Friday, March 15, 2019

Wow! Indahnya Perkebunan Indonesia Berdaya Wujud Nyata Hasil Dana Wakaf


Semalamam suntuk aku tak bisa tidur dengan tenang layaknya anak anak yang akan pergi piknik esok harinya hahaha. Ya, udah gak sabar karena aku dan teman teman akan diajak oleh Prudential untuk mengunjungi tanah wakaf. 

Katanya tempatnya indah, asri, luas, ada kebun buah naga, nanas, bunga matahari terbentang luas dan kita bisa memetik buah naga dengan tangan kita sendiri! 😱

Wow! Tibalah hari sabtu 9 maret 2019 pagi pagi sekali aku dan teman teman bersama teman teman prudential meluncur menuju Desa Cirangkong, Cijambe, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Perjalanan dari Jakarta memakan waktu sekitar 4 jam lebih karena sempat macet di Cikarang. Setelah itu lancar jaya. Begitu memasuki Cirangkong menuju lokasi waw, pemandangan sepanjang jalan indah ditambah perjalanan yang meliuk kanan tebing kiri hijau hijauan membentang luas.

Lalu tak lama kami memasuki sebuah gapura bertuliskan "Perkebunan Indonesia Berdaya" Dan wow! Buah naga tumbuh dimana mana, nanas menjulat dimana mana pula. Bunga matahari bermekaran menghiasi kebun ini.


Subhanallaaah. Begitu kami sampai aku langsung ambil air wudlu, sholat dan makan siang dengan menu khas Cirangkong. Kalau bahasa jawa daerahku bilangnya, makan "mulok" atau pake tangan aja huuuu nikmatnyaaa bikin gak berhenti henti makan. Apalagi makannya rame rame gini habis banyak juga gak ada yang tau hahhaa...😃



Well setelah selesai makan sambil menunggu acara dimulai aku sempatkan untuk menikmati pemandangan sekitar. Dan yang paling penting poto poto! Hahhaha. 😎


Pertama, yang paling menyita perhatian adalah foto di sini nih. Semacam fotoboth bak pelaminan eaaaa 😍 yang dibanjiri dengan buah naga. Oooouhhh indah sekali yah.

Banyak properti yang bisa dipake untuk foto foto. Keranjang berisi buah naga, payung lucuk itu, kursi, pelaminan instragramable dan lain lain.

Kedua, teman-teman juga tak melewatkan kesempatan untuk menjajal panahan ini. Sekali saja tak cukup untuk bisa memanah sasaran.  Apalagi aku kwkwkw megang aja diajarin berkali kali gagal. Haaaah aku memang cokoknya memanah hatimu aja mas eaaaa 😍


Suasanya yang kebetulan gerimis sebentar membuat suasanya jadi berkabut dan bikin makin betah untuk mengeksplorasi perkebunan Indonesia berdaya ini.

Namun apa daya acara segera dimulai kamipun mulai berkumpul lagi. Dimulai dengan suara sapaan embaknya MC yang cantik nan ramah kamipun langsung otomatis bergegas.

Diawali dengan ramah tamah, kami mulai diperkenalkan satu persatu. Ada team dari Dompet duafa, ada dari Prudential, ada dari dream.co dan 2 orang tamu influencer yang bakal berbagi pemgalaman juga nanti.

WE DO GOOD
Yeay! Ada mas Boby neh dari Prudential Indonesia orangnya baik supel dan periang banget, beliau ini gaes yang ngajakin kita main mengunjungi Perkebunan Indonesia Berdaya.


Wah buat apa ngajakin kita? Yups beberapa waktu yang lalu kan aku sempat share nih gaes kalau Prudential itu punya program Prudential Wakaf dari Asuransi Syariah PruSyariah.

Sebagai wujud dari komitmen ‘WE DO GOOD’ atau ‘Kami Mewujudkan Kebajikan’, Prudential Indonesia meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah yang menawarkan pilihan bagi nasabah dan calon nasabah dalam menyalurkan wakaf.

Wakaf merupakan satu kedermawanan dalam Islam yang menjanjikan kebaikan yang tidak terputus bagi yang melakukannya, sekaligus memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. 

Nah karakteristik wakaf sifatnya sukarela, bersifat abadi dan pokok wakafnya tetap dan hasil pengembangannya disalurkan. Oya Pemanfaatannya untuk kepentingan umum.

Boleh baca lagi deh disini deh buat kamu yang kepo. Dan sekarang kita diajak melihat langsung kira kira nanti penyaluran wakafnya bakal kayak apa.   

DOMPET DUAFA
Nah untuk menyalurkan wakaf dari nasabah Prudential bekerjasama dengan Nadzir yang sudah terpercaya. Ada 3 Nadzir besar dan terpercaya yang dipilih untuk wakaf yaitu IWakaf, MUI dan Dompet Duafa.

Yaaa... yang saat ini kita kunjungi adalah tanah wakaf yang dikeloa oleh Dompet Duafa. Totalnya cirangkong ini ada 10 hektar tanah yang ditanami buah naga, buah nanas Subang dan ditanami buah jambu kristal, pepaya kalina dan pisang serta masih ada beberpa yang belum diolah. 

Oya trus kebun ini bagaimana pemanfaatannya???Jadi perkebunan wakaf ini dinamankan Perkebunan Indonesia Berdaya. Karena hasilbwakafnya produktif dan memberdayakanasyarakat sekitar.

Perkebunan Indonesia Berdaua kelola oleh petani sekitar dan didampingi oleh pihak Dompet Dhuafa agar bisa berkembang menjadi masyarakat mandiri.

Hasil dari perkebunan nantinya akan digunakan untuk dana sosial, pekerja kebun, juga pengembangan lahan perkebunan agar lebih produktif lagi sehingga bisa memberikan manfat yang banyak untuk orang-orang yang membutuhkan.  

JADI TEMPAT WISATA


Jadi perkebunan wakaf tersebut dikelola oleh petani sekitar dan didampingi oleh pihak Dompet Dhuafa agar bisa berkembang menjadi masyarakat mandiri. 

Hasil dari perkebunan nantinya akan digunakan untuk dana sosial, pekerja kebun, juga pengembangan lahan perkebunan agar lebih produktif lagi sehingga bisa memberikan manfat yang banyak untuk orang-orang yang membutuhkan.  

Perkebunan Indonesia berdaya ini selain menghasilkan buah buahan juga menjadi destinasi wisata perkebunan yang asik banget loh.

Pengunjung bisa jalan jalan memetik buah langsung lalu ditimbang. Oya buah disini bisa manisnya enak banget loh. Ternyata mereka menggunakan pupuk organik jadi enak buahnya.

Gak cuma bisa merasakan serunya memetik buah sendiri. Di Perkebunan Indonesia Berdaya ini juga bisa dijadikan lokasi camping atau acara gathering gitu. 

Soalnya juga menyediakan beberapa kamar untuk penginapan, mau pake tenda juga ada.  Kalau orang Jakarta yang kesini pasti keasikan dan ogah balik hahaaa habis suasananya ademmmm banget!

Kesimpulannya: eaaa buat kamu yang mau wakaf menyicil tabungan buat akhirat, gak perlu nunggu kaya raya. Kamu yang punya asuransi syariah di Prudential pun bisa loh wakaf. 

Salah satu wujud wakaf kamu nanti bisa jadi sesuatubyang bermanfaat produktif bagi masyarakat sekitar kayak Perkebunan Indonesia Berdaya ini. Catat ini hanya salah satu contoh wujidnya ya, yang lain masih buanyak. 

Dan buat kamu yang cari tempat wisata alam asri sehat, Perkebunan Indonesia Berdaya ini recommended banget!

Semoga bermanfaat.




14 comments:

  1. Kalian seperti foto prawedding ya, kecw banget sih tempatnya. Pengen deh ke sini lagi jalanin bareng 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yui mbak sapa tau orang orang yg penhen wisata kesini sekalian prewed eaaaa

      Delete
  2. Seneng banget dengan program We DO Good Prudential ini. Kerjasama dengan Dompet Dhuafa memang cihuy

    ReplyDelete
  3. Wuah indah sekali ya, kebun buah naga yang dikelola dari dana wakaf donatur iiniiii. buah naganya manis manis banget, pemandangannya super kereeennnn. Jadi pengen main kesini lagi iiihhhh

    ReplyDelete
  4. Wah, besar juga ya kebun buah naganya.
    Saya sendiri penasaran banget dengan cara Dompet Dhuafa ini mengatur lahan, pengeluaran, uang yang harus diberikan untuk warga, uang yang harus dipakai untuk pelestarian wilayah perkebunan, dll. Pasti nggak mudah.


    Taoi bersyukur ada program begini dari Pruden Syariah, jadinya warga sekitar bisa terbantu :)

    ReplyDelete
  5. Program CSR yang ciamik Prudential ya; untuk masyarakat sebagai petani buah. Dan buahnya dikonsumsi juga oleh orang banyak. Semoga berkah dunia akhirat, aamiin.

    ReplyDelete
  6. Seruu abis acaranya... Paling seneng nih kalo udah main ke alam kaya gini. Sukses terus ya Prudential. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Kebun yg kereeen.. Dan program CSR Prudential ini juga keren sekali ya.. semoga sukses utk semuanya..

    ReplyDelete
  8. Dompet Duafa memang keren ya CSR

    ReplyDelete
  9. Wii, tempatnya baguuusss. Keren ya, kebun wakaf dimanfaatkan seperti ini..

    ReplyDelete
  10. Seru banget.
    Semoga pengunjung tetap bisa menjaga keasrian perkebunan Indonesia Berdaya ini yaa.

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang