Tuesday, March 27, 2018

Hemm.. Lezatnya Sate Taichan So Good Sesuai Piring Gizi Seimbang


Kata siapa makanan nikmat dan lezat itu gak sehat. Selama makanan itu dibuat dari bahan-bahan berkualitas, cara yang benar dan dilengkapi dengan gizi seimbang pasti jadi nikmat dan lezat. Sayangnya kalau kita beli makanan di luar rumah, tak semua tempat makan bisa menyajikan itu semua dengan gizi yang seimbang. 

Dan ini cerita pengalaman aku menyajikan menu piring gizi seimbang favorit suami. Aku juga suka sih hihihi

Ya, entah sudah tak terhitung berapa kali suami aku ngajak makan Sate Taichan kaki lima di jantung Jakarta sana yang sangat terkenal dan viral itu.  Lama lama aku merasa jaraknya jauh sekali kalau mau makan sate taichan harus ke Jakarta dari Bintaro. Hihihi lagi pula ini alibi aku yang tidak begitu yakin dengan olahan sate taichan disana dari segi kesegaran daging, sanitasi dan tempatnya yang di pinggir jalan dengan kemacetan mobil dan motor sepanjang jalan.

Akhirnya aku sarankan saja kepada suami agar nyari sate taichan yang dekat-dekat rumah yang tempat makannya di dalam ruangan dan segi penyajiannya lebih terpercaya.  Dapet sih enak banget malah lebih enak...  Tapi harganya juga enak hahhaaha

Lalu lama lama aku berfikir,  duh sate taichan kan cuma daging ayam dibakar trus dicabein yah hahaha,  kenapa aku gak bikin sendiri.  Bisa kan, harga dua porsi sate taichan kalau masak sendiri bisa makan sate taichan dengan lebih banyak keluarga di rumah.  Lagi pula sate taichan biasanya tak menyajikan menu yang seimbang gizinya.  Hanya lontong dan satenya saja.

Padahal suami suka sekali dengan sayuran,  lalapan dan juga buah.  Jadi aku pikir kalau aku bikin sendiri bisa bikin versi lengkapnya.  Alias versi sate taichan dengan gizi seimbang. Supaya yang kemakan gak cuma daging dan karbohidrat aja.  Tapi juga ada sayuran dan buahnya. 

Yaudah deh akhirnya langsung eksekusi membuat sendiri sate taichan di rumah tentunya dengan daging ayam yang berkualitas.  Yes this is Menu Piring Gizi Seimbang Sate Taichan

Sate Taichan So Good



Bahan-Bahan Sate Taichan

4 Potong Dada Ayam So Good
3 Buah Bawang putuh dihaluskan
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Jeruk nipis

Bahan Sambal Taichan
15 Buah Cabe rawit
Bawang merah
Bawang putih
Garam

Bahan pelengkap
Sayur selada
Timun
Tomat
Bawang bombai

Cara Membuat
Pisahkan daging dan kulitnya, lalu potong dadu-dadu. Lalu beri bawang putih yang sudah dihalusan, merica garam dan perasan jeruk nipis, aduk aduk sampai merata dan diamkan 10-15 menit hingga bumbu meresap.

Sementara itu kita buat sambalnya. Rebus semua bahan seperti cabe, bawang putih bawang merah hingga layu. Setelah iyu uleg kasar jangan lupa tambahkan garam sedikit. Setelah itu tumis dengan sedikit minya beberapa saat. Angkat deh.

Jika ayam dirasa sudah meresap bumbunya, masukkan ke tusukan sate empat biji dadu pertusuknya. Dan bakar diatas arang api. Jangan lupa untung dibolak balik. Karena kekhasan sate taichan adalah warnanya yang putih. Jika sudah matang rata angkat, sajikan dengan lontong dan sayuran dan buah. Taruh sambalnya diatas sate.

Hemmmmmmmm mudah dan enak kan.

Prinsipnya yang penting untuk menu piring giziseimbang adalah 15% protein seperti aku ini menggunakan berbahan dasar produk So Good, 15% buah, 35 % sayur, serta 35% panganan sumber karbohidrat. Plus selalu aktif bergerak. Alhamdulillhalah ya kemana-mana bisa naik transportasi umum yang itu pasti membuat kita bergerak dan berjalan lebih banyak.

Oya, karena ternyata bikin sate taichan sendiri dengan ayam potong so good dan dilengkapi dengan menu piring gizi seimbang ternyata enak banget, ponakan sampe nambah-nambah aja. Akhirnya aku bikin juga nih buat dibawa pulang buat Ayahnya yang suka sate. Tadaaaaa.........


Yuk selalu konsumsi makanan sehat dan dengan gizi seimbang dan selalu aktif bergerak. Karena sehat itu mahal harganya. Selagi bisa menikmati makanan sehat dan bergizi, yuk pilih makanan yang baik dan bergizi.

Sehat itu sederhanan kok, contohnya: Mengganti cemalin gorengan dengan produk so good, mengganti nasi putih dengan beras merah, mengganti kue manis dengan buah, nah ini suami aku banget. Mengganti roti putih dengan gandum. Sesederhana itu gaes.

Okelah, itu dia cerita aku membuat menu piring gizi seimbang di rumah. Pokoknya suami suka apa aku buatkan versi lebih baik dan lebih sehatnya. Dan lama-lama karena sering makan di rumah, makan di luar jadi biasa aja lho rasanya hehehe.

Thans sudah mampir.



















36 comments:

  1. Wah mau donk Icha dimasakin juga, sate taichan belum pernah nyobain nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuklahhh main rumah kita bakar2 sate taichan bareng 😍

      Delete
  2. ya aallah baca tulisan ini saat hujan dan sendiri.. jadi lapaarrr... ka icchaaa mauu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah kita trip bareng trus bikin taichan ala ala backpaker gtuuhhh mudah iniiii 😀

      Delete
  3. kreatif banget..belum pernah masak sate taichan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciba bikin yuk mbak tapi ati ti nti ketagihan hehehe

      Delete
  4. Ih sedapnya. Belum pernah bikin sendiri sate taichan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg jualan kali yaaa jadi gak pernah bikin sendiri... Yuk lah bikin sendiri lebih endesss tauuuuk 😀

      Delete
  5. Belum pernah makan sate taichan. Resepnya boleh juga mbak, jadi kalau buat sendiri tinggal nyontek caranya :)

    ReplyDelete
  6. So Good sangat familiar, anakku suka

    ReplyDelete
  7. wah dada so good biasanya saya bikin ayam ungkep kecap.. nggak kepikiran bikin sate taichan... bikin aahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, karena dadanya lumayan gede dan dagingnya banyak jadi aku kepikiran diiris2 jd sate ajahh hehhe

      Delete
  8. Aku udah nyobain sendiri satenya. Enak banget! Habis makan sate So Good, jadi nggak doyan lagi makan sate Taichan di luar. Secara dagingnya lebih besar, sehat, meresap bumbunya dan pedas levelnya bisa atur sendiri. 😍😋

    ReplyDelete
  9. heeem...bikin ngiler nih mba icha

    ReplyDelete
  10. Wahh bisa juga ya ayam so good dibikin sate taichan.. aku gak kepikiran lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku awalnya juga gak.. Gara gara lihat dada ayam so good yang tebel sateable hahhaha jd aku iris2 jd sate deh

      Delete
  11. Seumur-umur aku belum pernah makan sate taichan. Baru tahu kalau sate taichan itu maksudnya sate yang nggak pakai bumbu kacang gitu ya? Norak banget deh! Anyway makasih resepnya mbak Icha, aku mau coba bikin ah untuk anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sma yuk dicoba dirumah enak sekaliii

      Delete
  12. Aku suka banget makan sate taichan tapi biasanya beli, makasih yah resepnya aku mau coba buat sendiri di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga awalnya suka beli... Ternyata bikin sendiro lebih enak lebih murah lebih higienis mba

      Delete
  13. eitsss aku pun suka makan sate taichan, di margonda depok kan berjejer tuh yg jual sate taichan dari yg murah sampe mihil, tapi yg malesin itu jalan ke lokasinya, macet bingit kakaaaak :( mending bikin aja nih kayak mbak icha

    ReplyDelete
  14. Waaa mbak Icha jago masak jg ya boleh jg niy resepny dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi terus belajar mb... Yuk dicoba resepnya

      Delete
  15. Wah menarik resepnya. Pengen cobain~~

    ReplyDelete
  16. kreatif banget, dada ayam so good dijadikan sate taichan
    pasti enak
    ikutan nyoba resep ini ahhhh

    ReplyDelete
  17. Kreatif banget sih kamuuu..
    Ga kepikir euy ayam kemasan bisa buat sate-satean gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi soalnya bagian dadanya ayam so good ini dagingnya tebal gede jadi aku fillet trus aku iris2 buat dijadiin sate taichan hehhehe

      Delete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang