Monday, April 1, 2019

Qlue Gelar "Smart Citizen Day" Menuju Indonesia Smart Nation


28 Maret 2019 menjadi hari penting bagi masyarakat Indonesia. Karena pada hari ini 34 pemuda yang berasal dari orang-orang yang telah menciptakan dampak sosial positif secara gotong-royong di daerahnya terpilih untuk mendeklarasikan diri menjadi smart citizen untuk terwujudnya Indonesia Smart Nation.

Yups! Kota-kota di berbagai belahan di dunia kini sedang berlomba-lomba menerapkan konsep smart city atau kota pintar. Bukan hanya di negara maju, tetapi juga kota-kota di negara berkembang. Salah satunya Indonesia. 

Apa sih Smart City
Banyak sekali definisi Smart City, salah satunya mendefinisikan bahwa smart city adalah kota yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas layanan kota yang ramah lingkungan secara lebih efisien dan untuk meningkatkan efektivitas interaksi dengan warganya.  

Sarwant Singh, kontributor pada majalah Forbes mengidentifikasi  delapan aspek utama dari smart city, yaitu: pengelolaan pemerintahan, pemanfaatan energi, gedung, pengaturan mobilitas, infrastruktur, teknologi, layanan kesehatan, dan warga yang pintar atau smart citizen. Delapan aspek tersebut akan lebih efektif bila dikembangkan dalam sistem yang terintegrasi.

Maka gak heran gaes sudah sejak lama Bapak Presiden Jokowidodo selalu mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih merampingkan administrasi. Mengajak semua serba digital agar pelayanan lebih cepat lebih menyeluruh.

Qlue Solusi Smart City
Qlue hadir sebagai solusi smart city terbaik untuk pemerintahan, perusahaan, organisasi, dan warga dengan kekuatan machine learning dan platform data intelligence, Qlue membantu membentuk tata kelola yang baik dalam hal manajemen tenaga kerja. Qlue mentransformasi berbagai macam data anda menjadi pengartian yang terukur dan dapat ditindaklanjuti.
  
Nah, untuk itu Qlue menyediakan platform berbasis AI, IoT dan integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani permasalahan kota. 


Akan tetapi keberhasilan penerapan aplikasi Qlue membutuhkan partisipasi warga dan pemerintah. Untuk itu, Qlue menghadirkan Smart Citizen Day untuk memperkenalkan berbagai solusi Qlue kepada publik serta sebagai puncak perayaan smart citizen di Indonesia.

Dan ini adalah Smart Citizen day yang pertama loh! Waaaaah. 

Oya, dalam acara ini hadir 19 pemateri lintas sektor yang akan menceritakan kisah inspiratifnya. Kisah-kisah mengenai inisiatif perubahan positif dan kreasi di era teknologi ini, khususnya yang berdampak membantu dan mewujudkan smart business di Indonesia.



Dalam acara ini banyak sekali diskusi bermanfaat dan inspirahional. Diskusi panel yang menghadirkan beberapa narasumber yaitu 

Leader’s Talk: Budaya Gotong Royong Dalam Mendorong Pembangunan di Era Digitaloleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika 

RIInnovator Talk: “Akselerasi Perubahan Positif Melalui Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat” oleh Rama Raditya, Founder & CEO Qlue

Inspirational Talk: “Peran Mindset Inovatif Dalam Berpartisipasi Membangun Ekonomi” oleh Leontinus Alpha Edison, Co-founder Tokopedia

Entrepreneur Talk: “High-Impact Entrepreneurship Untuk Dampak Sosial dan Ekonomi Indonesia” oleh Harun Hajadi, Board of Director Endeavor Indonesia, Managing Director of Ciputra Group

Motivational Talk: “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mewujudkan Smart Disaster Management” oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data & Informasi Bencana, BNPB

Pak Jokowi juga turut hadir melalui hologram yang juga merupakan karya teknologi anak bangsa. Waktu pak Jokowi memberikan sambutanya aku sampai merinding.

Kita itu pengen sektor pariwisata daerah kita maju terkenal tapi akses kesananya susah. Makanya pak Jokowi perjuangkan membuat bandara bandara agar wisatawan lebih mudah berkunjung.

Kita pengen pertanian kita maju, tapi akses petani mengantarkan hasilnya ke kota susah, makanya pak Jokowi perjuangkan jalan jalan tol cepat jadi.

Dan masih banyak lagi yang lain termasuk Indonesia menjadi Smart Nation. Pak Jokowi bangga sekali jika masyarakat Indonesia menjadi Smart Citizen demi Indonesia Smart Nation.

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang