Friday, April 26, 2019

Wah Ternyata Pendidikan Informal Malah yang Bisa Kasih Kita Kerjaan Loh!


Punya kakak-kakak banyak dan berpendidikan tinggi, meski orang tua kami pas-pasan bukan orang kaya, membuat aku semangat sekolah sejak kecil. Bahkan aku mendapat semangat belajar dari Kakak kakakku.

Semua anak Bapak Ibuku yang jumlahnya 7 bersaudara, selepas SD pasti langsung ke Pesantren sambil sekolah formal, MTs MA. Lanjut kuliah S1 bahkan ada yang sampai S3. Kami semua saling menyemangati dan mendukung. Kakakku yang sudah lulus SMA rata rata kuliah dengan uang mereka sendiri sebagian ada juga yang dari beasiswa.

Pengalaman-pengalaman mereka mengenyam pendidikan selalu mereka tularkan ke adik adiknya. Salah satunya aku. Saat aku MTs atau pendidikan setara SMP sambil tinggal dan ngaji di pesantren, kakakku selalu kasih aku pengetahuan pengetahuan yang saat itu aku belum dapatkan di pesantren.

Seperti kemampuan bahasa inggris kemampuan teknologi komputer dan keterampilan menulis. Sehingga saat pulang liburan aku selalu senang semangat belajar. Pemikiran akupun mulai terbentuk pengen apa dan apa. Cita cita apa dan apa mulai terlukis di pikiran aku. Segudang strategi meraih cita citapun tersusun rapi.

Nah dari situ aku mulai tau bahwa pendidikan informal disamping sekolah formal juga tak kalah penting. Sejak saat itu selain sekolah formal aku mulai aktif berorganisasi, aktif mengikuti kegiatan eskul yang aku sukai. Yang tanpa aku sadari ternyata berdampak besar terhadap hidupku.

Sampailah pada aku di jenjang kuliah. Keinginanku untuk kuliah mandiri akhirnya terwujud berkat pendidikan pendidikan informal yang aku ikuti sebelum sebelumnya. Seperti mengikuti kelas bahasa inggris dan kelas menulis seperti Forum Lingkar Pena (FLP).

Ya.. semenjak kuliah, demi mendapatkan uang untuk membayat kos dan menabung untuk SPP semester akupun mengajar les bahasa inggris anak anak SD dan menulis di media cetak. Dengan begitu aku bisa ttap rajin kuliah dan aku juga bisa mendapat penghasilan.



Dan lagi lagi aku juga tetap mengikuti pendidikan informal yang menurutku akan bisa menunjang cita citaku. Yaitu kelas broadcast yang ada di kampus. Bagaimanapaun caranya aku harus bisa masuk agar aku bisa belajar sepuasnya di radio kampus saat itu. Alhamdulillah akhirnya aku bisa masuk.

Jujur saja di bangku kuliah, mata kuliah broadcast praktek siaran pun hanya sekedar praktek praktek saja. Tapi bagi kami anak radio kampus kami bisa belajar sedetil detilnya tentang radio. Produksi iklan gimana cara bikin jingle, produksi berita dan masih buanyak lagi. Bersyukurlah aku pokoknya.

Dan dari situ pula jalan aku bisa menjadi penyiar radio komersil terwujud. Karena di radio komunitas ini aku bisa belajar lebih dari anak anak yang lain. Aku mendapat teman teman yang semisi yang selalu menguatkan aku mendukung jalan aku. Ah pokoknya banyak sekali lah yang bisa aku rasakan manfaatnya dari pendidikan informal aku selama ini.

Aku merasa dari situlah justru aku bisa meraih impianku bahkan itu yang bisa ngasih aku duit bukan ijazah aku hahaaha ya maybe kebetulan aja kali ya. Ya aku merasa sangat bersyukur aja lah bisa mendapatkan hobi yang dibayar.

Nah buat kamu gaes... ini saran aku loh ya gak usah ngoyo kalau sekolah yang paling penting kamu tau apa yang jadi tujuan kamu hidup. Misal kamu masih punya cita cita jadi PNS yaudah belajar yang getol di sekolah jadilah yang terbaik. Matematika bahasa inggris pengetahuan umum banyakin tuh biar lulus ujian hahaaa... Kalau mau jadi akuntan yaudah dari sekarang cintailah matematika. Pengen jadi apa tekuni dan cintai itu dari sekarang.

Kalau pengen jadi interpreneur ya belajarlah mulai dari sekarang jualan yang kecil kecil online dari smartphone kamu. Pengen jadi editor mulai belajar ngedit dari sekarang beli laptop jangan yang tanggung tanggung, beli sekalian laptop khusus editing biar gak lola. 




Dan semua kebutuhan alat alat untuk pendidikan informal kamu bisa beli dan cek harga terbaiknya di Iprice kalau beli juga harus cerdas ya. Beli dengan kualitas terbaik dengan harga yang terbaik pula.

Intinya dizaman sekarang untuk mendapatkan pendidikan informal itu lebih mudah kok. Asal kita mau dan niat.

Oke gaes... sebagai generasi yang sangat merasa pendidikan informallah yang ternyata lebih banyak kasih aku penghasilan bukan berarti pendidikan formal gak penting loh ya. Tapi semuaemang harus balance dan yang paling penting kenali dirimu.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang