Saturday, December 9, 2017

Jatuh Bangun Melawan Nyamuk Bandel

Rasanya puas banget kalau bisa neplok nyamuk dan kena!  Kadang kalau pas kena , nyamuk langsung mati bahkan darahnya menodai. Baik di tangan, tembok maupun di lantai. 

Hahhaha kadang yang lebih puas gak nyadar adalah saat ada nyamuk di tubuh suami dan aku reflek naplok dia hahahaha Adegan ini jangan ditiru.  Duh maaf kan aku Ya Allah telah membunuh nyamuk yang super bandel ini. 

Aahrrgghh... Aku sungguh tidak betah tinggal di Tambora Jakarta Barat. Tempat dimana termasuk lokasi terpadat di Dunia. Sudah padat, pengap panas, banyak kecoa, banyak tikus tak punya malu seenak saja melenggang bebas di lorong-lorong kampung. 
Dan yang paling tidak aku tahan adalah nyamuk di dalam rumah. 

Pekerjaanku sebagai freelancer, blogger membuatku banyak hal yang harus aku kerjakan di luar rumah. Kadang aku harus pergi ke suatu daerah ke suatu tempat untuk liputan blog. Dan pulang sudah malam dan lelah.

Ketika seharusnya rumah menjadi tempat ternyaman untuk kembali, untuk istirahat dan melepas lelah, ini malah harus berperang dengan nyamuk dan panasnya suhu udara disini. Hingga suatu hari aku benar-benar tidak tahan dan meminta suami untuk pindah rumah saja. Tak apa jauh dikit dari Jakarta yang penting pulang ke rumah bener benar bisa istirahat.

PINDAH RUMAH TERNYATA ......
Okelah akhirnya awal 2017 lalu aku dan suami mendapat rumah mungil di kawasan Bintaro Tangerang Selatan. Aku suka karena daerahnya masih seger banyak pohon, gak terlalu macet, gak terlalu padat dan aku bisa melihat banyak rumbut tumbuh bebas dan bunga liar di pinggir jalan.

Huh sungguh gara-gara nyamuk aku sampai pindah rumah, karena aku lihat di berita saat itu korban DBD di Tambora terdapat 16 kasus DBD di Kelurahan tersebut. Dan itu sudah tergolong cukup tinggi. Pada tahun 2016, tercatat lebih dari 200.000 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.500 orang meninggal dunia akibat penyakit ini.So sebelum terjadi apa apa aku pindah dulu. Toh aku memang butuh udara segar.

Tapi ternyata pindah rumah tak menyelesaikan masalah nyamuk. Di rumah baru ternyata juga banyak nyamuknya. Aku pikir karena masih baru ruangan belum terisi sempurna. Maka setiap hari aku bersihkan dengan harapan nyamuk minggat. Enggak.

PASANG KAWAT NYAMUK DI SETIAP VENTILASI UDARA DAN JENDELA
Btw aku dan suami baru jalan dua tahun nih menikahnya, jadi ini adalah pengalaman pertama ngurusin rumah sendiri dan perang melawan nyamuk.

Karena pasangan baru, kamipun tanya tanya dan dapat solusi agar pasang kawat nyamuk di setiap ventilasi udara dan jendela rumah. Akupun beli kawat di toko bangunan dan memasangnya.

Alhamdulillah, nyamuk sudah mulai berkurang tak sebanyak dulu lagi. Bisa bernafas lega dan tidur lebih nyenyak. Tapi ternyata tidak bertahan lama...

Berhubung rumah aku yang baru ini punya halaman yang cukup luas dan banyak tumbuhan liar seperti rumput liat tanaman cabe dan lain lain, maka nyamuk tetap saja banyak yang lolos masuk ke rumah melalui pintu dan jendela entah kapan aku gak tau nyamuk masuknya.

Sebelah rumahku yang masih banyak tanah kosong


Depan rumah ada lahan kosong calon perumahan baru

Di tambah samping kanan masih ada sawah dan depan rumah yang dulunya tumbuh tumbuhan dan tanah kosong kini dibabat habis untuk pembangunan perumahan baru. So you know kemana perginya nyamuk yang biasanya sembunyi di sana? Mereka pasti menyebar dan masuk ke rumah-rumah warga sekitar. Termasuk rumah baruku.

Arrrrrrgghhhhhhhh Nyamuuukkkkkkkk kenapa kamu jahaaaat padaku.

PAKAI KELAMBU TIDUR
Sebagai pasangan new be yang masih seumur jagung ini, aku pun sempat telpon dan mengeluh pada Ibu soal nyamuk yang bandel ini.  Lalu dikasih tau supaya tidurnya pakai kelambu aja. 
Okelah aku cari kelambu ke kawasan Cipadu dan coba memakainya. Ah bener memang nyaman banget pakai kelambu saat tidur. Saking nyenyaknya aku bangun kesiangan melulu hahaha


Yes, pakai kelambu ini memang enak banget pas tidur. Tapi malah menimbulkan banyak masalah. Masalahnya aku jadi gak bisa bangun tengah malam untu sekedar lembur. Atas  kelambu itu malah kadang jadi sarang nyamuk. Trus pakai kelambu di rumah baru aku yang cukup mungil malah bikin sempit dan (kalau bahasa anak sekarang) gak instagramable banget hahaa

Arrrgghh... akhirnya aku copot aja. 

Sejujurnya aku ingin sekali selesaikan masalah nyamuk bandel dengan obat nyamuk semprot. Sudah nyerah sama nyamuk yang dapetttt aja jalan masuk ke rumah aku meski sudah di pasang kawat nyamuk di semua celah.

Tapi, suami kurang suka. Karena sepengetahuan dia, itu tidak baik untuk kesehatan.

HINGGA PENCERAHAN INI DATANG
Sampai pada 7 Desember 2017 lalu aku datang ke sebuah acara gathering dengan emak-emak Blogger ngobrolin masalah nyamuk bandel ini. Secara ini lagi musim hujan, cuaca juga kadang panas siang hari dan hujan malam hari. Jadi nyamuk lagi bahaya-bahayanya. 

Kita pun ngobrolin solusi atasi nyampuk bandel ini bagaimana?

Untungnya ada dr Lula Kamal yang notabene seorang dokter pasti kasih solusiya gak asal dong ya. Dan ternyata dr Lula juga punya pengalaman sama banget kayak aku. Kata dia

Nyamuk itu gak cuma di Jakarta. Mau kita ke Yogyakarta, Bali, atau kota se indah apapun nyamuk tetep sama. Sama bandelnya sama ganasnya

Trus dr Lula Kamal kasih kita solusi atasi nyamuk bandel dengan yang expert. Ya yang khusus expert atasi nyamuk bandel.


Keseruan ngobrolin solusi atasi nyamuk bandel dengan yang expert

Mungkin ini yang dinamakan jodoh ya. Saat aku jatuh bangun atasi nyamuk bandel sampai pindah rumah sampai pasang kelabu dan akhirnya malah ketemu dr Lula Kamal dan tanya tanya banyak deh.

Ternyata pakai obat nyamuk itu gak papa. Gak bahaya kok asal cara pakainya benar. Nah emak-emak blogger dapat tips ampuh banget nih dari dr Lula Kamal gimana cara ngatasin nyamuk bandek pakai yang expert.

Nyamuk Suka Gelap dan Bau Manusia
Ternyata di rumah banyak sekali loh spot yang tanpa kita sadar menjadi tempat favorit nyamuk. Seperi lipatan korden, sekitar TV dan gulungan kabel, gantungan baju bekas keringat, genangair meski hanya 1 Cc, tumpukan bantal, tumpukan buku dan daerah sela-sela lainnya.

Lalu aku teringat Ibuku yang dulu semasa aku kecil, Ibu rajin sei bebersih rumah. Dan cara bersih bersihnya de sekali gak kayak aku sekarang. Ibu selalu membersihkan rumah pagi dan sore mengelap kaca jendela, buffet rumah, mengelap vas bunga, dan mngelap seluruh bagian tv dengan gombal andalanya.

Ibuku juga gak perna melewatkan menyapu bagian kolong kursi, kolong kasur. Bahkan Ibu mengepelnya. Gak kayak aku myapu cuma bagian yangliatan doang. Elap elap cuma bagiaang nampak berdebu sekali. Ibuku, semuanya ampai semua lihat mengkilap.

Dan aku baru tau ternyata itu Ibu lakukan agar umah terhindar dari endapan debu yang memungkinkan nyamuk menai tempat itu bertelor disana. Dan alhamdillah fakta membuktikan dari kecil hingga kami semua anak Ibu tak ada satu yang pernah terserang DBD, naudzubillah ya.

Tapi jamanu dan sekarang tentu beda. Iklim zaman sekarang yang makin panas membuat nyamuk makin sering kawin. Its mean populasi ny kian besar dan banyak. Semakin cepat bertelur dan lahir dalam ukuran lebih kecil sehingga butuh lebih banyak darah. Ini berarti, nyamuk pun lebih sering menggigit manusia Ampun. Maka menjaga kebersihan wajib nomorsatu.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar minimalisir menciptakan daerah kecintaan nyamuk dan rajin mandi yah hahaha karena nyamuk suka banget bau manusia. Kalau habis mandi habis keramas kan  wangi nyamuk gak suka.

Gebah-Gebah Lalu Semprot Hit Expert ke Udara
Nah, dr Lula kamal juga kasih tips cara perang melawan nyamuk bandel yang benar nih. Caranya bersihnkan rumah, gebah gebah korden atau yang jadi lokasi favorit nyamuk. Kan nyamuk lalu bertebangan tu, langsung deh tembak dengan semprotan Hit Expert. 


Hit Expert ini lebih ramah lingungan dan manusia, karena tidak membunuh nyamuk. Namun hanya membuat nyamuk pingsan.

Tapi Hit Expert ini membuat nyamuk pingsan lebih  sampai 24 jam.

Dan  itu artinya nyamuk tidak mendapat asupan makanan sehingga akan mati.

Yeay! Gak perlu kan aksi pembunuhan nyamuk hingga berdarah darah haha

Semprot Hit Expert Pagi dan Sore
Nah, dari dr Lula Kamal kita juga tau bahwa nyamuk berbahaya yang mnyebabkan DBD ini biasanya muncul di pagi dan sorehari. waktu-waktu yang perlu diwaspadai terkait dengan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini adalah saat nyamuk mencari makan pada pagi dan sore hari, yaitu pukul 09.00-11.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB

Nah pada waktu inilah waktu yang sangat tepat menyrotkan Hit Expert. Dengan Hit Expert yang partikelnya lebih kecil dan berukuran mikro, jika di semprotnkan ke udara bisa bertahan lebih lama di udara dan membasmi nyamuk lebih baik.

Jangan Semprot ke Benda tapi ke Udara
Oya, dr Lula juga kasih tau cara nyemprot Hit Expert ini yang benar. Yaitu bukan ke benda seperti ke kasur ke bantal ke baju bukan yah. Melainkan ke udara. 

Hit Expert ini memiliki teknologi Double Nozzle sehingga sekali sempot bisa lebih jauh semprotannya sehingga menjangkau ke seluruh runagan.
Dan untuk meminimalisir lokasi kesukaan nyamuk, baju yang bekas pakai sebaiknya segera di cuci atau taruh mesin cuci aja. SEhingga gak memancing nyamuk datang.

Yes, ternyata so simple ya melawan nyamuk bandel. Lawan nyamuk bandel pastikan pakai yang expert. Yang expert ya Hit Expert ini. Dan akhirnya perjuanganbangun melawan nyamuk bandel menemukan solusinya.

Aku sudah coba sendiri dan ternyata sangat efektmelawan nyamuk. Sekarang mau lemb malam juga aman ajaidur juga nyenyak. Apalagi dengan dua pilihan wangi premium yang baru yait Sweet Flower dan Fresh Citrus membuat jauh dari kesan obat nyamuk. Malah pada ngia pewangi ruangan hehe.

Semoga kisajatuh bangun ku melanyamuk bandel di ru baru ini bermanfaat. Amin

47 comments:

  1. memamng top ay merek ini, aromanya gak bikin puyeng

    ReplyDelete
  2. Wkwkwk... Baru2 ini rumah saya juga diaerang nyamuk mba, tapi belom ada solusi. Beli obat nyamuk merk lain msh ada aja. Besok cobain ini ah ��

    ReplyDelete
  3. Wajib coba mbak biar nyamuk kapok gak mau lagi nempel hhehehe

    ReplyDelete
  4. nyamuk di rumah saya mba, banyaaaaaak banget

    ReplyDelete
  5. Nyamuk suka sembunyi di balik pintu yang ada gantungan bajunya ya, Mbak...

    Hit boleh juga tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangetttt suamiku sukanya nggantung baju gt... Skrg udah gak lagi pake selasai masuk mesin cuci... Pagi sore swmprot.. Bebas deh nyamukkk

      Delete
  6. Ane lebih parah mba, tepok nyamuk, putusin sayap sayap lalu bagian tempat darah, ane bikin tulisan. Kesel nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkww gokiill banget lu mbakkk hahhaha

      Delete
  7. Duh kalau gitu, kita meski pakai minyak wangi dan mandi dulu sebelum bobo. Biar gak di gigit nyamuk #lebay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaha yukkk mandiiii jangan lupa pake kembang... Jd mandi kembang kwkkw

      Delete
  8. betul mbak. nyamuk suka sama bau keringat. udah gerah, dirubungin lagi. makin esmosi pastinya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak... Apalagi kalau nyamuknya bandel kadang udah mandi udah bersih masihhh aja nemu celah buat uing uing... Haaaah wes pokoknya hit ini enak banget

      Delete
  9. Aamiin, pastinya bermanfaat buat aku Mak, kan jadi tahu kalo nyamuk emang demen kawin (ngikot manusia aja deh)
    Trus kirain aku jatuh bangun urusan cinta n.bisnis aja, ternyata atasi nyamuk pun bisa jatuh bangun yaa.
    *jatuh bangun aku mengejarmu, namun ...
    lah malah nyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkkwkw kayak lagu dangdut ye judulnye ahhaa

      Delete
  10. Sekarang aku jadi paham cara menyemprotkan HIT, jangan ke benda ya tapi ke udara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak selama ini ituuu yg bikin orang dalah paham. Padahal kalau caranya bener ya bener

      Delete
  11. Aku pun sekarang pakai HIT lho dan lumayan lah ya rumah bebas nyamuk hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wes sekarang nyaman ya pakai HIT nyamuk kabur deh

      Delete
  12. Aku juga pernah pakai kelambu mak. Tapi aku nya gak nahan karena malah terasa sumpek gitu. Jadi aku copot lagi deh dan balik ke HIT

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha sama mak aku juga akhirnya tak copot sumpek dan kalau dipakai tiapa hari nyamuk sembunyinya diatas kelambua am dipojok2 kelambu

      Delete
  13. Iyaa aku pake HIT karena aromanya nggak bikin puyeng. Aku bayangin pas balik event terus drmh banyak nyamuk :'( Kasian anak2 jg ya mba klo drmh bnyk nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau banyak nyamuk anak anak tidur jd gak berkualitas paginya sekolah ngantuk

      Delete
  14. Males banget kan kalau nyamuk berkeliaran di dalam rumah. Apalagi kalau pagi hari mau mindahin jemuran. Biasanya nyamuk pada nemplok di baju-baju. Sekarang udah tahu deh ga boleh gantung baju banyak-banyak apalagi yang sudah dipakai. Langsung masuk mesin cuvi aja

    ReplyDelete
  15. Aku juga pake kelambu sejak ada bayi .. Tapi nyamuk masih bandel aja menyelinap2. Jadi wajib banget sedia HIT Expert supaya tenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang nyamuk memang lebih pinter dr kta yah

      Delete
  16. Kalau lagi musim kemarau, biasanya nyamuk-nyamuk jadi lebih banyak dan makin ganas. Udah disemprot obat nyamuk sampai pasang kelambu, pasti ada aja yang berhasil gigit dan nyedot darah saya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ayok sempror pagi dan sore pake hit expert biar terhindar dr nyamuk yg bahaya dbd

      Delete
  17. Perumahan apaan tuh di sebelah rumah? Ehhh, salah fokus.

    Setuju sama tipsnya, karena real dan gak dibuat-buat. Aku udah praktikin nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita lakukan yg kita bisa aja dan mudah

      Delete
  18. Wah nggak kebayang pas tinggal di Tambora pasti sumpek banget ya pantesan banyak nyamuk dan kasus DBD di sana. Untung sekarang udah pindah rumah. Meskipun begitu harus tetap waspada sama nyamuk nakal ya. Pakai HIT Expert buat perlindungan keluarga kayaknya jadi pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb mau dimanapun ternyata nyamuk ada aja...

      Delete
  19. Didaerahnya tmpt tinggal ku lagi banyak banget nyamuk nakal. Bener2 harus pakai kelambu dan hit buat penghilang nyamuk nakal nih... Serem takut DBD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dbd emang mengerikan apalagi musim hujan gini... Ayok cegah nyamuk pake hit expert aja

      Delete
  20. Uwow perjuanganmu mengusir nyamuk sungguh drama sekali ya rasanya *eh.
    Aku blm pernah coba pakai kelambu, soale ribet kyknya masangnya haha.
    Untungnya sekarang udah berdamai ya kak nda ada drama lagi sama si nyamuk yang bandel hehe karena ada HIT Expert!

    ReplyDelete
  21. Jangan semprotkan hit ke benda tapi ke udara. Jangan juga ke badan ya... Bukan parfum itu. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking wanginya yaaa kebelet nyempror ke badan 🤣🤣

      Delete
  22. Aku kok gak suka ya mba pake kelambu gitu, berasa sumuk. Untuk urusan nyamuk aku udh percaya deh sm HIT expert ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pas di rumah ibu aku suka mba tp skrg di rumah sendiri malah gak suka sumpek bener deh... Solusinya ya hit expert ini biar bebas nyamuk

      Delete
  23. Wah kalo rumah dikelilingin sama lahan kosong gitu pasti masih banyak ya mak nyamuknya.. Untungnya ada HIt Expert yaaa <3

    ReplyDelete
  24. haa iyaaaa. nyamukku juga ga matiiii. dia masih menari2 ahahha

    ReplyDelete
  25. Sampai segitunya ya ngehajar nyamuk. Emang bikin sebal sih suara nguing2 nyamuk gitu.

    ReplyDelete
  26. Wow dari Tambora ngungsi ke Bintaro. Tetep aja ya tuh nyamuk ikutan plesiran wkwkkw. Wedewh penganten baru itungannya ya, baru 2 tahun xixi, semoga makin langgeng meski mas Dede nya suka diteploin karena ada nyamuk bandel saat bobo wkwkw. Btw bener banget tuh kudhu nyemprotin ke udara, aku pikir akan berbahaya. Ternyata HIT ini aman ya mbak, sukaaaa.

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang