Tuesday, April 3, 2018

Ciptakan Interpreneur dengan Menjadi Agen Pegadaian



Akhir pekan kemarin minggu 1 April 2018 Piazza Mall Gandaria City Lebih meriah dari hari biasanya.  Ya,  karena ada event besar dari pegadaian yang yang cukup meriah yaitu Pegadaian Literation fair 2018. Semacam roadshow ke berbagai mal di 19 kota di Indonesia yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Bandung, Jakarta, Semarang, Tegal, Yogyakarta, Bekasi, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, dan Jayapura. Diharapkan rangkaian acara ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat khususnya pelaku usaha mikro dan UKM yang mengenal Pegadaian.

Karena, menurut data riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi masyarakat tentang pergadaian masih terbilang rendah, yakni sekitar 15% dari jumlah penduduk Indonesia yang mengetahui pergadaian. Sementara itu, yang menjadi nasabah Pegadaian baru 5%.

Aku sendiri sempat datang dan nimbrung serta menyaksikan kemeriahan acara ini.  Ada beberapa segmen acara yang aku ikuti diantaranya Pegadaian Kids Idol,  standup komedi,  falkshow sampai doorprize pengundian logam emas bagi yang hadir disana.  Gilakkk keren kan yah. 

Yang paling menarik bagiku adalah Talkshow bersama UKM di Pegadaian Literation Fair 2018 dengan topik “Penguatan Ekonomi Bersama Pegadaian Menuju Sinergi dan Transformasi Ekonomi” yang diselenggarakan PT. Pegadaian (Persero). Ada mbak Dya Loretta Dosen, praktisi, markom wanita multitalenta dengan segudang kesibukan dan aktifitasnya sebagai perempuan hebat yang menjadi moderator kali ini.  Ada Sekretaris Umum HIPMI Jaya@ardhi_mahardika yang berbagi ilmu tentang interpreneur. Kalo kata mas Ardhi, untuk jadi enterpreneur, minimal harus punya tiga ini guys peluang, mental dan modal

Dalam takshow ini ada pula Ketua Umum@iwitacreative @mubarika_d yang juga membahas peluang dan potensi Pegadaian sebagai salah satu alternatif pembiayaan untuk bisnis UKM.

Jadi gaes,  dalam rangka memasuki usia ke 117 tahun pada 1 April 2018. PT Pegadaian (persero) gencarkan literasi keuangan di berbagai kota agar pengetahuan masyarakat tentang bisnis pergadaian dan produk serta layanan Pegadaian meningkat. Salah satunya dengan meluncurkan channel distribution, yaitu masyarakat dapat mengakses layanan melalui agen pegadaian. Dengan menjadi agen bisa menambah penghasilan.  Masyarakat yang menjadi agen mendapat margin kredit sampai 20 persen perbulannya, dari pinjaman yang ditawarkan kepada nasabah.



Saat ini ini telah ada 500 agen yang berasal dari masyarakat. Sedangkan di 2018 Pegadaian Kanwil 9 Jakarta 2 menargetkan jadi 1500 agen.

Pegadaian punya target tahun ini meningkatkan nasabah Pegadaian sekitar 2 juta nasabah menjadi 11,5 juta nasabah. Literation Fair menjadi sangat strategis dan efektif untuk memperkenalkan bisnis pergadaian dan juga PT Pegadaian (Persero) beserta produk dan layanannya

Eits jangan salah ya gaes, pegadaian bukan cuma buat gadai barang aja loh. Pegadaian juga sudah terjun ke berbagai lini bisnis selain gadai yang belum banyak diketahui masyarakat, yakni mikro finansial, pola pembiayaan syariah, investasi emas, tabungan emas, aneka jasa pembayaran iuran televisi berlangganan, telepon, air, pembelian pulsa hingga gadai emas untuk ibadah haji.

Bagaimana cara menjadi agen pegadaian? 
Bagi masyarakat yang berminat jadi agen Pegadaian bisa mengunduh aplikasinya di Playstore atau Google store. Dari aplikasi tersebut calon agen akan diberi pengarahan dan harus memenuhi berbagai syarat terlebih dahulu.  

Oya aku juga sempat bertanya dalam talkshow ini sebagai nasabah pegadaian bagaimana cara percaya dengan agen.  Nah kemudian dijawab nih oleh yang bersangkutan. Tak usah khawatir karena ada sertifikasinya sebagai agen jadi aman dan terpercaya. Dengan adanya sertifikasi, membuat kepercayaan orang dengan agen pegadaian. Jadi, nggak semua orang bisa langsung diterima jadi agen pegadaian.


Buktinya dari hasil survei di kota Bekasi dan Makassar, 40% masyarakat udah jadi agen pemasaran secara digital. Karen menjadi agen pegadaian ini sangatlah bermanfaat. Manfaat jadi agen pegadaian adalah:
• Nambah Penghasilan
• Meningkatkan Pelanggan
• Meningkatkan Kepercayaan (kredibilitas)

Wah,  gak rugi dateng ke acara Pegadaian literation fair 2018.  Dapat ilmu tentang interpreneur, bisa menyaksikan kehebatan anak anak yang bersaing menyanyi dengan suara suara emasnya di pegadaian kids idol. Dan yang beruntung bisa dapat hadiah logam emas waaaaahhh berkah sekali yah.


1 comments:

  1. Jadi enterpreneur bisa berawal dari pegadaian yak. Duuh, mupeng emasnya

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang