Friday, November 3, 2017

Ini Rahasia Alumni Sekolah Magang Indocement Sukses Dapat Kerja















Nyari kerja jaman now huh susahnya minta ampun, apalagi gak punya keahlian gak dan punya ijazah, tamatlah riwayatmu hehehe. Eee tapi katanya kabar angin salah satu faktor juga koneksi loh..  Katanya kalau gak ada koneksi orang dalam gak bakal deh lolos kerja.

Entahlah ya gaes,  tapi yang jelas dan pasti adalah Ilmu itu penting.  Kalau kita punya ilmu kita akan bisa bergerak dimanapun kapanpun. Asal punya kemauan pasti bisa. Aku sendiri sudah membuktikan,  meski enggak kerja kantoran tapi dengan kemampuanku dan mengamalkan ilmu yang selama ini aku dapatkan, aku tetap bisa menghidupkan hidupku eaaaaa...  Uhuk! 


Nah,  bagaimana dengan anak anak atau orang orang yang putus sekolah dan bahkan gak sekolah?  Bagaimana masa depannya? Untunglah di dunia ini masih banyak orang-orang baik yang perhatian dengan kondisi sekitarnya.  

Sekolah Magang Indocement
Seperti Sekolah Magang Indocement (SMI). SMI merupakan salah satu dari program pemberdayaan masyarakat (community empowerment) yang dilakukan oleh Indocement dan juga sebagai realisasi Pilar Pendidikan, salah satu dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan (Community Development) sebagai bagian dari Program CSR Indocement.

SMI memiliki Tujuan utama untuk menciptakan tenaga kerja terampil (skilled). Maka terciptalah SMI dan Gemari (Gerakan Masyarakat Mandiri) yang telah membantu masyarakat di desa binaan mendapatkan kesempatan yang lebih baik. 

SMI saat ini menyediakan pelatihan tukang bangunan, tukang las, garmen, otomotif, operator alat berat, driver. Sedangkan Gemari bergerak di 4 bidang yaitu: pelatihan bengkel sepeda motor, pelatihan inkubator plasma sepeda motor, handycraft, dan ikan hias.

Sekolah magang dari Indocement terbuka untuk warga di sekitar pabrik dari 12 desa mitra. Indocement bekerja sama dengan kepala desa untuk pemilihan peserta sekolah magang. Prioritas untuk yang muda, usia produktif, dan belum bekerja. Ternyata program magang di Indocement ini banyak peminatnya mulai dari SMA sampai S1.

Tapi sebelumnya diadakan pretest sebelum pelatihan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan mereka tentang bangunan. Karena ternyata yang mengejutkan adalah
Peserta Sekolah Magang Indocement kebanyakan muda mudi putus sekolah. Wah...

Rahasia Sukses Dapat Kerja
Nama beliau ini Abdul Muiz. Dulu sehari hari ia bekerja sebagai tukang bangunan. Tapi ya begitu dulu jadi tukang katanya ngandalin logika aja. Asal bikin, asal tutuk tuktuk palu dan paku, gak ada ilmunya. 

Tapi setelah Muiz mengikuti Sekolah Magang Indocement ia merasakan buanyak sekali ilmu baru. Meski hanya belajar selama dua minggu tapi rasanya kayak satu setengah tahun hahaha. 

Iya soalnya materinya padat sekali. Mulai dari teori sampai praktik. Makanya disini siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses. Dan yang malas-malasan sering bolos pasti ya mental sendiri.
 


Bahkan Pak Abdul Muiz juga menceritakan perbedaan beliau saat sebelum sekolah di SMI dan sesudahnya. Sebelum sekolah di SMI pak Muiz ini hanyalah tukang biasa yang jobnya hanya ada di musim tertentu.

Tapi setelah sekolah di SMI, katanya HPnya krang kring melulu hahahha alias kebanjiran job. Sana telpon minta di tukangin, kalau gak dia gak mau. Wal hasil antri donk hehehe. Bahkan pak Muiz kini juga sudah punya tim tukang. 

Jadi kalau ada job pekerjaan pertukangan dia punya orang-orang terpercaya yang kerjanya bagus untuk diajak kerja borongan bersamanya. So itu artinya kini Pak Muiz lagi jadi gula, banyak yang ndeketin supaya diajak pegang proyek tukang hehehe 

Pak Muiz hanya salah satu contoh orang sukses yang mendapatkan kerja lebih baik setelah mengikuti SMI.

Pelatihan Profesioanal




















Oya, aku juga sempat lihat langsung bagaimana peserta SMI ini pelatihan praktek langsung dilapangan. So bener-bener gak cuma teori tapi juga praktik yang detail sehingga semua peserta SMI benar-benar paham.

Para pelatihnya juga orang-orang yang sudah expert dibidangnya.

Mereka juga mendapatkan pelatihan soal prosedur standar keselamatan saat bekerja. Pelatihan mencakup safety, health, dan environment. Usai mendapatkan pelatihan, karyawan diharapkan dapat bekerja secara aman baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan kerjanya. 

So sempurna banget ya, teori praktik dan prosedur keselamatan baik dirinya dan lingkungan. Jadi kemampuan dan kepribadiannya terlatih sekali ya untuk jadi pekerja yang profesional. Hemmm pantes aja kalau lulus banyak yang nyari. 

Berharganya Sertifikat SMI

Nah, ini di yang menjadi senjata ampuh buat sukses dapat kerja. Sertifikat dari SMI. Karena sertifikat ini nilainya sama seperti yang dikeluarkan oleh Disnaker.

Jadi meski orang ini putus sekolah kalau dia sudah sekolah di SMI menerima materi dan praktik pelajarannya dan dinyatakan lulus pasti bakal dapat sertifikat ini.

Eits, jangan main main, sertifikat ini gak asal dikeluarkan, siswa dipastikan benar-benar layak mendapatkannya. Kalau dalam prakteknya masih belum sesuai standar, siswa boleh mengulang sepuasnya sampai berhasil.

Oya the important thing that you have to know adalah, sekolah magang indocement ini gratis lho, mereka gak bayar. Malah dibayar dikasih uang transport dan makan dan snack. Wuih... kalau gak sungguh-sungguh ya rugi ya.





0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang