Thursday, April 5, 2018

Hidup Sehat Berawal dari Tidur Berkualitas


Beberapa waktu lalu aku dan teman teman dari kumpulan emak emak blogger kumpul bareng nih di living soul plaza Indonesia buat menimba ilmu kesehatan dari ahlinya.  Yes kita ketemuan sama kak Alvin yang ganteng banget. Dan kesempatan deh buat curhat tentang diet sehat dan hidup sehat.

Eh eh pas sesi tanya jawab,  ternyata buanyak banget yang mengalami insomnia alias tidurnya pada ngaret.  Suka begadang,  bangun kesiangan kerja kendadaban atau terburu buru, makan sembarangan dan segala bentuk kesemrawutan kehidupan kita di Ibu kota Jakarta ini.  Hahaha sudah jadi rahasia umum yah ternyata.

Padahal kita semua mah tau ya hal hal yang baik dan mana yang tidak. Tapi terkadang kita tetap saja melakukannya.  Nah,  pada pertemuan di living soul itu,  kami semua menjadi terbuka dan tau bahwa ada hal hal yang harus kita lakukan untuk kualitas hidup yang lebih baik dan segala manfaatnya. 

Salah satu rahasia hidup berkualitas adalah dari tidur.  

Ha?!  Tidur?  Iya benar sekali semua di mulai dari tidur.  Mungkin semua orang berfikir bahwa tidur adalah the end of the day,  tapi sesungguhnya tidur adalah the first of the day.  Segala sesuatu akan berjalan dengan baik di mulai dari tidur yang berkualitas. 

Karena faktanya sadar atau tidak sepertiga dari waktu kita dalam sehari dihabiskan untuk tidur. Untuk itu demi memperbaiki kualitas hidup harus kita mulai dari tidur kita. Apakah tidur kita sudah benar. Karena pada saat tidur ini lah tubuh kita beristirahat melepaskan lelah seharian dan kembali mempersiapkan diri untuk beraktifitas kembali esok.

Nah, pas banget di Living Soul ketemu langsung dengan bapak Mukti Argo, Group Branch Manager PT DAP. Kita ngobrol banyak tentang kualitas dan posisi tidur yang baik. Ternyata posisi tidur yang dianjurkan agar lebih berkualitas adalah terlentang yaitu kedua lengan berada di samping, Lengan ke atas. Tengkurap yaitu menghadap ke bawah dan tidur miringatau posisi log.

Oya, Pak Mukti juga kasih tau neh kalau kualitas tidur ada 5 nih :
NREM /Non Rapid Eyes Movement
Pertama Tahap transisi dari terjaga ke tidur
Kedua Tahap tidur ringan
Ketiga Tahap transisi tidur ringan ke tidur nyenyak
Keempat Tahap tidur nyenyak bagus untuk kesehatan fisik
REM/ Rapid Eyes Movement
Kelima Tahap yang mengistirahatkan pikiran dan emosi (deep sleep).

Nah pernah gak sih males banget tidur cantik yang rapi gitu diatas kasur yang nyaman sehingga bisa langsung bobok. Atau sukanya tidur seadanya dimana aja posisi gimana aja. Hihihi.. 

untuk menunjang tidur kita agar nyaman dan berkualitas, harus didukung dengan memakai matras pada kasur yang nyaman. Matras Serta bisa menjadi pilihan bagus nih yang gak bakal bikin kita menyesal. Serta Matras juga punya 2 kelebihan yaitu: Comfort
Jika bagian atas matras bersentuhan langsung dengan kulit memberi rasa rileksasi.

Kedua Support yang mendukung posisi tidur secara alami dengan menyangga tulang belakang sehingga tidur lebih sehat.

 
Matras Serta ini mengikuti 7 zone pocket spring. Jadi mengikuti lekuk tubuh secara sempurna dan menopang tulang belakang dengan baik sehingga memberikan kenyamanan yang maksimal ketika kita tidur.

Kalau kita sudah mendapatkan tidur yang berkualitas maka akan banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Kak Alvin Hartanto, seorang ahli gizi menjelaskan bahwa tidur berkualitas itu memiliki banyak manfaat, yaitu:

Istirahat otak, sendi, dan tulang. Meningkatkan kreativitas. Mengurangi stres. Detox alami tubuh. Meningkatkan kinjera hormon. Meremajakan sel-sel tubuh. Memberikan efek "self healing"

Buat yang masih susah tidur coba deh bebera tips juga dari kak Alvin tips tidur berkualitas. Diantaranya adalah menghindari mengonsumsi kafein di atas jam 4 sore. Mandi dengan air hangat. Suhu ruangan yang tepat. Hindari olahraga di malam hari, stretching lebih baik. Hidnari blue light sebelum tidur (dari gadget nih biasanya. Padamkan lampu. Pilih matras (kasur) yang berkualitas tinggi. 

Oya gaes, mungkin dari kita akan berfikir duh cuma buat tidur ngapain mahal-mahal. Hello sekarang pikirkan lagi kalau badan kita sakit dan kebiasaan buruk kita terus menerus menggerogoti kesehatan kita, biaya untuk itu semua akan lebih mahal dari satu buah matras nyaman yang akan membuat tubuh kita nyaman sehat dan menjadikan hari-hari kita lebih berkualitas.

 



1 comments:

  1. Setuju banget mba, saya dan suami juga lagi nabung beli kasur yang berkualitas. Soalnya kebayang hampir 8-10 jam kita menghabiskan waktu di kasur untuk beristirahat atau beraktivitas bersama keluarga.

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang