Thursday, April 19, 2018

Begini Cara Bersedekah yang Tepat Sharing Happiness 3.0

Tak terasa ramadhan sebentar lagi. Umat muslim di seluruh dunia menyambut dengan sangat bahagia. Bagaimana tidak bulan ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan Allah melipat gandakan seluruh amal baik kita. Maka tak heran jika di Bulan ramadhan umat muslim lebih lebih bersemangat dibanding hari-hari biasa.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah.


إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)


Kepada Siapa Dahulu Kita Memberikan Sedekah?
Cobaan terbesar dalam sedekah adalah bagaimana tangan kanan kita memberi tapi tangan kiri kita tak melihat. Terkadang kita ingin dilihat oleh orang bangga jika bisa bersedekah, padahal ada orang-orang dekat kita yang membutuhkan sedekah atau bantuan kita.

Nah, agar amalan sedekah kita benar-benar tepat sasaran kepada siapa kita akan berikan? Allah SWT telah menjelaskan sejelas-jelasnya di dalam Al Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 215



يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. 

Itu dia gaes sudah sangat jelas ya Allah menjelaskan melalui Al quran bahwa pertama kita memberikan sedekah adalah kepada kedua orangtua. bisa kepada Mertua juga. Kepada Isteri dan Anak-anak. Kepada kerabat, seperti saudara kandung, Paman dan Bibi (baik dari pihak Bapak kita atau dari pihak Ibu kita ), keponakan, dan ipar.

Baru setelah itu kepada anak-anak yatim. Kita bisa melihat disekitar kita, bila tidak ada lihat di kampung sebelah. Lalu kepada orang-orang miskin. Masakin/dhuafa/dll  kita juga harus melihat-lihat disekitar kita, bila tidak ada lihat di kampung sebelah.

Kepada orang-orang yang kehabisan ongkos dijalan teman seperjalanan yang sedang bejihad, atau seperjalanan dalam melakukan perjalanan.


Baru setelah keluarga dekat kita bisa berikan kepada tetangga dekat. Prioritaskan Ustad/Guru Ngaji Masjid,  Masakin/dhuafa, tetangga Jauh, dan orang-orang yang bekerja dengan kita seperti pembantu, supir, dan lain-lain.

Jika semua itu sudah terpenuhi sedekah kita kepada mereka yang tidak mampu keluarga terdekat kita, maka baru kita berikan sedekah kita kepada yang membutuhkan. Bagaimana mencari orang yang membutuhkan kita? sedangkan orang-orang terdekat kita lingkungan kita berada di lingkungan yang mampu semua?

Sharing Happiness 3.0 
Selasa 17 April 2018 lalu, Chief Executive Officer Rumah Zakat Nur Efendi bersama Fasilitator Desa Berdaya Hikmah Fitria memperkenalkan aplikasi fitur program Ramadhan Berdaya 2018 Sharing Happiness 3.0 . Perbaikan fitur ini memberikan kemudahan berbagi bagi para pengguna SharingHappiness.org, diantaranya banyaknya pilihan program sosial kemanusiaan.
Melalui sharing happiness 3.0 sedekah kita akan sangat bermanfaat dan dapat dirasakan. Ya, Rumah zakat dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 2018 meluncurkan Sharing Happiness 3.0 untuk mempermudah bagi siapa saja yang ingin melalukan zakat sedekah infak dan memberikan bantuan lainnya.

Pada ramadhan 2018 ini pula rumah zakat memperkenalkan Ramadhan Berdaya. Melalui program Ramadhan Berdaya, Rumah Zakat akan  medistribusikan 124.000 paket.. Berbagi Buka Puasa (BBP), 14.300 paket Kado Lebaran Yatim (KLY), 6.200 Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), 8.850 paket Syiar Quran (SQ) dan 300 penerima manfaat program Janda Berdaya (JB).

Melalui Sharing Happiness 3.0 banyak pilihan program sosial yang bisa kita bantu. Caranyapun sangat mudah semudah kita memesan tiket kereta api online. Sudah biasa kan yah ..

Pertama buka sharinghappiness.org



Daftarkan diri dengan mengisi data atau bisa melalui akun sosmed kita.


Setelah itu pilih mana yang akan kita bantu


Isi jumlah donasi kita

Baru setelah itu pilih media pengiriman donasi, bisa melalui ATM, kartu kredit doku dan lain lain. Mudah sekali bukan. 

Dalam harta kita ada hak orang lain, maka segeralah kita menyedekahkannya kepada yang tepat. 


Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Alhamdulillah Skrg ada aplikasi Sharing Happiness untuk memudahkan setiap orang berbagi dan membantu sesama ya mb

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah sekarang mah enak ya, mau donasi atau zakat pun nggak perlu ke mana-mana. Pake hp aja udah bisa ikutan berpahala. :))

    ReplyDelete
  3. Ini memudahkan banget untuk berzakat ya, ga harus nunggu-nunggu, bisa kapan aja di mana aja

    ReplyDelete
  4. aku sudah download ca, alhamdulillah bulan Ramadhan sudah di depan mata siap2 alokasikan sedekah

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang