Wednesday, August 1, 2018

Gaes Jangan Sampai Hati Kamu Sakit, Hepatitis

Gaes tau gak sih, hati itu kan penawar racun dalam tubuh kita, gimana kalau si penawar aja sakit? Apa yang akan terjadi pada tubuh kita? Eittt ini aku ngobrolin soal hati nih, tapi bukan hati yang 'sakitnya tu disini' loh. Ini tentang hati kamu yang ada dalam tubuh kita. 
 
Selama ini orang paling takut tertular dengan HIV/AIDS yang mereka tau tak ada obatnya. Padahal ada yang lebih mengerikan dari itu.  Ada yang lebih menakutkan lagi yaitu Hepatitis B. Karena ternyata Hepatitis B 100x lebih infeksius dibandingkan HIV/AIDS.


Ada yang belum tau apa itu hepatitis? Hepar (hati) itis (radang) hepatitis artinya peradangan hati gaes. 

Tau gak sih 1 dari 10 orang Indonesia mengidap Hepatitis B. Penyakit hepatitis adl penyakit menular kronis yg sering disebut dengan silent killer 😱. Soalnya, banyak dari mereka mengetahui dirinya terinfeksi setelah berada pada tahap lanjut atau kronis bahkan sudah terjadi sirosis dan kanker hati.

Nah, bertepatan dengan hari  Hepatitis Sedunia yang jatuh setiap tanggal 28 Juli, jum'at lalu aku main ke Kemenkes dan ketemu dengan dr. Wiendra waworuntu, M.kes dan Dr. dr. Andri Sanityoso Sulaiman, SpPD-KGEH, kami ngobrolin soal Hepatitis.


Kalau kalian sering dengar Hepatitis A,B,C,D itu apa sih? Perlu diingat gaes A, B, C, D dan E itu bukan tingkatan penyakit melainkan jenis-jenis virusnya. 

Ini dia gaes ada infografis yang mungkin membantu kita memahami Hepatitis A,B,C,D,E dari detik




Dan tau gak sih gaes, 95% Hepatitis ditularkan secara vertikal yaitu dari ibu pengidap Hepatitis B ke bayi yang dikandung atau dilahirkan 

Lantas bagaimana pencegahan penularan Hepatitis dari Ibu ke Bayinya?
1. Segera vaksinasi HB0 setelah bayi lahir kurang dari 24 Jam
2. Pd bayi lahir dari Ibu dg Hepatitis B segera beri vaksin HBIG pada bayi lahir < 24 Jam 


Trus apa sih penyebab hepatitis atau penyakit hati ini? Penyebabnya bisa karena obat-obatan, alkoholik, parasit, perlemakan dan virus hepatitis.

Trus dampaknya apa kalau penyakit hati ini tidak segera terdeksi? Mengerikan 1 dari 4 pengidap akan meninggal karena kanker atau gagal hati.

Ada hal-hal kecil yang bisa kita antisipasi untuk mencegah tertular virus hepatitis, nih camkan yang suka potong rambut di salon, babershop hati-hati sama gunting cukuran dan lain lain. Untuk cowok yang sering potong rambut di barbershop juga hrs hati hati, takutnya pisau cukur yang dipake bergantian itu menjadi sarang penyebaran Hepatitis. Sebaiknya bawa silet atau pisau cukur sendiri.

Lalu ada lagi, kalau ada orang Hepatitis buang kotoran sembarangan, terus pegang benda, bendanya dipegang lagi sama orang lain, orangnya makan pake tangan, bisa kena. Maka dari itu setiap mau makan atau setelah melakukan apa aja di tempat umum kita dianjurkan rajin-rajin cuci tangan. Itu gaes tujuannya.

Itu gaes, mengapa hati kamu itu penting banget dijaga kesehatannya. Karena hatimu adalah penawar racun dalam tubuh.

Dan mengingat 95% Hepatitis ditularkan secara vertikal yaitu dari ibu pengidap Hepatitis B ke bayi yang dikandung, maka Ibu harus memastikan bayi baru lahir dpt hb 0, ini vaksin GRATIS disediakan pemerintah. Mengingat setiap tahun diperkirakan terdapat 120.000 bayi akan menderita hepatitis B dan 95% berpotensi mengalami hepatitis kronis 30 tahun kedepan.




1 comments:

  1. Tanteku bidan, dia meninggal krn kanker hati :(. Kasiaan banget, terakhir melihat, badannya menghitam. Perutnya membesar. Sedih banget melihatnya. Makanya serem ama penyakit hati ini.. Cepet banget reaksi di tubuh, tau2 udah fatal

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang