Wednesday, November 29, 2017

Mau Kerja Ke Korea Kayak Bajindul? Baca Ini Dulu


"Assalamualaikum, Haloa gaes ketemu lagi sama aku bajindul Gikol Abis.."

Bagi yang suka nonton YouTube pasti gak akan asing dengan yang namanya Bajindul. Vlogger dengan logat Jawa medoknya yang khas dan selalu berhasil membuat subcribernya ngakak abiz. Kamu bisa lihat vlog nya disini

Yes, Bajidul ini adalah Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Korea.  Tapi uniknya setiap hari sabtu dan minggu saat ia libur bekerja, dia selalu menyempatkan diri untuk membuat vlog. Vlognya sederhana tapi selalu ditunggu-tunggu.

Kadang dia membuat vlog kehidupannya bekerja di korea seperti apa, sampai saat ini mencari ikan, menanam cabai dan saat ia berbelanja di swalayan di korea. Pokoknya tentang sehari-harinya di korea.

Karena videonya yang sangat sederhana tapi lucu dan dekat dengan penontonya terasa akrab sekali itu, terlebih di Indonesia banyak sekali pecinta K-POP maka tak heran Vlognya menjadi viral. Sampai-sampai beberapa waktu lalu dia diundang oleh beberapa stasiun televisi Indonesia untuk menjadi bintang tamu.
 
Nah, kemudian banyak sekali yang tanya-tanya sama dia gimana rasanya kerja di korea, enak enggak, caranya bagaimana bisa kerja kesana? gajinya berapa? Dan lain-lain.

Nah.. nah... nah... sebelum jauh memikirkan pergi ke korea apapun tujuan kamu, baik mau piknik aja, mau kerja atau bahkan mau nikah ama oppa korea hahhaa perhatikan dulu ada hal penting yang harus kamu kuasai. 


Yaitu adalah BAHASA KOREA

28 November 2017 kemarin bertempat di Korean Culture Center Indonesia, aku sempat hadir di acara Soft Launching K-JOB EPS TOPIK BOOK. Ini semacam buku panduan kamu membelah bumi korea eaaa hihihi semangat berburu buku ini yuk biar bisa ketemu Oppa Le Min HO hahha



Dalam pertemuan kali ini aku jadi ta bahwa kalau ingin menguasai bahasa korea kita harus melewati lulus EPS Topik terlebih dahulu. 

Apa itu EPS Topik?
Adalah ujian yang menilai kemampuan berbahasa Korea tingkat dasar KLPT. Maka ujian ini khusus diperuntukkan mereka yang mempelajari bahasa Korea dengan waktu belajar 150~200 jam dan menilai kemampuan berkomunikasi yang sangat dasar.

Nah untuk itu terbitlah buku K-Job EPS TOPIKyang bakal memudahkan para calon pekerja dari Indonesia lulus dalam tes EPS TOPIK. Buku ini diterbitkan oleh Hanijemi sebuah perusahaan Riset dan Development di bidang literasi bahasa Korea bekerja sama dengan KLC sebuah perusahaan Konsultan Training dan Edukasi.  

Bukunya ada dua yaitu

K-JOB EPS TOPIK  berwarna hijau adalah buku ini 1 EPS TOPIK. Yang berisi 30 chapters dan difokuskan pada vocabulary,  practice,  listening dan reading. Jadi dipelajari dulu ya bangsa kata kata, dan mendengarkan kata-kata korea dan membaca. Hahahah yang sudah sering nonton drakor mungkin bisa dipraktekkan kwkwkw

Lalu, Buku Biru atau buku kedua fokus pada Grammar, practise,  listening, dan reading.  Kalau belajar dengan sungguh sungguh melalui buki kedua ini, dijamin lulus tes EPS TOPIK dengan nilai tinggi,  

Tapi sayangnya kedua buku itu baru bisa dipelajari jika sudah belajar HanGeul atau memiliki dasar bahasa korea. Huhuhu lalu yang belum bagaimana donk???

Dont worry be happy gaes soalnya Hanijemi juga menyediakan beberapa buku dan e-learning serta aplikasi mobile untuk membantu belajar HanGeul secara fun and easy.  Oya buat kamu yang sering pegang gadget download aja di playstore. Ada buku Fun and Easy belajar HanGeul,  atau kamu juga bisa download harganya 12.000 rupiah saja.



Oya di acara kemarin juga seru banget karena ada kuis tebak tebakkan vocab korea hahaha kalau aku mah taunya annyoanseo doank kwkw sama sarangeyoo. Nah yang menang dapat BUKUUUUU uaaa enaknyaa..

Brgitu gae, kalau kamu pengen ke korea jalan jalan yang free bebas ngomong sama orang korea ataupun pengen kerja. Tuh pelajarin dulu aja sampe ke kulit kulitnya bahasa korea.






1 comments:

  1. Aih, Bajindul okon Korea Zaman Now kayanya ya :)
    Tapi karena suka K-Pop ada juga sih rasa ingin mampir ke Korea. Tapi apa masih bisa ya lulus EPS TOPIK di usia menjelang 40 th

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang