Thursday, May 2, 2019

Serundeng Daging Sapi Stok Aman Di Bulan Ramadhan


Tiba-tiba pengen banget bikin serundeng daging. Ada kenangan yang tak terlupakan dengan makanan satu ini. 

Dulu kalau aku balik ke pesantren, ibuku selalu bikinin lauk lauk yang awet kayak kering tempe dan serundeng daging ini. Ibuk selalu bikinin banyak. Buat teman teman sekamarku dan buat aku sendiri supaya pas makan punya lauk tambahan. 

Tapi mana mungkinlah aku bisa nyimpan lauk buat aku makan sendiri. Ya pada akhirnya selalu aku makan dan habiskan bersama. Trus sekarang aku lagi pengen banget dan bikin sendiri. 

Mayan buat lauk awet awetan kalau lagi malas masak tinggal makan ama serundeng daging ini aja dah surga dunia. 

Kata ibuku serundeng ini bisa awet. Apalagi kalau tanpa daging awetnya bisa lebih lama. Yang penting nyangrainya benar benar sampai kering. 

Dan jadi ide nyetok buat bulan puasa nih, kali aja bangun sahur kesiangan gak sempat masak, sahur pake nasi anget dan serundeng ini aja udah enak banget apalagi ditambah telur dadar hemmmmmm surgaaaa dunia  ❤


Oya Resepnya standar aja

Daging direbus sampai empuk
Kelapa parut

Bumbu halus
Bawang merah
Bawang putih
Ketumbar
Cabe merah
Kunyit
Garam
Gula

Daun jeruk
Daun salam
Laos

Cara memasak
Iris daging sesuai selera. Tumis dengan minyak goreng sedikit, sampai agak kering. Masukkan bumbu halus tumis hingga harum, masukkan kelapa parut. Sangrai sampai kering.

Gampang kan... Yuk bikin siapa tau bisa jadi menu tambahan di Bulan Ramadhan ini.

Semoga bermanfaat

1 comments:

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang