dari Sini

Haloa gaes....
Kalian pernah nongkrong di warung kopi, kedai kopi atau coffee shop? Seringlah ya. Berapa coba yang kamu bayar untuk secangkir kopi? hihihi macem-macem lah ya. Tapi rata-rata untuk kopi di kedai kopi modern pasti diatas 30 ribu yah bahkan ada yang 50 ribu keatas.

Kedai kopi di Jakarta dan kota-kota besar menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Pasalnya kedai kopi ini menjadi tempat tongkrongan, tempat meeting sampai tempat kerja orang-orang modern.  Uhuk! termasuk aku. Gak tau kenapa kerjaan kalau dibawa ke kedai kopi, kerja sambil ngopi kok selesainya cepetnya.

That for, kini kedai kopi mulai menjamur dimana-mana, profesi barista juga mulai di lirik anak-anak muda.

Tapi pernah gak kamu berfikir berapa harga kopi yang para pebisnis kopi ini beli dari petani kopi? Kok segelas minuman kopi, secangkir kopi nikmat yang kita minum itu lumayan juga harganya? Meskipun di kota kopi begitu digemari laris manis, mengapa masih banyak petani kopi yang hidup begitu-begitu saja? Bahkan malah ada yang terpuruk akibat adanya permainan harga.

Nah, 2-3 Agustus lalu aku sempat ikutan sebuah acara yang ternyata diluar dugaanku. Yes Coffee Business Meeting Lampung. Acara yang keren. Keren lebih dari dugaanku. Apa itu Coffee Business Meeting.

Lihat video ini sampai akhir yak. Setelah itu aku akan cerita apa yang aku rasaain saat ikutan acara ini.





Jujur saja, awalnya ku pikir bakal berat acara ini terlaksana, secara harga tiketnya gak main-main yaitu sebesar 3,8 juta (luar Lampung), dan khusus Lampung 750 ribu. Tapi setelah mengikuti acaranya, tau acaranya, harga segitu bukanlah apa-apa ketimbang yang kita dapatkan saat mengikuti Coffee Business Meeting ini.

Dan aku juga gak nyangka ternyata yang tertarik acara ini justru bos bos besar pebisnis kopi bahkan banyak pula yang hadir dari luar lampung bahkan luar negeri. Malaysia, singapore dan bruneidarussalam. 

Ya, karena dalam Coffee Business Meeting ini peserta mendapatkan kesempatan berharga seperti ;

Bisnis mapping peluang bisnis dan pasar Fine Robusta di pasar domestik dan ekspor.
Demo penyajian Fine Robusta dari berbagai daerah di Lampung.
Pameran kopi Fine Robusta dan Robusta Premium dari berbagai daerah unggulan Lampung
Table top buyer & seller
Wisata Perkebunan Kopi di AEKI Liwa
Sharing dengan petani kopi di Liwa (charity)
Cuping contest yang dijurikan oleh Pakar Kopi Internasional Pranoto Soeroso
Kunjungan ke Petani Kopi Luwak “Ratu Luwak” dan Kelompok Tani Wanita Berprestasi “Kopi Tugu Liwa.



Kontes Uji Cita Rasa Kopi Robusta

Yang aku salut dalam acara ini selain acara yang langsung mempertemukan buyer dan petani ini adalah cara dinas setempat mendidik membimbing para petani dan buyer. Banyak sekali ilmu tentang dunia fine Robusta yang dibahas disini secara praktis dan gamblang.

Salah satunya adalah Kontes Uji Cita Rasa Kopi Robusta

Ya, dalam kontes ini para petani membawa hasil kopinya untuk dipamerkan dan diuji cita rasa kopi robustanya. Di jurikan langsung oleh QGrader Karjo Matajat dan AEKI.


Nah pada saat kontes inilah aku mengerti banyak hal tentang kopi. Begitupun para petani yang mulai ngangguk ngangguk dengan apa yang pak Karjo katakan.


Dalam kontes ini para petani mengumpulkan hasil kopinya mulai dari biji sampai di seduh. Lalu pak karjo memanggil satu demi satu peserta uji cita rasa sambil memberikan reviewnya terhadap kopi petani tersebut.

Keren banget. Namanya juga ahlinya, pak Karjo ini baru pegang biji dan cium baunya aja udah bisa melihat bagaimana kopi ini diperlakukan dari memetik sampai cara penyimpanannya.

Misal saja saat pak karjo mencium salah satu kopi milik petani lalu ia memanggil petaninya. Pak karjo langsung menebak. Ini kopi nyimpannya diatas tanah ya? ini kopi sudah lama ya? ini kopi dipetik dalam keadaan ini dan itu yah??

Dan ajaibnya si petani bilang iya! semua tebakan pak Karjo benar semua. Keren banget ya pak karjo. Lalu pak karjo ngasih tau petani yang benar begini dan begitu, seharusnya begini dan begitu untuk mendapatkan cita rasa kopi robusta yang bagus.

Eits! dengan pak Karjo QGrader Robusta yang sudah sangat expert ini jangan main-main apalagi bohong. Kemarin sempat ada pula ibu petani yang gak konsisten menjawab pertanyaan pak Karjo.  

Diawal bilang luwak tapi pas diajak diputer-puterin kalimatnya sama pak Karjo dia bilang enggak. Hihihihi langsung bingung tu Ibu petani. Pak Karjo tak lantas memarahi petani tersebut. Malah merangkul dan ngasih tau bahwa bicara soal kopi harus konsisten dan benar. Kalau luwak yang bilang luwak kalau enggak ya bilang enggak.

Wesssszzz pokoknya Pak Karjo ini ahli kopi yang keren banget. Secara lah ya beliau ini memegang sertifikat Internasional. Baru nyentuh kopi aja dia sudah tau bagaimana kopi ini diperlakukan hihihi kayak dukun yah Aiihhh namanya juga ahli. AHLI heheh... 

Salah satu Quote yang paling aku suka dari Pak Karjo adalah 


Biji kopi yang bagus belum tentu menghasilkan rasa yang bagus.

Tapi Rasa kopi yang bagus pasti dari biji kopi yang bagus

Seperti kata beliau di teaser berikut ini


Saatnya buat kamu penikmat kopi, pebisnis kopi, pemilik kafe atau kedai kopi, roastery atau barangkali kamu yang sedang mencari peluang berbisnis kopi, ini dia ada event bisnis menggiurkan. Coffee Business Meeting. FINE ROBUSTA Harga jualnya lumayan bikin penjual dan petani semringah. Coffee Business Meeting merupakan event bisnis kopi yang mempertemukan buyer dan seller di industri hilir. Daftar sekarang juga >>https://rebrand.ly/CoffeeBusinessMeeting DL pendaftaran : 20 Juli 2017 Contact info: – Sari 0896-0772-7680 – Arifah 0857-2200-9785 – Debi 0813-1055-8638 Info bisa baca di: https://jelajahiindonesiamu.com/coffee-business-meeting-pertemukan-buyer-dan-seller-berbisnis-kopi-fine-robusta-lampung/ @indoblognet @coffeebusinessmeeting @jelajahiindonesiamu #BisnisKopi #Kopi #CoffeeBussiness #Coffee #FineRobusta #Robusta #FineRobustaLampung #KopiLampung #CafeKopi #AEKI #CoffeeBussinessMeeting #JelajahiIndonesiamu #TelusurJejakKopiLampung
A post shared by Farichatul Jannah (@farichatuljannah) on


Yes bener banget, maka dari itu di acara coffe business meeting ini para pelaku bisnis buyer bisa melihat sendiri kebun kopi, petani kopi dan memilih biji kopi yang bagus langsung dari petani.

Begitupun petani belajar bagaimana memperlakukan biji kopi yang bagus hingga menghasilkan fine robusta. Kalau biji kopi bagus rasanya enak maka tentu saja akan banyak pelaku bisnis atau buyer yang membeli langsung ke petani dengan harga yang bagus pula.

Jadi, seimbang. Petani tingkatkan kualitas kopi yang bagus dan buyer akan membayar mahal sesuai dengan keringat yang dikeluarkan petani untuk hasilkan Fine Robusta yang seeeeemmpurna!

Yeay! Kontes Uji Cita Rasa kopi Robusta ini benar-benar ramai dan sangat memotivasi para petani. Para peserta Coffee Business meetingpun mengikuti dengan seksama dan memperhatikan biji kopi yang nikmat seperti apa.

Hingga setelah melalui proses penjurian dan penilaian yang cukup sengit. Yes karena mayoritas petani kopi dilampung ini kopinya memang sudah enak dan bagus bagus. Hanya beberapa faktor yang membedakan. Sehingga penilaiannya pun sungguh sulit.

Namun, bagaimanapun harus dipilih pemenangnya. Dan jeng jeng ini dia pemenangnyaaa


Yeay! selamat ye bapak bapak ganteng. Kopi kalian emang josssss!

Oya setelah bapak-bapak ini di nobatkan sebagai pemenang kontes uji cita rasa kopi robusta aih biji kopi mereka langsung diserbu buyer. Pada mborong biji kopi dari para pemenang, ya iyalah secara kopi mereka sudah dinilai oleh ahlinya. Ada juga yang beli kopi petani petani lain yang juga gak kalah enaknya. 

Tentu hal ini sangat menguntungkan baik bagi petani maupun buyer. Yang jelas jangan puas sampai di sini ya bapak ibu petani, tuh para buyer dan pebisnis kopi sudah melirik kalian. Semangat hasilkan FINE ROBUSTA!


Pejuang dibalik Coffee Business Meeting Lampung
Oya gaes penasaran gak siapa yang mencetuskan ide acara sekeren ini? dan apa tujuannya. 

Oke. Aku ceritain aja deh ya. Karena ini bicara soal kopi fine robusta so pasti yang memperjuangkan acara kopi sekeren ini ya orangnya suka dan peduli banget sama kopi.


Kenalin nih namanya Pak Fahuri Wherlian Ali KM. Beliau ini kabid perkebunan dan peternakan provinsi Lampung. Uhuy orang yang kocaknya abis inilah aktor dibalik kesuksesan acara ini. Dia pecinta kopi dan kopi sudah merupakan bagian dari jiwanya.

Jadi gaes pak Wherly ini punya mimpi ingin membuat petani kopi maju dan sejahtera. Karena ia melihat betapa banyak kehidupan petani yang begitu2 saja, dan malah terpuruk oleh permainan harga. Tapi disisi lain kadang petani juga sulit dibilangin. Sulit dibuka mindset tuk maju dan berkembang. Mereka cepat puas dan cenderung asalan dalam menanam kopi sehingga harga terus jatuh.

Nah Pak wherly dengan penuh kesabaran membangunkan kesadaran mereka tuk bangkit dan mengubah pola pikir cepat puas.

So dalam kesempatan CBM kemarin, di depan mata Pak Wherly sejumlah petani kopi berkomitmen ingin berubah memperbaiki kualitas tanam yang baik. Pak wherly sangat terharu hingga meneteskan air mata..Ciyusss gaes. 

DAN TERNYATA

Selama menjelang pelaksanaan CBM Pak Whelian yang juga merupakan inisiator Lacofest - event kopi terbesar di Lampung tahun 2016, begitu gigih menjalin hubungan baik dengan petani maupun industri hilir di kedai dan kafe di Lampung. Alhasil, 7 pengusaha kafe berhasil mau solid dan tertarik ikut CBM dan memperkenalkan kopi robusta terbaik dan fine robusta kepada hampir 40 buyer dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Semarang, Surabaya, dan Malaysia (Brunei Darussalam)


7 kedai kopi  itu adalah Dr Coffee, De Lampung Coffee, Galigo Coffee, kopi 49, hasti Coffee, Ulubelu Coffee, dan Tunas Coffee...

Pak Wherly gigih membangun hubungan dengan para kedai kopi, karena biar bagaimanapun, kemajuan bisnis kopi tak akan berjalan dengan sinergi apalagi bisa terwujud jika kedai kopi dan kafe tidak mendukung kopi lokal dan menyuguhkan kopi terbaik - Fine Robusta.

Alhamdulillah Pak Wherly dengan ketulusannya berhasil menyolidkan elemen2 bisnis kopi robusta Lampung.

Ia tak ingin berhenti sampai di sini,kini meski telah berpindah tugas di dinas lain, ia tetap bersemangat dan menguatkan misi serta berupaya kuat membangun jaringan  bisnis kopi yang menguntungkan semuanya yaitu petani dan pebisnis kopi. 

Thats Right gaes kesuksesan Coffee Business Meeting Lampung ini tak lain adalah karena kegigihan Pak Wherly yang kemudian bertemu dengan Kartina Ika sari MB Communication Indoblognet selaku inisiator sekaligus Event Organizer Coffee Business Meeting, yang sangat gigih pula mensukseskan acara ini didukung oleh AEKI Asosiasi Ekspor Kopi Indonesia. 

Jadi cocok ya idealisme MB Communication bertemu idealisme Pak Wherly. Wisss kolaborasi yang sangat sempurna yah. 

So Intinya gaes di acara Coffee Business Meeting ini gak soal bisnis kopi aja. Tapi bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani dan pebisnis kopi saling menguntungnkan dan memutus rantai yang panjang itu yang bisa menurunkan harga kopi dari Petani.

Kenikmatan Secangkir Kopi Fine Robusta Berasal dari Sini

2 comments:

  1. Saya gak pernah minum kopi hitam kalau lagi di kafe-kafe gitu, tapi sekalinya lagi di Sembalun atau Sajang (salah satu daerah penghasil kopi di Lombok) rasanya pengen ngopi terus :D

    Duduk-duduk ngobrol bentar, yang dicari langsung kopi. Dan rasanya enak banget ternyata. Terus kalau dipikir-pikir kalau lagi di kafe udah berapa banyak nih duit yang keluar buat ngopi bergelas-gelas gini :D

    ReplyDelete
  2. yang bisa mearsakan kopi tentunya yang penggemar kopi krn akan tahu bedanya ya

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang